Cara Meredakan Sakit Kepala Agar Kembali Produktif

Cara Meredakan Sakit Kepala Agar Kembali Produktif

Cara meredakan sakit kepala ini memang benar- benar saya cari apabila pusing melanda disaat yang tidak tepat. Gara-gara penyakit yang datang tiba-tiba ini membuat segala pekerjaan terganggu bahkan terkadang juga bisa menganggu waktu istirahat.

Memang kalau membahas mengenai beberapa penyebab sakit kepala itu sangatlah beragam. Sakit kepala atau pusing ini bisa terjadi karena terlalu stres, kurang tidur, dan beberapa hal lainnya serta memang alami. Selain itu masalah kepala pusing ini bisa juga terjadi karena adanya pendarahan otak atau tumor otak yang tentunya bisa membuat nyerinya menjadi akut.

Sakit pada organ paling atas ini memang menjadi salah satu keluhan yang sering kali terjadi pada manusia tanpa memandang usia ,termasuk saya. Setiap penyebab pusing ini juga memili reaksi yang berbeda-beda seperti adakalanya merasakan nyeri, rasa kaku pada bagian belakang kepala, dan rasa pegal serta seperti ditusuk-tusuk.

Daftar Penyakit dan Beberapa Aktivitas yang Menyebabkan Sakit Kepala

cara meredakan sakit kepala agar produktif

Seperti yang sudah jelaskan di atas bahwa ada banyak hal yang menyebabkan pusing ini dan membuat kita mencari cara meredakan sakit kepala. Beberapa pengalaman saya, orang-orang sekitar, dan teman dokter menyatakan ada beberapa penyakit yang menyebabkannya seperti :

a. Penyakit di hidung, sinus, telinga, dan tenggorokan

Namanya juga sakit kepala, tentunya permasalahannya berhubungan dengan area sekitar kepala. Mengingat telinga, sinus, dan tenggorokan saling berhubungan sehingga kalau terserang virus akan menyebabkan peradangan. Hal inilah yang menyebabkan rasa nyeri pada kepala, wajah, dan telinga.

b. Sakit gigi

Tak bisa dipungkiri tubuh kita memiliki ribuan saraf juga otot yang saling berkaitan. Termasuk pada area kepala dan bagian wajah yang terdiri dari banyak saraf juga otot-otot yang memiliki kemampuan dalam meneruskan beragam stimulasi semisal rasa sakit pada otak dan juga sistem saraf pusat.

Baca Juga  Ikuti Cara Menjaga Imun di Era New Normal Supaya Tetap Fit

Dari berbagai informasi jika rata-rata seluruh kasus penyakit pada gigi yang disertai pusing mengikutsertakan saraf trigeminal. Oleh karena itu, dari permasalahan inilah sakit gigi menjadi penyebab yang secara langsung dapat memicu pusing pada organ atas tubuh kita..

Selain beberapa penyakit, pusing berat juga disebabkan beberapa aktivitas yang salah di kehidupan sehari-hari. Kebiasaan salah inilah yang tidak disadari hingga menyebabkan nyeri kepala. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut :

1. Posisi postur tubuh dan leher yang tidak tepat

Kebiasaan yang sering terjadi adalah sering menunduk terlalu lama, hingga menyebabkan penyakit ini timbul. Beberapa kali tanpa disadari posisi ini membuat kepala saya menjadi puyeng.

2. Kurang tidur

Kalau kamu memiliki kebiasaan begadang di malam hari, akan menyebabkan kualitas tidur kurang baik. Ketika kamu kurang tidur, akan menyebabkan nyeri pada organ atas ini dan terasa senut-senut. Kurang tidur ini di zaman sekarang malah sudah jadi kebiasaan, maka tak heran banyak orang-orang yang merasa sering pusing ataupun puyeng.

3. Terlalu stres atau emosi

Masalah di dalam kehidupan itu tidak bisa ditebak, hal inilah yang menyebabkan seseorang bisa emosi atau stres. Biasanya hal ini terjadi karena masalah pekerjaan dan masalah rumah tangga. Kalau terlalu stres bisa menyebabkan pusing berat.

4. Konsumsi kafein atau alkohol secara berlebihan

Ketika kamu memiliki kebiasaan mengkonsumsi kafein dan alkohol yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan kepala kamu pusing. Kopi secara berlebihan bisa menambah kemungkinan migrain di beberapa orang. Alkohol berlebihan juga seperti itu, karena bisa mengakibatkan dan meningkatkan aliran darah menuju otak yang mana bisa memicu sakit kepala kamu. Kurangi konsumsi agar terhindar dari nyeri.

5. Konsumsi makanan yang mengandung MSG

Saat ini banyak sekali makanan kemasan yang mengandung MSG dan penyedap rasa. Kalau terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung MSG bisa menyebabkan sakit kepala. Biasanya di dunia kedokteran menggunakan istilah MSG symptom complex.

Istilah ini dipakai dalam menggambarkan gejala-gejala yang sering timbul saat seseorang mengonsumsi ragam makanan yang menggunakan MSG. Biasanya selain sakit kepala, ada beberapa gejala lain yang juga biasanya timbul semisal ada timbul ruam di kulit dan tubuh mudah berkeringat. Sebetulnya, MSG sendiri banyak dipasarkan dan sudah dinyatakan aman dalam penggunaannya di dalam makanan dan sampai saat ini belum ada bukti otentik yang menyatakan apa penyebab timbulnya nyeri kepala setelah makan makanan yang mengandung MSG.

