Catatan Ringan

Cara Menggunakan Kamera DSLR Tanpa Efek Editing

Saat ini marak sekali hasil foto yang melalui proses editing terlebih dulu yang selanjutnya akan membuat hasil foto menjadi sangat bagus. Namun tak jarang ada hasil foto asli tanpa efek editing yang terlihat sangat cantik dan tidak kalah dengan hasil foto dengan efek editing. Foto tanpa efek editing akan membuat hasil foto terlihat natural dan jujur, dan yang melihat akan ikut merasakan sensasi saat mengambil objek tersebut. Untuk mendapatkan foto tanpa efek editing, hal pertama yang harus diketahui adalah cara menggunakan kamera DSLR dan mengetahui semua bagian kamera DSLR serta fungsi semua tombol yang ada pada kamera DSLR.

 

Cara Menggunakan Kamera DSLR Tanpa Efek Editing

  1. Cara menggunakan kamera DSLR tanpa efek editing yang paling mudah adalah menggunakan efek monokrom atau hitam putih. Mengambil objek dengan efek monokrom akan mengasah kemampuan untuk menyingkirkan berbagai elemen warna yang mengganggu dalam frame.
  2. Cara menggunakan kamera DSLR tanpa efek editing yang lain adalah dengan membuat foto terlihat dreamy. Caranya cukup mudah yaitu dengan menempelkan objek lain seperti kertas warna warni atau bunga pada lensa kamera yang menutupi sebagian lensanya dan arahkan fokus kamera ke objek foto yang akan diambil. Dengan cara ini foto dreamy akan didapatkan karena fokus kamera akan tertuju pada objek foto yang membuat bunga atau kertas yang menempel terlihat blur.
  3. Cara menggunakan kamera DSLR tanpa efek editing bisa juga dilakukan dengan membuat foto city lights. Siapkan kamera dan tripod ke jembatan penyebrangan saat malam hari. Gunakan tripod untuk menyangga kamera dan letakkan tripod pada tempat yang rata dan aman. Ganti mode kamera DSLR menjadi manual dan atur aperture menjadi tinggi, misalnya f/10. Setelah itu atur kecepatan shutter menjadi 5 atau 10 detik. Jika tidak puas dengan hasilnya, atur aperture dan kecepatan shutter sampai mendapatkan hasil foto yang diinginkan.

Namun, jika ingin mendapatkan foto dengan tema alam yang terlihat artsy, gunakan cara menggunakan kamera DSLR tanpa efek edit dengan bermain angle. Pintar memilih background dan pengambilan angle yang benar akan membuat hasil foto menjadi maksimal meskipun tanpa efek editing. Cari atau persiapkan background dengan tema alam yang bagus, misalnya saja dedaunan dengan warna hijau yang segar. Jika tidak ada, bisa pilih background tanaman dengan tinggi yang sama dengan objek foto, ambil foto setengah badan yang bisa didapatkan dengan objek foto yang jongkok di tanaman pagar dedaunan. Ambil banyak foto dari berbagai arah dengan angle yang berbeda-beda. Setelah selesai, hasil foto bisa digunakan sebagai pembanding agar bisa tahu cara mengambil angle yang baik.

Masih banyak cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan hasil foto tanpa efek yang hasilnya tidak akan kalah keren dari foto yang terlihat di berbagai macam foto yang tersebar di banyak media sosial. Perlu kesabaran dan ketelatenan untuk mengetahui cara menggunakan kamera

DSLR tanpa efek.

Kreatifitas sangat diperlukan untuk bisa mendapatkan hasil foto tanpa efek editing yang bagus. Berpikir dan berani mencoba segala cara menggunakan kamera DSLR termasuk cara mengambil angle sangat diperlukan oleh seorang fotografer. Terus belajar akan membuat hasil foto akan semakin baik meskipun tanpa efek editing.

Itulah sedikit ulasan tentang cara menggunakan kamera DSLR tanpa efek editing. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Berkomentar dan menjalin silaturahmi