5 Alternatif Obat Herbal untuk Mengatasi Kaki Lumpuh

Kelumpuhan bisa dialami oleh siapa saja. Tidak peduli anak-anak maupun orang dewasa. Mereka yang tidak mampu berjalan, entah karena lumpuh, karena cacat, atau karena cedera, umumnya membutuhkan alat bantu berjalan seperti kursi roda. Harga kursi roda manual cukup terjangkau dan bisa didapatkan di toko-toko kesehatan maupun apotek.

Penyebab kelumpuhan pada setiap orang berbeda-beda–seperti yang telah disebutkan di atas. Selain karena cedera atau kecelakaan, kelumpuhan bisa diakibatkan juga oleh penyakit-penyakit berikut ini.

Penyakit yang dapat menyebakan kaki lumpuh :

Banyak penyakit yang menyebabkan kelumpuhan
  • Guillain-Barré syndrome (GBS) adalah penyebab lumpuh kaki yang sering dialami oleh anak-anak
  • Polio tentu tidak asing di telinga Anda bukan? Karena Penyakit ini juga dapat menyebabkan kedua kaki lumpuh dan banyak menyerang balita. Yang perlu diwaspadai, polio atau poliomyelitis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus bernama poliovirus
  • Multiple sclerosis. Adalah kerusakan saraf akibat reaksi sistem kekebalan tubuh yang tidak normal, yang menyerang selaput pelindung saraf dan menyebabkan gangguan aliran sinyal yang dikirim dari saraf di seluruh tubuh ke otak
  • Terutama kanker otak atau kanker yang tersebar di bagian tubuh tertentu seperti area kaki dan tulang belakang dapat menyebabkan kelumpuhan
  • Ini merupakan penyakit kelainan genetik yang menimbulkan tumor pada saraf otak dan tulang belakang
  • Spina bifida. Penyakit kelainan bawaan sejak lahir ini akan mempengaruhi perkembangan tulang belakang dan sistem saraf
  • Ataxia fredrich, merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya mutasi pada gen GAA. Akibatnya, terjadi penumpukan zat besi di dalam sel saraf yang pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan sel

Obat tradisional untuk mengobati kaki lumpuh

Jika anda memiliki keluarga yang lumpuh dan tidak bisa bergerak, ada baiknya anda membelikan mereka kursi roda. Selain karena harga kursi roda yang cukup murah, kursi roda juga akan sangat bermanfaat untuk membantu mereka agar tetap aktif bergerak, sehingga kesehatan mereka lebih terjaga dibandingkan dengan hanya berbaring dan duduk sepanjang hari.

Baca Juga  Inilah! 5 Cara Pembayaran Tagihan BPJS Yang Mudah
Banyak obat tradisional yang bisa membantu untuk mengatasi kelumpuhan

Jika lumpuh yang dialami memiliki kemungkinan untuk sembuh (menurut dokter) ada baiknya anda mencoba melakukan terapi, meminum obat yang disarankan, atau mencoba beberapa obat tradisional. Namun ingat, mintalah pendapat dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat-obatan tradisional atau obat herbal berikut.

1. Ramuan daun sirsak. Daun sirsak dipercaya bisa mengatasi berbagai macam kanker atau tumor. Hasil rebusan daun sirsak sangat efektif apabila digunakan untuk mengatasi tumor dan kanker. Nah, jika kelumpuhan yang anda alami diakibatkan oleh kanker atau tumor, maka obat alternatif ini bisa dicoba.

2. Kulit manggis. Kulit manggis terkenal memiliki kadar antioksidan yang cukup tinggi dan memiliki banyak khasiat untuk mengatasi berbagai macam penyakit, tidak terkecuali lumpuh akibat peradangan. Saat ini, sudah banyak ekstrak kulit manggis yang dikemas dan siap dikonsumsi. Obat tradisional ini bisa ditemukan dengan mudah di apotik atau toko-toko obat.

3. Bawang putih. Di dalam bawang putih terkandung zat yang berfungsi sebagai antikoagulan dan bermanfaat untuk mengurangi kolesterol. Di samping itu, apabila dikonsumsi secara rutin, bawang putih juga dapat membantu mengatasi otot yang kaku dan bermanfaat untuk mengencerkan serta melancarkan peredaran darah.

4. Jahe. Obat tradisional untuk mengobati lumpuh lainnya yang bisa Anda coba adalah jahe. Jahe dikenal bisa memperlancar sirkulasi darah, mengatasi berbagai macam kanker, dan berhasiat untuk mengatasi pembekuan darah.

5. Campuran rempah-rempah. Berikut adalah beberapa jenis rempah-rempah yang apabila dicampur akan memberikan khasiat mengatasi kelumpuhan.

  • Bawang merah
  • Daun binahong
  • Asam jawa
  • Minyak angin
  • Minyak kayu putih

Cara menggunakan obat ini tidak dengan diminum (oral) melainkan cukup digosokkan pada bagian kaki yang lumpuh secara rutin.

Baca Juga  Inilah! 5 Cara Pembayaran Tagihan BPJS Yang Mudah

incoming search

obat herbal bawang putih untuk lumpuh

2 Replies to “5 Alternatif Obat Herbal untuk Mengatasi Kaki Lumpuh”

  1. Wah, tambahan info nih.

    1. iya mba. mana tau butuh

Berkomentar dan menjalin silaturahmi