Ada alasan saya membuat daftar tempat wisata di Cirebon. Kota yang dikenal dengan Kota Udang ini merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Barat, tepatnya berada di pesisir utara jawa atau sering kita kenal dengan jalur pantura. Jadi kota ini pastinya akan sering kita lewati ketika melakukan perjalanan dari kota Jakarta ke Semarang atau Surabaya ataupun sebaliknya dari Surabaya atau Semarang menuju Jakarta. Karena itu tidak heran kota ini selalu ramai dan dikenal banyak orang, sehingga mungkin teman – teman penasaran dengan apa saja yang ada di kota ini mulai dari destinasi menarik apa saja yang bisa dikunjungi ketika mulai singgah di kota ini.

Jika teman – teman ingin mengunjungi berbagai destinasi yang ada di Kota Udang ini bisa menggunakan jalur darat. Apalagi biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal. Sebagai contoh dari Jakarta bisa menggunakan nyamannya kereta cirebon ekspres. Perjalanan dari Jakarta ke Cirebon dimulai dengan jadwal pemberangkatan pukul 07.00 pagi. Selain itu juga bisa menggunakan transportasi alternatif lainnya seperti menggunakan kendaraan pribadi.

Jangan salah Kota Cirebon merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki destinasi liburan keren yang tidak kalah dengan Kota Bandung dan tempat wisata alam Bogor loh. Karena di kota ini banyak orang datang untuk menikmati liburannya dengan mengunjungi ke beberapa destinasi liburan yang mengasyikan dan memanjakan mata. Baik dari destinasi alamnya, sejarah, ataupun ataupun tempat menarik untuk keluarga yang menyenangkan.

Untuk yang penasaran mengetahui loaksi yang wajib di kunjungi. Saya sudah merangkum dan memiliki beberapa pilihan destinasi jalan – jalan yang perlu dipertimbangkan untuk dikunjungi saat liburan di kota ini .

5 Daftar Tempat Wisata Di Cirebon Yang Wajib Dikunjungi

Destinasi Sejarah

1. Keraton Kanoman Cirebon

Daftar Tempat Wisata di Cirebon

Keraton Kanoman/Shutterstock

Jika teman – teman merupakan traveler yang suka berwisata sejarah, maka Keraton Kanoman di Cirebon bisa dipertimbangkan untuk dikunjungi. Tempat ini telah didirikan oleh Sultan Anom I yaitu Pangeran Mohamad Badridin alias Pangeran Kertawijaya yang beliau diangkat pada tahun 1678 M. Ini merupakan peninggalan yang sangat bersejarah dari kota Cirebon yang berkaitan erat dengan penyebaran agama Islam oleh Sunan Gunung Jati.

Untuk mengunjungi wisata sejarah Keraton Kanomanan teman – teman dapat mengunjungi alamatnya di Jalan Wanaon, Kampung Kanoman, Kelurahan Lemah Wungkuk dan Berkecamatan di Lemah Wungkuk. Untuk mempermudah akses untuk mengetahui tempat ini, kamu bisa mencari Pasar Kanomanan, karena lokasinya berada di belakang pasar tersebut. Jika turun di Stasiun Kejaksan Cirebon, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit sampai 15 menit untuk mencapai tempat wisata bersejarah ini.

2. Keraton Kasepuhan Cirebon

Daftar Tempat Wisata di Cirebon

Keraton Kasepuhan/Shutterstock

Selain Keraton Kanoman, di Kota Udang ini juga terdapat Keraton Kasepuhan yang termasuk dalam daftar tempat wisata di Cirebon yang saya buat. Jadi teman – teman yang tertarik dengan sejarah dari Keraton yang ada di Indonesia sangat cocok mengunjungi kota ini. Keraton ini telah digunakan untuk penyebaran agama Islam di Kota Cirebon dimulai sekitar tahun 1529 oleh Pangeran Cakrabuana.

Untuk berkunjung ke Keraton Kasepuhan, bisa mengunjungi alamatnya di Jl Kasepuhan No 43, Desa Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, tepatnya di Kecamatan Lemah Wungkuk. Jika kamu dari Stasiun Kejaksan atau Terminal Bus Harjamukti, membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mengunjungi tempat wisata ini.

