Indonesia

5 Hutan Paling Cantik dan Unik Di Indonesia yang Layak Dijadikan Tujuan Wisata

5 Hutan Paling Cantik dan Unik Di Indonesia yang Layak Dijadikan Tujuan Wisata | Di Indonesia banyak terdapat hutan dengan pesona keindahan yang sangat beraneka ragam, baik untuk satwa yang hidup di dalamnya serta untuk vegetasinya. Untuk kamu yang hobi berkeliling hutan, lima hutan tercantik di Indonesia ini bisa menjadi rekomendasi untuk segera kamu kunjungi selain 4 pulau terpencil di Indonesia yang cocok untuk berpetualang.

5 Hutan Paling Cantik dan Unik Di Indonesia yang Layak Dijadikan Tujuan Wisata ini dia daftarnya:

1. Hutan Taman Nasional Lorentz.
5 Hutan Paling Cantik dan Unik Di IndonesiaKamu tidak akan pernah kecewa setelah mengunjungi keindahan alam hutan taman nasional lorentz yang berada di Papua ini. Pasalnya hutan ini menjadi perwakilan ekosistem dari keanekaragaman hayati paling lengkap di Asia tenggara dan juga Pasifik. Hutan ini membentang luas dari puncak gunung Jayawijaya yang berselimut salju sampai ke perairan pesisir pantai dengan hutan bakau serta berbatasan dengan tepi perairan laut Arafura. Di bagian tengah hutan ini, menjadi tempat hidup satwa unggas yang begitu memukau misalnya burung cendrawasih ekor panjang, puyuh salju, kasuari dan kakak tua hitam. Hutan ini juga memiliki keunikan lain dengan adanya gletser pada puncak gunung jayawijaya. Dikawasan gunung jayawijaya terlihat pula tiga danau besar yaitu danau Dyscovery, Larson, dan juga danau Hoguyugu. Selain itu ada sekitar 34 tipe vegetasi ada di dalam hutan ini. Karena banyaknya keindahan serta kekayaan yang ada di hutan taman nasional lorentz menjdikannya ditetapkan sebagai situs warisan alam dunia oleh UNESCO serta menjadi warisan alam Asean oleh negara-negara anggota ASEAN.

 

2. Hutan Savana Taman Nasional Komodo.
Ternyata kondisi hutan yang kering, bersuhu panas dan dengan sumber mata air yang sangat terbatas karena curah hujan yang rendah justru menjadi keunikan dari hutan savana taman nasional komodo ini. Disini terbentang luas padang savana yang menjadi tempat hidup binatang purba yaitu komodo atau Varanus komodoensis. Hutan ini terletak di dalam zonasi transisi flora dan fauna Asia dengan Australia. Untuk ekosistem perairannya di pengaruhi oleh adanya dampak El-Nino atau La Nina, yang mengakibatkan memanasnya lapisan air laut yang ada disekelilingnya. Taman ini terbagi menjadi tiga pulau besar yaitu pulau komodo, padar dan rinca. Pohon lontar adalah tanaman khas dari Taman nasional ini dan juga beberapa tumbuhan lainnya seperti bambu, rotan, asam, kepuh, bakau dan bidara. Serta bermacam-macam satwa khas seperti komodo, lumba-lumba, paus, duyung, babi hutan, penyu, kuda liar dan juga rusa. Taman ini masuk kedalam daftar tujuh keajaiban dunia yang baru dan terpilih menjadi warisan dunia oleh UNESCO.

 

3. Hutan Tanjung Puting.
Hutan rimba tanjung puting terletak di Kalimantan Tengah yang luasnya sama seperti luas dari pulau Bali. Dihutan ini kamu dapat menyusuri sungai Sekonyer dengan perahu, disana kamu akan disuguhi dengan pemandangan super hijau dan juga dapat melihat aktivitas dari satwa langka primata. Hutan ini ditetapkan sebagai cagar biosfer dan sister park oleh UNESCO dan di kawasan ini pula menjadi pusat rehabilitasi oragutan terbesar di dunia. Ada kawasan menarik lainnya di dalam hutan ini yaitu danau burung dan sungai buluh, dua tempat yang pas untuk kamu mengamati aktivitas burung-burung migran.

 

4. Hutan Hujan Tropis Kerinci Seblat.
Dihutan ini ada sekitar 4000 jenis flora, beberapa diantaranya adalah bunga raflesia, kayu pacat, dan pinus kerinci. Selain itu jenis fauna yang hampir punah juga hidup di dalam hutan kerinci seblat ini seperti badak sumatra, gajah sumatra, harimau sumatra, tapir serta macan dahan. Kecantikan hutan kerinci seblat juga di dukung oleh hadirnya landscape alam seperti danau gunung tujuh yaitu sebuah danau kaldera paling tinggi di Asia Tenggara. Taman nasional kerinci seblat ini di tetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

5. Hutan Savana Baluran.
Kawasan hutan savana ini masuk kedalam konservasi Taman Nasional Baluran, yang berlokasi di sebelah utara kota Banyuwangi, Jawa Timur. Di hutan savana ini kamu bisa menyaksikan kawanan banteng yang berada di hamparan savana. Hampir 40 persen dari luas hutan didominasi oleh vegetasi sabana, dan untuk sisanya terdiri dari hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, hutan musim dan hutan mangrove. Hutan ini juga menjadi konservasi beberapa satwa liar seperti macan tutul, anjing hutan, kucing bakau, rusa, kijang dan banteng.

Itulah 5 hutan paling cantik dan unik yang ada di Indonesia yang bisa kamu coba kunjungi.

4 thoughts on “5 Hutan Paling Cantik dan Unik Di Indonesia yang Layak Dijadikan Tujuan Wisata

  1. Contekan keren punya nih.
    Bisa jadi opsi, kalau gagal wujudkan mimpi 7 summits Indonesia, bawa anak2 jeng2 ke 5 spot keren ini saja deh ah.

    BW sore2 dari Lombok ^^

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya