Apa kamu sekarang lagi jalan-jalan ke Malaysia dan bingung dengan oleh-oleh khas Malaysia yang itu-itu saja ? Lagi bingung mau cari buah tangan yang menarik?

Teman-teman bisa coba lihat daftar yang yang sudah saya susun ini. Pastinya jangan asal beli oleh-oleh atau buah tangan, apalagi kalau beli yang sudah biasa tentunya akan membosankan dan mudah ketebak.

Sebenarnya di Kuala Lumpur itu ada banyak pilihan barang yang bisa teman-teman beli untuk dibawa sebagai buah tangan, mulai aksesoris hingga makanan ringan. Jadi mungkin sebelum beli lihat dulu keluarga dan teman kamu lebih suka yang mana.

Kalau kebanyakan dari mereka senang makan ya belikan makanan ringan saja. Kalau mereka minat dengan kaos  atau baju juga ada yang bisa kamu beli sebagai cinderamata.

9 Daftar Oleh-Oleh Khas Malaysia yang Tidak Bikin Bosan

1. Batik Malaysia

10 Daftar Oleh-Oleh Khas Malaysia yang Tidak Bikin Bosan

Beli Batik Malaysia juga donk

Memang sih batik asli Indonesia. Tapi tidak ada salahnya juga kan beli batik dari Malaysia untuk oleh-oleh? Lagipula corak batiknya pasti berbeda.

Lagipula kalau kamu lagi jalan-jalan nih, pasti pengennya kan beliin oleh-oleh yang gampang untuk dibawa. Batik Malaysia ini cukup kamu lipat, masukkan tas, beres deh. Pilihan motifnya pun ada banyak, dari motif dedaunan sampai motif bunga. Kamu bisa cari di Central Market Kuala Lumpur atau yang lebih dikenal dengan nama Pasar Seni.

2. Wau Kite

oleh-oleh khas malaysia

Layangan tradisional Malaysia

Jangan lupa membawa oleh-oleh khas Malaysia untuk anak-anak di rumah. Misalkan jika kamu lagi dalam perjalanan bisnis, terus anak-anak titip oleh-oleh.

Kalau dibelikan batik kan anak-anak kurang suka, tapi kalau dibelikan layangan? Ya pasti suka dong.

Layang-layang khas Malaysia ini namanya Wau Kite. Bentuknya seperti bulan sabit dan dihiasi dengan berbagai motif yang menarik. Ada berbagai ukuran sih, tapi cari yang muat di dalam bagasi ya. Soalnya saya sendiri belum pernah coba sih hahahaa.

3. Berly’s Chocolate

10 Daftar Oleh-Oleh Khas Malaysia yang Tidak Bikin Bosan

Beryl’s Chocolate enak donk

Ini coklat yang enak banget nih rasanya. Tidak lain adalah Berly’s Chocolate.

Selain dibeliin sebagai oleh-oleh, kamu juga bisa beli lebih untuk nyemil nanti di Indonesia. Karena rasanya memang enak sekali. Rasa manisnya pas di lidah. Mungkin orang yang tak suka makan coklat sebelumnya, setelah makan Berly’s Chocolate akan jadi penggemar coklat. Berly’s Chocolate bisa dikatakan salah satu cokelat premium yang ada di Malaysia. So harganya sedikit berbeda dari cokelat yang lain. Untuk bisa mendapatkannya bisa langsung saja ke Berly’s Chocolate Kingdom yang berada di 38, Jalan Utara, Imbi, 55100 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia. Teman-teman juga bisa mencarinya di Sungai Wang Plaza atau Pasar Seni.

4. Ovomaltine Crunchy Cream

10 Daftar Oleh-Oleh Khas Malaysia yang Tidak Bikin Bosan

Ovomaltine emank enak

Siapa yang tidak kenal Ovomaltine?

Selai coklat crispy ini harganya memang cukup mahal. Karena itu untuk kamu yang mau bergaya dengan membawa oleh-oleh premium, boleh nih mempertimbangkan Ovomaltine Crunchy Cream.

Di negara Malaysia banyak yang jual, jadi gampang mencarinya. Sebut saja supermarket grosir seperti MyDin, Haniffa Dept. Store, atau teman-teman bisa juga mencari di Sungai Wang Plaza

5. Milo Cube

10 Daftar Oleh-Oleh Khas Malaysia yang Tidak Bikin Bosan

Milo cube wuenak. Photo : Shoppe

Kalau Ovaltine punya produk Ovomaltine, Milo juga tidak mau kalah tuh. Milo punya yang namanya Milo Cube.

Mungkin hingga kamu baca ini sekarang, juga belum pernah mencicipi Milo Cube. Di Malaysia cukup banyak yang menjual camilan coklat dengan bentuk kotak ini. Rasa coklatnya yang tajam bikin disukai banyak orang.

Milo Cube sangat cocok untuk kamu bawa sebagai oleh-oleh. Apalagi di Indonesia kan jarang yang jual. Coba cari di minimarket, pasti tidak nemu kan.

6. Kerajinan perak

10 Daftar Oleh-Oleh Khas Malaysia yang Tidak Bikin Bosan

Banyak kerajinan perak yang bisa dibawa

Selain bawa makanan, coba deh pertimbangkan bawa kerajinan perak juga.

Tenang aja, kerajinan perak ini mudah dibawa kok. Tidak berat-berat amat, soalnya sudah dalam rupa aksesoris kecil-kecil gitu. Psst, sebenarnya ada alasan kuat lain mengapa kamu sebaiknya membeli oleh-oleh aksesoris dari perak ini. Apa itu?

Tidak lain karena harganya yang murah meriah! Ya wajar dong, karena bahannya itu dari perak bukan dari emas. Tetapi bentuknya menarik dan lucu-lucu. Cocok banget nih dijadiin oleh-oleh untuk teman-teman wanita, atau mungkin untuk istri kamu.

Aksesoris perak ini tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari bros, kalung, anting, piring, hingga gantungan kunci. Ciri khas negara Jiran juga ada dalam kerajinan-kerajinan itu.

7. Kaos Malaysia

10 Daftar Oleh-Oleh Khas Malaysia yang Tidak Bikin Bosan

Kaos I Love KL

Ke negara manapun memang pasti oleh-oleh kaos itu selalu ada, termasuk ketika kamu berkunjung ke Malaysia. Di Malaysia juga dijual kaos dengan desain yang unik-unik dan dibuat memakai bahan yang berkualitas.

Kaos bikinan Malaysia ini nyaman ketika dikenakan. Untuk harga ya standar sih. Tidak terlalu murah juga tidak terlalu mahal, mulai dari IDR 20k ke atas. Pastinya jangan lupa menawar agar harga pasnya dapat. Oh iya, harga mewakilkan jenis atau bahan kaosnya ya teman-teman.

Desain kaosnya ada yang bertuliskan I love KL, gambar menara Petronas, dan lain-lain. Keren-keren sih menurut kami, tidak kalah dengan desain kaos yang dijual di Singapore, tetangganya Malaysia.

8. Miniatur Menara Petronas

oleh-oleh-khas-malaysia

Miniatur Petronas

Kalau Paris punya ikon menara Eiffel, kalau Malaysia punya ikon apa? Ya menara Petronas.

Pernah ga sih kamu bayangin menara Petronas mini? Wah pastinya imut banget kan. Kamu bisa kok beli miniatur ini dan dijadikan oleh-oleh.

Yang jual miniatur ini ada banyak. Biasanya dijual oleh para pedagang kaki lima. Ukuran miniaturnya pun berbeda-beda. Jadi bisa kamu pilih yang menurut kami paling imut dan detail. Untuk harganya karena beli di kaki lima, jangan lupa ditawar ya.

Apalagi kalau mereka menganggap kamu turis, takutnya dikenakan harga terlalu mahal. Tapi kalau memang sudah murah ya dibeli aja, anggap sedekah. Kamu juga bisa menemukannya di pasar seni, Sungai Wang Plaza, atau di Petaling Street.

9. BOH Tea

oleh-oleh khas malaysia

Teh asli Malaysia

Untuk kamu yang penasaran dengan rasa minuman teh dari Malaysia, boleh nih coba beli BOH Tea. Cocok juga untuk kamu jadikan oleh-oleh.

Warna tehnya merah pekat, citarasanya enak dan menyegarkan. Untuk dibawa juga gampang, tinggal dimasukkan tas, tidak berat dan ukurannya kecil. Kamu bisa menemukannya di supermarket atau mini market. Bisa juga ke MyDin atau Haniffa Dept. Store

10. Eureka Gourmet Popcorn

oleh-oleh khas malaysia

Eureka Popcorn Enak

Buat kamu yang suka ngunyah mungkin bisa cobain Eureka Gourmet Popcorn.

Sama halnya dengan Garret Popcorn yang terkenal, snack ini termasuk popcorn premium dengan berbagai varian. Ada varian dengan rasa barbeque, caramel, cocoa malt, cheese, original seal salt, sour cream & onion, sweet tomato, classic mix, seaweed, matcha chocolate, kimchi, spicy cuttle fish wasabi, salted egg, real durian, curry, white coffee, crispy rendang chicken dan berbagai varian lainnya.

Kamu bisa dapetin snack halal terkenal di Malaysia dengan rasa renyah dan lezat tanpa lemak jenuh ataupun pengawet ini di beberapa outlet. Kalau di Kuala Lumpur bisa cari di Pasar Seni/ Central Market, Berjaya Times Square, Pavilion, dan Mid Valley Megamall. Sedangkan untuk harga mulai dari RM 8 ya.

Mudah-mudahan daftar oleh-oleh khas Malaysia yang gak bikin bosen ini bisa menambah ide untuk buah tangan teman-teman ya. Dan jika masih bingung dimana harus membelinya bisa baca artikel saya tentang tempat belanja murah di Kuala Lumpur. Kalau ada yang lain bisa share di kolom komentar ya.