Internet

Menikmati Air Terjun Lewat Aplikasi

Menikmati air terjun lewat aplikasi adalah ide yang saya dapatkan dalam beberapa hari terakhir. Ini bermula ketika saya mendapapat informasi tentang IWIC 11 (Indosat Wireless Innovation Contest). IWIC sendiri merupakan sebuah kompetisi bertaraf internasional untuk menyelaraskan bakat digital Indonesia dengan pemain internasional melalui penciptaan ide-ide aplikasi. Tidak hanya membuat aplikasi tetapi ide – ide yang menarik dapat dituangkan di komptisi ini. Selain itu kompetisi ini menumbuhkan dan menemukan minat-minat baru generasi muda di dunia digital. Sekaligus, untuk memenuhi kebutuhan talenta digital Indonesia seiring dengan tingginya tren penggunaan aplikasi mobile.

Air terjun langkuik tinggi – Malalak

Hal ini juga yang mendasari saya untuk menemukan sebuah ide yang mungkin bisa diaplikasi kan natinya dalam bentuk perangkat lunak. Tentu saja untuk saat ini saya mungkin hanya bisa memberikan sebatas ide, tapi tidak tau kedepannya. Banyak ide bermunculan ketika pertama kali mendengar informasi ini. Namun tentunya saya juga menyamakan dengan kategori yang ada di kompetisi. Satu hal lagi tentunya saya harus sesuaikan dengan minat yang saya suka. Akhirnya saya memilih dengan tema minat saya, “Air Terjun”.

 

Latar belakang

Ide Aplikasi Air Terjun

Berbicara tentang keindahan Indonesia mungkin tak ada habisnya. Indonesia memiliki banyak sekali air terjun baik yang berada di gunung, pegunungan, di dataran tinggi maupun rendah, bahkan disekitar pantai sekalipun. Air terjun ini merupakan salah satu kekayaan wisata alam yang dimiliki Indonesia. Air terjun indonesia merupakan salah satu potensi wisata alam Indonesia yang terkenal. Tidak terhitung berapa banyak air terjun yang ada di negeri kita ini. Mungkin ratusan bahkan bisa ribuan air terjun, baik yang sudah ditemukan ataupun masih di tempat – tempat yang belum ditemukan.

Namun dari semua air terjun, banyak wisatawan yang kesulitan untuk mengakses lokasi air terjun. Mulai dari transportasi hingga guide untuk menuju air terjun. Maka muncullah ide saya yang sebenernya cukup sederhana. Saya berkeinginan semua orang bisa menikmati air terjun. Lewat smartphone, traveler bisa menemukan air terjun di sekitarnya. Dan menemukan semua informasi terkait air terjun tersebut. Mulai dari lokasi, photo, how to, hingga pengalaman – pengalaman traveler lain yang sudah pernah menjejakkan kakinya di lokasi air terjun.

Fitur Air Terjun

Tampilan antar muka

Sama dengan aplikasi- aplikasi lainnya, Air Terjun memiliki banyak fitur yang memudahkan para penggunanya. Salah satunya adalah map dari google yang terintegrasi dengan koordinat yang diinput oleh para traveler. Sehingga para traveller lainnya bisa tau lokasi air terjun. Tidak hanya itu, dengan memasukkan koordinat – korrdinat baru, maka akan hadir pula air – air terjun baru yang selama ini belum terekspos. Beberapa fitur lainnya adalah :

– Informasi air terjun
– Air Terjun Terdekat
– Air Terjun Terpopuler
– Kumpulan foto dan upload
– Review dari traveler lain
– Bagaimana cara ke lokasi
– Input air terjun
– Menemukan guide lokal
– Fitur member plus (tanpa iklan)

Itu baru beberapa ide, masih banyak fitur – fitur lainnya yang bisa ditambahkan pada aplikasi ini nantinya. Tentunya dengan fitur – fitur tersebut mampu membantu wisatawan menjangkau air terjun yang diinginkannya.

Benefit

Tampilan antar muka

Selain membantu pada wisatawan, aplikasi ini juga dapat memberikan benefit. Sebagai contoh adalah penempatan iklan didalam aplikasi. Iklan bisa seperti google adsense ataupun layanan iklan lainnya. Contoh benefit lainnya adalah dengan mengkategorikan member biasa dengan member plus. Member biasa menggunakan iklan, dan member plus tanpa adanya iklan. Selain itu member plus juga mendapat fitur – fitur lain yang berbeda dari member biasa. Beberapa benefit yang didapat pada aplikasi ini :

– Penghasilan dari layanan iklan
– Penghasilan dari layanan member plus
– Membantu guide lokal dalam menggunakan jasanya
– Dengan banyaknya yang mengunjungi air terjun, tentunya dapat membanti perekonomian lokal.

Mungkin jika dibandingkan teman – teman yang lain ide saya ini tidak bermanfaat. Namun bagi traveler blogger seperti saya, aplikasi ini tentunya bisa membantu saya dalam menemukan air terjun yang indah di Indonesia.

Jika teman – teman memiliki ide ataupun ingin mengikuti kompetisi ini, bisa mendaftar langsung di halaman pendaftaran IWIC 11.

8 thoughts on “Menikmati Air Terjun Lewat Aplikasi

  1. Di tempatku banyak banget nih air terjun. Yang jaraknya kuran dari 20km aja ada 4… masih banyak yang belum tahu akses menuju ke sana. Keren kayaknya kalau dibuat aplikasinya

  2. Jadi teringat real time Ka’bah yang pernah beredar di aplikasi wa.
    Jadi dipantaunya menggunakan satelit.
    Bisa dilihat dari segala sisi pula.

    MashaAllah..

    Senang pasti kalau ada apps yang bisa menunjukkan keEsaan Allah.
    In syaa Allah.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya