Buat Jadi Nyata Resolusi Traveling 2019 versi A-pradana.Net

Hampir setiap pergantian atau awal tahun hampir setiap orang selalu menyiapkan berbagai resolusi yang akan dicapai. Tak terkecuali saya yang sudah menyiapkan berbagai resolusi, mulai dari resolusi pribadi, hari – hari hingga resolusi traveling 2019. Apalagi jika pada tahun – tahun sebelumnya banyak harapan atau resolusi yang belum tercapai, sehingga mau tidak mau harapan – harapan ke depannya harus tercapai.

Bagi saya travel blogger yang lebih suka jalan – jalannya dan lebih lama menulis di blog, tetap saja membutuhkan harapan – harapan untuk traveling yang bisa dibuat jadi nyata. Sehingga keinginan – keinginan pada tahun sebelumnya tidak menjadi kegagalan lagi.

Namun tak bisa dipungkiri untuk menjadikan traveling yang nyata pada tahun ini terasa agak berat. Polemik kenaikan harga tiket maskapai domestik dari awal tahun 2019, membuat harapan saya untuk bisa menjelajah Indonesia sedikit terkikis. Tetapi saya yakin dan tetap optimis, saya bisa menikmati keindahan negara ini dengan membuat resolusi traveling 2019 versi a-pradana.net yang hemat dan pas di kantong. Sayangkan kalau hari – hari libur tanggal merah pada tahun 2019 tidak digunakan buat berliburan.

Buat Nyata Resolusi Traveling 2019 yang Hemat versi a-pradana.net

Walaupun segala biaya serba naik, harusnya kita tetap bisa berliburan dengan hemat. Hemat dalam artian, transport, makan dan tidur aman, liburan dapat, trus santainya apalagi. Ada beberapa harapan – harapan yang sudah buat untuk tahun ini, yang mungkin bisa teman – teman juga jadikan referensi. Yah kalau mau sih hahahaha.

1. Memilih Destinasi Sumatera

resolusi traveling 2019
Menyelam dan menikmati keindahan bawah laut pulau Weh, Di Aceh

Keinginan – keinginan traveling seperti mendaki gunung Rinjani di Lombok, menyelam di Bunaken Sulawesi Utara, atau menikmati berbagai kuliner di pulau Jawa rasanya untuk tahun ini ditahan dulu. Dengan tingginya biaya maskapai domestik, saya mengalihkan pandangan dengan destinasi wisata keren yang ada di pulau Sumatera. Apalagi saya tinggal di Kota Pekanbaru Provinsi Riau yang jelas – jelas terletak di tengah Sumatera. Beberapa destinasi yang saya ingin lakukan diantaranya pulau Weh di Aceh, Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat, Pulau Lengkuas di Belitung, Gunung Kerinci di Jambi, Pulau Pahawang di Lampung dan beberapa destinasi wisata keren lainnya yang ada di pulau Sumatera. Semua tempat yang saya pilih pas dan sesuai dengan saya yang memang menyukai petualangan. Walapun selama ini menjadi tim hore (tim biar lambat asal selamat).

Baca Juga  Bebas Ribet Saat Pesan Makan Online Sekantor Dengan #PatunganGampang

 

2. Tentukan Waktu

Tentukan waktu segera

Nah yang selanjutnya adalah menentukan jadwal kapan akan berangkat. Tentunya saya tidak akan menyia-nyiakan tanggal merah. Apalagi kalau jadwalnya tersebut hari atau tanggal terjepit. Jumat sabtu minggu, sabtu minggu senin, atau… jumat sabtu minggu dan senin. Paling tidak harus bisa menggunakan waktu dengan sebaik – baiknya dan menggunakan cuti semaksimal mungkin. Kalau ragu bisa baca tips liburan akhir pekan.

3. Menghindari Biaya Tinggi Maskapai

Menggunakan Motor

Memilih Sumatera bisa dikatakan menjadi alasan untuk bisa traveling tanpa memikirkan biaya maskapai yang mahal. Jadi bisa pergi di beberapa kab/ kota di beberapa provinsi tetangga dengan menggunakan transportasi darat. Untuk ke Sumatera Barat, Sumatera Utara, ataupun Jambi bisa menggunakan sepeda motor kebanggaan. Kalaupun ingin ke Aceh, Lampung, Belitung tinggal rental mobil yang bisa dilakukan, tentunya semakin banyak penumpang, semakin murah lagi. Kalaupun tidak mau rental mobil, bisa menggunakan transportasi umum darat, seperti Bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) yang tentu juga lebih murah. Kalau pun tetap ingin berliburan di luar Sumatera bisa ke luar negeri yang harganya juga lebih murah dari pada domestik. Masih ingin ke Pulau jawa atau pulau lain dari Sumatera ? transit di beberapa negara tetangga lalu kembali ke Indonesia.

