Jelajah Nusantara Bersama Skyscanner Menuju World’s Best Halal Destination

Jelajah nusantara bersama Skyscanner menuju world’s Best halal Destination adalah hal yang saya inginkan belakangan ini. Ini berawal dari terpilihnya wakil Indonesia di ajang World Halal Tourism Award 2016 lalu. Yaps, wakil Indonesia saat itu Provinsi Sumatera Barat berhasil memenangkan penghargaan di kategori World’s Best Halal Culinary Destination dan World’s Best Halal Destination.

Masih dalam khayalan kenapa Sumatera Barat bisa memenangkan penghargaan ini, namun ini tentu saja perjuangan dari masyarakat dan pemerintah Sumatera Barat agar wisata – wisata di provinsi ini terus viral. Walaupun untuk mempertahankan dan mengembangkan destinasi atau industri pariwisata yang berbasis syariah Islam (halal) tidak mudah. Perlu juga adanya sebuah aturan atau dasar hukum untuk wisata halal ini. Tak hanya itu diperlukan pula kampanye destinasi – destinasi unggulan dalam penyajian wisata halal.

Saya sendiri mungkin tak asing dengan provinsi yang terkenal dengan Malin Kundang ini. Sudah tak terhitung berapa kali saya kemari, namun dengan adanya destinasi halal ini tentunya membuat saya ingin mengexplore lebih jauh. Mungkin teman – teman sepakat kalau masyarakat muslim di bumi ini menginginkan suatu destinasi yang tidak diragukan lagi dengan kehalalannya dimana halal tersebut bukan hanya tentang makanan saja, namun juga seluruh hal yang mendukung wisata itu halal. Saya juga masih ingat betul ketika Kepala Dinas Pariwisata Sumatra Barat Oni Yulfian kepada media saat itu mengatakan bawah industri pariwisata akan dilengkapi dengan prasarana, kemudahan wisata halal termasuk dengan adanya hotel syariah serta kelengkapan beribadah yang memadai bagi masyarakat Muslim.

Saya ingin membantu traveler, pengunjung, wisatawan atau siapapun itu, yang ingin menemukan destinasi yang mampu mempersembahkan begitu banyak destinasi wisata, yang sudah terintegrasi dengan baik, tak hanya agama, kuliner atau budayanya yang halal. Mari jelajah busantara bersama Skyscanner.

1. Masyarakat Umumnya Muslim

Jelajah Nusantara Bersama Skyscanner
Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah

Hingga kini, masyarakat atau penduduk di Sumatera Barat umumnya adalah muslim. Dan ini tentu saja menjadi suatu bentuk dasar untuk membangun pandangan positif dari wisatawan dalam ataupun luar negeri. Dengan begitu segala sesuatu yang berhubungan dengan dengan konsep halal tentunya juga dijalankan. Mulai dari pembuatan makanan, dalam prosesnya, hingga menjadi pilihan kuliner yang sedap dilidah. Selain itu secara budaya dan adat, masyarakat Minangkabau ini sudah kental dengan kehidupan yang berlandaskan syariah. Siapa yang tidak kenal dengan ungkapan Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Definisinya kurang lebih, adat yang berlandaskan pada syariah Islam dan merujuk pada kitab suci Al-Quran dan hadist. Sehingga timbul filosofi dari ajaran Minang yang mewujudkan halal living dalam penduduk Minang. Nah dengan begitu tinggal mengintegrasi dan mengimplementasikannya dalam industri pariwisata.

2. Makanan terenak di Dunia.

Rendang Makanan terenak di dunia.
Rendang Makanan terenak di dunia. Photo : Tribunnews

Bukan sekali dua kali makanan minang bisa bercokol di peringkat atas makanan terenak di dunia. Rendang contohnya, makanan asli tradisional Minangkabau yang menggunakan daging sebagai bahan utamanya dan santan kelapa yang diolah dengan bumbu rempah-rempah yang kaya. Dan luar biasanya, masakan dengan rasa bumbu yang pedas ini banyak digemari oleh seluruh kalangan masyarakat, baik masyarakat Indonesia dan juga masyarakat dunia. Ini terbukti dengan penyebarannya yang sudah sampe di negara lain seperti Malaysia, Singapura, thailand dan negara – negara lainnya. Memang provinsi yang terkelanl dengan film Siti Nurbaya ini telah mewujudkan seluruh masakannya digemari bahkan hingga masuk kedalam level status masyarakat dunia. Selain itu masakan minang bukan itu saja, ada juga gulainya yang terkenal dengan rempahnya, soto padang, sate padang, nasi kapaunya hingga sambal ladonya yang menggoyang lidah. Tentunya dengan viralnya masakan – masakan minang ini menjadi suatu tambahan poin penting untuk mengundang penduduk muslim dunia untuk datang ke destinasi ini.

Baca Juga  Pulau Sikuai, Pagang, dan Pulau Pamutusan

3. Kayanya Alam Sumatera Barat

lembah harau
Lembah Harau yang mempesona. Photo : Indonesiabiz

Sumatera Barat memiliki potensi sumberdaya alam yang besar. Masih banyak potensi – potensi wisata yang belum terjamah. Keindahan Wisata gunung Marapi Singgalangnya, air terjun, danau atau lembah – lembah yang terindah di Indonesia. Sebut saja sensasionalnya Lembah Harau di kabupaten Lima Puluh Kota, Ngarai Sianok dan jam gadang di Bukittinggi dan juga Lembah anai yang merupakan salah satu air terjun dengan tinggi 35 meter yang menjadi maskot pariwisata provinsi ini. Daerah yang terkenal rendang juga memiliki wisata alam lainnya seperti wisata baharinya seperti Kawasan Mandeh yang terkendal sebagai Raja Ampatnya Sumatera Barat. Tentunya ini bisa menjadi sebuah nilai jual tinggi terhadap kunjungan wisata yang ada di provinsi ini. Potensi alam dan bahari mampu menjadi perpanjangan tangan untuk sebuah destinasi wisata yang bisa mewujudkan kerjasama yang produktif dan harmonis antara pemerintah pusat dan daerah.

4. Sarana dan Prasarana beribadah di destinasi wisata sudah terpenuhi.

Sarana dan Prasarana Ibada
Sarana dan Prasarana Ibadah. Photo : konsultasisyariah

Pada prinsipnya ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada para wisatawan untuk menjalankan syariah Islam. Ini bisa dilihat dengan banyaknya tempat wisata yang dikelola penduduk setempat sudah memiliki berbagai macam sarana dan prasarana yang memberikan kemudahan untuk beribadah. Selain itu juga adanya hotel halal yang memiliki sajadah dan penunjuk kiblat didalam kamarnya, restoran – restoran halal, papan informasi tentang waktu shalat, juga berbagai tempat umum yang memberikan kemudahan untuk beribadah. Nah apalagi sebelumnya akan dibuat Peraturan Daerah (perda) yang akan melahirkan sertifikasi untuk restoran, hotel atau sarana lainnya dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Tentu saja ini menjadi poin positif buat wisatawan muslim dunia. Walapun memang, mungkin ada sebagian kabupaten kota yang masih belum semuanya menerapkan konsep syariah ini. Berdasarkan dari pengalaman saya, mungkin baiknya menginap langsung di kabupaten kota yang memiliki pusat destinasi wisata seperti Bukittinggi dengan Jam gadangnya, Padang Panjang dengan sate Mak syukurnya, Lima Puluh Kota dengan Lembah Haraunya, dan Batu Sangkar dengan Istana Pagaruyungnya.

Baca Juga  Backpacker ke Guangzhou, Ini 4 Destinasi Unik yang Harus Kamu Datangi

5. Negeri 1000 Surau.

Mesjid Raya Padang/ Sumatera Barat.
Mesjid Raya Padang/ Sumatera Barat. Photo Instagram @fahmi.koto

Tidak perlu khawatir untuk melaksanakan ibadah selama berliburan ke provinsi ini. Hampir di tiap sudut nagari yang di Minangkabau ini memiliki surau atau masjid. Di Ranah Minang, surau di kenal mempunyai pengaruh dan kekuatan sosial di lapisan penduduk Minang. Surai juga menjadi tempat belajar dan berilmu, menulis naskah, dan tempat menyalin Al-Qur’an. Dari surau juga lahir para ulama – ulama yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia seperti Tuanku Imam Bonjol, Buya Hamka, Bung Hatta dan banyak tokoh lainnya. Surau atau masjid menjadi sebuah tempat sentral keilmuan sekaligus pusat kaderisasi warga minang di masa dulu. Selain itu surau juga sering dijadikan sebagai tempat sosial untuk bermusyawarah. Kepercayaan inilah yang menjadikan poin tinggi penyumbang kemenangan ranah minang sebagai destinasi halal dunia.

6. Terkenal dengan Pesantrennya.

Pesantren Nurul Ikhlas, salah satu pesantren yang berada di Padang Panjang Sumatera Barat
Pesantren Nurul Ikhlas, salah satu pesantren yang berada di Padang Panjang Sumatera Barat. Photo : pak.pandani.web.id

Provinsi Sumatera Barat juga terkenal dengan pesantren – pesantrennya yang menyebar di kabupaten kota. Sudah berabad lamanya pusat sekolah Islam tumbuh subur di ranah minang. Sebut saja Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek yang berada di Bukittinggi yang berhasil mendapatkan penghargaan Pondok Pesantren Unggul dalam Mutu dan Kualitas Pendidikan Islam Terbaik di ajang Prestise Indonesia. Ada juga pesantren Nurul Ikhlas yang berlokasi terfokus di kota Padang Panjang. Ada juga pesantren – pesantren lain yang tak kalah hebatnya dari 2 pesantren tadi. Biasanya pesantren – pesantren ini dimulai dari anak – anak sampai jenjang perguruan tinggi yang nantinya mampu menjadikan perkembangan agama Islam bisa dipertahankan hingga hari ini. Dari tempat – tempat ini pula banyak tokoh nasional bergerak dalam melakukan perjuangan untuk kemerdekaan Indonesia.

Jelajah Nusantara Bersama Skyscanner Menuju World’s Best Halal Destination

Lalu pertanyaan selanjutnya yang timbul adalah bagaimana bisa mengunjungi World’s Best Halal Destination ini ? Nah tergantung, iya.. tergantung kamu dari mana. Kalau kamu seorang wisatawan dari luar negeri ada baiknya menggunakan moda transportasi udara yang mudah, aman, dan nyaman dengan membeli tiket pesawat Garuda. Bisa melalui Jakarta, Batam atau Direct Flight. Kalau kamu wisatawan Indonesia tapi di pulau yang berbeda ada baiknya juga menggunakan tiket pesawat Garuda Indonesia untuk bisa sampai di destinasi halal ini. Bagaimana jika di satu pulau terus tetanggaan ? ya paling tidak bisa menggunakan bis atau kalau memang mau lebih cepat bisa menggunakan pesawat dengan membeli tiket pesawat di Skyscanner. Ini semua agar kamu bisa jelajah busantara bersama Skyscanner.

Maskapai Garuda Indonesia
Maskapai Garuda Indonesia. Photo garudaindonesia.com

Bukan tanpa alasan saya ikut merekomendasikan Skyscanner, ini juga saran dari sesama travel blogger yang sudah banyak menggunakan pemesanan tiket secara online ini. Ya..  walaupun saya baru menggunakannya beberapa kali, tetapi dari penggunaan tersebut saya jadi lebih tau, mana platform pemesanan pesawat yang lebih baik dan murah.

Tampilan Skyscanner pada Browser PC
Tampilan Skyscanner pada Browser PC

Untuk bisa memesan tiket melalui Skyscanner caranya juga cukup gampang dan menunjang teknologi smartphone masa kini. Kamu bisa lakukan via browser ataupun via aplikasi yang ada di smartphone. Oh iya, disini tiket pesawat Garuda lebih murah juga loh.

Baca Juga  Air Terjun Nyarai - Lubuk Alung

Pemesanan di Skyscanner tidak hanya pembelian tiket pesawat melulu, kamu juga bisa booking hotel lebih cepat dan rental mobil. Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Tapi ingat… kebutuhannya kan mau ke Provinsi Sumatera Barat hahaha.

Uniknya di platform ini, setiap pemesanan tiket dll, Skyscanner tidak mengambil komisi apapun. Platform ini juga memberitahukan tiket pesawat termurah tanpa harus memilih tanggal khusus.

Berbagai macam bahasa untuk mendukung pemesanan tiket pesawat
Berbagai macam bahasa untuk mendukung pemesanan tiket pesawat

Kamu ga perlu khawatir, skyscanner merupakan situs pencarian perjalanan terkemuka di dunia. Ya.. didunia, karena platform ini hampir ada di seluruh negara di bumi. Bahasa pada website atau aplikasi pun bisa disesuaikan dengan bahasa negara kamu. Masih khawatir ? jangan donk…  sudah 60 juta orang yang menggunakan Skyscanner pada tiap bulannya. Itu berarti banyak wisatawan ataupun pengguna yang mempercayai berbagai macam pilihan penerbangan, hotel, dan penyewaan mobil yang terintegrasi dengan semua aspek sehinga menjadikannya luas dan lengkap.

Pemesanan tiket dari Jakarta menuju Padang Sumatera Barat
Pemesanan tiket dari Jakarta menuju Padang Sumatera Barat
Harga tiket termurah
Harga tiket termurah

Pilih dari mana dan tujuan mu di kolom pencarian. Apakah pulang pergi atau hanya sekali jalan. Pilih juga waktu dan tadaaaaa search.

Memilih maskapai tertentu di skyscanner
Memilih maskapai tertentu

Setelah itu kamu menyesuaikan pilihan maskapai garuda di menu filter Airlines. Kalau kamu ingin semua maskapai, kamu tinggal ceklist semua.

Pemesanan lalu diarahkan ke agen travel online
Pemesanan lalu diarahkan ke agen travel online

Setelah semua beres kamu tinggal pilih dan nantinya kamu akan diarahkan ke agen travel online murah tersebut. Untuk pembayaran kamu bisa gunakan berbagai macam opsi di agen – agen travel tersebut.

Perbandingan harga termurah Skyscanner dengan penyedia layanan pemesanan tiket online lain
Perbandingan harga termurah Skyscanner dengan penyedia layanan pemesanan tiket online lain

Saya sempat membandingkan dengan perusahaan penyedia layananan pemesanan tiket pesawat yang lain yang juga terkenal, namun tetap Skyscanner lebih murah.

So bagaimana ? tertarik untuk jelajah nusantara bersama Skyscanner menuju World’s Best Halal Destination ? Mudah – mudahan rekomendasi saya berguna buat teman – teman pembaca blog ini, untuk menuju destinasi halal Sumatera Barat. Supaya kamu juga bisa menikmati berbagai macam destinasi wisata, masakan dan makanan asli ranah minang, bersosialisasi dengan penduduk minangkabau yang ramah juga mencari ilmu di negeri 1000 surau. Ga perlu khawatir lagi, karena provinsi ini juga tengah berbenah. Fasilitas – fasilitas yang ada cukup memadai dan terus berkembang dengan bertumbuhnya pembangunan infrastruktur. Penduduk lokalpun juga gencar memviralkan ranah minang di dunia maya. Yukk cuuuusss tunggu apa lagi..

 

 

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.

Tulisan berdasarkan pengalaman pribadi, pengalaman keluarga juga referensi – referensi di dunia maya yang sudah dipilih kebenarannya. Jelajah nusantara bersama Skyscanner menuju World’s Best Halal Destination

Feature image credit : liputan6

12 Replies to “Jelajah Nusantara Bersama Skyscanner Menuju World’s Best Halal Destination”

  1. It s a good one! Way more flexible and easier. And West sumatera is deff a good place for traveling! Happy vacay!

  2. yesss! jadi komentar pertama..
    sihiiiiiiyyy, kapan lah bisa jejalan kesituuuu yaaaa hikss..

    1. Bukannya udah gt?

  3. Ondeh..taragak pulang ke Payakumbuh nih! Mungkin suatu saat nanti bumi tempat kita memijak, langit yg kita junjung pariwisatanya ikut berubah & menjadi terkenal: Riau.
    Sate Man & Inbur Payakumbuh wajib di coba sbg salah 1 destinasi kuliner halal Sumbar..santiang!

    1. asli payakumbuh ya sis 😀 asik donk makan sate disana

  4. jadi ikut menjelajahi tempat-tempat wisata sambil makan rendang yang enak 😀

    1. iya koh deddy sedap

  5. Cus nya nunggu ada duit kesitu, mas ?

    Oke lokasi-lokasi wisatanya nih, kumasukin jadi bucklist.

    1. apalagi masss ketemu kita lagi wahhaha

  6. Seru pastinya ya kalo bisa travelling berjamaah sesama blogger …
    Apalagi sama si kocak Andrew ?

    1. hahah kok kocak wahhaha

Berkomentar dan menjalin silaturahmi