Makan Enak

Kuliner Riau, Ikan Kapiek Tak Bertulang

kuliner riauKuliner Riau yang saya coba beberapa saat yang lalu adalah Ikan Kapiek. Mungkin bagi orang awam nama ikan ini asing di dengar di telinga. Awalnya saya juga tidak tau, ikan apakah ini. Saya sempatkan mencari tau ikan apa ini. Ikan kapiek atau ikan kapiek lampam di kenal juga sebagai ikan Tengadak berdasarkan info yang saya dapat dari Wikipedia. Ikan ini banyak di konsumsi masyarakat, apalagi di Riau selain patin ternyata budi daya ikan ini banyak di lakukan masyarakat. Lokasi budi daya ini berada di Daerah Kab. Kampar. Ini juga berdasarkan info yang saya dapat hahaha. Ikan ini hampir mirip dengan ikan Pantau, namun ukurannya lebih besar. Selain itu ikan ini bersirip merah dan memiliki banyak duri katanya. So dari pada lama cerita tentang asal usul ikan ini, baiknya simak cerita saya di bawah.

Kuliner Riau – Ikan Kapiek Tak Bertulang.

hidanganIkan Kapiek ini merupakan kuliner Riau yang khas. Banyak disukai masyarakat, khususnya masyarakat Kampar. Ikan ini disajikan dengan di bakar terlebih dahulu. Dan yang pasti ikan ini tidak memiliki tulang. Tepatnya di tangan masyarakat Kampar ikan ini menjadi tidak bertulang. Padahal aslinya ikan ini memiliki banyak tulang. Seperti Bandeng, proses pelepasan tulang ikan ini menggunakan teknik khusus. Sehingga tulang tersebut hilang. Saya sempat bertanya bagaimana caranya, namun mereka bilang rahasia. Ya wajar saja, ikan ini enak disantap tanpa ada tulang yang menyangkut di tenggorokan. Rasa ikan yang di bakar ini sangat lezat dan lembut. Lebih – lebih jika ikan tersebut sedang memiliki telur di dalam tubuhnya. Cita rasa bumbunya memang luar biasa. Biasanya saya paling ngga makan ikan nila, gurami atau krapu bakar. Hidangan ini di temani dengan gulai cangkuk dan juga sambal lado merah/ hijau. Perpaduan dari beberapa hidangan ini lah yang membuat lidah bergoyang. Oh iya gulai cangkuk itu adalah sejenis gulai yang berisi jangek (kulit sapi) dan juga rebung yang di padu dengan bumbu rahasia lokal ini. Selain itu di tempat ini juga memiliki makanan yang unik, Kelapa Jelly. Saya tidak tau bagaimana prosesnya, didalam kelapa tersebut sudah ada cairan kelapa yang berbentuk jelly. Rasanya tentu saja manis dan enak, patut di nikmati bersama Ikan Kapiek tak bertulang.

Kuliner Riau – Lokasi.

kedai-nasi-opuokUntuk dapat menikmati kuliner Riau ini kamu bisa langsung ke Kab. Kampar, tepatnya di daerah Kuok, sekitar lebih kurang 1 setengah jam dari Pekanbaru. Lokasinya juga tidak susah di cari. Nama tempatnya Kedai Nasi Opuong. Terletak di Pulau Balai Desa Rmpat Balai – Kuok. Jika kamu takut kehabisan, kamu bisa pesan dengan menghubungi nomor telpon kedai tersebut. Biasanya sekitar jam 3 sore sudah tidak berjualan. Kamu bisa lihat melalui google maps dengan menggunakan kata kunci “Kedai Nasi Opuong“. Setelah itu kamu tinggal cuss dan kamu bisa menikmati kuliner Riau yang enak ini. Apalagi jika kamu dari Provinsi tetangga Sumatera Barat, tidak ada salahnya menikmati hidangan ini.

kelapa-jelly

incoming search

ikan kapiekikan kaptempat makan ikan kopiek tidak bertulang di kampar

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya