Indonesia merupakan surga yang memiliki berbagai keindahan yang telah semesta ciptakan di bumi nusantara ini. Bahkan indonesia di juluki sebagai tanah surga, yang akan menumbuhkan tongkat kayu dan batu menjadi tanaman. Saya sangat bersyukur lahir, besar dan hidup di bumi pertiwi ini seperti tempat wisata di Cirebon.

Keindahan alam indonesia terbentang dari sisi paling timur sampai ke barat yang paling ujung, mulai dari pegunungan, dataran tinggi dan rendah, serta lautan yang terhampar luas, menjadi beberapa bukti bahwa keindahan alam indonesia ini memenuhi segala sisi yang ada di bumi.

Karimun Jawa Dimana ?

pelabuhan Karimun Jawa

Pintu Masuk Pelabuhan

Indonesia memang terdiri banyak pulau. Dari rentetan pulau tersebut ada banyak sekali destinasi wisata yang menawarkan pesona dan keindahan yang berbau alam. Mulai dari air terjun, hutan yang masih asri, pesona pantai dan banyaknya pulau – pulau eksotis ada di negara kita Indonesia. Salah satunya yang sudah sangat populer di negara ini akan keindahan dan pesonanya adalah kawasan destinasi wisata Karimun Jawa yang terletak di kota Jepara, Jawa Tengah.

Destinasi ini adalah daerah kepulauan yang memiliki 27 pulau. Dari total jumlah pulau tersebut, hanya 5 yang bisa dihuni oleh manusia. Sisa pulau yang belum berpenghuni karena menimbang berbagai macam alasan yang tidak memungkinkan manusia untuk menghuni beberapa pulau tersebut.

Bentuk destinasi yang berupa kepulauan akan memberikan keindahan berupa pemandangan laut dan kepulauan yang akan sangat indah ketika kita menyaksikan nya pada waktu sang mentari terbit dan terbenam.

indahnya-karimun-jawaPada tahun 2001, Indonesia menetapkan destinasi ini sebagai salah satu Taman Nasional. Karimun Jawa merupakan bagian dari kecamatan di wilayah Jepara yang berjarak cukup jauh dari pusat kota Jepara, yaitu sekitar 83 KM.

Pulau ini memiliki sejarah yang dipercayai oleh warga sekitar, bahwa pada abad ke 15 di kota kudus terdapat seorang wali yang bernama Syaikh Ja’far Shidiq atau biasa di kenal dengan Sunan Kudus. Sunan Kudus banyak mengajarkan kebaikan dan ilmu agama kepada masyrakat dan karimbeliau berhasil mendirikan kerjaan demak. Beliau, sunan kudus adalah seorang penasehat utama dari sultan demak dan juga senopati perang.

Nama Karimun Jawa sendiri berasal dari kata kremun, yang artinya samar-samar. Karena pada waktu tersebut, untuk menuju ke tempat itu, pulau terlihat samar-samar atau kremun. Maka dari itu nama pulau tersebut diambil dari suku kata kremun, sebagai penegasan bahwa pulau tersebut terlihat kremun atau samar-samar. Begitulah cerita yang beredar di masyarakat luas tentang asal usul nama pulau ini.

Destinasi Wisata di Karimun Jawa

Pulau ini terdiri dari beberapa pulau dan dataran, seperti Pulau utama yang memiliki luas sebesar 4.302 Hektar, ada juga Pulau Menjangan Kecil, Pulau Menjangan Besar, Pulau Menyawakan, Pulau Genting, Pulau Seruni, Pulau Geleang, Pulau Cemara besar, Pulau Cemara Kecil, Pulau Burung, Pulau Sambarang dan Pulau Batu.

indahnya Karimun Jawa

Pesona Indahnya

Jumlah total pulau tersebut adalah 12 pulau, dengan pulau yang paling kecil adalah Pulau Batu, yaitu seluas 0,5 Hektar.

Untuk dapat sampai ke surga indah ini, kamu bisa dengan mudah mencapai nya. Kamu bisa melewati pelabuhan di kota Jepara atau menggunakan pesawat Cesna dari bandara di kota Semarang.

Selain menyimpan keindahan alam yang tak terbantahkan, destinasi ini juga masih sering menggelar adat istiadat berupa perayaan besar yang sudah dilangsungkan dari zaman ke zaman. Ada dua perayaan besar yang rutin dilakukan oleh masyarakat di daerah ini, perayaan tersebut antara lain :

Festival Barikan Kubro

Festival Barikan Kubro merupakan tradisi yang sakral yang harus dilakukan oleh masyarakat sekitar. Acara ini adalah sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas keberkahan hasil bumi dan laut yang telah tuhan berikan kepada mereka. Tradisi ini terus dilaksanakan turun temurun dan akan terus dilestarikan masyarakat Karimun Jawa. Biasanya acara ini dilakukan dengan arak-arakan berupa hasil bumi seperti buah-buahan, padi, jagung dan lain-lain, juga hasil laut dan bersamaan dengan tumpeng.

Puncak acara ini adalah rebutan kacang hijau dan garam yang berada di atas tumpeng, masyarakat meyakini bahwa dengan hal itu akan membuat mereka menjadi beruntung dan dapat terhindar dari berbagai mara bahaya atau untuk menolak bala.

Karimun Java Sail

Acara ini merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan di kota Jepara yang bertujuan untuk meningkatkan hasil kerja sama antara pemerintah yaitu menteri kelautan dengan masyarakat sekitar. Karimun Java Sail menampilkan kebudayaan dan kesenian khas lokal. Biasanya acara ini digelar dengan cara mengarak hasil laut, setelah itu mentri kelautan akan memilih hasil laut yang mana yang akan bisa di jual dan berpotensi untuk menaikan taraf ekonomi dan potensi wisata di kepulauan Karimun jawa.

indahnya karimun jawa

Surga bawah lautnya

Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di daerah yang terkenal indah ini. Tentu wisata laut menjadi yang utama, kamu bisa snorkeling, scuba diving, berenang, ke tempat penangkaran hiu, memancing, menikmati sunset atau sunrise dan masih banyak lagi.

Selain wisata laut, kamu juga bisa mengunjungi hutan mangrove dan kamu bisa mengabadikan banyak foto disana untuk keperluan posting di media sosial instagram, agar kamu lebih eksis dan hits serta akan lebih kekinian dengan mengupload foto ketika berada di kepulauan Karimun jawa ini. Kamu tidak akan menyesal jika datang dan mengunjungi salah satu surga terindah yang ada di Indonesia.