Walaupun saya lebih banyak menulis tentang traveling bukan berarti saya tidak melek gadget. Kali ini saya akan bahas Lenovo Z6 Pro merupakan produk unggulan baru dari Lenovo yang baru saja dirilis 23 April di Cina. Hp ini kabarnya bakal dilengkapi chipset snapdragon 55, prosesor terbaru yang, chip yang dapat menghemat lebih dari 50 persen kecepatan upload dari biasanya, kecepatan upload yang lebih besar dari X8 LTE.

 

RAM 12GB dan Berpendingin Cairan

Yang bikin lebih unik dari Lenovo Z6 Pro ini adalah punya 4 kamera di bagian belakang, dilengkapi lagi dengan kapasitas RAM lebih dari 12 GB. Presiden Lenovo Chang Cheng, membeberkan fitur-fitur tersebut di Weibo Official baru-baru ini. Tidak seperti generasi sebelumnya Z5 Pro GT, Lenovo Z6 Pro dipersenjatai dengan pendinginan cair sekelas PC dan tabung tembaga berdiameter 5 mm. Tidak hanya itu, Lenovo seri baru ini akan sama dengan Lenovo Z5 Pro GT soal ukuran dimensi yang ukurannya cukup besar, yaitu 6.39 inci dan notch berbentuk U di pinggir HP dan fingerprint sensor yang canggih.

4 Buah Kamera dan Fitur AI

Soal kamera, yang terdiri dari 4 kamera yang memiliki tak tanggung-tanggung kapasitas kamera berbeda 48 MP + 16 MP + 8 MP + 2 MP quad kamera AI yang menjadi salah satu ujung tombak Lenovo Z6 Pro. Selain itu, 4 kamera ini juga bisa menginput resolusi sebesar 100 MP dibanding Lenovo Z5 pro yang hanya memiliki kapasitas kamera 16 MP saja.

Fitur-fitur pendukung utama  lainnya adalah  memiliki resolusi 48 megapixel, aperture 1,8 untuk kamera pertama, aperture 2,4 untuk kamera kedua, flash dual LED,  stabilisasi optikal, 4K Video, autofocus, multiple shoots, stabilisasi gambar digital, zoom digital, kompensasi eksposur, deteksi wajah, touch-focus, pengaturan white-balance, geotagging,  fitur HDR, fitur panorama, stabilisasi optikal, kamera quadruple 32 MP yang sangat menguntungkan untuk penggemar selfie, mode scene, self-timer, dan ukuran piksel 1,8. Untuk fitur ekstra kamera, Lenovo menambahkan fitur ekstra,

  • Ukuran sensor ½”
  • Ukuran piksel 1,6 bitmeter,
  • Deteksi fase dengan dengan dua piksel
  • Kamera kedua yang bisa menjangkau angle sejauh 125 derajat,
  • Kamera ketiga dengan 8 MP dan aperture4

Fitur yang diekspektasikan pecinta gadget dari Lenovo Z6 Pro ini adalah Super Night View dan Super Steady Shot, yang memberikan kebebasan ekstra bagi user untuk mendapatkan hasil shot malam yang maksimal dan hasil shot yang tidak blur dan tidak mudah goyang.

Didukung dengan baterai 4000 mAh, yang menjadikan smartphone ini makin tahan lama. Lenovo Z6 Pro juga akan menghadirkan fitur terbaru hyper video yang  mendukung navigasi antara video dan elemen hypermedia. Untuk software, akan didukung dengan ZUI 11 yang berdasarkan Android 9.0 PE, teknologi rilisan terbaru Android yang memiliki improvisasi dalam kecerahan, notifikasi yang lebih mudah diakses, lock on dengan gestur, dan fitur keamanan yang sudah diupgrade, dan teknologi slice yang bisa langsung memudahkan pengguna mengakses menu search.

 

Kapasitas Memori Hingga 64GB

Selain itu, pihak perusahaan juga membeberkan butuh waktu 1 tahun lebih 1 bulan untuk mengembangkan fitur-fitur terbaik dari Lenovo Z6 Pro ini. Lenovo Z6 Pro juga akan dilengkapi 5G model, yang mendukung fitur fast charging 27 watt ini. Pihak Lenovo juga membagikan hasil Antutu Benchmark dengan skor lebih dari 400.000. Fitur mantul lainnya adalah Lenovo G6 Pro mendukung penyimpanan internal, sebesar 128 GB, yang jauh melebihi kapasitas internal smartphone standar yang hanya berkisar dari 16, 32, hingga 64 GB.

Untuk penggemar games berukuran besar seperti PUBG atau Mobile Legends dan hiburan seperti menonton serial drama, menonton serial TV sampai membaca novel, komik atau manga atau E-Books, Lenovo G6 Pro bisa jadi pilihan tepat untuk memenuhi kesukaan atau hobi-hobi gadgeters.

Mendukung 5G

Didukung dengan desain elegan berwarna hitam baja dan memberikan kesan kuat dengan bahan metalik yang terlihat kokoh, juga dengan fitur dual SIM yang mendukung Nano SIM, upgrade dari standar SIM smartphone pada umumnya yaitu dual SIM. Slot 1 tidak hanya bisa mengakomodasi sinyal 4G, namun juga 5G, dan 3G, dan slot 2 hanya bisa mengakomodasi kartu SIM 4G dan 3G.

Tidak hanya memiliki fitur unlock berupa fingerprint unlock dan gesture unlock, Lenovo G5 Pro juga dilengkapi face unlock. Lenovo Z6 Pro juga digadang akan memiliki interface yang mirip dengan Apple, yang dirumorkan akan disupport dengan earpods Z6, tapi banyak yang menduga bahwa fitur itu tidak akan diluncurkan, namun Lenovo Z6 Pro akan dilengkapi dengan port audio berukuran 3.5 mm.

Sensor

Fitur-fitur yang lebih membuat mantul Lenovo G6 Pro adalah beberapa sensor seperti sensor cahaya, sensor kedekatan, akselerometer, kompas, dan gyroscope. Salah satu diantara fitur itu adalah sensor kedekatan yang memiliki fungsi untuk mendeteksi kalau ada objek yang mendekati smartphone.

 

Audio Apik dengan Teknologi Dolby Sound

Untuk audio, selain port audio berukuran 3,5 mm, Lenovo G6 Pro dilengkapi juga dengan Dolby Panaromic Sound dan Al Noise Reduction, fitur audio sekelas bioskop dan membuat phone calling lebih jernih dan mengidentifikasi serta mengurangi gangguan noise. Untuk Bluetooth, Lenovo G6 pro diperkuat Bluetooth 5.0, versi upgraded Bluetooth yang memaksimalkan waktu pairing dan mengupgrade koneksi 1 arah menjadi 2 arah. Untuk berat, Lenovo G5 Pro memiliki berat 185 gram dan dimensi 157.5 x 74.6 x 8.55 mm. Ada dua pilihan warna, yaitu merah-biru dan biru-hijau. Tanggal 23 April lalu, pihak Lenovo sudah membuka preorder di website shopping online JD.com dan official website Lenovo khusus di Cina.