Setelah sebelumnya saya berhasil menjajal tempat wisata di Melaka, The Shore Sky Tower dengan dalam kondisi kabut asap. Masih di gedung yang sama, saya dan teman – teman blogger Pekanbaru yang ikutan liburan ke negeri ini melanjutkan mengunjungi destinasi The Shore Toy Museum Melaka.

Sesuai namanya, destinasi berbentuk museum ini menyajikan berbagai macam atraksi mainan – mainan yang mungkin sebelumnya atau tidak kamu miliki. Ada pula berbagai jenis mainan action figure superhero, karakter anime yang sering kamu lihat di televisi ataupun bioskop. Bahkan jika kamu seorang penggemar boneka barbie, destinasi ini bakal membuat kamu iri.

Bagi saya pribadi ini tentu luar biasa, lebih – lebih di kota saya Pekanbaru destinasi atau tempat menarik seperti ini tidak ada. Sehingga semua koleksi yang ada di dalam museum ini cukup membuat saya kesal dan gemas.

The Shore Toy Museum sebagai tempat wisata di Melaka

Tentang

Museum mainan ini mulai di buka sejak tahun 15 Oktober 2016. Letaknya berada di gedung yang sama dengan The Shore Sky Tower, di lantai 1 Gedung The Shore Shopping Gallery di tepi sungai di seberang Kampung Morten. Destinasi ini merupakan salah satu daya tarik utama para traveler yang berkunjung ke Melaka. Tentu saja yang membuat museum mainan ini lebih menarik adalah terdapat lebih dari 10.000 mainan populer yang ada di dunia.

Koleksi

Jujur saja saya benar – benar iri dengan semua mainan yang ada dan tertata rapi di hamparan lemari panjang yang terbuat dari bahan dasar kaca ini. Lemari – lemari tersebut terisi dengan berbagai macam pajangan mainan yang berupa action figure, berbagai macam patung, model, karakter anime dan mainan lainnya.

tempat wisata di melaka the shore toy museum
Berbagai action figure superhero dengan ukuran manusia

Patung action figure ataupun superhero yang memiliki bentuk dan tampilan seukuran manusia seperti dari Justice League : Batman, Superman dan lainnya. Ada pula Avengers yang terdiri dari Iron Man, Captain America, Thor, Hulk ataupun Spiderman. Dan yang hampir benar – benar real menurut saya adalah adanya patung action figure dari film Star Wars, Stormtroopers dan Bumblebee dari Transformers.

The Shore Toy Museum, Tempat Wisata di Melaka yang Bikin Iri
Dihadang Stormtroopers

Beberapa ikon kartun terkenal seperti minion, super mario, pokemon juga tampil di lemari kaca ini. Ada pula beberapa model dari militer, mobil militer dan berbagai jenis pesawat terbang yang ada di dunia.

The Shore Toy Museum, Tempat Wisata di Melaka yang Bikin Iri
Tertata rapi di dalam lemari kaca

Terdapat juga beberapa mainan mewah untuk para remaja atau anak muda. Kebanyakan mainan yang disediakan oleh The Shore Toy Museum adalah mainan untuk laki – laki. Namun, tempat wisata di Melaka ini juga menyediakan berbagai mainan untuk para anak perempuan. Walaupun memang dari informasi yang saya dapat selama di museum lebih banyak dikunjungi oleh anak laki – laki, beserta ayah nya yang juga hobi mengoleksi mainan action figure.

the shore toy museum
Dengan Bat mobile

Oh iya, saya juga sempat tercengang ketika melihat ada Batmobil di museum ini, bagaimana bisa ?

tempat wisata di Melaka the shore toy museum
Melakukan interaksi dengan layar

Di destinasi ini kamu juga bisa melakukan interaktivitas, yaitu kamu berdiri di suatu tempat khusus yang nanti nya akan dapat memunculkan diri mu pada layar, seolah-olah kamu sedang bersama dengan karakter action figure atau karakter kartun yang kamu suka.

The Shore Toy Museum, Tempat Wisata di Melaka yang Bikin Iri
Superhero nya ada 3

Pastinya destinasi ini tidak hanya untuk anak-anak saja. Banyak pula para orang tua atau traveler sebaya saya juga menikmati menjelajah museum dengan melihat isi seluruh rak kaca. Seperti mengingatkan kembali pada masa – masa kecil dulu disaat isi dunia mainan aja (hahahahah).

The Shore Toy Museum, Tempat Wisata di Melaka yang Bikin Iri
Ada Bumblebee

Selain sebagai tempat museum untuk mainan, kita juga bisa membeli mainan tersebut. Tentu saja kamu harus merogoh kocek dalam – dalam. Karena memang harga action figure tidaklah murah. Tetapi jika kamu seorang kolektor, tentu harga mahal yang dipatok bukan menjadi masalah. Karena bagi mereka dengan memiliki banyak action figure, mereka akan mendapatkan kepuasan tersendiri. Kalau saya ? mending beli rumah hahahahha.

Diluar area The Shore Toy Museum, di dermaga tepi sungai Melaka atau di seberang Kampung Morten, terdapat pula patung robot Optimus Prime Transformer dengan tinggi 5 meter. Patung ini terbuat dari logam yang di daur ulang dan tercatat dalam Malaysia Book Of Recods.

Menurut saya The Shore Toy Museum merupakan museum yang bersih, rapi dan lengkap. Dengan berbagai macam mainan dan action figure yang lengkap yang pastinya membuat kamu geleng – geleng kepala. Kamu bisa menemukan mainan apa saja disana dan berfoto sepuasnya.

Jam Operasional The Shore Toy Museum

the shore toy museum
Bersama Ms. Tee

The Shore Toy Museum ini buka setiap hari, dimulai dari jam setengah sebelas siang dan tutup pada jam setengah sepuluh malam, dengan tiket masuk terakhir di tutup pada jam 9 malam.

Harga Tiket Masuk

The Shore Toy Museum, Tempat Wisata di Melaka yang Bikin Iri
Tersedia pula berbagai jenis paket

Untuk dapat menikmati suguhan berupa berbagai mainan dan action figure, kita diwajibkan membayar tiket masuk yang di bandrol dengan harga RM 29 untuk dewasa yang jika di kurs ke rupiah harga tiket masuk nya sekitar 94 ribu rupiah. Sedangkan untuk usia anak-anak, The Shore Toy Museum membandrol tiket dengan harga RM 18.50 atau jika di kurs ke rupiah harga tiket masuk tersebut sebesar 62 ribu rupiah. Terbilang cukup murah untuk kamu bisa menikmati banyak mainan dan action figure. Murah bagi para kolektor dan penghobi mainan, tapi akan terasa mahal bagi orang yang tidak begitu suka dengan dunia mainan dan action figure.

Dengan harga tiket sebesar itu, selain dapat menikmati berbagai mainan dan action figure, kamu juga otomatis akan mendapatkan souvenir berupa magnet kulkas dengan ikon The Shore Toy Museum.

Mengunjungi sebuah museum mainan merupakan hal yang sangat di idamkan oleh para penghobi mainan dan kolektor action figure. Museum mainan tersebut adalah surga bagi mereka. Namun bagi kamu yang tidak tau menau soal action figure, tak ada salah nya loh mencoba mengunjugi museum mainan yang menjadi tempat wisata di Melaka ini. Selain sebagai hiburan, saya atau kamu juga akan mendapat banyak pengetahuan yang belum pernah diketahui sebelumnya. Bagaimana tertarik ?

Posted by:andreW

A-pradana.net Blogger From Pekanbaru - Riau - Indonesia. Just Looking around. andrew@a-pradana.net // IG : scoty_and

37 thoughts on “ The Shore Toy Museum, Tempat Wisata di Melaka yang Bikin Iri ”

  1. Wah ini siiih kegemaran anakku banget. Pasti dia mau nih ke Museum ini. Difotoin semua deh…
    Btw…mayan juga yah harga tiketnya. Keknya sih dijabanin aja kalo udh favorit…

  2. Aku prnh ke sini, next emang ada rencana lg bawa anak ke sini krm anaku suka kalau mainan gini. Menurutku koleksinya lumayan lengkap ya, di jepang ada sejenis ini tapi ya banyakan maianan manga gitu.

  3. Harga tiket masuk segitu sih kalau menurut saya murah banget dan jam bukanyabitu lho, sampe cukup malam.

    Senang melihat museum yang interaktif seperti ini, jadibtidak hanya melihat tapi kita bisa ikutan ‘sibuk’ bersama para tokoh mainan.

    Dan benar kata kamu, keren banget sih stormtroopersnya.

  4. Kalau action figure itu kebanyakan orang dewasa yang suka ya, mas/ Banyak jugakah anak2 yg koleksi? Soalnya mahhal kan harganya hehehe. Komplit ya koleksi mainan2nya di museum ini. Betah seharian muter2 dan menikmatinya. Tiketnya cukup terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *