#JadiBaik di Bulan Baik ? Ini Dia Kebaikan Yg Bisa Kamu Lakukan

#JadiBaik di Bulan Baik ? apalagi itu ? mungkin teman – teman sudah bisa mengetahui atau menebak pertanyaan ini kan ?

Yap bener, bulan baik yang di maksud adalah memang bulan ramadhan. Bulan dimana iklan sirup mulai hadir di televisi akhir – akhir ini. Yap.. menandakan jika bulan Ramadan sebentar lagi tiba. Di bulan ini pula kita diwajibkan untuk berpuasa menahan lapar dan haus juga harus mampu menahan hawa dan nafsu. Nah makanya tidak heran, selama bulan ini umat muslim di seluruh penjuru dunia semakin ekstra untuk menjalankan ibadah kepada ALLAH SWT. Bukan tanpa alasan ya gan, karena pahala yang akan kita terima akan dilipat gandakan.

Tentunya di bulan baik ini selain berpuasa dan beribadah kita juga harusnya bisa melakukan kebaikan, apalagi momen yang pas kan ? #JadiBaik di Bulan Baik. Tak terkecuali saya pribadi juga ingin melakukan hal yang sama dan membagikan inspirasi ini kepada keluarga, teman dan orang – orang lainnya. Mulai dari awal ramadhan hingga hari kemenangan tiba.

Seperti seorang Filantropi bilang “berbagi tidak akan membuat orang jadi miskin. Jangan hitung-hitungan kalau berbuat baik (Tahir)”

#JadiBaik di Bulan Baik Melalui Perbuatan Sederhana

Menjadi seorang yang memiliki kepribadian baik tentunya susah – susah gampang. Tapi ada beberapa perbuatan sederhana yang bisa mendatangkan kebaikan. Layaknya ungkapan yang mengungkapkan “siapa menabur dialah yang akan menuai“.

1. Jalani Kebaikan Dengan Memulai Senyuman Tulus

#JadiBaik di Bulan Baik
Lihat senyum abaikan perut

Perbuatan kecil tidak sulit bukan ? Yang perlu dilakukan adalah memberi senyuman kepada orang yang sudah kamu kenal atau kepada orang – orang yang hanya sekedar berpapasan dengan kamu di jalan. Yakinlah, bahwa efek senyuman yang ikhlas tentunya akan menular dengan cepat. Biasanya secara otomatis orang yang kita beri senyuman tersebut langsung membalas kembali dengan senyuman. Lebih mantap lagi jika ada sedikit anggukan kecil yang mengiringi senyum kamu, untuk mensiratkan rasa hormat. Ga pernah kepikirankan kalau tersenyum bisa menjadi kebaikan. Senyum merupakan salah satu perbuatan yang mudah dan juga murah yang bisa dilakukan saat Ramadhan, dengan imbas yang bisa jadi luar biasa.

2. Siapkan Makanan Untuk Keluarga Kita

Siapkan Makanan untuk berbuka puasa dan sahur

Coba tanya saja ibu – bu ataupun saudara perempuan yang kita punya, biasanya kebiasaan untuk menyiapkan makanan mungkin agak terkesan membosankan. Ya memang, bisa jadi karena hal ini dilakukan setiap hari dengan bentuk yang terus – menerus sama selama puasa di bulan ramadhan. Sebut saja memikirkan menu berbuka dan sahur, pergi berbelanja hingga mulai meracik dan mengolah bahan – bahan makanan. Apalagi jika ibu atau saudara perempuan kita itu juga bekerja di kantor. Kebayang pusingnya kan ?

Baca Juga  Ini Dia Daftar Harga Audio Mobil Terbaru yang Bisa Anda Pilih

Namun semua itu terbayarkan di saat pada waktu berbuka dan sahur, dimana mereka bisa melihat semua anggota bisa menikmati makanan yang sudah di siapkan. Semua kelelahan itu bakal terbayar dengan melihat seluruh anggota keluarganya tercukupi nutrisi dan tentunya pahala sebagai ganjaran.

 

3. Berpakaianlah Dengan Sopan

Berpakaian yang sopan, walaupun tidak berjilbab namun tetap sopan

Seharusnya memang pria dan wanita harus berpakaian sopan kapanpun itu. Walaupun kenyataan di lapangan itu enggan terjadi. Namun alangkah baiknya di bulan baik ini, orang – orang berpakaian sopan saat berada di tempat umum. Dengan demikian kamu dapat membantu orang lain untuk menjaga pandangannya. Hal ini dapat membantu orang lain dalam melakasanakan ibadah di bulan ramadhan. Sejatinya berpuasa tidak hanya soal menahan lapar dan haus, tetapi juga bisa menahan pandangan, lisan dan hawa nafsu.

4. Tahan Diri dan Redam Emosi

Tahan dan redam emosi

Banyak hal – hal kecil yang bisa mengundang kita dalam bentuk amarah dan kekesalan. Contohnya mulai dari jam kerja yang bikin stress, jalanan macet karena banyaknya aktivitas bulan ramadhan dan masih banyak hal – hal lainnya yang bisa membuat kamu menjadi emosi dan stres. Apalagi apabila menjelang lebaran THR tak kunjung tiba. Akibatnya kamu lebih mudah tersinggung, marah dan emosi. Sebenarnya hal ini lumrah kok. Hanya saja ada baiknya di bulan penuh kebaikan ini lebih baik bisa menahan diri. Tutup mulut dan diam lebih baik dari pada bicara namun bikin kesalkan. Apalagi itu bisa berpotensi dalam menyinggung orang lain. Jadi “diam dan redam emosi baru ngomong kemudian”.

Lebaran Tetap Sebarkan Kebaikan

Berbuat kebaikan tak hanya pada saat ramadhan saja loh. Jelang lebaranpun, kebaikan yang kita lakukan tidak seharusnya juga selesai. Ya… saat Idulfitri bisa jadi salah satu saat di mana kamu atau saya bisa melakukan lebih banyak kebaikan buat keluarga atapun orang – orang sekitar. Gampang kok, karena kebaikan yang dilakukan ini bisa kita laksanakan dengan mudah dan murah tanpa adanya banyak persiapan yang harus dilakukan.

 

1. Jangan Tinggalkan Koranmu Saat Usai shalat Idulfitri

Koran berserakan usai shalat Idulfitri. Photo : Tribun

Ga perlu ditanyakan lagi, penggunaan koran sudah menjadi hal yang biasa saat melakukan shalat Idulfitri di lapangan atau di luar mesjid. Nah pada saat ini pula tak jarang banyak orang yang menggunakan koran sebagai alas di lapangan tersebut. Tetapi sayangnya, banyak orang yang meninggalkan koran tersebut pada saat pelaksanaan ibadah shalat selesai. Satu orang tidak masalah, tapi banyak orang ? Kebayangkan korang yang berserakan itu.

Baca Juga  Integrasi Transportasi Nyaman Idaman di Kawasan Jabodetabek

Kita bisa melakukan hal sederhana yang bernilai untuk membantu petugas kebersihan. Tentunya kebaikan ini juga memiliki kebaikan berkali lipat. Contohnya membantu seperti melipat kembali koran yang kita bawa dan lalu membuangnya di tempat sampah dari pada meninggalkannya berserakan di tempat shalat begitu saja. Bener ngga ?

2. Laksanakan maaf – maafan dengan keluarga dan tetangga

Memaafkan dan bersalaman

Seperti tiap tahunnya, momen Idulfitri akan terasa tidak lengkap kalau tidak diikuti dengan melakukan kegiatan maaf – maafan dengan keluarga ataupun dengan tetangga. Ini juga karena lebaran atau Idulfitri merupakan saat – saat kembali suci dan memulai semua dari awal. Sehingga budaya ini terus dilakukan sebagai kegiatan yang wajib dikakukan saat Idulfitri. Mari Memaafkan 😀

3. #JadiBaik di Bulan Kebaikan #pakeTCASH

#pakeTCASH

Menjelang lebaran tiba, kita juga bisa melakukan kebaikan lainnya. Apalagi zaman now zaman digital, yang setiap waktu hanya membutuhkan gadget dan sebuah sentuhan jari. Jadinya semua kebaikan yang dilakukan jauh lebih mudah.

Lebih mudah lagi jika #pakeTCASH dalam menebarkan kebaikan terhadap keluarga ataupun sesama. TCASH sendiri merupakan layanan uang elektronik/ digital dari provider terkemuka Telkomsel. TCASH juga beda dengan pulsa, dimana #pakeTCASH kamu bisa menyimpan uang dan menggunakannya untuk semua transaksi. Dan yang paling penting Telkomsel telah memiliki izin dari Bank Indonesia sebagai penyedia layanan uang elektronik.

Terus apa hubungannya dengan #jadiBaik di Bulan Kebaikan ? ya ada donk kamu bisa menggunakannya untuk menebarkan kebaikan ke sesama. Contohnya beberapa hal ini :

– Bayar Zakat Dengan #pakeTCASH

#pakeTCASH untuk bayar zakat. Photo : rumahzakat

Kamu bisa membayar zakat bersedekah kepada orang – orang yang membutuhkannya seperti kaum duafa. Bedanya sedekah yang kita lakukan ini berbentuk digital. Maklumkan sudah zaman now. Dan yang paling penting kamu tak perlu takut kalau zakat yang kamu berikan tidak tepat. Karena zakat atau sedekah yang kita berikan langsung melalui Rumah Zakat. Yang perlu kamu lakukan adalah download, registrasi aplikasi #TCASH lalu menyiapkan saldo TCASH kamu, dan kemudian memindai QR Code TCash-Rumah Zakat dengan fitur Snap QR Code, serta lalu memasukkan jumlah/ nominal donasi sesuai dengan preferensi.

 

– Bagi – bagi THR dan Salam Tempel Digital

Budaya THR ataupun salam tempel tentunya akan selalu diingat pada momen Idulfitri. Saya sendiri juga mengharapkan momen – momen ini terus ada saat lebaran tiba. Tetapi sekarang berbeda, kalau dulu – dulu saya sering meminta THR ataupun salam tempel kepada keluarga yang lebih tua, kini giliran saya yang diminta.

Baca Juga  Kelebihan Tv Murah Berkualitas, Ini Dia Gan !!

Nah oleh sebab itu, saya juga mempersiapkan #TCASH untuk membantu saya memberikan THR dan salam tempel kepada anggota keluarga yang lebih muda. Yah walaupun tidak banyak, tetapi adalah hahahaha. Asyiknya #pakeTCASH kita bisa lakukan dan kirimkan dimana saja. Cara melakukannya cukup gampang, yang penting kamu sudah punya aplikasi TCASH Wallet yang sudah kamu download di Playstore. Kemudian kamu tinggal kirimkan ke nomor keluarga yang ingin kamu berikan THR ataupun salam tempel.

 

– Ga ada THR ? Pulsa juga bisa

Zaman now tentunya pulsa ataupun paket data tak bisa di kecualikan. Oleh karena itu jika kamu tidak bisa mengirimkan THR ataupun salam tempel juga bisa mengirimkan pulsa kepada sesama pengguna TCASH. Sama hal nya saya saat itu, yang #pakeTCASH untuk kirim pulsa. Asyiknya lagi biasanya ada bonus cashback untuk setiap transaksi pulsa yang kita lakukan.

 

Ajak aja makan, biar kenyang

Ajak makan #pakeTCASH Photo : IG @TCASH_ID

Nah kalau kamu mau yang bikin kenyang keluarga atau teman bisa #pakeTCASH untuk makan di cafe atau restaurant yang sudah menjadi Merchant TCASH. Tentu ada banyak kebaikan dari ajakan makanan ini, biasanya banyak promo dengan potongan harga yang awesome. Jadi kita bisa tetap menikmati makanan tanpa perlu khawatir harga mahal. Tinggal tap dapat deh makanannya.

Selain itu tentunya banyak hal – hal kebaikan lainnya dengan #pakeTCASH. Seperti membayar tagihan listrik, BPJS, TV Berlangganan dan berbagai kebaikan lainnya. Kamu tinggal ulil – ulik dan baca – informasi cara penggunaan TCASH.

Oh iya satu hal yang perlu diingat ya teman, kalau bisa #jadiBaik di bulan Baik tak hanya ramadhan saja, tapi semua bulan ya 😀

6 Replies to “#JadiBaik di Bulan Baik ? Ini Dia Kebaikan Yg Bisa Kamu Lakukan”

  1. aku suka mantengi promo TCASH, lumayan suka dapat potongan harga mas.

    1. iya koh, saya juga baru tau… thanks koh

  2. mm.. pernah juga salat id di lapangan dan memang disengaja korannya ditinggal. karena buat dikumpulin sama para pemulung yg menunggu. mungkin #JadiBaik lagi kalo kita ikut bantu ngumpulin ya biar pekerjaan mereka lebih ringan dan lapangan bisa segera tampil bersih kembali 🙂

    1. itu bisa juga sih mba… cuma bagusnya langsung di bantu ke pemulungnya 😀

  3. tcash kasih cashback 50% belanja pulsa.. kemarin 100 ribu kembali 50 ribu… hehe

    1. iya gan cashbackna mantap

Jalin silaturahmi yuk :D , kalau ga keliatan harus di approve