Wordpress

Membuat Blog di WordPress, Ini Dia Cara Mudahnya !

Membuat blog di WordPress banyak orang bilang kelihatannya mudah, tetapi setelah mengenal WordPress, kamu bakal ngerasain saat dimana kamu sadar bahwa membuat blog tidak mudah seperti yang banyak orang lihat, sama halnya ketika membuat custom login. Apalagi jika dari awal seseorang ingin membuat blog hanya untuk mendapatkan uang dibandingkan karena memang suka menulis dan menyalurkan hobi bercerita. Bahkan banyak dari sebagian orang yang putus asa menggunakan wordpress malah pindah ke platform lain.

Sebenarnya membuat blog di WordPress memang memerlukan sedikit perhatian. Yang penting selama memulai dan mencoba menggunakan WordPress selalu untuk mengikuti dan memahami langkahnya dengan baik. Apalagi saat ini sudah tersedia dalam bahasa Indonesia. Nah jika masih belum bisa saya akan mencoba share bagaimana membuat blog dengan mudah dan bisa kamu coba langsung tanpa bingung.

 

Membuat blog di WordPress menggunakan platform online.

WordPress merupakan sebuah platform blog yang disediakan secara gratis. Kamu bisa memulai membuat blog di WordPress menggunakan platform online. Kamu bisa mencoba langsung di website wordpress.com dan lakukan apa yang kamu mau. Walaupun gratis, tetapi menggunakan di platform online ini tetap ada batasan fitur. Jika kamu ingin menghilangkan batasan tersebut berarti kamu harus membayar biaya langganan tahunan. Wajar saja karena layanan gratis ini juga menyediakan layanan hosting secara gratis. Selain itu disaat menggunakan platform online ini kamu juga tidak perlu melakukan proses penginstallan. Tinggal daftar dan siap dipakai. Namun kekurangannya adalah kamu tidak bisa membuat custom desain, space terbatas dan ada iklan. Jadi saya sarangkan jika tidak ingin berlangganan dan mendapatkan fitur lebih ada baiknya kamu mencoba WordPress Self hosted.

 

Membuat blog di WordPress Self hosted

WordPress Self Hosted merupakan sebuah CMS atau Content Management System yang bisa kamu unduh di wordpres.org dan bisa kamu instal sendiri. CMS ini tentu saja gratis tanpa ada limit atau batasan. Jika pada wordpress.com kamu sudah diberikan space hosting gratis, maka pada WordPress self hosted ini kamu membutuhkan sebuah domain dan hosting (space) tersendiri. Berbagai keuntungan bisa kita nikmati dari self hosted ini. Mulai dari tema, plugin hingga support forum.

Membuat blog di WordPress memang membutuhkan waktu. Walaupun CMS nya free, tetap saja kamu harus mempersiapkan beberapa hal, diantaranya :

  • Hosting yang cepat buat blog kamu.
  • Nama domain kamu.
  • CMS WordPress

Dalam memilih hosting ada baiknya memilih paket – paket  bundling yang menawarkan domain gratis bersamaan. Carilah yang cepat, dengan support yang mumpuni.

Membuat Blog di WordPress

Setelah kamu memilih domain dan hosting yang memiliki Cpanel, selanjutnya adalah dengan masuk ke cPanel atau dashboard hosting kamu. Ada berbagai macam cara tersedia, tetapi semuanya mengikuti cara dasar yang sama.

membuat blog di wordpress
Auto Installer dari Cpanel Hosting

Pertama-tama, masuk ke dashboard atau cPanel dan buka Website > Auto Installer:

Cari wordpress pada kolom pencarian

Setelah itu, gunakan kolom search untuk menemukan CMS WordPress.

Proses install wordpress pada auto installer

Lalu pilih pilihan WordPress yang ada dan isi form yang tersedia. Kemudian, pilih Install untuk memulai proses instalasi hingga nanti selesai.

Namun jika kamu ingin menginstall WordPress dengan cara manual, kamu bisa upload terlebih dahulu cms yang sudah di ekstrak lalu buka alamat domain kamu. Ikuti proses dan form yang tersedia. Jangan lupa untuk membuat database terlebih dahulu dan username database serta berikan hak akses penuh terhadap akun hosting kamu.

Atur Pengaturan Standar WordPress

CMS ini memiliki banyak pilihan pengaturan bawaan yang harus kamu sesuaikan dengan kebutuhan blog yang kamu inginkan. Pengaturan bawaan ini akan mengatur dan mempersiapkan tampilan blog kamu dan bagaimana cara menjalankannya. Sediakan waktu untuk mengatur semua informasi dan opsi yang dibutuhkan.

Pengaturan Bawaan WordPress

Pada dashboard WordPress, pilih menu Settings > General dan kamu akan melihat sejumlah pengaturan bawaan. Periksa judul blog dan tagline bawaan blog kamu. Sesuaikan, tentunya judul harus mewakili nama blog kamu dan tagline perlu dibuat lebih menarik.

Atur Bahasa dan Zona Waktu

Setelah memperbaiki judul dan tagline, selanjutnya periksa bahasa yang digunakan dan zona waktu blog kamu. Apabila kamu ingin membuat blog selain bahasa bawaan (inggris), maka kamu bisa menggantinya ke bahasa yang kamu ingin gunakan (tersedia lebih dari 70 bahasa). Untuk Indonesia kamu bisa memilih GMT+7 Bangkok, Jakarta.

Atur Tanggal

Langkah terakhir dengan  melihat pilihan format tanggal. Karena format tanggal di setiap wilayah berbeda – beda. Aturlah berdasarkan lokasi pengunjung blog yang kamu inginkan.

Setelah mengganti sesuai kebutuhan jangan lupa untuk memilih Save Changes, agar semua yang kamu rubah bisa tersimpan.

Banyak cara mudah lainnya yang bisa membantu kamu dalam membuat blog di WordPress. Saya sarankan untuk membaca artikel dari Hostinger yang menjelaskan panjang lebar tentang penggunaan CMS ini.

Berkomentar dan menjalin silaturahmi