Thailand, Travel Story

Panduan Liburan ke Phuket, Informasi dan Tips

Panduan Liburan ke Phuket mungkin sangat kamu butuhkan ketika liburan ke tempat ini. Apalagi kawasan Phuket di Thailand dikenal selalu ramai turis, termasuk yang berasal dari negara kita, Indonesia. Berwisata kesana memang menarik, selain pantai di sana dan dunia bawah lautnya yang indah juga berbagai macam wisata lainnya juga tidak kalah keren.

Untuk itu buat teman – teman yang ingin berliburan ke Phuket saya akan sedikit share tentang tempat liburan ini. Kebetulan saya maret tahun lalu saya liburan ke Phuket, Thailand, singkat namun awesome. Saya ingin membantu teman – teman lewat panduan, informasi dan tips selama liburan kesana. Biar tidak bingung disana ntar. Semoga Panduan Liburan ke Phuket ini bermanfaat, berikut daftarnya :

 

Panduan Liburan ke Phuket

1. Siapkan tiket pesawat paling murah.

Panduan Liburan ke Phuket
KLIA 2 Airport, Sepang, Malaysia

Kebetulan saya tinggal di Pekanbaru yang notabene untuk menuju Phuket harus transit ke Kuala Lumpur karena dari Pekanbaru tidak ada pesat direct langsung ke Phuket. Sudah jauh – jauh hari saya memesan tiket AirAsia promo sehingga berangkatpun lebih murah walaupun tidak dalam waktu yang cepat. Tidak masalah sih, karena bisa nabung sebelum berangkat ke Phuket.

 

2. Pesan Hotel, hostel atau penginapan melalui situs booking online.

Kamar di Patong Budget Room Hotel

Di Phuket pusat keramaian berada di daerah Patong Beach. Otomatis untuk menikmati dan menginap di penginapan daerah Patong tentu saja harus cepat dan maksimal. Bagusnya lakukan booking online untuk penginapan. Dikhawatirkan jika tidak booking online akan kesulitan mencari tempat menginap di area Patong Beach di Phuket. Banyak kok hotel murah di area patong dengan fasilitas yang lumayan. Saya dapat harga murah untuk hotel Patong Budget room melalui situs booking Indonesia sekitar 150 ribuan. Karena 1 kamar berdua jadinya biaya menginap bisa dibagi 2. Saya juga sempat melihat di Agoda, namun memang kendala saya waktu itu adalah kartu kredit. Selain itu kamar yang saya pesan ada Free Wifi juga :P.

 

3. Transportasi dari Phuket International Airport ke Penginapan juga Sebaliknya

Bersama dengan teman – teman baru di Phuket dan Mas Warsono dari NoniPhuket

Ada banyak pilihan untuk perjalanan dari Phuket International Airport menuju Patong Beach. Saya sendiri menggunakan jasa Minivan mas Warsono yang sudah saya ceritakan sebelumnya di liburan ke Phuket. Dengan biaya 750 bath saya bisa sampai langsung ke hotel tempat saya menginap. Transportasi lainnya bisa menggunakan Airport Bus dengan biaya sekitar 30-40 bath (sampai shuttle), Van dari airport lebih mahal dari van saya sekitar 800 bath itupun cuma sampai shuttle. Ada lagi transportasi menggunakan Taxi sekitar 1200 bath untuk sampai penginapan, Taxi Meter sekitar 800 bath sampai penginapan. Pilihan lainnya bisa menggunakan mini bus dengan harga 100 Baht per orang namun hanya hanya sampai Phuket Town. Tergantung waktu sebenarnya, kalau saya kemarin karena nyampe di bandara pada malam hari. So ini juga termasuk Panduan Liburan ke Phuket.

 

4. Ambil SIM Card Gratis

True Move Sim Card

Kamu yang suka online tentunya tidak akan berpikir dua kali untuk momen ini. Seperti yang diketahui menganti sim card dari negara asalmu ke sim card negara yang dituju sudah pasti biaya akses data internetnya akan menjadi lebih murah dibandingkan harus menggunakan nomor lokal negara asal. Saat tiba di Phuket International Airport, jangan sampai kelewatan counter desk yang menyediakan sim card gratis. Tepatnya, setelah melewati meja imigrasi terus jalan ke luar dari terminal kedatangan di Bandara Phuket sampai menemukan satu atau beberapa meja counter dari provider telekomunikasi yang menjajakan sim card gratis. Nah pada saat itu saya mengambil sim card dari provider TRUE Move. Menurut orang – orang di Thailand, True ini sama kaya Telkomselnya Indonesia. Karena sinyal oke, banyak benefit yang di tawarin, dan juga harganya yang relatif lebih murah ( kalau ini beda ya) dari provider lain yang ada di Thailand. Sedangkan untuk paket data bisa dibeli di Seven Eleven dengan variasi paket data. Untuk 3 hari hanya 150 bath, untuk 7 hari 300 bath plus 100 call. Semua quotanya unlimited (katanya). Tetapi karena saya cuma 3 hari ya saya ambil yang 3 hari saja itupun 1 orang saja. Biar sisanya thetering aja.

 

5. Mencari Makan.

Menikmati Tom Yum Patong

Jika kamu beragama islam seperti saya tentunya makanan menjadi kendala. Didaerah Bangla Road sendiri tidak terlalu banyak tempat makan yang halal. Kecuali di Mall ada makanan cepat saji seperti KFC. Saya menggunakan aplikasi trip advisor untuk menemukan tempat makanan halal. Aplikasinya berguna banget. Saya sarankan cari tempat makan bertema Arab, pakistan atau India diarea Patong Beach. Atau, lihat rumah makan yang memasang logo Halal di restorannya.

 

6. Tempat Wisata

Welcome to Maya Bay

Sepeti yang saya jelaskan di tempat wisata Phuket yang wajib kamu kunjungi, Phuket punya banyak sekali lokasi wisata, baik di dalam pulau ataupun menyebrang ke pulau – pulau lainnya. Kalau kurang dari list saya tadi, tinggal googling cari tempat wisata lainnya di Phuket. Sayangnya untuk menikmati itu semua butuh waktu liburan lebih lama. 3 Hari ga bakal cukup untuk explore Phuket. Selain itu, tempat wisata Phuket juga di buat dalam berbagai paket. Seperti Tur Phi – phi island. Saya sendiri sudah order dengan mas Warsono untuk paket tur Phi – Phi sebelumnya dengan biaya 1100 bath saat itu. Rata – rata biaya tur phuket berkisar 1100 hingga 1400 menggunakan speed boat. Kalau pake bigboat lebih murah lagi sekitar 800 – 900 bath tetapi jumlah pulau yang didatanginya lebih sedikit dibanding speed boat.

 

7. Bersantai di Patong Beach.

Suasana Patong Beach pada Malam Hari

Bersantai di pantai memang nikmat untuk dilakukan. Jika siang hari kita bersantai di pantai tentunya dengan cuaca yang panas. Di sisi pantai banyak penyewaan payung tenda untuk berjemur. Biayanya berkisar sekitar 200 Baht. Kalau saya pribadi sih malam saja ke Patong Beachnya, karena selain lebih dingin, pada malam hari wisatawan lebih rame. Ya sambil makan dan minum tentunya.

 

8. Transportasi di Phuket

Rental Motor di Phuket. Photo : asiawebdirect.com

Jika kamu hanya berdua atau berempat mungkin bisa mencoba explore Phuket dengan menyewa sepeda motor. Biayanya sekitar 250 bath saat itu. Lebih irit ongkos. Untuk isi minyakpun ga susah – susah amat. Kalau ingin mencoba transportasi lain bisa menggunakan tuk – tuk (kaya oplet lokal cuma isinya bisa 3 – 4 orang). Biayanya tergantung tujuan kita. Jauh dekat tentu beda, pandai – pandai menawar.

 

9. Tawar Menawar

Oleh – oleh di Phuket. Photo : livingnomads.com

Ketika membeli oleh – oleh atau pernak pernik untuk di bawa pulang ada baiknya melakukan tawar menawar. Tapi ingat ya, jangan terlalu afgan nawarnya. Umumnya penjual di Phuket tau, yang suka menawar sadis itu adalah wisatawan Indonesia dan Filipina. Jadi tawar sewajarnya dan masuk akal.

 

10. Bangla Road

Ladyboy yang beraksi di Bangla Road

Hindari Bangla Road jika kamu membawa anak – anak. Ditempat ini rata – rata toko atau atraksi yang ada diatas 17 tahun. Jadi jangan sampai anak – anak ini cepat dewasanya. Kalau untuk jomblo atau seperti saya, buat cuci mata aja tidak masalah. Di sini tempatnya wisata orang dewasa dan terlalu vulgar pemandangannya. Ditempat ini juga banyak ladyboy yang berusaha memikat wisatawan dengan foto bersama. Tapi hati – hati, foto bersama bayar loh.

Mudah – mudahan panduan singkat ini bisa bermanfaat buat teman – teman yang akan, atau sedang liburan ke Phuket, Thailand.

 

4 thoughts on “Panduan Liburan ke Phuket, Informasi dan Tips

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya