Travel Tips

Koreksi Nama Penumpang di AirAsia, mudah !

Koreksi Nama Penumpang di AirAsiaKoreksi Nama Penumpang di AirAsia, mudah ! – Ya itu yang saya lakukan beberapa hari yang lalu. Dan sebenarnya apa yang saya lakukan ini tidak ada kepikiran sebelumnya. Seperti biasa saya sering mengincar tiket promo AirAsia. Siapa sih yang ngga tau dan ga mau ketinggalan promo – promo dari maskapai penerbangan ini. Nah, masalah bermula ketika beberapa minggu saya dan teman – teman mau berangkat ke Kuala Lumpur. Sewaktu pembelian tiket sih rasanya tidak ada masalah, apa lagi saya sudah konfirmasi ke semua teman tentang nama penumpang untuk maskapai ini, dan sudah sesuai dengan paspor masing – masing. Namun ketika saya memastikan pada setiap teman yang akan jadi berangkat, ternyata ada salah satu teman yang bermasalah dengan nama penumpang. Ya.. nama penumpang, yang membuat saya sangat bingung. Nama di pembelian tiket adalah “contoh” Andi Purnama sesuai dengan yang di KTP, tapi yang membuat bingung adalah di pasport nama teman tersebut Andi Purnama Bin Jonny Kambut. Tentu saya bertanaya – tanya kenapa berbeda. Berdasarkan penjelasannya juga, namanya yang menggunakan bin waktu itu karena paspor yang di gunakan untuk ibadah umroh/ haji. Namun nyatanya beliau tidak berangkat umroh dan paspornya masih kosong tanpa ada satupun cap imigrasi luar negeri. Apakah ini bermasalah dengan pihak imigrasi nantinya ? ada yang mengatakan tidak apa – apa, ada juga yang mengajurkan untuk mengganti nama di tiket ataupun paspor nya. Saya sempat kesal, dengan sedikit panik saya browsing sana – sini. Dan ternyata Koreksi Nama Penumpang di AirAsia, mudah !.

 

Koreksi Nama Penumpang di AirAsia, mudah ! – Menggunakan E-Form.

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari forum Kaskus tempat saya nongkrong, saya sempat mengajukan beberapa pertanyaan kepada teman – teman disana. Dan di berikan solusi untuk segera menghubungi pihak costumer services AirAsia melalui e-Form. Sebuah formulir online untuk memberikan saran, kritik, atau untuk melakukan pertanyaan – pertanyaan terhadap maskapai ini. Dan yang pasti ini hanya bisa di lakukan untuk koreksi nama saja, bukan pergantian nama. Sebelum kita mengisi form ini, ada baiknya kita mempersiapkan scan KTP, scan Paspor dan nomor pembelian. Saya selanjutnya mencoba cara ini, saya masukkan semua informasi yang di butuhkan pada form dan selanjutnya kirim. Pihak AirAsia melalui email balasan otomatis memberi tau bahwa maksmimal 5 hari untuk balasan resmi dari AirAsia. Saya tunggu 2 hari, namun rasanya saya kok merasa pesimis dengan balasan pihak AirAsia yang tak kunjung tiba. Selanjutnya saya mencoba mencari cara lain.

 

Koreksi Nama Penumpang di AirAsia, mudah ! – Menggunakan Live Chat dan Twitter.

Cara menghubungi via Live Chat dan Twitter saya coba selanjutnya. Berdasarkan informasi yang saya dapat juga, cara ini bisa memudahkan kita untuk kasus tiket ini. Saya mencoba live chat, tapi yang saya temukan hanya halaman yang penuh atau lagi antri. Saya terus refresh halaman live chat namun tidak juga dengan alasan penuh atau busy. Twitter ? yang saya lihat di twitter malah lebih lambat lagi responnya. saya liat twitnya saja sudah 3 – 4 hari yang lalu. Aaaaaaaa pusing, bagaimana lagi caranya. Browsing sana sini akhirnya saya menemukan sebuah blog omnduut, disinilah saya mendapat pencerahan, thanks buat blognya. Yaitu dengan menggunakan email dan kontak langsung ke CS AirAsia Indonesia.

 

Koreksi Nama Penumpang di AirAsia, mudah ! – Menggunakan Email dan Telepon Langsung.

airasiaCara yang saya dapat di blog tadi ternyata sangat ampuh, namun besar di biaya telepon. Mau ga mau kan harus interlokal, apa lagi zaman sekarang jarang sekali menggunakan produk telepon lokal. Nyatanya biaya untuk melakukan penggilan telepon SLJJ melalui operator GSM sangatlah lumayan mehong eh mahal. Tapi ya sudah lah, ini tetap harus di lakukan. Yang pasti scan KTP, scan Paspor dan nomor pembelian harus ada. Email di kirim ke [Indonesia-suppdoc@airasia.com] dengan subjek Nomor kode pembelian tiket maskapai AirAsia. Di dalam body atau isi email, lengkapi semua permasalahan teman – teman. Tentu saja saya menginformasikan nama penumpang dan apa masalah dari nama tersebut. Tidak lupa sisipi dengan scan KTP dan Paspor. Pastikan terlebih dahulu yang kita inginkan perubahan benar- benar bisa dilakukan perubahan. Disini saya ingin menambahkan Bin Jonny Kambut pada tiket. Sesuai dengan pasport bukan dengan KTP. Setelah dirasa lengkap lalu usahakan menelpon langsung ke email AirAsia Indonesia. Agar email yang kita kirim langsung di follow up oleh pihak AirAsia. Memang proses berbicara di telepon ini membutuhkan waktu 10 – 15 menit. Itu saya pribadi sih, ga tau deh ntar teman – teman seperti apa. Setelah berbicara dengan mbak CS AirAsia Indonesia yang baik finally ga kurang dari 2 jam email pemberitahuan pergantian nama tiket masuk. Padahal sebelumnya beliau mengatakan untuk menunggu paling ngga 2 x 24 jam. Oh iya tiket yang bermasalah itu untuk PKU – KUL / KUL – PKU dan juga KUL – HKT / HKT – KUL. Nama pun sudah berubah dari Andi Purnama menjadi Andi Purnama bin Jonny Kambut. Koreksi Nama Penumpang di AirAsia, mudah !

Akhirnya permasalahan itu selesai. Ingat beda kasus beda penanganan. Yang pasti perubahan untuk sebuah kesalahan, salah huruf, salah letak atau perbedaan nama dengan dokumen perjalanan/ identifikasi (ktp/ paspor, misalnya membeli tiket dengan nama Lucy loo, namun nama yang tertera di paspor Loo Liu Xi), perubahan hanya akan di perkenankan untuk hal – hal berikut :

  • Pembetulan hingga tiga huruf untuk kesalahan ketik;
  • Penambahan/ penghapusan nama Inggris untuk penumpang asal Cina;
  • Pengubahan gelar dan jenis kelamin; dan
  • Pengubahan letak – pertukaran letak nama depan dan nama belakang diperkenankan.

Jadi intinya sebelum membeli tiket promo, pastikan dan benar – benar teliti memasukan nama penumpang. Karena untuk kasus tiket ke luar negeri, patokannya paspor. Sedangkan untuk membuat paspor patokannya ktp dan kartu keluarga. Tentunya juga peraturan AirAsia yang ngga terlalu ketat. Kita masih bisa menghubungi dan di jawab lebih baik oleh pihak AirAsia. Memang AirAsia ga ada duanya dah. Koreksi Nama Penumpang di AirAsia, mudah !.

sumber foto :

hxxp://tanjungperak.imigrasi.go.id/img/foto_pelayanan/Passport.jpg

hxxps://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/8b/AirAsia_X_Logo.svg/2000px-AirAsia_X_Logo.svg.png

incoming search

cara kerja pihak air asia jika nama penumpang ada 2ketik nama SCA kirim ke manakritik dan saran untuk airasiapenambahan nama tiket air asia

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya