Halo teman – teman, seperti namanya, Yogyakarta memang selalu menjadi daerah istimewa, yang ingin selalu dikunjungi lagi dan lagi. Kota ini sering kali menjadi tempat kita untuk menghilangkan penat ketika kuliah maupun kerja. Perkembangan kota gudeg sudah maju, teman – teman akan menjumpai banyak penginapan di sekitar jalanan yang padat dan sering didatangi oleh pengunjung, seperti yang banyak di daerah Jl. Malioboro, atau di bagian lain Yogyakarta juga banyak penyewaan kamar-kamar di rumah sebagai tempat menginap.

Tidak hanya tempat menginap, kendaraanpun banyak disewakan. Lengkap! Dari roda empat yang bisa kita pesan  secara online seperti https://www.traveloka.com/id-id/rental-mobil/region/yogyakarta hingga juga menyewa roda dua. Tentunya denga berbagai pilihan dan kondisi penyewaan. Kita bisa mengatur sendiri kebutuhan selama di Yogyakarta dengan budget yang kita miliki. Lebih – lebih banyak sekali yang mengatakan bahwa di kota yang terkenal dengan wisata ini apa – apa terjangkau. Apalagi orang-orang yang berasal dari ibu kota!

Tempat wisata di Yogyakarta yang paling umum menjadi tempat untuk dikunjungi adalah Malioboro, dan tempat wisata sekitarnya seperti titik nol, Pasar Bringharjo, Benteng Vredeburg, Keraton Yogyakarta, Tugu Yogyakarta, atau Offroad di Gunung Merapi dan beberapa tempat lainnya.

Tapi sekarang kota pelajar ini menawarkan tempat menarik dan bisa dijadikan pilihan wisata lain terbaru, dimana dari beberapa lokasi ini memiliki daya tarik tersendiri karena destinasi wisatanya sangat unik-unik dan tentunya menjadi pilihan spot berfoto selfie yang instagramable.

Untuk yang sudah penasaran apa saja wisata yang terbaru dan terunik di kota keraton ini, silahkan simak informasi berikut ya.

10 Daftar Tempat Wisata Di Yogyakarta Terbaru

Untuk kamu yang sudah beberapa kali ke kota gudeg ini, namun masih ingin ke kembali, dengan tujuan wisata yang unik, atau buat kamu yang baru pertama kali akan ke Yogya, tidak ada salahnya jika kamu mampir ke berbagai destinasi terbaru dan unik berikut:

1. Persawahan Watumurah

Tempat Wisata Di Yogyakarta Terbaru dan Terunik

Persawahan yang indah do Watumurah. Photo : Instagram/arif_josselalu

Lokasi berada di Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Pesaawahan tersebut berada di pinggiran jalan, tepat pada jalan alternatif Yogyakarta-Purworejo. Melihat pemandangan hijau sepanjang jalan, sangat asri ya! Selain hanya dlihat, teman – teman juga bisa mengambil gambar di sini. Jangan lupa, parkir dengan tertib agar tidak mengganggu kendaraan lain yang melintas ya..

2. Pesawahan Kalibawang

Tempat Wisata Di Yogyakarta Terbaru dan Terunik

Persawahan Kalibawang yang Instagramable. Photo : Instagram/dodiefdi

Masih di Kulon Progo, ada juga area sawah yang ditanam-tanami bawang. Bayangkan ketika ada angin, daun akan menari-nari, indahnyaa..

Berbeda dengan persawahan watumurah yang terletak di sebelah jalan raya, pesawahan kalibawang terletak di antara jalan setapak. Teman – teman bisa lebih leluasa berfoto dan menikmati pemandangan di tempat wisata di Yogyakarta terbaru ini. Ingat, jangan merusak ya!

3. Desa Wisata Kebun Teh Nglingo

Tempat Wisata Di Yogyakarta Terbaru dan Terunik

Desa Wisata Kebun Teh Nglingo. Photo : Instagram/ekajullia

Berada di Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Ketinggian kebun teh ini 900mdpl, menawarkan udara yang sejuk dan pemandangan hijaunya kebun teh yang sangat proporsional. Pada saat cerah, pemandangan lain juga ditawarkan, yaitu keindahan puncak gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing. Tiket masuk hanya Rp. 5000 /orang.

