5 Manfaat Software HRIS di Tengah Pandemi Corona

5 Manfaat Software HRIS di Tengah Pandemi Corona

Software HRIS – Di tengah pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung saat ini, masyarakat dituntut untuk lebih menjaga kebersihan dan jaga jarak. Tidak jarang, beberapa kantor menerapkan WFH (Work From Home) guna mencegah penularan Covid-19. Akan tetapi, WFH (Work From Home) terkadang tidak dapat berjalan secara efektif dikarenakan kurangnya teknologi yang dapat menunjang kinerja karyawan. Salah satu teknologi yang memiliki peran penting dalam keberlangsungan WFH adalah HRIS.

HRIS atau Human Resources Information System adalah sebuah sistem dalam enterprise resource planning yang dimaksudkan untuk membantu managemen atau pengelolaan human resource dalam sebuah perusahaan. Umumnya, HRIS banyak digunakan oleh Human Resources Development untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan mereka agar lebih mudah, apalagi di tengah pandemi saat ini. Berikut adalah manfaat-manfaat dari software HRIS.

  1. Otomatisasi Pekerjaan
    5 Manfaat Software HRIS di Tengah Pandemi CoronaSalah satu tugas Tim Human Resources Development dalam sebuah perusahaan biasanya adalah melakukan penggajian, perhitungan pajak, payroll, dan lain sebagainya. Hal tersebut merupakan tugas yang dilakukan secara berulang setiap bulannya. Dengan menggunakan software HRIS, pekerjaan dengan pola yang berulang tersebut dapat dilakukan dengan otomatis. Sistem HRIS akan membantu melakukan perhitungan gaji, pajak, payroll, dan sebagainya dengan cepat dan praktis. Hal tersebut tentunya dapat membuat pekerjaan menjadi semakin mudah.
  2. Mempermudah Proses Recruitment
    Di tengah pandemi seperti ini kegiatan yang hampir sulit dilakukan adalah recruitment. Akan tetapi dengan menggunakan software HRIS, proses recruitment perusahaan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Software HRIS akan menampilkan bagian atau divisi yang memerlukan tambahan staff serta kriteria yang diperlukan. Hal ini tentunya dapat mempermudah proses koordinasi dengan divisi yang bersangkutan. Selain itu, HRIS juga akan membantu dalam proses pemilihan hingga dengan penempatan staff di perusahaan.
  3. Penyimpanan Data Personalia Lebih Mudah dan Murah
    Umumnya, pendataan serta arsip data kepegawaian dalam perusahaan dilakukan secara manual. Kaan tetapi, dengan menggunakan software HRIS, hal tersebut dapat dialakukan secara online. Hal ini tentu saja akan mempermudah penyimpanan serta pencarian data pegawai. Selain mempermudah, software HRIS juga dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan perusahaan untuk keperluan pembelian atau cetak form ataupun arsip data kepegawaian.
  4. Meminimalisasi Human Error
    Input data ataupun perhitungan data yang dilakukan dengan cara manual sangat rentan ditemui kesalahan. Salah satu penyebab yang sering ditemukan adalah human error atau kesalahan dari staff. Human error sendiri bisa jadi karena kekurang telitian atau faktor kecapaian. Untuk meminimalisasi kesalahan tersebut, input maupun perhitungan data sebaiknya dilakukan dengan menggunakan HRIS. Otomatisasi serta tingkat keakuratan HRIS dapat meminimalisasi kesalahan yang disebabkan oleh human error.

    5 Manfaat Software HRIS di Tengah Pandemi Corona

    aplikasi hris talenta

  5. Kemudahan Akses
    Manfaat terakhir dan juga palin penting dari penggunaan HRIS adalah pada kemudahan akses. HRIS memungkinkan staff maupun pimpinan untuk melakukan akses data dengan mudah di manapun dan kapanpun. Sistem HRIS yang bekerja secara online akan memudahkan kontrol terhadap kondisi perusahaan. Dengan demikian keputusan dapat diambil sesegera mungkin. Selain itu, kemudahan akses juga akan meningkatkan kepuasan pegawai. Apalagi di masa pandemi dimana segala sesuatu harus dilakukan dari rumah saja.

Demikianlah manfaat software HRIS pada kinerja manajemen perusahaan. Salah satu penyedia software HRIS, Talenta bahkan telah membuat aplikasi ini menjadi mobile friendly, sehingga dapat diakses dengan mudah melalui smartphone atau gadget dari rumah. Selain itu, Talenta juga menyediakan berbagai fitur yang dapat mendukung kegiatan WFH perusahaan, seperti health check survey, announcement, serta employee task manager yang dapat membantu karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *