Program Diskon Kartu Kredit Menjebak, Benarkah?

Siapa sih yang tak tertarik bila mendengar kata diskon? Bayangan yang ada di kepala Anda pasti harga yang murah, berbelanja sepuasnya dan keuntungan yang lumayan besar bila barang tersebut bisa dijual lagi. Eits, jangan senang dulu. Ada kalanya, program diskon itu bisa menjebak, kata beberapa orang yang mungkin sering Anda temui.

Terlebih, bila program diskon yang berlaku itu berasal dari kartu kredit. Benarkah program diskon yang digelar itu hanya akal-akalan saja? Sebenarnya, hal ini tidak benar adanya, lho! Ada fakta yang harus Anda ketahui bila mengatakan bahwa program diskon dari Kartu Kredit itu hanyalah pembohongan saja. Apa saja yang harus Anda ketahui itu?

 

Program Diskon Menjebak

Bila dikatakan program diskon menjebak, itu bisa saja benar bila ada ketentuan dan syarat yang tak Anda baca dengan benar. Biasanya, pada sebuah banner biasanya akn ditulis diskon hingga 30% dengan huruf yang besar. Namun, Anda tak tahu bahwa di sana ada tanda bintang yang mengisyaratkan ada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Program diskon menjebak ?

Inilah yang seharusnya Anda waspadai. Mungkin bisa saja Anda berbelanja dengan banyak dan puas, namun perhatikan dulu hal ini. Misalnya saja, ketentuan yang harus Anda penuhi adalah harus belanja minimal 500 ribu baru dapat diskon. Bisa juga bila berbelanja pada hari dan jam tertentu saja. Bila Anda sudah ambil barangnya dan dibawa ke kasir, ya tak bisa.

Meski begitu, Anda tetap tak bisa menyalahkan diskonnya yang menjebak, ya! Pasalnya, memang bukan diskonnya yang membohongi Anda, melainkan programnya. Sebab, diskon itu tetap ada meskipun ada syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi bila ingin mendapatkannya.

Baca Juga  Mengurus Pengajuan KPR di Bogor

Tujuan dari program ini tentu saja untuk menarik orang sebanyak-banyaknya untuk berbelanja. Siapa coba yang tak tertarik ketika melihat info diskon besar-besaran? Pasti langsung diserbu. Bila Anda langsung terjebak dengan program ini tanpa baca syarat dan ketentuannya terlebih dulu, ini bisa dikatakan kesalahan Anda, ya!

 

Tak Disarankan Belanja Diskon Menggunakan Kartu Kredit

Lho, kok? Ya, ini memang tidak disarankan dilakukan. Namun, bukan berarti tak boleh, ya! Anda bisa bebas kok menggunakan kartu kredit yang Anda miliki untuk apa saja. Hanya saja, imbauan ini untuk menangkal agar Anda tak mengeksploitasi kartu kredit habis-habisan. Pasalnya, bila hal ini Anda lakukan, akan timbul utang piutang yang tingginya menjulang.

Tahu-tahu, nantinya akan datang tagihan dengan sederet denda pada Anda. Jika hal ini terjadi, Anda pasti akan protes, kan? Oleh karena itu, Anda harus paham betul dengan aturan penggunaan kartu kredit. Jangan sampai asal pakai untuk keperluan yang sebenarnya tak mendesak seperti belanja barang diskonan ini.

Tak Disarankan Belanja Diskon Menggunakan Kartu Kredit

Nantinya, Anda malah akan marah-marah dan bilang ini penipuan. Padahal, ada syarat dan ketentuan yang jelas dipaparkan sebelum Anda mendapatkan kartu kredit Anda. Toh, bila memang Anda menemukan adanya indikasi penipuan dari sebuah bank atau tempat yang mengeluarkan kartu kredit ini, anda bisa langsung melaporkannya ke pihak berwenang.

Misalnya saja melalui Bank Indonesia atau Otoritas Jasa Keuangan Indonesia agar semua lebih cepat ditindak. Bank, terutama bank besar pastinya tak akan mengambil risiko seberat itu. Mereka pasti takut ditempuh jalur hukum dan mereka juga bisa kehilangan nama dan dijauhi para nasabah. Kerugian untuk mereka bahkan lebih besar dari Anda, lho!

Baca Juga  Prudential Indonesia Beri Mesin Apheresis pada Pasien Kanker di Makassar

Memang, kartu kredit adalah alat bantu pembayaran yang baik. Namun, Anda tetap harus pintar dalam menggunakannya. Anda bisa membeli banyak hal dengan program diskon yang ditawarkan menggunakan kartu ini. Namun ingat, baca dengan jelas semau syarat dan ketentuan yang berlaku agar Anda tak kesulitan dan menuduh yang tidak-tidak nantinya.

Jadi, setelah membaca uraian di atas, masih bilang bahwa diskon dari kartu kredit itu menjebak? Bila iya, berarti Anda belum paham mekanismenya, nih! Namun jika sudah, Anda tinggal menerapkannya saja. Bila Anda butuh info lain mengenai kartu kredit atau produk perbankan lain, bisa cek di CekAja.com saja, ya! Ada banyak info menarik di sana!

4 Replies to “Program Diskon Kartu Kredit Menjebak, Benarkah?”

  1. Setuju. Sebagai konsumen, kita juga harus waspada dan teliti dalam membaca ketentuan yang terkait dengan produk yang kita pakai (termasuk kartu kredit).

  2. intinya jangan sembarangan ambil yang berbau bau kredit. mesti teliti dan jeli gituuu yaa bang..

    1. nah bener vina…. mantap suka deh

Berkomentar dan menjalin silaturahmi