Catatan Ringan, Daily Life

Inilah! 5 Cara Pembayaran Tagihan BPJS Yang Mudah

Sakit itu mahal harganya maka jagalah kesehatan diri kamu. Itulah pepatah yang sudah sering orang jaman dahulu katakan. Jaga pola makan dan hiduplah secara sehat agar bisa meminimalisir penyakit yang datang. Tapi yang namanya penyakit kadang datang tanpa diundang, apalagi seperti saya yang suka berpetualang ke gunung. Jika seperti itu maka kita memerlukan simpanan agar bisa mencover biaya pengobatan kita yang kadang tidak murah. Saat ini di Indonesia, sudah hadir penyelenggara sosial yang bisa mengcover biaya pengobatan bernama BPJS.

BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang dulunya bernama Askes (Asuransi Kesehatan) adalah program pemerintah dalam bidang kesehatan yang dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses fasilitas kesehatan.

 

Cara Daftar BPJS Mudah

Ada 2 Cara melakukan  pendaftaran BPJS yaitu secara online dan offline. Berikut cara mendaftar BPJS secara offline atau mengunjungi kantor BPJS secara langsung.

  1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan dan juga iuran bulan pertama sesuai dengan kelas yang kamu inginkan (25 ribu, 42 ribu, atau 59 ribu).
  2. Datangi kantor BPJS Kesehatan terdekat dari rumah kamu
  3. Isilag form pendaftaran dengan teliti.
  4. Setelah formulir sudah kamu isi, nantinya akan diberi virtual account dimana nantinya akan bisa kamu gunakan sebagai media pembayaran maupun transfer dana klaim saat dibutuhkan.
  5. Lakukan pembayaran di Bank yang telah ditunjuk.
  6. Kembali ke kantor BPJS Kesehatan dengan menyerahkan bukti transfer, lalu tunggu hingga kartu BPJS yang kamu daftarkan selesai dicetak.
BPJS Kesehatan

Jika tidak sempat datang langsung ke kantor BPJS, bisa melalui pendaftaran secara online dengan langkah sebagai berikut :

  1. Buka website www.bpjs-kesehatan.go.id
  2. Isi data yang telah disediakan dengan benar.
  3. Pilih biaya iuran perbulan diantara kelas III, kelas II hingga kelas I dengan rentang biaya dari 25.500 hingga 59.500 ribu rupiah perbulannya.
  4. Simpan data serta tunggu email notifikasi nomor registrasi di email. Setelah kamu dapatkan notifikasinya, print lembar Virtual Account tersebut.
  5. Lakukan pembayaran di Bank yang telah ditunjuk.
  6. Setelah menyerahkan uang serta Nomor Virtual pada Teller Bank nanti kamu akan mendapat bukti pembayaran.
  7. Sekarang BPJS kesehatan kamu sudah aktif, silahkan cek email Kamu karena akan ada balasan dari BPJS berupa E-ID Card Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang bisa diprint sendiri.
  8. Kamu juga bisa melakukan print kartu BPJS di kantor cabang BPJS terdekat. Untuk melakukan ini kamu langsung saja ke bagian Print kartu BPJS Kesehatan nya. Cukup memberikan semua data sebelumnya, form isiannya, Virtual account, serta bukti payment.

Nah, sekarang kamu sudah memiliki kartu BPJS, saatnya membayar rutin tagihan BPJS tiap bulan agar bisa digunakan saat berobat nanti. Cara membayar tagihan bulanan ada beberapa acara. Bisa secara online maupun offline.

Membayar BPJS Kesehatan

Berikut ini 5 cara pembayaran tagaihan BPJS yang mudah yaitu

  1. Melalui ATM BRI
  • Masukan kartu ATM ke Mesin ATM diikuti dengan memilih bahasa dan memasukkan nomor PIN ATM kamu.
  • Selanjutnya, pilih menu “Transaksi Tunai”, atau “Paket Tunai”
  • Kemudian pilih “Transaksi Lainnya”
  • Pilih “Pembayaran”
  • Selanjutnya akan muncul pilihan, silakan pilih menu “Lainnya” hingga kamu menjumpai menu BPJS. Apabila belum menemukan, maka pilih lagi menu “Lainnya”
  • Jika sudah menemukan menu BPJS, silakan pilih menu BPJS
  • Kemudian, pilih BPJS Kesehatan
  • Masukan nomor virtual account
  • Perhatikan data yang ditampilkan di layar, silakan cek kesesuaian data kamu
  • Masukan jumlah nominal yang akan dibayar sesuai kelas keanggotaan
  1. Aplikasi BebasBayar

Dijaman online yang memudahkan ini, bayar tagihan BPJS bisa langsung melalui smartphone kamu, caranya sangat mudah. Yang perlu kamu lakukan cukup memiliki aplikasi bernama BebasBayar. Jika sudah silakan cek caranya dibawah ini :

  • Buka website BebasBayar, lohin dengan no hp dan pin
  • Buka menu BPJS
  • Masukkan ID Pelanggan, no handphone dan jumlah bulan yang harus dibayarkan.
  • Klik lanjutkan dan akan muncul rincian yang harus dibayarkan.
  • Klik Bayar
  1. Kantor Pos.

Kamu juga bisa langsung menuju kantor pos terdekat untuk membayarkan iuran BPJS bulanan kamu.

Berkomentar dan menjalin silaturahmi