Orang pergi ke Bukittinggi aja banyak yang nitip oleh-oleh atau buah tangan, apalagi kalau pergi ke negara singa, pastinya juga banyak deh teman-teman yang nitip oleh-oleh Singapore.

Saya tau apa yang teman – teman pikirkan sekarang. Pasti banyak yang mikir bagaimana repotnya pergi ke Singapore dan harus cari buah tangan, belum lagi jika teman-teman baru pertama kali ke negara ini nih. Bingung mau pilih atau beli oleh-oleh apa kan ?

Yap! Pastinya rata-rata traveler yang pertama kali ke Singapore berpikiran seperti itu. Tetapi kamu jangan khawatir, karena di sini saya akan mencoba share dan membagikan daftar buah tangan apa saja yang dapat kamu beli di negara tetangga kita ini. Yakin dan pastinya teman-teman dan keluarga kamu yang nitip senang dengan oleh-oleh ini.

Oleh-oleh Singapore Enaknya Bawain apa?

1. Parfum Aromatik

Teman nitip Oleh-oleh Singapore Enaknya Bawain apa?

Membeli di kawasan Bugis Street. Photo : flickr

Kalau lagi bepergian sama teman-teman atau nongkrong gitu istilahnya, pasti kamu tidak senang dekat-dekat orang yang bau kan?

Tetapi kalau dekat-dekat teman nongkrong yang wangi, gimana? Wah pasti nyaman deh. Karena itu parfum boleh kamu jadikan ide buah tangan atau cenderamata.

Tentunya parfum yang dijual di Singapore itu berbeda dengan yang dijual di Indonesia. Lalu kalau ke Singapore, mau beli parfum di mana?

Dari pengalaman saya, cobalah mampir ke kawasan Bugis. Ini adalah tempat dimana kamu bisa membeli berbagai parfum aromatik. Parfum aromatiknya ada bermacam-macam di sini, kamu bisa menemukan parfum yang dari negara Arab, India, hingga Eropa loh.

Apalagi jarang nih pasti yang bawa cinderamata parfum dari Singapore. Jadi dapat dibilang ini termasuk hadiah yang unik. Anti mainstream gitu ya istilahnya.

Tapi kalau mau beli parfum untuk cinderamata, mahal ga tuh? Apalagi kalau kamu sekarang liburan backpacker-an. Pasti cari yang hemat-hemat, hayo ngaku, hehehe.

Tenang aja, karena cukup bayar 30 SGD saja, kamu sudah bisa bawa pulang cinderamata ini. Tidak tanggung-tanggung, kamu bisa membawa 5 parfum botol kecil. Jadi bisa dibagi untuk 5 orang.

Oh iya, sebelum lupa. Selain kawasan Bugis, tempat cari oleh-oleh Parfum di Singapore yang lain itu di lokasi Chinatown. Kalau nyasar pakai GPS aka google maps ya, jangan lupa kalau naik MRT lihat peta dan turun dimana seperti yang saya tulis di Panduan Singkat Naik MRT di Singapura.

2. T-Shirt

Teman nitip Oleh-oleh Singapore Enaknya Bawain apa?

Kaos Couple. Photo : Wikimedia

Eh dulu sebelum pernah ke Singapore, saya pernah mendapat cinderamata ini, T-Shirt.

Jangan berpikir “Ah! Biasa banget kok T-Shirt”. Sedikit cerita, dulu ada yang bawain oleh-oleh ini dari Singapore dan ternyata bahan yang digunakan bagus banget.

Jadi selain desainnya keren, T-Shirt-nya juga nyaman dipakai. Akhirnya selain dipakai untuk kaos bersantai di rumah, juga saya pakai untuk jalan-jalan.

Bahannya juga tidak mudah rusak. Karena saya lihat jahitannya cukup bagus. Apalagi di Singapore untuk mencari oleh-oleh ini cukup mudah, banyak yang jual.

Jadi walaupun kamu mencarinya di detik-detik terakhir sekalipun, pasti sempat. Rata-rata T-Shirt untuk oleh-oleh ini bertuliskan “I Love Singapore”, ada yang love-nya pakai gambar hati. Dan ada yang bergambar Singa Merlion, patung singa khas Singapore itu.

Ini beberapa tempat yang kami rekomendasikan untuk teman-teman yang hendak mencari oleh-oleh ini. Antara lain di Lucky Plaza, Chinatown, Bugis Stress, dan lain-lain. Di toko-toko oleh-oleh pun juga banyak, asal jangan toko yang ada di Bandara atau pelabuhan aja ya, karena harganya tentu lebih mahal.

Untuk harganya berapa? Eiiits, jangan pasang wajah muram begitu dulu dong haha. Cukup SGD20 saja kamu sudah bisa beli 3 kaos kok. Ini harga di Bugis Street. Tapi menurut saya di tempat lain ya harganya kurang lebih sama lah.

3. Cokelat Singapore

Teman nitip Oleh-oleh Singapore Enaknya Bawain apa?

Membelikan Cokelat

Yang ketiga ini juga saya rekomendasikan. Apalagi zaman sekarang siapa sih yang tidak senang makan cokelat? Buang saja orang seperti itu ke laut, bercanda kak, hehehe.

Kembali lagi yuk ke topik oleh-oleh. Jadi dapat dibilang cokelat Singapore ini kualitas rasanya dijamin enak. Bahan-bahan yang digunakan juga berkualitas.

Bahkan ada juga tuh yang sudah terkenal seperti Kit-Kat tetapi dengan rasa greentea walaupun memang aslinya Jepang. Di Indonesia untuk cari yang varian rasa seperti ini masih jarang kan? Kecuali beli online atau singgah ke kota seberang Singapore, Batam. Jadi ya masih bisa masuk list belanjaan oleh-oleh Singapore.

Saya sudah pernah mencicipi oleh-oleh coklat dari Singapore. Tapi yang ada almondnya. Jadi coklatnya itu berbentuk bulat, dan bagian dalamnya ada almondnya, wuih enak banget, coklatnya juga lumer di mulut tidak terlalu manis dan ada rasa-rasa yummy gitu deh. Saya juga pernah coba yang memiliki rasa durian, tapi harganya lumayan juga buat saya. Mending beli duriannya di Pekanbaru.

Saya biasanya membeli di Mustafa Center yang berada di dekat station MRT Farrel Park [NE8] karena harga cukup murah dan variannya banyak. Harganya berkisar mulai dari SGD5. Bisa juga membeli cokelat di Bugis Street atau di Lucky Plaza.

Pokoknya teman-teman tidak usah khawatir, ada berbagai varian merk yang dapat kamu temukan. Nanti pilih-pilih aja, jangan lupa perhatikan masa expire-nya dan juga logo Halalnya. Yang pasti tips dari saya jangan beli cokelat yang sudah banyak dijual di Indonesia. Nanti oleh-olehnya jadi kurang unik lagi kan?

4. Tas KW

Teman nitip Oleh-oleh Singapore Enaknya Bawain apa?

Bisa juga dibawain tas

Kalau kamu mau bawain oleh-oleh buat gebetan di Indonesia, beliin tas aja.

Eits ini kalau gebetan kamu cewek ya, kalau gebetan kamu cowok ya jangan dibeliin tas. Namanya cewek pasti suka dengan fashion. Koleksi tas mereka bisa banyak sekali di rumah.

Jadi kalau dibeliin tas di Singapore kan cocok tuh.

Tidak usah beliin tas branded yang harganya mahal. Tetapi kamu cukup beliin tas yang KW saja. Harganya miring nih pas di kantong. Desainnya pun bagus-bagus.

Namanya juga oleh-oleh, pasti mereka senang kok dikasih walaupun tas KW. Yang penting perhatikan kualitas bahan tas tersebut.

Kalau punya uang lebih ya belikan oleh-oleh tas Singapore yang branded juga tidak masalah. Tapi pastikan kamu masih punya sisa uang untuk beli tiket pulang ke Indonesia ya hehe.

Masih banyak sih sebenarnya oleh-oleh Singapore yang bisa kamu bawa ketika pulang ke tanah air. Tetapi ga mungkin juga semua bisa dibawa, apalagi jika teman – teman tidak menggunakan bagasi lebih. Biasanya teman – teman yang sudah sampai di Singapore membeli oleh-oleh apa ? Share yuk!