4. Pesanggrahan Taman Siswa Kaliurang

Tempat Wisata Di Yogyakarta Terbaru dan Terunik

Pesanggrahan Taman Siswa Kaliurang. Photo : Instagram/lia.liuu

Di sini, terdapat sebuah bangunan yang dicat putih. Kalian bisa berfoto dengan latar belakang rumah tersebut. Di tempat ini kesan vintage atau jadul akan membuat foto liburan kalian lebih mengesankan ketika berkunjung ke tempat wisata di Yogyakarta terbaru.

5. Masjid Besar Mataram Kotagede

Tempat Wisata Di Yogyakarta Terbaru dan Terunik

Masjid Besar Mataram Kotagede. Photo : Instagram/icafaiza

Bangunan ini merupakan bangunan peninggalan sejarah. Suasananya masih tetap asri hingga saat ini. Anda bisa mengambil gambar dari berbagai sisi dengan suasana vintage.

6. Waduk Sermo

Tempat Wisata Di Yogyakarta Terbaru dan Terunik

Bisa Pre Wedding juga loh. Photo : Instagram/aminfahruddin

Hanya dengan membayar tiket seharga Rp. 6000/orang dan biaya parkir Rp. 2000/motor dan Rp. 5000/mobil, kamu bakalan disuguhi pemandangan danau yang luas dengan beralaskan rumput hijau. Sangat indah bila pergi bersama-sama. Atau jika kamu tidak buru-buru, kamu bisa mendapat view sunset yang indah di sini.

7. Curug Kuncung Mas

Curug Kuncung Mas yang instagramable. Photo : Instagram/ariesieass

Berada di Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Teman – teman tidak akan mengira bahwa airnya sejernih ini dan segar. Ada banyak tempat berenang atau hanya sekedar berendam. Jadi, untuk kalian yang disetiap liburan ingin berenang, tempat ini sangat tepat untuk dikunjungi.

8. Desa Wisata Selopamioro

Tempat Wisata Di Yogyakarta Terbaru dan Terunik

Desa Wisata Selopamioro. Photo : Instagram/sheto_chenko

Di Bantul, kalian bisa melihat adanya danau dengan wahana air yaitu kapal kecil lengkap dengan pelampung dan dayungnya. Jadi, teman – teman dapat menikmati danau ini dengan berkeliling menggunakan perahu sambil menikmati keindahan alam sekitar.

9. Karst Tubing Sedayu

Tempat Wisata Di Yogyakarta Terbaru dan Terunik

Karst Tubing Sedayu yang penuh tantangan. Photo : Instagram/ mmahayati

Untuk kamu yang menyukai tantangan, tentunya bisa mencoba wahana air Kars Tubing Sedayu bersama teman-teman. Sangat seru! Kalian bisa menikmati arum jeram bersama teman-teman, sehingga liburan di daerah istimewa ini bisa lebih menyenangkan dan tidak hanya berfoto-foto selfie.

10. Hutan Jati Sedyo Rukun

Tempat Wisata Di Yogyakarta Terbaru dan Terunik

Hutan Jati Sedyo Rukun. Photo : Instagram/vickyvarro

Berada di Banyusuco, Playen, Gunungkidul, teman – teman bisa merasakan musim semi di Indonesia! Dengan pemandangan hutan gunung jati yang sangat eksotik membuat kalian berlomba membuat foto unik dan pastinya tidak boleh melewatkan spot wisata baru ini.

Bagaimana setelah melihat beberapa tempat wisata di Yogyakarta terbaru dan unik diatas? Apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya ketika berada di Yogya? Jadi kalian tidak hanya mengunjungi destinasi wisata yang itu-itu saja, karena 10 wisata wajib yang sudah saya list dicoba dikunjungi. Selamat menikmati liburan! Berilah kesan positif dimanapun teman – teman berada!