Untuk Wisata Sejarah Kota Cirebon lainnya yang menarik dikunjungi ada Makam Sunan Gunung Jati, Taman Sari Gua Sunyaragi, dan Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

Destinasi Alam

Selain dapat mengunjungi wisata sejarah yang ada di kota Cirebon, teman – teman bisa menikmati wisata alam di kota Cirebon dari wisata pantai, wisata situ, telaga, dan wisata alam lainnya yang akan memanjakam mata dan menyejukan pikiran.

3. Pantai Kejawanan

Daftar Tempat Wisata di Cirebon

Pantai Kejawanan/Shutterstock

Wisata pantai merupakan salah satu wisata yang sangat tepat untuk liburan bersama keluarga, di Kota Cirebon terdapat Pantai Kejawanan yang memiliki pemandangan pantai dan laut yang Indah. Di Pantai Kejawanan kamu juga bisa menikmati keindahan dari matahari terbit yang sangat indah, menikmati suasana pantai, menunggangi perahu atau melakukan aktivitas liburan di pantai yang menyenangkan lainnya. Untuk menyewa perahui di pantai ini, biasanya pengunjung dikenakan tarif sekitar Rp. 15.000 sampai Rp. 20.000.

4. Situ Petok dan Situ Sedong

Daftar Tempat Wisata di Cirebon

Situ Sedong/Shutterstock

Wisata alam lainnya ada juga di Kota Cirebon untuk wajib dikunjungi yaitu Situ Petok dan Situ Sedong. Situ Petok merupakan salah satu danau terbesar yang ada di wilayah Cirebon dan sekitarnya, menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata untuk bersantai dan berfoto selfie yang indah dengan pemandangan danau yang menakjubkan di sore hari. Selain dapat menikmati keindahan dari situ Petok, pengunjung juga bisa memancing, piknik atau menyewa perahu untuk mengelilingi danau. Jika tertarik mengunjungi tempat ini, teman – teman hanya perlu waktu 30 menitan dari pusat kota untuk sampai kesini. Selain itu ada Situ Sedong yang juga memiliki pemandangan yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, lokasi dari Situ ini berada di Setu Sedong, tepatnya di kecamatan Sedong. Jadi kamu tinggal memilih mau menikmati waktu liburan di Situ yang mana.

Wisata alam lainnya di kota Cirebon yang dapat dikunjungi juga ada Bukit Gronggong, Telaga Remis, Wanawisata Ciwaringin, Hutan Plangon, dan Desa Wisata Cikalahang.

Destinasi Liburan Keluarga

Selain menikmati wisata alam bersama keluarga tercinta, Kota Cirebon juga memiliki wisata keluarga dan anak-anak yang patut dipertimbangkan untuk dikunjungi. Ada beberapa tempat Wisata yang sangat seru dan menyenangkan di kota ini, seperti :

5. Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani

Daftar Tempat Wisata di Cirebon

Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani/@ayyaarifin

Ini adalah salah satu tempat wisata keluarga terbaru di kota Cirebon, Ade Irma Suryani Waterland adalah wisata air yang terletak di tepi pantai utara Cirebon. Tempat wisata ini mulai dibuka sejak tahun 2014 lalu, dan menjadi tempat wisata anak-anak keluarga favorit orang Cirebon. Harga tiket masuk Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani ini sekitar Rp. 50.000 sampai Rp. 65.000.

Di sini terdapat sekitar 40 cottage yang memiliki desain yang unik menyerupai kapal laut yang berada di pinggir pantai dan penginapan ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Tapi ketika ingin bermalam di tempat ini, Anda harus menyewa kamar dengan harga dari 1 juta sampai 2,5 juta per harinya.

Untuk mengunjungi lokasi wisata ini kamu bisa mengunjungi alamat di Jalan Yos Sudarso 1, Lemahwungkuk, Cirebon.

Sedangkan untuk Wisata Keluarga dan anak-anak lain di kota Cirebon, teman – teman bisa mengunjungi Waterboom Siwalk dan Apita Waterboom.

Sekian itulah Daftar Tempat Wisata Di Cirebon yang tidak boleh terlewatkan ketika dating dan mengunjungi kota Cirebon sebagai destinasi wisata liburan teman – teman.