Setelah sebelumnya saya lebih sering menggunakan hotel Kuala Lumpur ataupun menginap di hostel murah selama di negara tetangga ini, akhirnya beberapa waktu lalu saya mencoba menggunakan Airbnb Kuala Lumpur. Pilihan ini juga saya lakukan karena memang kali ini saya dan kedua teman saya ingin sesuatu yang berbeda dari liburan – liburan sebelumnya. Apalagi dari beberapa informasi yang ada di dunia maya, lebih murah jika liburnya ramai – ramai, ada baiknya menginap di apartemen melalui aplikasi Airbnb.

Ada beberapa alasan saya dan teman – teman lainnya sehingga memilih menggunakan aplikasi ini, selain karena mendapat info diskon dari mba Lianda Marta. Beberapa alasan saya memilih menggunakan aplikasi Airbnb :

  1. Sebelum ke Kuala Lumpur, kami ke Penang dahulu beberapa hari dan menginap di hostel. Tentunya kami memilih hostel yang mix atau campur dalam satu kamar. Nah bagi saya pribadi, saya tidak ingin mengganggu orang satu kamar, karena suara “sound system” atau bahasa kerennya ngorok yang saya miliki. Kalau memilih hotel Kuala Lumpur tentunya harus 2 kamar atau dengan tambahan extra bed, sehingga menambah biaya selama di ibukota negeri jiran itu.
  2. Rasa penasaran dari membaca review dan pengalaman teman – teman lain yang menginap di apartemen menggunakan Airbnb Kuala Lumpur dengan beragam fasilitasnya, mulai dari setrikaan, mesin cuci, dapur, internet 24 jam, kolam renang, gym dan berbagai fasilitas mewah lainnya.
  3. Harga kamar yang jauh lebih murah jika datang lebih dari 2 orang. Misal satu kamar apartemen yang disewakan bisa untuk 5 orang. Dengan total harga yang ada kami bisa bagi 5. Sehingga harga yang dikeluarkan jauh lebih murah dari pada menginap di hotel. Maunya liburan – liburan sebelumnya seperti saat liburan ke Langkawi juga saya gunakan.

Nah, dari alasan alasan itulah saya dan teman – teman akhirnya menggunakan aplikasi pemesanan ini. Tetapi kali ini saya mau menceritakan tempat menginap saya selama berliburan di negeri tetangga ini dulu yah. Kalau tentang aplikasinya secara detail akan saya buat juga artikelnya, walaupun sudah banyak yang buat.

Dari pada Hotel Kuala Lumpur, saya pilih Airbnb Kuala Lumpur

Singkat cerita setelah hitung menghitung, saya dan teman – teman mulai mencari cara menggunakan aplikasi ini. Sebelumnya jika ingin mendapatkan diskon khusus, kalian bisa mendaftar menggunakan link di bawah ini.

DAFTAR AIRBNB

Oh iya diskon yang didapat sebesar RM184 yang terdiri dari RM134 pemesanan penginapan dan RM50 untuk atraksi/ jasa/ tur. Dan ini berlaku untuk pendaftaran pertama ya teman – teman.

Selanjutnya setelah mendaftar, saya mulai memilih lokasi, harga, jumlah kamar, dan fasilitas pendukung lainnya. Scrool terus hingga akhirnya menemukan penginapan “KLCC view, 60inch TV with Netflix. Near MRT/LRT“.

 

Lokasi

Pilih Hotel Kuala Lumpur atau Menggunakan Airbnb Kuala Lumpur

View dari balkon

Sesuai dengan namanya, apartemen Airbnb Kuala Lumpur ini dekat dengan Taman Pertama MRT/ LRT. Lokasinya berada di daerah Cheras, tepatnya jalan Sembilang. Memang bisa dikatakan bukan di area Bukit Bintang ataupun KLCC, tetapi dari apartemen ini hanya butuh melewati 3 station saja untuk ke Bukit Bintang. Ke KLCC bisa dilanjutkan dengan bus gratis GoKL. Apartemen dengan ruangan suite dilantai 35. Oh iya nama lain apartemen ini J Dupion Resident. Selain itu lokasinya juga dekat dengan supermarket, tempat makan, warnet dan tentu saja cucian :D.

 

Harga

Pilih Hotel Kuala Lumpur atau Menggunakan Airbnb Kuala Lumpur

Harga yang saya dapatkan

Harga yang saya dapat RM 335.46, sudah termasuk biaya kebersihan dan jasa untuk 3 malam. Sehari kalau dihitung harganya semalamnya saat itu RM 118. Tadi sebelum saya membuat artikel ini harganya turun jadi RM 95. Pokoknya jauh – jauh hari biar lebih murah lagi.

 

Fasilitas

Pilih Hotel Kuala Lumpur atau Menggunakan Airbnb Kuala Lumpur

Kamar utama

Fasilitas di kamar ini jauh lebih mewah dan minimalis dari pada hotel Kuala Lumpur yang pernah saya coba. Ya wajar sih, 1 ruangan untuk kita semua. Ruangan suite yang disediakan bisa menampung 4 orang atau 5 orang, dan memiliki 2 kamar dan 2 tempat tidur. Kamar tidur utama dilengkapi dengan tempat tidur ukuran King size dengan 4 bantal.Juga dilengkapi dengan AC yang bisa kamu gunakan atau jika terlalu dingin kamu bisa menggunakan kipas angin yang sudah ada di langit – langit kamar. Di dalam kamar utama juga ada cermin ukuran besar yang bisa bantu kamu bergaya. Terus juga dilengkapi dengan lemari pakaian minimalis, dan gantungan pakaian. Kamar utama jendelanya langsung view pemandangan di luar. Di kamar utama juga sudah tersedia kamar mandi yang sudah dilengkapi pemanas, sabun mandi dan shampoo juga 2 handuk.

Pilih Hotel Kuala Lumpur atau Menggunakan Airbnb Kuala Lumpur

Kamar Kedua

Kamar Mandi ke 2

Kamar Mandi ke 2

Untuk kamar 2 juga tak kalah menarik dengan tempat tidur ukuran Queen size dengan 4 bantal juga. Ada AC ataupun kipas angin. Juga ada gantungan pakaian dan lemari minimalis kecil. Juga ada setrika. Sedangkan untuk kamar mandi  berada di luar kamar dan juga memiliki pelengkap yang sama.

Pilih Hotel Kuala Lumpur atau Menggunakan Airbnb Kuala Lumpur

Dapur dan Kelengkapannya

Untuk dapur sudah ada kompor, peralatan makan, piring / mangkuk, ketel listrik, kulkas, microwave dan lainnya. Juga tersedia mineral water, kopi, teh sachet yang sudah disediakan host. Kalau untuk mesin cuci memang tidak ada dan belum disediakan host, jadi ya saat itu nyucinya manual.

Pilih Hotel Kuala Lumpur atau Menggunakan Airbnb Kuala Lumpur

Ruang keluarga dengan LED Smart TV, Netflix dan Internet kecepatan Dewa

Selain itu ada internet full 24 jam yang kecepatannya dewa. Belum lagi ada netflix yang bisa kamu akses selama menginap di Airbnb Kuala Lumpur ini.

Pilih Hotel Kuala Lumpur atau Menggunakan Airbnb Kuala Lumpur

Cermin untuk bergaya

Fasilitas lainnya adalah kita bisa menggunakan kolam renang dengan view KL Tower dan KLCC/ Petronas Twin Tower sepuasnya. Kalau ingin olahraga kamu juga bisa gunain fasilitas gym yang sudah tersedia. Ada juga playground buat anak – anak,  atau kalau ingin membuat acara BBQ tinggal bilang dan nanti disiapkan oleh pengelola apartemen. Selain itu kamu juga bisa mengakses Link-Bridge Podium yang berada di lantai 28, dari sini kamu bisa lihat pemandangan ala – ala KLCC/ Petronas Twin Tower.

Pilih Hotel Kuala Lumpur atau Menggunakan Airbnb Kuala Lumpur

Bersantai sejenak di Dupion pool

Kalau kamu bawa mobil juga tidak usah khawatir, sudah tersedia lahan parkir di gedung di lantai 5.

Dapur impian

Selain itu, ruangan suite ini benar benar bersih dan memang tipenya minimalis. Jadi bikin iri untuk buat juga dirumah.

 

Bagaimana cara Check-In dan Check-Out?

Komunikasi langsung dengan host

Memang untuk check-in tidak sama dengan hotel Kuala Lumpur, yang harus masuk melalui meja resepsionis. Proses check-in jauh lebih gampang, yang penting bisa chat langsung dengan pemilik kamar melalui aplikasi Airbnb Kuala Lumpur atau chat melalui aplikasi Whatsapp. Kebetulan host saya, Wadi E.E sangat baik. Bisa menggunakan bahasa inggris ataupun bahasa melayu, sehingga komunikasi tetap lancar. Awalnya saya ga bisa ketemu langsung dengan pemilik karena pesawat saya delay dari Penang, sehingga dia menitipkan kunci yang berbentuk kartu kepada satpam/ security apartemen. Karena kami bertiga kunci yang diberikan juga 3. Dan pada akhirnya, beliau menunggu saya sampai di lokasi, dan bertemu langsung dengan Wadi. Untuk proses check-in mulai pukul 3 sore dan check-out pukul 12 siang. Proses check-out juga gampang hanya dengan menitipkan kunci didalam box penyimpanan sesuai dengan nomor kamar.

Check-out lebih gampang

Overall

Luar biasa, ini tentunya pengalaman yang istimewa. Jadi raja selama 4 hari, maklum aslinya aku ga seberuntung itu bisa masuk apartemen. Tempatnya sangat memuaskan dan nyaman. Belum lagi hostnya sangat baik dan benar benar membantu saya selama berada di negeri tetangga. Pokoknya kalau bisa teman – teman gunain Airbnb Kuala Lumpur jika sedang beramai – ramai dari pada menggunakan hotel Kuala Lumpur. By the way, sepertinya menggunakan aplikasi ini dan menjadi host sudah legal.

Yang jelas, sebelumnya jika ingin mendapatkan diskon khusus, kalian bisa mendaftar menggunakan link di bawah ini.

DAFTAR AIRBNB

Oh iya diskon yang didapat sebesar RM184 yang terdiri dari RM134 pemesanan penginapan dan RM50 untuk atraksi/ jasa/ tur. Dan ini berlaku untuk pendaftaran pertama ya teman – teman.

So teman – teman yang lain punya pengalaman yang sama ngga ?