Salah satu pusat keramaian di Melaka adalah jalan utama China Town atau yang lebih dikenal dengan Jonker Street. Agar bisa menjelajahi dan meng-explore berbagai destinasi di daerah ini, maka kami memutuskan untuk memilih akomodasi dan hotel di Melaka dekat Jonker Street atau Jonker Walk.

Kawasan ini bisa dikatakan sebagai lokasi yang sangat pas untuk bisa merasakan bermacam hal yang tidak di temukan di tempat lain di kota sejarah ini. Akhirnya setelah kompromi, pilihan kami menginap di hari ke 2 selama di Melaka jatuh pada Jonker Inn yang letaknya sangat strategis, sempurna dan dekat dengan berbagai destinasi menarik.

Pilihan Hotel di Melaka Dekat Jonker Street

Jonker Walk

Penginapan ini juga menjadi masukan dan dipilih dari bang Shamsul Bahrine Zainuzzaman selama kami berada di Malaysia. Dan yang paling suprise, ternyata hotel ini juga dijalankan oleh Bang Khairul, orang yang sama ketika kami berada di penginapan pertama The Hut.

Berbeda dengan The Hut yang memang merupakan penginapan dengan konsep kampung nyaman dan penuh ketenangan, di penginapan ini malah sebaliknya. Apalagi saat weekend tiba, maka jalan utamanya ramai dengan adanya pasar malam hingga berbagai acara. Saya dan teman – teman blogger Pekanbaru beruntung sekali, karena kami datang pada saat yang tepat, saat weekend.

Jonker Inn, Pilihan Hotel di Melaka Dekat Jonker Street

Pilihan Hotel di Melaka Dekat Jonker Street

Penginapan dengan gedung heritage

Setelah mengunjungi beberapa destinasi di hari pertama dan setelah menginap di The Hut, kami lalu lanjut meluncur ke penginapan ini. Dari The Hut kami sudah di jemput oleh bang Sham yang menyempatkan waktunya di sela persiapan event Keretapi Sarong 2019. Hampir satu jam di tambah waktu makan siang akhirnya kami sampai di penginapan hari kedua ini. Untuk teman – teman jika datang melalui Melaka Sentral bisa menggunakan grab untuk bisa sampai ke penginapan ini.

Saat sampai saya sempat terkejut, karena penginapan ini memiliki bangunan classic dan heritage. Yah.. pantas saja kota Melaka ini menjadi warisan dunia, banyak gedung – gedung tua tetap terjaga bentuk dan keasliannya. Sempat terpikir kalau kelihatan seram, namun semua itu ditepis mentah – mentah saat kami masuk ke dalamnya.

Pilihan Hotel di Melaka Dekat Jonker Street

Disambut oleh ramahnya resepsionis

Resepsionisnya langsung tersenyum ketika kami masuk dan mengucapkan selamat datang. Interior ruangan resepsionis ini terlihat menggunakan konsep rumah – rumah china, belum lagi dengan dinding bersih cat putihnya. Di ruangan ini juga sejuk sehingga nyaman saat menunggu check-in.

Karena takut apabila menggunakan bahasa Inggris, maka untuk check-in kali ini giliran Mirwan. Maklum saja, saya harus banyak lagi belajar bahasa Inggris. Namun nyatanya, proses check-in pun tak perlu menggunakan bahasa Inggris, karena resepsionis bisa bahasa Melayu. Saya lupa kalau saat ini kita berada di negeri serumpun. Hahahahaha, saya jadi malu…

Ruang Makan

 

Pilihan Hotel di Melaka Dekat Jonker Street

Sisi lain ruang makan

Tak perlu waktu lama akhirnya kami diberikan kunci dengan 2 kamar dan kemudian kami menuju kamar kami yang terletak di lantai 2. Kamar pertama untuk saya, Mirwan dan Ory, sedangkan kamar satunya untuk Athri, Vina dan Melati. Walapun terlihat heritage dan kuno pada tampilan bangunan luar, hotel di Melaka dekat Jonker Street ini memiliki interior yang berbeda dan bersih. Ada dapur ataupun ruang makan yang terlihat rapi dan tertata. Sampai akhirnya kami lalu naik lift, padahal cuma lantai 2.

Pilihan Hotel di Melaka Dekat Jonker Street

Kamar yang bersih

 

Pilihan Hotel di Melaka Dekat Jonker Street

Posisi lemari gantung

Sampai di kamar, sprei putih bersih dengan tiga buah bantal sudah menunggu kami plus double bed di tambah satu single bed (karena bertiga). Ruangan kamarnya minimalis, ada LED TV, AC, lemarin gantung, meja, mesin pemanas air minum dan yang paling penting buat saya adanya jendela. Pada dinding juga ada beberapa lukisan dan lampu yang digantung. Kamar mandi juga bersih, modern dan ada air panas seperti pada umumnya.

Pilihan Hotel di Melaka Dekat Jonker Street

Kamar mandi yang bersih

Karena sudah capek saya langsung loncat dan berbaring di tempat tidur. Tidak ada aroma apek atau bau pada bantal ataupun selimutnya. Selain itu AC nya juga dingin dan tentu saja menjadi ancaman bagi Mirwan yang tak suka suhu dingin hahahaha. Harganya juga lebih murah jika dibandingkan dengan penginapan lain yang berada di Jonker Street. Overall semua hal – hal penting dari hotel sudah tercukupi dan sesuai standar.

Ada apa saja di sekitar Jonker Inn ?

Pilihan Hotel di Melaka Dekat Jonker Street

Jalanan akan dikosongkan dari berbagai macam kendaraan pada night market

Ada banyak berbagai destinasi yang bisa dikunjungi. Kalau ingin pergi ke swalayan atau mini market ada Family Mart, 7 Eleven, atau KK Mart yang semuanya buka 24 jam. Ingin makan ? sepanjang Jonker Walk ada berbagai tempat makan yang harus dicoba, ada juga kedai kopi Chungwah yang populer. Pastinya ketika malam saat weekend ada pasar malam dengan berbagai kulinernya. Namun tetap harus diingat dan dilihat halal atau tidaknya.

hotel di melaka dekat jonker street

Salah satu gereja bersejarah

Bagaimana dengan destinasi atau tempat menarik ? ada banyak juga. Bangunan – bangunan tua bewarna merah yang menjadi landmark Pusat Kota Melaka dekat dengan penginapan ini. Hanya berjalan kaki mengikuti google maps, semuanya bisa kita lewati.  Stadthuys, Windmil Dutch Square, Christ Church Melaka, benteng Bastion Middleburg, Masjid Kampung Kling atau bisa juga mengelilingi sungai dengan naik Malaka River Cruise. Mau beli oleh – oleh juga ada banyak berbagai tempat penjualan souvenir yang hadir dengan berbagai macam harga.

Pilihan Hotel di Melaka Dekat Jonker Street

berfoto bersama

Tentunya ada pula tempat menarik lainnya yang tak bisa saya sebutkan semuanya. Saran saya ketikan sampai di kota warisan ini, pilihan hotel di Melaka Dekat Jonker Street adalah Jonker Inn.

Pilihan Hotel di Melaka Dekat Jonker Street

Berfoto bersama harus gantian

Summary
Review Date
Reviewed Item
Jonker Inn
Author Rating
51star1star1star1star1star