Mengeksplor wisata di Negara kita Indonesia, seolah tidak ada habis-habisnya. Salah satunya yang saat ini semakin ramai dibicarakan orang adalah tempat wisata di Labuan Bajo. Ya, Labuan Bajo saat ini telah menjadi kota yang semakin berkembang karena keindahannya ramai dipromosikan di media sosial. Dengan kamu menuliskan “Labuan Bajo” di kolom pencarian akun Youtube-mu, kamu akan menemukan banyak sekali ulasan para Traveler mengeksplor wisata-wisata alam yang sangat eksotis di Labuan Bajo.

Labuan Bajo berada di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Merupakan salah satu dari 19 Desa yang berada di Kecamatan Komodo, Desa Labuan Bajo menyimpan potensi keindahan alam yang sangat mengagumkan. Jika kamu pernah mendengar ada yang mengatakan Indonesia adalah kepingan surga, maka Labuan Bajo adalah termasuk kilauan dari kepingan surga itu.

Dulunya, Labuan Bajo adalah sebuah kelurahan sekaligus Ibu Kota Kecamatan Komodo, dan juga merupakan Ibu Kota Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Dan sekarang, seiring perkembangan masyarakat dan tata kelola khususnya dalam bidang wisata, Labuan Bajo sudah semakin berkembang menjadi Kota Labuan Bajo yang menawarkan tempat-tempat wisata alam yang indah. Memang Labuan Bajo ini adalah salah satu daerah di Kabupaten Manggarai Barat yang dikenal masyarakat merupakan pusatnya pariwisata di Manggarai Barat.

Berkembangnya Labuan Bajo menjadi kota destinasi wisata seperti sekarang ini juga tidak lepas dari dukungan masyarakat setempat. Selain itu, support nyata dari pemerintah melalui Dinas Pariwisata dalam memfasilitasi Labuan Bajo menjadi destinasi wisata telah menarik banyak wisatawan untuk datang berlibur di Labuan Bajo. Bahkan, dukungan pemerintah bisa kita lihat betapa Bapak Presiden kita, Bapak Jokowi turut andil dengan mengunjungi Labuan Bajo bersama Ibu Negara, lalu memposting foto-foto mereka di Labuan Bajo di akun Instagram mereka.

Transportasi Menuju Ke dan Tempat Wisata di Labuan Bajo

Untuk dapat mengakses Labuan Bajo, sudah tersedia fasilitas transportasi Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo. Jika kamu ingin sampai di Labuan Bajo untuk berlibur, durasi perjalananmu menggunakan transportasi udara dari Jakarta kurang lebih berdurasi 2,5 jam. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke Labuan Bajo, melalui penyedia jasa paket wisata atau pergi sendiri bersama orang tercinta, berikut ini list tempat-tempat wisata unggulan di Labuan Bajo yang sangat perlu untuk anda kunjungi. List ini juga bisa kamu jadikan rute liburanmu selama berlibur di Labuan Bajo. Rute berlibur ini semuanya akan mengantar kamu berwisata mulai dari wisata bermain di air, jalan-jalan menaiki bukit, hingga melihat sunset atau sunrise dan panorama laut biru dari ketinggian bukit. Dan satu lagi, yang rasanya akan kurang lengkap jika tidak dimasukan ke list liburanmu. Yaitu melihat langsung hewan komodo di Pulau Komodo.

Tempat Wisata di Labuan Bajo yang Wajib Kamu Kunjungi

Saya sudah mempersiapkan beberapa destinasi wisata yang harus teman – teman kunjungi, berikut listnya :

  1. Menikmati Kecantikan Sunset di Bukit Sylvia

    tempat wisata di labuan bajo

    Sunset di Bukit Sylvia, Labuan Bajo. Photo : Instagram/@goezz

    Saat kamu sudah sampai di Labuan Bajo, tentu kamu tidak ingin melewatkan sedikitpun kesemapatan menikmati setiap keindahan yang tersaji di Labuan Bajo. Termasuk menikmati indahnya panorama langit serta laut di Labuan Bajo saat sunset. Jika iya, nih, kamu bisa mencoba untuk menyempatkan naik ke bukit Sylvia. Di Labuan Bajo, bukit Sylvia sudah sangat terkenal. Bukit ini diberi nama bukit Sylvia, karena di areal tersebut terdapat sebuah Resort bernama Sylvia. Dari bukit Sylvia ini pemandangannya sangat indah, sehingga sangat ramai dikunjungi.Untuk bisa sampai di bukit Sylvia, jika dari Pelabuhan Bajo, kamu bisa berjalan kaki menaiki bukit Sylvia kurang lebih sekitar 30 menit. Atau kamu juga bisa menggunakan alternatif jasa angkutan umum. Di sekitaran Labuhan Bajo banyak terdapat Ojek dan Angkot yang bisa mengantar kamu ke bukit Sylvia. Menggunakan Ojek atau Angkot, hanya memerlukan waktu 5-10 menit saja, dan anda akan sampai ke bukit Sylvia.

    Berada di atas bukit Sylvia, kamu akan mendapat sajian hamparan laut biru dan melihat bentuk pulau-pulau yang akan menghadirkan kesan pemandangan alam yang sangat artistic atau menakjubkan. Oh iya, usahakan kamu datang ke bukit Sylvia di waktu sebelum jam 4 sore, agar kamu memiliki cukup waktu menikamti segala sajian pemandangan di bukit yang bisa kamu saksikan dari berbagai arah. Dan juga tentunya agar kamu sempat berfoto-foto.

    Memandang laut dari ketinggian bukit Sylvia, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan kapal-kapal yang bergerak keluar masuk Pelabuhan Bajo. Hingga matahari tampak akan mulai tergelincir, di waktu itulah akan mulai muncul semburat yang disebut Golden Sunset, yang tentunya akan memberi nuansa keindahan senja yang mengagumkan untuk kamu nikamti saat di Labuan Bajo.

  2. Wisata Kuliner Seafood Kampung Ujung

    tempat wisata di labuan bajo

    Menikmati kuliner seafood di kampung ujung. Photo : Instagram/ @sfnn.food.experience

    Puas menikati sunset di bukit Sylvia, waktu berganti petang. Pada waktu-waktu itu perut kamu tentu mulai merasa keroncongan. Nah, solusinya kamu bisa melanjutkan wisatamu yaitu mendatangi Kampung Ujung untuk mencari kuliner. Memangnya kita bisa makan apa sih di Kampung Ujung? Kampung Ujung merupakan daerah di Labuan Bajo, di sana terdapat banyak pelelangan ikan. Jadi, di Kampung Ujung ini kamu bisa menikmati kuliner ikan-ikan segar. Mulai dari berbagai jenis kerapu, cumi, kakap merah, udang, kepiting, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kamu bisa pilih ingin diolah seperti apa. Kamu bisa memesan cara masak dengan dibakar, digoreng, kuah asam, saus tiram, dan beragam cara masak lainnya.

  3. Pulau Kelor yang Mempesona

    tempat wisata di labuan bajo

    Pulau Kelor yang Menawan. Photo : Shutterstock

    Pulau Kelor sangat layak untuk kamu kunjungi saat berlibur di Labuan Bajo. Sebuah pulau yang sepi dengan hamparan pasir yang lembut, airnya yang jernih, serta terumbu karangnya yang cantik akan membuat kamu betah berlama-lama berada di sana. Ditambah suasan alam dengan hembusan anginnya yang sepoi akan menambah pengalaman liburanmu di Labuan Bajo sangat berkesan. Untuk sampai di pulau Kelor, kamu bisa menyewa jasa perahu dari Labuan Bajo dengan durasi sekitar 30 menit. Di pulau Kelor, tentunya kamu juga bisa snorkeling, menjelajah taman laut di sekitaran pulau.

  4. Pulau Rinca

    tempat wisata di labuan bajo

    Pulau Rinca yang Menawan. Photo : Shutterstock

    Dari pulau Kelor, kamu bisa melanjutkan trekking ke Pulau Rinca. Pulau Rinca merupakan zona inti taman nasional, sesuai Peta Zonasi Taman Nasional Komodo. Boleh dibilang, pulau seluas sekitar 190 KM ini adalah habitat asli Komodo Si Naga Purba. Mengunjungi pulau Rinca kamu bisa melihat Kawanan Komodo hewan purba yang memang dilindungi. Di Pulau Rinca, kamu bisa berinteraksi atau menyapa para warga. Karena pulau Rinca memang pulau yang berpenghuni. Terdapat sekitar 1000-an warga tinggal di Pulau Rinca. Anda sekaligus bisa belajar kearifan lokal masyarakat dan tentunya sembari menikmati pemandangan indah yang ada di sana.

  5. Strawberry Cave, Sunrise Pulau Padar

    tempat wisata di labuan bajo

    Sunset indah di Pulau Padar. Photo : Shutterstock

    Selain pulau-pulau yang disebutkan tadi, sebenarnya masih terdapat pulau-pulau indah lainnya yang bisa anda kunjungi. Sebagai tambahan, di Labuan Bajo terdapat sebuah pulau yang menyimpan bukit batu yang unik. Bukit batu itu berwarna Pink. Sehingga sering disebut “Strawberry Cave”. Ada lagi pulau yang kebetulan sangat cocok untuk melihat Sunrise, yaitu Pulau Padar. Keindahan matahari saat terbit bisa anda nikmati dari bukit di Pulau Padar.

  6. Pink Beach, Snorkeling di Manta Point, Pulau Kanawa

    tempat wisata di labuan bajo

    Pink Beach yang selalu mempesona

    Setelah lelah trekking, mendaki bukit, berkeliling pulau, menyaksikan komodo dari jarak dekat, waktunya kamu untuk menyegarkan tubuh dengan bermain air di Pink Beach. Pink Beach sangatlah unik, karena pasirnya yang berwarna pink akan memberimu pengalaman baru. Kamu juga bisa mencoba dive atau snorkeling, menikmati pemandangan bawah laut di Manta Point. Manta Point merupakan lokasi snorkeling yang paling banyak diincar oleh traveler. Di Manta Point ini kamu bisa habiskan sisa waktu liburanmu. Pulau Kanawa juga wajib untuk kamu singgahi. Di Pulau Kanawa kamu juga bisa melihat aneka biota laut, berkeliling dengan perahu kecil atau dive di pantai sekitaran pulau Kanawa. Jernihnya air di kanawa menjadikan pemandangan tampak sangat biru. Letak pulau Kanawa sendiri sekitar 15 Kilo dari Labuan Bajo. Habiskan waktu liburanmu di Labuan Bajo dengan berwisata air dan pemandangan di Pulau Kanawa.

Pesan hotel, villa ataupun hostel melalui booking online

Berbagai macam penginapan ada di Labuan Bajo. Mulai dari hotel, hostel ataupun villa tersedia selama berliburan di sana. Ada baiknya untuk memilih penginapan selama berliburan di Labuan Bajo dengan memesan secara online. Selain harga yang jauh lebih murah, tentu ada juga kemudahan dan juga sering banyak promo. Berdasarkan pengalaman selama beberapa kali melakukan perjalanan dan traveling, untuk Labuan Bajo Hotel saya lebih memilih Online Travel Agent (OTA) seperti Traveloka. Asyiknya, OTA ini menawarkan berbagai kemudahan untuk keperluan akomodasi ataupun staycation selama berliburan. Kamu bisa melakukan pembayaran langsung atau bayar saat check-in di hotel dengan Pay@hotel, atau kalau – kalau kamu ingin pindah jadwal bisa menggunakan fitur easy reschedule. Ada juga berbagai fitur lainnya seperti last minute hotel, & hotel near me.

Tetapi diantara itu semua saya paling suka dengan fitur PayLaternya. Fitur ini sendiri merupakan fitur anyar yang dimiliki oleh Traveloka yang memungkinkan kita melalukan pembayaran dengan metode cicilan online (cashless) tanpa menggunakan kartu kredit. Dan enaknya kita bisa menggunakan model ini untuk semua produk yang ada di Traveloka. Proses pendaftaran juga mudah dan cepat serta tidak ada tambahan biaya seperti biaya tahunan dan uang muka. Tadinya saya tidak kepikiran untuk ikut menggunakan fitur ini, tetapi karena diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dapat dipastikan fitur ini aman dan terpercaya. Sebab itu saya tak perlu khawatir dengan data pribadi atau bahkan dengan adanya biaya yang tak terduga pada nilai akhir yang muncul saat pembayaran. Semua tagihan yang harus dibayar akan tampil di halaman pembayaran tanpa adanya tambahan biaya tahunan, biaya administrasi, ataupun uang muka. OTA ini juga didukung oleh Danamas selaku partner resmi yang sudah terdaftar dan pertama kali memiliki izin beroperasi dari OJK.

So tinggal pilih mau hotel, hostel ataupun villa. Rata – rata untuk harga yang ditawarkan cukup beragam dan kompetitif serta juga banyak pilihan.

Mudah – mudahan list yang sudah saya buat ini bermanfaat dan berguna buat teman – teman yang ingin berliburan ataupun menjelajah berbagai tempat wisata di Labuan Bajo.