Baca Juga  Inilah! 5 Cara Pembayaran Tagihan BPJS Yang Mudah

6. Konsumsi makanan atau minuman terlalu dingin

Ketika kamu konsumsi makanan atau minuman yang terlalu dingin atau brain freeze bisa menyebabkan sakit kepala. Jadi usahakan untuk mengurangi kebiasaan tersebut agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius.

Cara Meredakan Sakit Kepala Agar Kembali Produktif

cara meredakan sakit kepala agar produktif

Setelah mengetahui beberapa hal yang menyebabkan nyeri kepala, kamu harus tahu cara cepat mengatasinya. Tidak bisa dipungkiri kalau sakit kepala bisa menyebabkan berbagai aktivitas sehari-hari terganggu.

Kali ini saya akan dijelaskan beberapa cara untuk mengatasi penyakit ni agar bisa kembali produktif dan mungkin diantaranya pernah teman-teman coba Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

1. Mengkonsumsi air putih lebih banyak

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pusing berat ini adalah dengan mengkonsumsi air putih. Nah, dengan memperbanyak konsumsi air putih bisa mengurangi tingkat keparahan sakit kepala. Air bisa membantu seseorang merasa lebih baik dan apalagi kebutuhan kita untuk air juga harus terpenuhi. So, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air putih.

2. Kompres dengan air dingin

Ketika sakit kepala kamu yang datang tersebut berasal dari sakit gigi yang kamu alami, cara yang tepat dan bisa kamu lakukan adalah dengan tindakan kompres dingin. Kamu bisa menerapkan kompres air es pada bagian kepala dan leher agar penyempitan pembuluh darah bisa teratasi.

Namun kompres air es ini hanya meredakan sementara saja. Meskipun begitu cara ini sudah sangat membantu untuk memudahkan kamu melakukan berbagai aktivitas di kala sakit gigi.

3. Kompres dengan air hangat

Ketika kamu alami sakit kepala tegang, kondisi otot-otot kepala terlalu tegang. Nah, untuk meredakan sakit kepala ini bisa dengan melakukan kompres menggunakan air hangat agar otot-otot yang kencang bisa reda.

Kamu bisa melakukan kompres hangat dengan menggunakan handuk yang dipanaskan. Kemudian handuk ditempelkan pada bagian kepala.

4. Mematikan lampu

Masalah nyeri pada orang paling atas ini juga biasanya karena seseorang terlalu sensitif dengan cahaya. Ketika lampu kantor kamu terlalu terang atau cahaya hp yang terlalu cerah bisa menyebabkan sakit kepala semakin parah.

Nah, kalau masalahnya demikian kamu perlu istirahat di ruangan yang lebih gelap. Dari pengamalaman saya pribadi kondisi ini ternyata bisa membantu saya dalam mengatasi nyeri di kepala.

5. Melakukan olahraga secara rutin

Ketika kamu sering alami penyakit nyeri ini, itu artinya kondisi sirkulasi darah tidak lancar. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan olahraga secara rutin. Ketika kamu rutin melakukan olahraga maka tubuh semakin sehat dan sirkulasi darah semakin lancar. Olahraga yang bisa kamu lakukan adalah semisal jalan cepat dan jogging selama 30 menit setiap hari.

Baca Juga  Cara Mencegah Kanker, Hidup Sehat dan Sehat secara finansial

Konsumsi obat pereda

Cara meredakan sakit kepala selanjutnya adalah dengan mengosumsi obat. Ya benar dengan mengosumsi obat pereda nyeri di kepala. Ada beragam obat yang dijual dan bisa kamu konsumsi. Apalagi dengan kesibukan yang ada kita dituntut harus segera fit. Pastinya kita harus memilih obat yang bisa atasi penyakit ini dengan cepat agar bisa kembali produktif.

Dari beberapa produk yang saya coba hingga kini, ada satu obat yang cocok. Beberapa kali puyeng berat saya mencoba mengosumsi obat Saridon yang diproduksi oleh PT. Bayer Indonesia yang mana juga merupakan perusahaan farmasi ini terpercaya di tanah air.

Untuk mengonsumsinya juga sama dengan obat oral lainnya. Konsumsi 1 tablet Saridon bisa dengan segera menghilangkan nyeri di kepala. Kemasan obat ini juga efisien yang terdiri dari 4 tablet di dalamnya. Masuk kantong dan dibawa bepergian sehingga bisa siap siaga saat pusing hadir.

Dilihat dari kandungan yang ada pada tablet Saridon ini terdapat 250 Gram parasetamol, propifenazon 150 Gram, dan 50 Mg kafein. Kafein sendiri bisa dikatakan merupakan zat natural yang berasal dari daun teh, ekstrak biji kopi, dan juga kakao.

Oh iya, kafein pada obat yang terkandung parasetamol bisa menambahkan potensi penyerapannya untuk meredakan sakit dan nyeri kepala. Uniknya, kombinasi parasetamol dan kafein pada obat ini juga mempunyai fungsi dalam membantu mengurangi peradangan dan rasa nyeri juga menjadi formula ampuh untuk cepat menghilangkan sakit pada kepala hingga 40%.

Kandungan parasetamol dan propifenazon mampu mengurangi zat prostaglandin yang menyebabkan peradangan. Kedua kandungan ini bisa membantu mengurangi beragam gejala peradangan yang timbul semisal nyeri dan demam.

Wel.. memang nyeri pada kepala ini dapat timbul tiba-tiba atau bertahap. Pusing berat ini bisa bertahan sebentar, beberapa jan, hari, hingga bahkan ada yang dalam hitungan bulan. Tentunya ada berbagai cara meredakan sakit kepala yang bisa kalian coba. Penyebab-penyebab di atas hanya sebagian kecil yang menjadi biang keladi sakit kepala. Semoga kita selalu sehat ya agar bisa produktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *