Pernahkah teman-teman mendengar tentang software sistem ERP SystemEver atau paling tidak mendengar Software ERP? Jujur saja saya malah belum pernah dan masih asing pada awalnya. Berawal dari kesulitan teman dalam bisnisnya, saya mulai memahami apa itu software ERP. Ilmu yang masih saya dapat ini, juga ingin saya share kepada teman-teman pembaca, mana tau teman-teman punya pendapat berbeda.

Software Sistem ERP SystemEver Indonesia
Lewat obrolan dapat ilmu

Kesulitan teman saya yang bernama Agus itu bermula dari obrolan dengan beberapa teman lainnya diwaktu senggang saat itu. Agus memiliki bisnis, perusahan serta semua sumber daya di dalamnya mengalami keteteran, kesulitan saat mengelola bisnisnya. Dari curhatannya waktu itu diketahui bagaimana begitu sulitnya untuk melakukan perencanaan, mengurusi, serta menata sebuah perusahaan untuk menjadi lebih baik plus sukses.

Agus juga mengakui jika tidak ada integrasi dengan baik di dalam manajemen industrinya, sehingga membuat perusahaan yang ia pimpin menjadi lambat untuk maju berkembang. Apalagi pada waktu itu diketahui dia juga tak pernah mendengar software sistem ERP SystemEver untuk membantu usahanya.

Berbagai upaya telah dilakukannya, termasuk melakukan perubahan sistem via berbagai software atau perangkat lunak dalam perencanaan dan pengelolaan bisnis miliknya. Malahan perangkat lunak tersebut terbagi sesuai kebutuhan perusahaannya, seperti untuk produksi, gudang, finance atau HRD serta dibangun secara terpisah.

Mungkin dari obrolan tersebut bisa ditebak, saya sangat minim pengalaman dalam bisnis juga ikutan bingung. Tetapi tidak dengan Todi, salah seorang teman saya lainnya, dimana pada akhirnya Todi memberikan penjelasan tentang kesulitan bisnis Agus saat itu.

Berdasar cerita Agus, menurut Todi solusi menggunakan banyak perangkat lunak itu tidak salah hanya saja bisa dikatakan kurang efisien untuk berkompetisi di era digital nan serba express ini. Ada opsi lain nan lebih baik, cepat dan efisien untuk mengatasi segala masalah Agus.

Solusi tepat menurut Todi adalah lewat software ERP, dimana perangkat lunak ini mencakup berbagai kebutuhan perusahaan ke dalam satu sistem yang saling terintegrasi. Oleh karena itu, pengelolaan, penataan, pengendalian dan pengambilan data perusahaan bisnis bisa dilakukan lebih gesit. Adanya perubahan dan penggunaan sistem ini pastinya bisa berdampak lebih baik bagi perkembangan perusahaan.

Mengenal Software Sistem ERP SystemEver

memilih software erp dengan software sistem erp Systemever
Mengelola perusahaan lebih baik

Sebelum mengenal SystemEver lebih lanjut, mungkin ada baiknya kita harus mengetahui apa terlebih dahulu yang dimaksud dengan Software ERP pada perusahaan.

Apa itu software ERP

Kemajuan teknologi kini berkembang pesat sampai di era industri 4.0, membuat banyak perusahaan dan pelaku bisnis menjadikannya sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Entah bidang pekerjaan apa yang sedang dijalani atau berapa besar perusahaan yang dimiliki tetap memerlukan eksistensi teknologi untuk bisa memotorinya. Berawal dari inilah, pelaku bisnis mulai memahami esensial dari sistem ERP dan mengimplementasikannya dalam mengelola industri agar bisa terus maju berkembang dengan pesat.

Perangkat lunak atau aplikasi Enterprise Resource Planning juga memiliki makna sebagai sebentuk persepsi, rancangan dan konsep dimana memiliki peran untuk merencanakan dan menjalankan sumber daya di dalam sebuah perusahaan. Aplikasi ini dikelola dengan support seperangkat prasarana komputer dan perangkat lunak, semisal berbentuk hardware ataupun software yang dipakai untuk memudahkan sekaligus memadukan pengolahan informasi dan data dalam sebuah industri. Sehingga nantinya aplikasi ini mampu menciptakan kolaborasi efektif dan efisien serta bisa menjamin setiap divisi terhubung secara baik dan terawasi maksimal dari owner bisnis kapan saja dan di mana saja. Dengan menggunakan aplikasi ini nantinya mulai dari manajemen keuangan pada perusahaan, proses otomatisasi penggajian, kegiatan penagihan, pemantauan biaya, penjualan dan juga kemampuan CRM (Customer Relationship Management) akan terintegrasi.

software sistem erp systemever terbaik
Semua saling terintegrasi

Melalui integrasi tersebut, otomatis seluruh sumber daya perusahaan tersebut membuat bermacam data dan informasi yang diperlukan bisa diakses lebih akurat dan mudah serta nantinya dapat menunjang kinerja dari perusahaan.

Disimpulkan oleh Todi, bahwa ERP adalah sebuah sistem, pola atau metode yang mengatur dan mengolah semua kebutuhan manajemen perusahaan teman-teman secara otomatis. ERP memiliki bermacam-macam modul dan sub-modul yang saling terhubung dan terintegrasi. Misalnya, jika kamu input data pada modul nilai barang baku, lalu modul lain semisal produksi dan ongkosnya juga akan ter-update secara otomatis. Teman-teman tak perlu memasukkan data dengan manual untuk tiap-tiap modul lagi.

Perusahaan-perusahaan besar di Amerika dan Eropa malahan sejak beberapa dekade sudah menggunakan sistem ERP. Dan tak dipungkiri jika banyak sistem yang beredar di pasaran dan banyak digunakan oleh perusahan besar. Beberapa sistem ERP terbaik dan digunakan ribuan pengguna pun muncul, seperti SAP Business One, Oracle’s Business Suite, Odoo ERP, NetSuite ERP, Ecount ERP dan sebuah software buatan dan diproduksi oleh YoungLimWon SoftLab Co.Ltd. SystemEver

Kembali ke perbincangan tadi, menurut teman saya Todi, dari berbagai sistem ERP terbaik kebanyakan hanya dapat diaplikasikan pada perusahaan-perusahaan besar saja. Oleh karena itu, ia menyarankan untuk menggunakan solusi ERP inovatif melalui aplikasi SystemEver. Aplikasi ini dirancang untuk bisa digunakan oleh berbagai perusahaan, termasuk small and medium Enterprises company seperti Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Aplikasi perusahaan ERP terkemuka dari Korea Selatan ini memiliki skill yang handal dalam membantu kinerja perusahaan. Mudah digunakan dan tidak memiliki batas waktu maupun lokasi sehingga divisi terkait dalam perusahaan bisa bekerja lebih fleksibel. Belum lagi pada era digital ini kemampuan produksi tidak terbatasi lagi oleh ruang dan waktu. Selama terhubung via akses internet, siapapun bisa melakukan aktivitas pekerjaan.

Software ERP murah SystemEver mempunyai fungsi dan disesuaikan dengan keperluan perusahaan. Tentunya ini bisa menjadi solusi sebagai sebuah aplikasi yang cocok untuk berbagai industri seperti manufaktur, manajemen persediaan, keuangan, produksi, administrasi, logistik dan lainnya. Aplikasi software ERP terbaik di Asia Tenggara ini juga telah teruji dan punya popularitas terbaik ditambah pengakuan dari APAC CIO sebagai perusahaan Top 10 ERP software di Asia dengan lebih dari 1600 klien dimana tersebar di Korea, Vietnam, Cina, Jepang dan bahkan Indonesia.

SystemEver, Software ERP Terbaik Indonesia

Younglimwon Softlab Co., Ltd berdiri sejak tahun 1993 di Korea dan mulai membangun software sistem ERP. Empat tahun berjalanan, perusahaan ini merilis sistem ERP YLW tepat pada September 1997 di Korea. Dari pengembangan yang dilakukan, pada April tahun 2000 dirilislah K-System® berbasis Meta Based Inquiry Collection, Expandable ERP dan Ms-SQL. Mendengan dan memahami berbagai kebutuhan pengguna, membuat YoungLimWon SoftLab Co., Ltd terus berinovasi, berkembang dan solutif hingga akhirnya berhasil merilis SystemEver® pada 2014, dengan basis Cloud ERP.

Terus berkembang seraya memiliki pemahaman bahwa setiap negara memiliki karakteristik berbeda membuat perusahaan software ini berusaha betul untuk mengetahui kebutuhan pasar Indonesia saat memasuki tanah air pada November 2017. Salah satu langkah kreatif dan kongkret dengam mendirikan consulting lab pada tahun 2019 sebagai bentuk keseriusan YoungLimWon memahami dan memberikan solusi sistem yang cocok dengan kebutuhan serta karakteristik di tanah air.

Software Sistem ERP SystemEver
Model i-series

Kembali ke obrolan serius tersebut, Todi kembali menjelaskan jika YoungLimWon merilis model iSeries khusus di Indonesia melalui sistem ERP yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan usaha pemilik perusahaan. Ada berbagai macam model, yaitu i1, i2 dan i3 dimana dapat digunakan sesuai kebutuhan juga i5 dan i7  dimana merupakan sistem ERP terintegrasi. Walaupun dirancang khusus untuk para pengguna di Indonesia, iSeries tak hanya sekedar hadir melalui penghubung bahasa Indonesia saja, namun juga bekerja sesuai via kultur bisnis di tanah air sehingga SystemEver Indonesia menjadi sistem terbaik.

Bukan tanpa alasan, berbagai penghargaan telah banyak diraih oleh CEO perusahaan ini, Kwon Young-Beom dalam menghasilkan produk berkualitas. Lulus dari Sogang University Department of Electronic Engineering pada tahun 1977, lalu Master of Technology and innovation management, Graduate School of NY state University pada tahun 2013, lalu kemudian melanjutkan pendidikan dengan mengambil MBA, University of southern California, USA di tahun 2016. Salah satu hasilnya adalah penghargaan Silver medal, the 12th Day of SW Industry Leaders pada tahun 2011.

Alasan menggunakan aplikasi ERP terbaik SystemEver

Software Sistem ERP SystemEver berdasarkan fitur
Berdasarkan Fitur, Consultan-K

Tentunya ada berbagai alasan mengapa menggunakan dan apa manfaat software ERP ini untuk perusahaan :

1. Memiliki pengalaman mumpuni

Salah satu faktor yang harus dicermati saat menggunakan sistem ini adalah bagaimana kualitasnya. YoungLimWon SoftLab Co., Ltd. sebagai pencipta SystemEver memiliki lebih dari 1600 client dimana tersebar di Korea, Vietnam, Cina, Jepang dan Indonesia. Ini sebagai bukti bertapa perusahaan ini sangat memahami kebutuhan para client dan mempunyai tanggungjawab penuh untuk membentuk bisnis semakin maju dan berkembang. Tak peduli besar atau kecil perusahaan, bisnis akan produktif dan terbantu melalui aplikasi handal ERP SystemEver.

2. Ada Fitur Visual-K™ membuat gampang digunakan

Pengguna dimanjakan dengan adanya sebuah fitur populer Visual-K dimana memiliki fungsi untuk membuat client lebih mudah dalam menggunakan software besutan perusahaan ini. Melalui tampilan antarmuka yang sangat mudah dipahami, dan tak lagi menggunakan pull down menu yagn membuat tampilannya lebih sederhana dan membuat para pengguna lebih nyaman dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Selain itu yaitu semua proses berjalan lebih jelas dan cepat.

3. Akses lebih Flexible

Menggunakan perangkat lunak via akses flexible bisa dipakai saat kapanpun dan tidak memikirkan tempat di berbagai perangkat semisal komputer desktop, laptop, tablet bahkan digawai. Selama perangkat tersebut terhubung pada internet, pekerjaan secara mobile juga mampu dilakukan dengan baik dan cepat. Selain itu juga owner dari sebuah perusahaan juga bisa memantau segala macam bentuk aktivitas bisnis, laporan, transaksi, dan rekapan data langsung rumah ataupun lokasi lainnya. Otomatis Systemever dapat menjadikan waktu pengguna lebih efisien nan efektif.

4. Consultant-K™

Tak perlu memikirkan biaya besar ataupun waktu lama, karena pada aplikasi ini sudah disediakan fitur Consultant-K yang siap dengan cepat melayani kebutuhan perusahaan dalam konsultasi. Pengalaman SystemEver melayani berbagai pengguna menjadi bukti komitmen untuk membantu bisnis perusahaan berkembang lebih pesat.

5. Produk Sesuai dengan Kebutuhan

Aplikasi SystemEver memiliki berbagai model produk, seperti iSeries dimana dapat dipakai sesuai kebutuhan.

6. Harga Terjangkau

Aplikasi ini hadir dengan harga terjangkau dan dapat digunakan sesuai keperluan sehingga dapat membuat perusahaan lebih mudah dalam melakukan perencanaan anggaran yang efektif dan efisien.

7. Multilingual

SystemEver membuat perusahaan dan pertumbuhan bisnis menjadi lebih berkembang dan memiliki daya saing tinggi di tingkat global. Untuk mendukung itu semua, aplikasi ini hadir dalam 5 bahasa sekaligus yaitu bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Vietnam dan tentu saja Indonesia.

Kembali ke obrolan saya bersama teman-teman tadi, tanpa disadari saya pun juga mendapatkan ilmu penting dalam berbisnis. Penjelasan singkat namun super mengenai software ERP terbaik di Indonesia https://www.systemever.co.id/ membuat saya harus lebih kreatif ke depannya. Karena kemajuan teknologi begitu pesat dan cepat itu pun terlihat dari software sistem ERP SystemEver yang telah dirilis.Mudah-mudahan cerita dan sharing singkat ini bisa membantu teman-teman yang sedang kesulitan atau sedang butuh dalam mengelola perusahaannya, ya hitung-hitung cerita lain selain saya cerita tentang jalan-jalan seperti saat di Penang.

Posted by:andreW

A-pradana.net Blogger From Pekanbaru - Riau - Indonesia. Just Looking around. andrew@a-pradana.net // IG : scoty_and

23 thoughts on “ Software ERP ? Saya Pilih Software Sistem ERP SystemEver ”

  1. Ilmu baru nih. Saya lagi tertarik dengan manajemen. Walaupun belum menjurus ke manajemen perusahaan.. Tapi sudah terlihat efisiennya software ini ya. Intinya kalau levelnya masih kecil/menengah gak cocok pakai ERP, jadi pake system ever begitu? Kalau udah gede banget baru pake ERP. Noted. (Siapa tau nanti saya punya perusahaan) Hehe.

  2. Wah, hebat juga ya ternyata Korea Selatan sudah mampu menciptakan software ERP yg mumpuni, digunakan banyak perusahaan besar dan terkemuka. Aku kurang paham sih..tapi pada intinya ini bikin perusahaan makin praktis ya memasukkan apapun ga per modul secara manual melainkan sudah ada sistemnya gitu ya hihihihi… TFS, Mas Andrew 🙂

  3. Wah, ini kalau usaha saya berkembang makin besar dan makin banyak cabang usahanya, penting juga ya pakai ERP ini. Selama ini belum kepikiran jauh sih. Perkembangan zaman tak bisa dilawan. Mau tak mau harus terus upgrade perangkat bisnis jika tak ingin tergilas.

    Sudah mirip bisnis woman beneran belum ya bahasanya. Hehe…

  4. Saya juga jadi belajar tentang bisnis di artikel ini Mas. Asyik banget, dapat bonus.

    Sementara ini karena bisnisnya masih bisnis-bisnian, saya ATM yang sederhana dulu. Belum sampai ke software ERP. DOakan segera bisa pakai.

  5. Sebagai salah satu orang yang tengah merintis bisnis, saya langsung dong membayangkan bisnis saya ini nanti akan menjadi besar, punya banyak karyawan, ingin selalu terus berkembang, dan saya ingin karyawan-karyawan bisa meminimalkan penggunaan waktu kerja untuk pekerjaan yang bersifat manual karena bisa digantikan oleh ERP SystemEver.

    Yaaa, ini belajar sekaligus bermimpi sih, yaaa? Hihihi …

    Tahu sendiri kan, waktu yang terbuang untuk pekerjaan manual padahal bisa dibantu dengan sistem, akan sangat bermanfaat apabila digunakan untuk berdiskusi dan saling melemparkan ide-ide baru.

    Siapa tahu juga bisa meminimalkan kebutuhan karyawan untuk lembur karena mereka kan juga butuh beristirahat.

  6. Jadi Software ERP ini mencaku pbanyak hal ya.
    Saya pikirlah software semacam buat di produksi saja karena disebut mencakup hardware ternyata banyak hal.
    Kalau service-nya all-in begini ya enak.
    Jadi, perusahaan pun ga harus kerja dengan banyak penyedia software di mana dis aat ketemu masalah dengan software jadi kelabakan sebab beda provider beda adat pula si CS pelayanan.

  7. Di era persaingan industri 4.0 sekarang ini, memang harus memilih aplikasi-aplikasi yang memudahkan pemiliknya untuk melakukan sesuatu ya. supaya mobilitas juga bisa lebih cepat, bisnis bisa lebih berkembang

  8. Wah belum kepikir deh ke software ini. Hehe sebenarnya rugi banget ya kalau kita tidak ikut berlari mengikuti perkembangan zaman ini, termasuk aplikasi. Banyak yang memberi kemudahan pada pekerjaan. Ntar deh satu-satu, nanti juga sampai situ ???

  9. Jadi Software ERP SystemEver ini besutan perusahaan Korea ya. Keren karena mendukung untuk digunakan pelaku UKM. Mana sudah bisa diakses softwarenya melalui berbagai perangkat termasuk tablet dan ponsel pintar.

  10. Ku pernah dengar, Mas Andre, tapi karena belum butuh, jadi cuma lewat selintas begitu saja tanpa ada ketertarikan untuk mengenalnya lebih dalam. Tapi membaca artikel Mas Andre ini, jadi mulai ngeh deh. Ternyata ERP ini berguna banget bagi perusahaan-perusahaan ya, Mas? Dalam memastikan segala sistemnya, mulai dari akutansi, logistik/persediaan, produksi, marketing hingga ke penggajian karyawan bisa ditangani secara menyeluruh oleh si ERP ini, ya? Keren. Memudahkan, dan pastinya akan sangat praktis dibanding cara manual ya?

    Thanks untuk ulasannya, Mas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *