Masakan Khas Melayu Riau Enak Wajib Dicoba Di Sultan Resto

Masakan khas melayu Riau tentunya menjadi primadona tersendiri bagi para wisatawan ketika ingin mencoba kuliner atau makanan khas yang ada di ibukota Provinsi Riau, Pekanbaru. Tentunya pilihan makanan ini menjadi hal yang tak boleh dilewatkan selama berada di Pekanbaru.

Pekanbaru sendiri merupakan ibukota dari Provinsi Riau yang memang terkenal sebagai kota perdagangan dan jasa, namun bukan berarti kota bisnis ini tidak memiliki tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Selain tempat wisata Pekanbaru, Kota ini juga menyajikan berbagai macam masakan khas melayu Riau yang sedap dan sangat sayang untuk dilewatkan oleh para wisatawan.

Sultan Resto Pekanbaru

Nah kalau kamu ada rencana mengunjungi kota ini dan ingin mencoba kuliner khasnya, saya bisa sarankan satu resto yang memang menyajikan masakan khas melayu Riau yaitu Sultan Resto. Jangan sampai teman – teman lupa untuk mencoba makanan khas Riau yang populer dan memiliki sejarah panjang. Di resto ini membandrol menunya mulai dari harga Rp. 10.000.

Sultan Resto sendiri terletak tak jauh dari pusat kota, yaitu di Jl. Ronggowarsito No. 12 Pekanbaru – Riau. Dari bangunan, interior, dan foto – foto sejarah yang terpampang di dindingnya saja sudah terlihat kalau resto ini menyajikan masakan khas melayu. Jangan khawatir kalau lidah tidak cocok dengan masakan melayu, ada berbagai macam makanan lainnya yang bisa kamu coba seperti chinese food. Total ada 100 lebih menu pilihan dengan tema yang berbeda.

Masakan Khas Melayu Riau di Sultan Resto

1. Asam Pedas Baung

masakan khas melayu riau
Gulai Asam Pedas Baung Sultan

Masakan yang wajib kamu coba adalah Asam Pedas Baung. Iya.. Baung, ikan ini hampir mirip dengan ikan lele (masih kerabat sih infonya) yang memiliki bentuk dan jenis daging yang lembut padat serta tidak mempunyai duri halus. Selain itu ikan ini memiliki protein tinggi dan juga rendah lemak.

Baca Juga  Red Planet Hotel Pekanbaru, Pilihan Hotel Murah dan Nyaman

Ikan ini lalu di masak asam pedas, dengan kuah bewarna kemerahan yang terdiri dari bermacam rempah-rempah tradisional. Dari yang saya coba, tidak ada terasa amis dan memang enak dihidangkan bersama nasi panas. Pedas dan rasa asamnya pun dapat dinikmati bersamaan. Pas banget dah.

 

2. Pindang Senangin

Mencicipi Pindang Senangin Sultan Resto

Jangan liat dari penampilannya. Pindang ikan Senangin ini merupakan masakan khas dari kabupaten Meranti ataupun Bengkalis. Ini terasa dengan adanya asam belimbing yang memang merupakan komponen masakan khas daerah melayu pesisir. Tentu saja hasilnya sangat istimewa. Jangankan langsung memakannya, mencium aromanya saja buat saya betah. Rasanya juga enak dan gurih.

 

3. Patin Bakar Bambu

Sedapnya Ikan Patin Bakar Bambu Sultan Resto

Menu khas lainnya adalah Patin Bakar Bambu. Tadinya sedikit bingung, apa bisa dimasak didalam sebuah bambu. Hasilnya luar biasa… saya yang tidak suka ikan patin, malah terus mencoba menu ini. Apalagi ikan Patin merupakan ikan produk asli Riau. Ikan yang dibakar menggunakan bambu ini juga dibumbui dengan bumbu yang pas, asli dan khas dari Sultan Resto. Selain itu rasa amisnya hilang karena di balut dan digulung dengan daun pisang. Rasanya juga pedas, sehingga menjadi wah ketika dipadukan dengan nasi panas. Porsinya yang lumayan bisa dinikmati oleh 3 – 4 orang.

 

4. Sambal Ikan Bilis

Gurih dan sedapnya sambal Bilis

Kecil – kecil bahaya… iya bahaya karena ingin terus menyantapnya. Ikan bilis ini gurih dan kriuk. Saya saja tak cukup menikmati jika hanya dengan satu porsi.

 

5. Telur Dadar Barendo

Dadar Barendo yang enak

Ini menjadi rebutan, padahal kalau dipikir kita juga bisa menikmatinya di rumah. Tapi ternyata Sultan Resto bisa menjadikannya pilihan makanan. Telur dadar barendo sendiri ga jauh beda dengan telur dadar biasa, hanya saja tekstur atau bentuknya memiliki renda. (barendo). Walaupun memang aslinya makanan ini berasal dari Provinsi sebelah.

Baca Juga  Lubang Kalam, Objek Wisata Sejarah Riau

 

6. Ikan Selais Goreng

Kriuknya Selais goreng

Tak jauh berbeda dengan sambal ikan bilis, menu ini juga menjadi idola di Sultan Resto. Apalagi ikan selais merupakan icon bumi lancang kuning, karena ikan selais hanya hidup di sungai yang ada di Riau. Rasa Ikan Selais ini tentu saja gurih, renyah dan enak. Seluruh bagian tubuh ikan ini bisa dimakan atau dikonsumsi termasuk tulang ikan yang berukuran kecil tetapi sudah rapuh.

Nah bagaimana, apakah mampu membuat lidahmu bergetar ? sebenarnya ada berbagai macam menu khas lainnya di Sultan Resto yang populer seperti Gulai Ikan Patin Asam Pedas Sultan, Dendeng Kering Cabe Merah, Kepiting Saus Sultan, Ikan Gurame Goreng Selayang Pandang, Kerapu Kecap Sultan, dan Belut Cabe Hijau yang tak bisa saya coba semua. Mudah – mudahan yang saya sharing ini bisa membantu teman – teman dalam memilih masakan khas melayu yang ada di Pekanbaru, oh iya kalau butuh daftar objek wisata Riau bisa liat listnya. Punya tempat lain yang tak kalah sedapnya ? yuk share di kolom komentar.

incoming search

makanan kas riaumasakan khas kabupaten bengkalis ikan debuk

18 Replies to “Masakan Khas Melayu Riau Enak Wajib Dicoba Di Sultan Resto”

  1. Kangen patin bakar bambu nya
    .. Bisa dimakan 4-5 orang, weh yuk bang kesana lagi. Udah siap ngebantu nih, bantu makan

    Hahhahahaha

    1. hahaha ngebantu makan ya hahaha

  2. Ngeliat foto makanannya langsung ngiler. Tapi sayangnya saya tinggalnya jauh …

    1. mudah mudahan bisa kesampaian suatu saat nanti mba

  3. Heummmm … enak-enak masakannya,niiih …
    Lihat potongan cabenya bikin pengin nyomot diantara salah satu menu diatas ?

    Baca keterangan bentuk fisik ikan baong yang menyerupai lele, kok kayak mirip ikan beong yang ada di Jawa- Tengah ..
    Apa mungkin sama nama ikannya tapi beda nama ya ?

  4. ikan yang disana ada kumis juga ga ?

  5. Aduh enak nyaaa…. Tapi jauh ya

    1. ntar mana tau ada rezeki main ke Pekanbaru

  6. Kaya mana ini baaang wkwkwkkwkwkw baru masuk jam zuhur ini loh, tebaca yang beginian. Tapi gapapa sih, bisa jadi referensi untuk beli makanan buka nanti. huehehheee

  7. Awww liat foto2nya di siang hari, sungguh menggoda hihihi mohon bersabar ini ujian 😀 semoga suatu saat ada rejeki bisa traveling ke Pekanbaru 🙂

    1. amiiin. mudah mudahan ya mba

  8. Saya suka yang pedes2, patin bakar bambunya bikin mupeng…

    1. hahaha iya mas kalao pedes makan ampe keringetan

  9. Kalau makan sampai keringetan itu tandanya sudah sampai nikmat yang haqiqi…. hehehe

  10. Bisa menikmati makanan khas Riau dengan harga yang tidak terlalu mahal tentu sangat menyenangkan apalagi makanan tersebut mempunyai sejarah panjang

    1. iya bener. harus dijaga dan dilestarikan

Jalin silaturahmi yuk :D , kalau ga keliatan harus di approve