Tahun baru imlek sebentar lagi tiba, itu artinya liburan juga akan tiba dalam waktu dekat. Tahun baru imlek biasanya memang dirayakan oleh orang-orang di Tiongkok maupun orang dari negara lain yang keturunan China, dan saat hari itu di Indonesia sendiri dijadikan hari libur atau tanggal merah. Tak ayal saat itu banyak orang memutuskan untuk berlibur ataupun ada yang pulang kampung untuk merayakan tahun baru imlek bersama keluarga dan kerabat di kota asal.

Maka tak heran, jika pada saat itu banyak layanan transportasi yang penuh dengan penumpang hingga tiketnya cepat terjual habis bahkan di OTA semisal Traveloka pada hari-hari sebelumnya. Salah satu alat transportasi yang hampir dipastikan habis tiketnya saat imlek adalah kereta api. Hal itu karena banyak orang, yang merantau terutama memutuskan pergi dengan naik kereta untuk kunjungi keluarga saat imlek Bahkan dapat dibilang jika kereta api merupakan alat transportasi yang paling difavoritkan untuk bepergian apalagi pulang kampung selain pesawat terbang.

Pulang Kampung Naik Kereta untuk Merayakan Imlek dengan Keluarga
Pulang Kampung Naik Kereta untuk Merayakan Imlek dengan Keluarga

Ada beberapa alasan kenapa orang-orang memilih untuk naik kereta api ketika mudik saat imlek atau untuk liburan. Mau tahu apa saja alasan-alasan tersebut? Nah, inilah beberapa alasan tersebut:

  1. Biaya Lebih Murah
    Dibandingkan dengan pesawat terbang, harga tiket kereta api seperti di Traveloka jauh lebih terjangkau untuk semua kalangan. Selain itu, jika melakukan perjalanan jauh pun naik kereta api terhitung lebih murah ketimbang dengan naik kendaraan pribadi seperti mobil. Bahkan meskipun anda naik kereta dengan kelas eksekutif harganya juga masih terhitung sangat terjangkau.
  2. Pemesanan Tiket Mudah
    Di jaman serba digital dan teknologi saat ini, melakukan apapun bisa menjadi lebih mudah termasuk memesan tiket kereta api. Teman-teman bisa mencari dan memesan tiket dari rumah atau dari mana saja dengan menggunakan ponsel. Selain itu bisa juga memesan tiket melalui aplikasi-aplikasi traveling di ponsel yang teman-teman miliki atau juga bisa memesan tiket di aplikasi milik perusahaan kereta api itu sendiri. Serta juga bisa datang langsung ke stasiun dan memesan tiket di sana.
  3. Suasananya Nyaman
    Naik kereta api untuk pulang kampung saat imlek memang menjadi salah satu rekomendasi yang bisa kamu gunakan. Suasana di kereta api yang nyaman dan hampir sama dengan ketika naik pesawat memungkinkan untuk membuat kamu betah dan tidak merasa bosan ketika menaiki alat transportasi ini. Selain itu, kereta api memiliki tempat yang cukup luas sehingga jika teman-teman merasa cukup pegal ketika terus duduk kamu bisa untuk berjalan-jalan sebentar di jalan antara kursi-kursi atau anda bisa ke gerbong makan untuk membeli dan menikmati makanan yang disediakan di kereta.
  4. Lebih Bebas dan Leluasa
    Lagi jika dibandingkan dengan pesawat ketentuan di kereta api lebih bebas daripada pesawat. Ketentuan bagasi di kereta api lebih fleksibel daripada di pesawat. Kamu bisa membawa banyak barang tanpa harus menambah biaya bagasi, itu pun barang anda dapat ditempatkan di bagasi atas tempat duduk atau diletakkan di kolong tempat duduk. Selain itu, kamu juga tidak perlu melalui security check yang ketat seperti di bandara.
  5. Tidak Terkena Macet
    Alasan lain mengapa memilih kereta api sebagai alat transportasi untuk pulang kampung dan kunjungi keluarga adalah akan terhindar dari macet. Biasanya jika saat libur jalanan akan mudah untuk macet karena banyaknya orang yang ingin berlibur menggunakan kendaraan pribadi. Hal itu tentu saja menyita banyak waktu dan membuat tubuh mudah kelelahan apalagi jika harus terjebak macetnya cukup lama dan panjang. Tapi, berbeda jika kamu memutuskan untuk menggunakan kereta api sebagai alat transportasi untuk berpergian, teman-teman tidak perlu pusing terkena macet karena kereta sudah memiliki jalur dan juga jadwal keberangkatan sendiri. Lalu kamu juga tidak perlu sebentar-sebentar berhenti untuk istirahat di rest area, karena dengan naik kereta anda bisa menggunakan waktu selama perjalanan untuk beristirahat.
  6. Dapat Menikmati Pemandangan Selama Perjalanan
    Selain dapat beristirahat selama perjalanan, di kereta, teman-teman juga bisa menikmati pemandangan alam yang tersuguh selama kereta berangkat dari tempat asal hingga berakhir ke kota tujuan.

Nah, itulah alasan-alasan kenapa orang lebih memilih naik kereta api untuk pulang kampung dan berlibur di saat imlek maupun hari libur lainnya. Dengan naik kereta kamu, selain bisa menghemat biaya, juga bisa menghemat tenaga dan waktu. Selain itu membeli tiket juga lebih gampang karena tersedia secara online melalui Traveloka.

Posted by:andreW

A-pradana.net Blogger From Pekanbaru - Riau - Indonesia. Just Looking around. andrew@a-pradana.net // IG : scoty_and

One thought on “ Pulang Kampung Naik Kereta untuk Merayakan Imlek dengan Keluarga ”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *