Masih ingat betul diingatan saya ketika masa-masa kecil saat ramai – ramai nonton kartun favorit di televisi nasional hari minggu pada tahun 90an diselingi iklan Japanese Fast Food Restaurant Hoka-Hoka Bento. Iklan yang menampilkan seorang pesumo dan ninja itu sukses membuat saya penasaran dengan selalu terngiang ngiang di kepala saya, sampai-sampai saya sangat mengharapkan Hoka-Hoka Bento bisa hadir di Pekanbaru saat itu.

Dengan variasi harga mulai dari 8000an Rupiah saat itu sekotak/ set bento yang berisi nasi, salad, plus pilihan makanan lainnya benar-benar membuat saya tertarik dan ngiler habis-habisan. Belum lagi dalam iklan tersebut, Hoka-Hoka Bento sebagai restoran keluarga yang sehat, harga terjangkau dan memiliki tempat yang nyaman.

 suasana peresmian hokben living world pekanbaru

Suasana peresmian HokBen Living World Pekanbaru

Pada kenyataannya, semua itu membutuhkan proses panjang untuk bisa hadir di kota ini. Selama ratusan purnama pula saya harus kesal dan ngiler setiap melihat iklan yang lalu lalang tayang di televisi. Penantian yang saya rasakan ini nyatanya juga dirasakan oleh orang-orang Pekanbaru lainnya, malahan ada yang “Halusinasi” dengan mengatakan restoran ini pernah buka di kota Bertuah beberapa tahun silam. Oalaaaaaah !!

Namun setelah penantian panjang, akhirnya keinginan saya untuk bisa mencoba langsung set bento yang berisi nasi, lauk-pauk, berbagai aneka tempura, furai, salad, miso dan minuman khasnya terwujud. Ingatan atau memori lama pesumo tersebut dengan cepat mengingatkan saya. Tepat pada 29 Januari 2020, saya mendapatkan kesempatan dalam bentuk undangan untuk bisa hadir dalam opening Hoka-hoka Bento aka HokBen di Living World Pekanbaru.

Jalan Panjang HokBen di Pekanbaru

Peresmian HokBen Living World Pekanbaru
Peresmian HokBen Living World Pekanbaru

Seperti yang saya duga sebelumnya, tempat makan terbaru di Pekanbaru ini merupakan resto bergaya Jepang perintis pertama di Indonesia. Alih-alih mengatakan resto ini milik Jepang, malahan tempat makan ini adalah karya anak bangsa yang didirikan oleh Hendra Arifin, seorang pegusaha lokal Indonesia.

Bapak Sugiri Wilim
Bapak Sugiri Wilim

Oh iya, kesempatan hadir saya kali ini juga bersama teman-teman blogger Pekanbaru yang turut diundang. Dalam acara grand opening ini dibuka langsung oleh Bapak Sugiri Wilim sebagai Wakil Direktur Operasional PT. Eka Bogainti, mba Kartina Mangisi (Communications Manager), bapak Waluyo (Store Manager HokBen Living World Pekanbaru. Acara ini juga dihadiri oleh tamu undangan semisal media lokal, influencer dan lainnya.

Tentang HokBen

Bapak Waluyo
Bapak Waluyo turut memaparkan sekilas sejarah

Sebelum bercerita makanan yang saya makan ada baiknya mengenal asal usul resto makanan Jepang ini dan hal pertama tentunya tentang sejarah resto ini. Melalui penjelasanan mba Kartina Mangisi diketahui bahwa resto ini berdiri sejak 1985 dengan membuka resto pertama di Kebun Kacang, Jakarta. Di bawah lisensi PT. Eka Bogainti, dengan berbagai menu cepat saji sehat, banyak variasi, higienis, plus harga yang terjangkau. Belum lagi pengunjung dimanjakan dengan tempat makan yang nyaman. Hoka Hoka Bento sendiri memiliki arti sebagai “makanan hangat dalam kotak”.

hokben milestone
HokBen Milestones

Perjalanan sukses resto ini terus berlangsung dari tahun ke tahun mengikuti perkembangan zaman. Mulai dengan hadirnya cabang pertama di Bandung pada tahun 1990, cabang pertama di Surabaya tahun 2005, hingga ratusan cabang lainnya hingga saat ini, seperti hadir di kota Pekanbaru. Semua restonya cabang langsung dari Jakarta, bukan franchise ataupun gerai waralaba. Kota madani menjadi cabang ke 170 se-Indonesia, dan hadir di Mal Living World Pekanbaru.

Dengan tempat yang nyaman
Dengan tempat yang nyaman

Melalui visinya “Bring goodness to nourish people’s life through creating and providing food with intergrity”  HokBen berkomitmen membawa kebaikan untuk memelihara kehidupan masyarakat dengan menciptakan dan menyediakan makanan yang berintegritas. Ini sesuai dengan iklan-iklannya di TV yang saya lihat pada tahun 90-an itu, restoran keluarga harus sehat, harga harus terjangkau dan nyaman.

Bukan Sekedar Halal

Yap bukan hanya sekedar halal, dan perusahaan ini tau betul sebagai perusahaan makanan Jepang cepat saji terus berusaha menjamin kehalalan berbagai produknya. Apalagi masyarakat Indonesia pada umumnya sangat selektif dan berhati-hati dalam menentukan makanan yang akan dimakan. Oleh karena itu HokBen selalu mengutamakan kualitas terbaik dan menjamin kehalalan produknya.

Pada tahun 2008, HokBen memperoleh sertifikasi halal dari MUI Indonesia dengan nomor : 00160048830908. Perusahaan ini terus berbenah dan juga menjaga konsistensi jaminan halal, mulai dari bahan baku yang digunakan, penggunaan produk, distribusi, hingga pada operasional tiap harinya.

hokben halal
Lebih terjamin dengan Sertifikat Sistem Jaminan Halal

Upaya yang dilakukan perusahaan makan Jepang cepat saji ini ternyata tidak sia-sia, pada tahun 2017 perusahaan ini meraih Sertifikat Sistem Jaminan Halal (SJH) dari LPPOM Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) dengan periode 4 tahun yang melengkapi Sertifikat Halal yang terlebih dahulu dimiliki. Ini berarti SJH yang diberikan kepada perusahaan ini setelah mendapat tiga kali status A berturut-turut dalam kehalalan. Luar biasa kan ya ? Tepuk tangan horay !

Pada prosesnya juga untuk mendapatkan SJH juga tak mudah karena pemeriksaan dan analisa yang dilakukan LPPOM MUI yang tak hanya mencakup bahan baku yang digunakan. Namun juga bagaimana proses produksi mulai dari dapur setiap outlet, gudang sampai bagaimana penyajian yang tentunya harus memenuhi berbagai persyaratan halal. Semua ini dilakukan untuk menjamin kehalalan makanan yang dihadirkan untuk pelanggan setianya. Dan yang pasti, masyarakat tak perlu ragu saat mengkonsumsi produk HokBen.

Rebranding Logo dan Nama

logo baru hokben
Rebranding Logo

Tak ada yang salah dengan logo dan nama terdahulu, hanya saja untuk kemudahan dan lebih fresh maka mulai 15 Oktober 2013 lalu Hoka Hoka Bento hadir dengan menggunakan nama baru HokBen yang juga merupakan singkatan nama terdahulu. Perubahan nama ini juga karena banyaknya panggilan singkatan “HokBen” yang digunakan pelanggan setianya. Hadir dengan tampilan baru, penawaran baru, serta pelayanan plus nuansa yang lebih fresh and Friendly.

Penggunaan logo pun kini lebih sederhana dengan maskot andalan Taro dan Hanako plus background kuning yang memang identik dengan perusahaan ini. Pada maskot Taro digambarkan sebagai seorang anak lelaki yang memiliki karakter ramah, rasa ingin tahu tinggi, suka berpetualang, sama seperti saya sendiri donk yang suka jalan kemana-mana. Sebaliknya Hanako merupakan seorang anak perempuan yang lebih pendiam, namun rajin dan taat aturan serta peduli pada teman-temannya, seperti kamu… iya kamu cewe yang lagi baca artikel ini.

Ada layanan Call Center, HokBen Delivery, Drive Thru and Apps

Memanjakan pelanggan dan juga memikirkan kemudahan dalam memesan makanan, sejak 2007 perusahaan ini sudah menyiapkan nomor khusus Call Center 1500505 yang digunakan sebagai kontak layanan delivery. Bagaimana pun kondisi sibuk kamu, tinggal telfon lalu pesan menu favorit. Tinggal duduk manis, makanan lalu diantar oleh layanan antarnya. Apalagi jika sudah kepingin banget, tentunya ini sangat berguna disaat perut keroncongan karena lapar.

Kemudahan juga diberikan kepada pelanggan yang ingin memesan dan takeaway secara cepat tanpa masuk ke dalam resto dengan adaya layanan Hokben Drive Thru sejak 2009. Pastinya kamu lebih mudah mendapatkan makanan tanpa harus keluar dari kendaraan. Tinggal buka kaca mobil dan pilih menu yang kamu inginkan. Pesanan tentunya bisa kamu dapatkan lebih cepat. Yah meskipun untuk cabang di Pekanbaru belum ada, tapi kita tunggu saja ke depannya.

kartina mangisi
Mba Kartina saat memaparkan Visi dan Misi Perusahaan

Mba Kartina juga menjelaskan jika Hokben mendukung teknologi yang terus berkembang, maka sejak 17 Agustus 2016 silam, resto ini meluncurkan HokBen Apps. Aplikasi ini hadir untuk para pengguna Smartphone Android, dan disusul kemudian pada Nov 2016 untuk pengguna IOS.

Dengan tagline “Sekarang Kamu dan HokBen hanya sejarak Sumpit” aplikasi ini akan memberikan pengalaman ‘Customer Journey‘ yang memudahkan para pelanggan saat memesan menu HokBen selayaknya di resto. Oh iya, memilih menu juga bisa melalui websitenya di www.hokben.co.id yang tentunya juga memudahkan kita sebagai konsumennya. Nah !! ada banyak cara donk agar kita bisa memanjakan lidah dengan menu HokBen. Love !

Layanan Sesuai Community Pattern

Dengan salam khas HokBen
Dengan salam khas

Ada hal yang menarik dari resto ini, ini juga terlihat saat saya pertama kali masuk ke dalamnya. Mulai dari senyuman, salam dengan bahasa Jepang, hingga bagaimana ramahnya para staf dari resto ini membuat saya salah tingkah.

penuh senyuman
Senyuman membuat baper

Tingkah saya kebawa perasaan bertambah salah seorang staf wanita saat itu senyum-senyum penuh arti. Nyatanya sikap mereka itu sesuai dari Community Pattern Hokben. Beberapa pola dengan filosofi yang baik dan berguna sebagai simbol layanan para staf. Corak atau simbol itu juga menghiasi dinding-dinding pada resto di tiap cabangnya.

community pattern hokben
Community Pattern

Simbol-simbol dengan peruntukan dan arti berbeda pula seperti simbol parent and kid, welcoming hello, friendship, respect and pride.

Less Waste & Use Less Plastic Campaign

besar kebutuhan plastik di Indonesia
Besar kebutuhan plastik di Indonesia

Dari paparan mba Kartina yang menarik tentu saja bagaimana kampanye mengurangi sampah plastik yang dilakukan Hokben. Ini sangat sesuai sekali dengan komitmen saya sendiri dalam hal penggunaan plastik dalam kegiatan sehari-hari. Saya juga terus berusaha merubah pola hidup dengan tidak menjadikan plastik sebagai bahan utama kegiatan di dalam rumah tangga ataupun kegiatan sehari – hari. Mulai menolak menggunakan plastik secara berlebihan seperti menggunakan tote bag, menerapkan berbelanja sesuai kebutuhan agar tidak mubazir, menggunakan barang yang bisa digunakan berulang kali seperti membawa tempat makan dan minum sendiri.

kampanye useless hokben
Kampanye Useless Plastic HokBen

Dan begitu pula Hokben yang mengajak bersama-sama untuk mengurangi konsumsi penggunaan plastik. Ini semua untuk lingkungan hidup yang lebih baik. Kampanye #UselessPlastic mengajak semua pelanggan HokBen untuk tetap menjaga lingkungan dari bahaya limbah sampah plastik sekali pakai.

Langkah nyatanya dengan menggunakan kotak makan/tumbler sendiri untuk pesanan Take Away. Restoran ini juga tidak menyediakan sedotan, tidak memberikan cup lid, dan juga tidak menyediakan kantong berbahan plastik (khusus di Bali).

Sayangnya untuk kantong berbahan plastik, kota Pekanbaru belum memiliki Peraturan Daerah, sehingga masih digunakan untuk take away. Semoga ke depannya masyarakat ataupun pelanggan bisa lebih menyadari tanpa Perda pun kita harus bisa mengurangi penggunaan plastik.

Usaha yang dilakukan perusahaan ini juga tak hanya melalui cabangnya, namun juga semua kanal media sosialnya. Hasilnya pada tahun 2019, Hokben mendapatkan penghargaan dalam rangka Apresiasi Masyarakat Peduli Lingkungan Tingkat Provinsi DKI Jakarta oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Ganjaran penghargaan ini karena usaha HokBen dalam melakukan pemilahan sampah/limbah pada tiap gerainya.

Share To Love, Love To Share

Yap, Share To Love, Love To Share merupakan slogan dari CSR HokBen. Corporate Social Responsibility yang hadir dan fokus pada dua pilar unggulannya, yaitu HokBen Cinta Pendidikan dan HokBen Berbagi dengan Sesama.

Dalam perjalanannya, perusahaan makanan Jepang cepat saji ini konsisten bertanggungjawab di dalam membangun masyarakat sekitar yang selaras dengan dua pilar unggulannya. Pada pilar cinta pendidikan, CSR Hokben rutin memberikan bantuan dana program pendidikan, seperti yang dilakukan saat memberikan beasiswa bagi anak petani sayur pemasok bahan baku Hokben sejak 2012 lalu. pemberian bantuan pendidikan beasiswa juga diberikan kepada anak Anak Karyawan HokBen dan juga anak TNI AD Kopassus-Kostrad yang berprestasi. Selain itu ada juga kerjasama bantuan buku dan dana untuk 35 taman bacaan masyarakat di Jawa, Bali dan Sumatera. Ahhh keren banget !!

program csr hokben
Program CSR dengan 2 pilar unggulan

Sebaliknya pada pilar Berbagi dengan sesama sebagai contoh adanya dukungan terhadap sesama seperti donor darah. Ini juga sudah dilakukan sejak tahun 2008 dan bekerja sama dengan PMI. Saat peresmian cabang terbarunya yang berada di Living World Pekanbaru, HokBen juga mengadakan kegiatan donor darah, dan pastinya juga mengundang banyak minat pengunjung mal saat itu.

Oh iya, sebagai brand asli Indonesia, HokBen telah banyak mendapatkan berbagai penghargaan baik nasional maupun internasional semisal Penghargaan Millenials Top Brand Awards dari Warta Ekonomi di tahun 2019, Brand of the Year 2017 2018 Quick Service Restaurants Indonesia dari World Branding Awards, dan Top 3 Most Powerful Restaurant Brand in Indonesia dari Survey Brand Asia 2017 Nikkei BP Consulting, Inc cooperation with Markplus,Inc.

HokBen Living World Pekanbaru

antrian hari pertama
Antrian hari pertama

Sebagai pelopor makanan cepat saji bergaya Jepang di Indonesia, HokBen bisa dikatakan sedikit lama untuk melebarkan sayap dan mendekatkan diri ke pelanggannya di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Tentunya pernyataan ini bukan main-main saya keluarkan, ini menjadi curhatan saya sebagai salah satu calon penikmat makanan-makanan lezat dan berkualitas dari restoran ini.

Kenapa bisa sampai lama di Sumatera ? Karena pada awalnya Hokben fokus pada yang terdekat dahulu, karena distribusi bahan baku produksi yang digunakan semua dari satu titik, yaitu terpusat. – Kartina Mangisi (Communications Manager)

mencicipi menu HokBen Pekanbaru
Saatnya mencicipi

Terlepas dari itu, saya sangat senang bisa hadir dan mencicipi makanan secara langsung di cabang terbaru Hokben di Living World Pekanbaru lantai GF. Dan ini menjadi sebuah langkah untuk bisa memenuhi harapan banyak para pelanggan HokBen seperti saya yang berdomisili di kota madani ini.

set menu paket C HokBen
Nyobain menu paket C
Shrimp Dumpling Soup
Shrimp Dumpling Soup yang gurih

Di tempat nyaman cabang Pekanbaru ini, saya mencoba beberapa menu dari 31 total menu yang ada di HokBen. Karena masih baru dan newbie dalam menemukan makanan yang pas, saya memilih paket C dengan komposisi Nasi, Salad, Beef Triyaki, 2 pcs Shrimp Roll, 1 pc Tori Ball. Saya juga memesan Chicken Tofu Soup yang dibuat dari tahu pilihan yang dilapisi daging ayam olahan dan disajikan dengan daun bawang serta kuah kaldu ayam khas HokBen. Masih lapar saya juga memesan Shrimp Dumpling Soup yang dibuat dari olahan udang yang dibungkus dengan kulit pangsit dan disajikan dengan daun bawang serta kuah kaldu khas HokBen.

menu paket hokben
Menu Paket

Terkesan kelaparan? bukan donk, jujur saja saya memang penasaran dan ingin mencoba makanan berkualitas tersebut. Dan hasilnya saya PUAS ! apalagi dengan saladnya yang fresh dengan bahan baku berkualitas. Tentunya ini membuat saya ingin kembali mencoba lagi esok hari dengan menu yang berbeda, walaupun sedikit sulit karena antrian di resto ini tak pernah putus.

Ekkado® dan Tori No Teba®
HokBen juga memperoleh Sertifikat Merek atas Ekkado® dan Tori No Teba® yang merupakan produk original HokBen.

Oh iya buat pelanggan yang membawa keluarga dan anak-anak tak perlu khawatir karena selain ada menu untuk porsi orang dewasa, ada juga beberapa menu untuk anak-anak kita dengan nama Kidzu Bento.

Berbagai Promo HokBen Pekanbaru
Berbagai promo

So bagaimana ? tertarik untuk mencoba makanan Jepang dengan merk asli Indonesia ini ? Buruan karena ada berbagai macam promo dan berbagai menu dengan harga terjangkau. Kalau butuh teman bisa menghubungi saya yaaaa, mana tau mau ajak makan sekaligus. Mudah mudahan ulasan singkat saya tentang HokBen berguna juga buat teman-teman dan bisa menambah pilihan kuliner di kota ini. Salam Olahraga !

bersama blogger pekanbaru
Bersama blogger Pekanbaru

Hokben Living World Pekanbaru, GF Floor.
Facebook : Hoka Hoka Bento
Twitter : @HokBen
Instagram : @hokben_id

Posted by:andreW

A-pradana.net Blogger From Pekanbaru - Riau - Indonesia. Just Looking around. andrew@a-pradana.net // IG : scoty_and

2 thoughts on “ Penantian Panjang HokBen Hadir di Kota Pekanbaru ”

  1. Waah finally ada Hokben, semoga laris manis ya 😀

    Menu fave saya di Hokben yang selalu saya pesan dari bertahun-tahun ke belakang itu yang Premium Set Chicken Katsu dan Beef Teriyaki. Terus nanti soupnya minta di upgrade jadi dumpling. Nyam nyam enak sekaliiiii mas 😀 nggak lupa spicy rollnya, cuma namanya sekarang sudah berubah dan saya nggak ingat apa (selalu bilang spicy roll soalnya) 😀

    Duuh jadi rindu mau makan Hokben juga ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *