Bukit Batu Manda, Pesona Indah Kabupaten Lima Puluh Kota

Bukit batu manda merupakan destinasi saya selanjutnya setelah mengunjungi destinasi unik Rumah Barbie yang berada tak jauh dari bukit ini. Memang bisa dikatakan Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat ini menyimpan banyak potensi wisata. Mulai dari air terjunnya hingga bukit atau gunung yang indah.

Bukit ini berlokasi tak jauh dari rumah barbie atau kota Payakumbuh. Hanya lebih kurang 30 menit dari Kota menuju Desa Belubus (Balubuih) kenagarian Sei. Talang, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Bukit Batu Manda, Pesona Keindahan dari 500 Mdpl

Bukit Batu Manda
Bukit Batu Manda dari Kejauhan

Sesuai namanya, untuk menikmati tempat ini kamu diwajibkan untuk mendaki. Sebelum mendaki kamu sudah bisa melihat Bantu Manda dari kejauhan. Apalagi jika cuaca disaat kamu berkunjung sangat cerah, tentunya menjadi kontras. Di sini kamu bisa menemukan Batu Manda yang merupakan batu tertua yang sangat bersejarah dan juga menjadi salah satu destinasi wisata sekaligus. Tak hanya itu, bahkan dari informasi masyarakat setempat tempat ini memiliki kekuatan mistis.

Bukit yang mempesona

Saya mulai mencoba mendaki untuk naik ke tempat yang hits di kabupaten ini. Walaupun tanpa persiapan, tanpa air minum dan menggunakan celana panjang jeans, saya berusaha naik terus ke atas. Untuk naik keataspun sudah ada jalan setapak yang dibuat warga sekitar memutar sehingga tidak menyulitkan untuk melakukan pendakian. Setelah beberapa menit, saya sampai di check point pertama atau tempat datar pertama untuk beristirahat. Disini saya juga mengambil beberapa foto selfie sambil menikmati keindahan alam dari ketinggian 500 Mdpl. Saya lalu melanjutkan ke titik selanjutnya sebelum sampai di batu tersebut. Dengan bobot yang mulai berat (saya tambah gemuk) saya mulai ngos – ngosan, padahal saya sudah pernah sampai ke puncak Gunung Kerinci. Sampai di titik selanjutnya saya kembali berfoto selfie.

Baca Juga  Air Terjun Badorai - Sumatera Barat

Karena saya datang tepat pada waktu zuhur, tempat ini tidak ada orang sama sekali. Cuaca panas terik membuat saya urung untuk naik terus ke batu besar itu. Alasan lain tentu saja karena memang saya cuma sendiri, bagaimana pun tidak akan ada yang bisa mengabadikan gambar saya di atas batu tersebut. Padahal biasanya banyak wisatawan yang datang naik ke atas batu besar itu.

Disisi lain saya juga melihat beberapa bekas api unggun ataupun tanda – tanda orang yang berkemah di bukit ini. Sayangnya saya juga sempat melihat beberapa botol air mineral dan juga bungkus mie instan bertebaran tanpa di bawah kembali turun kebawah

Deretan pegunungan ataupun bukit diatas bukit batu manda

Karena keberadaannya yang di atas bukit dan sangat unik, mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang gemar berwisata ke alam terbuka. Tidak jarang juga para pecinta alam yang berkemah di sekitara Bukit Batu Manda ini.

Jangan lupa untuk selfie

Terlepas dari sampah tersebut, kurang lengkap rasanya jika tidak menikmati pemandangan disekitar yang mempesona ini. Hampir 30 menit saya berada di atas sambil melihat sekeliling juga menikmati landsekap alam yang lebar membentang dan ditemani dengan barisan bukit pegunungan yang sangat alami.

 

Lokasi

Untuk bisa menikmati alam dari 500 Mdpl di tempat ini kamu harus segera ke Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Tepat nya di Desa Belubus (Balubuih) kenagarian Sei. Talang, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota. Jarak lokasi tempat ini dari pusat Kota Payakumbuh lebih kurang 15 km, atau 30 menit berkendara. Tetapi jika kamu dari kota Pekanbaru seperti saya ataupun Kota Padang bisa menempuh jalur darat ke tempat ini mulai dari 3,5 – 5 jam. Jangan khawatir karena takut tersesat, karena lokasi bukit ini sudah ditandai di Google Maps, sehingga tempat ini memang benar – benar mudah di temukan. Saya sendiri menggunakan jasa Google Maps untuk menemukan tempat ini loh.

Baca Juga  Air Terjun Nyarai - Lubuk Alung

Saran saya, jika kamu ke lokasi ini jangan lupa bawa sampah kamu kembali. Biasakan menjaga alam dan tidak merusaknya. Selain itu sewaktu trekking atau melakukan pendakian juga berhati – hati, karena kalau musim hujan, tanahnya menjadi licin. Jika berniat naik ke puncak Bukit Batu Manda kamu bisa menaikinya melalui celah yang terdapat di belakang batu. teman – teman yang ingin menaikinya harus ekstra hati-hati karena kalau terjatuh akan sangat berbahaya akibatnya, karena ada tebing yang disekeliling batu. Untuk informasi batu ini memiliki ukuran yang lumayan besar, ukurannya sekitar 10 (p) x 5 (l) x 10 (t) meter.

incoming search

bukit limapuluhbukit manda

5 Replies to “Bukit Batu Manda, Pesona Indah Kabupaten Lima Puluh Kota”

  1. baru tahu ada kabupaten limapuluh kota 😀

    1. iya gan ada di Sumatera Barat

  2. Unik lokasi batu Manda nya,mas.
    Batunya berdiri sendirian nangkring di atas bukit ?

  3. Aku belum pernah menginjakkan kaki di Sumatera. Mudahan kelak kalau bisa ke sana, salah satu di daftar yang harus dikunjungi Batu Manda ini deh. Pemandangannya bagus banget

  4. […] apalagi untuk menunjang aktifitas saya sebagai travel blogger seperti yang saya lakukan sewaktu ke Bukit Batu Manda. Bisa foto – foto landscape lebih mantap. Dengan mode aperture lebar yang memungkinkan saya […]

Berkomentar dan menjalin silaturahmi