 

4. Melakukan Solo Traveling

Melakukan solo traveling

Salah satu cara hemat tentu saja melakukan perjalanan dengan sendiri atau solo. Inilah saat – saat bisa untuk berani dan mengetes jiwa petualangan saya. Berada di tempat – tempat baru yang bisa menambah pengalaman dalam melakukan perjalanan.

 

5. Memilih penginapan yang hemat, nyaman dan pas di kantong.

Menginap nyaman di Reddoorz

Setelah memilih destinasi, transportasi dan pergi dengan siapa, selanjutnya adalah memilih dimana akan menginap selama melakukan perjalanan. Apalagi sebagai seorang travel blogger yang senang melakukan perjalanan dengan keindahan alam, rasanya tak perlu hotel berbintang. Cukup hemat, nyaman dan pas di kantong seperti saat saya menginap di hostel untuk pertama kali.

Baca Juga  Download Kalender 2019 Indonesia Beserta Liburan Kejepit
Harga 99 Ribu Rupiah

Salah satu pilihan saya adalah menginap di jaringan RedDoorz yang hampir tersedia beberapa kota di Sumatera. Dari beberapa kali saya menginap di RedDoorz, baik untuk staycation atau melakukan perjalanan bisnis semuanya sesuai dengan garansi yang mereka berikan. Mulai dari linen yang bersih, area kamar mandi bersih, tersedianya perlengkapan mandi dengan warna merahnya, adanya televisi, air mineral dan yang pasti Wi-Fi gratis yang selalu bisa digunakan selama menginap disana. Bahkan terkadang pada waktu tertentu harga yang ditawarkan untuk satu malam tidak masuk akal, 99 Ribu Rupiah. Dan saya selalu suka penginapan – penginapan di bawah RedDoorz. Ingat, cari yang nyaman dan hemat yaaa, seperti aku sama kamu.

 

6. Mulai Menabung dan siapkan itinerary.

Tips Berburu Produk Murah di Harbolnas
Mulai Menabung

Sudah dapat destinasi, sudah dapat jadwal, sudah dapat transportasi, sudah dapat mau pergi dengan siapa, dan sudah dapat penginapan yang pas di kantong, selanjutnya adalah menabung. Alhamdulillah karena memang dari Januari, Februari belum gajian karena rapel, otomatis sudah nabung sendiri. Yang jelas, menabung juga merupakan poin paling penting. Karena ini menayngkut kehidupkan kita saat melakukan traveling. Kalau ingin terkelola dengan baik, coba persiapkan budget untuk traveling dengan membuat rekening atau penyimpanan terpisan, agar jumlah uang yang disiapkan untuk melakukan petualangan menjadi jelas dan tidak digunakan untuk keperluan pribadi sehari-hari. Apalagi jajan – jajan yang tidak penting, yang hanya membuatku tambah ndut.

7. Tidak Menyerah

Selanjutnya adalah menumbuhkan atau selalu optimis dan pantang pernah menyerah untuk bisa mewujudkan harapan – harapan yang sudah kita jadikan resolusi traveling 2019. Walaupun sulit, tetapi tetap harus berusahan untuk bisa menghadapi setiap rintangan dan hambatan. Karena harapan yang kita buat layak diperjuangkan, layaknya aku memperjuangkan kamu disisiku. Ingat ! banyak orang sukses karena mereka selalu mencoba terus menerus walaupun pada awalnya banyak orang yang sangat meragukannya.

Baca Juga  Liburan Ke Nusa Penida - This Is My Plan For This Year

Saya juga belajar dari kegagalan sebelumnya, fokus pada resolusi yang sudah kita susun. Tidak usah dengar – hal – hal negatif dari orang lain, tak usah dengarkan cibiran orang lain pada kita dengan alasan apapun. Jika hal – hal positif ambil sebagai saran untuk bisa melakukan resolusi tersebut.

 

8. Mulai Banyak Menulis dan NgeVlog

Tak lupa untuk menulis

Tak bisa dipungkiri, beberapa tahun ke belakang banyak perjalanan yang saya sia-siakan tanpa menulis pengalaman dan mendokumentasikannya dalam bentuk Vlog. Biar hemat tetap menggunakan smartphone dan selalu dokumentasikan apa – apa saja yang dilakukan selama berliburan. Sehingga bisa share kepada pembaca ataupun yang lihat channel youtube saya.

Nah bagaimana ? apakah ada yang sama dengan resolusi traveling kita ? mudah – mudahan traveling di pulau Sumatera ini dan apa yang sudah kita rencanakan, dapat tercapai. Sehingga kita bisa bahagia 😀 . Punya harapan yang lain ? ketik di kolom komentar ya.

Summary
Review Date
Author Rating
51star1star1star1star1star

Jalin silaturahmi yuk :D , kalau ga keliatan harus di approve