Cara Menjaga Kesehatan Tulang Paling Mudah di Lakukan

Cara Menjaga Kesehatan Tulang Paling Mudah di Lakukan

Berbicara tentang cara menjaga kesehatan tulang supaya tetap dalam kondisi yang sehat meskipun sudah berusia 30 tahun ke atas memang perlu dilakukan. Sudah seharusnya kita selalu menjaga pola makan setiap harinya. Selain itu berolahraga juga perlu dilakukan untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Memang tak bisa dipungkiri lagi jika tulang mempunyai banyak sekali fungsi bagi tubuh kita. Adapun fungsinya semisal menahan otot, membentuk struktur tubuh bahkan juga mampu menyimpan kalsium. Oleh karena itu ada baiknya sejak dini kita bisa melakukan dan menjaga kesehatannya sejak masa anak-anak sampai dewasa.

Fyi, tulang yang kita miliki nantinya bakalan terus berkembang. Biasanya tulang baru bakalan dibuat sedangkan yang lama bakalan pecah. Saat masih memiliki usia muda tubuh akan membentuk tulang baru menjadi lebih cepat dibandingkan kerusakan kerangka lama. Hingga akhirnya peningkatan masa tulang pun terjadi.

cara menjaga kesehatan tulang biar sehat

Pada umumnya seseorang mampu capai masa tulang sampai dengan umur 30 tahun. Saat kondisi usianya sudah melebihi 30 tahun pada umumnya tulang masih bisa juga berkembang, meskipun dari beberapa penelitian tulang tersebut sudah kehilangan massa atau kepadatannya yang rata-rata berkurang 0.5 tiap tahunnya.

Jika penurunan kepadatan terjadi maka penyakit osteoporosis pun hadir. Tulang pun lama-kelamaan bakalan semakin rapuh dan lemah. Osteoporosis ini memang bergantung pada jumlah massa atau kepadatan ketika sudah mencapai usia 30 tahun.

So, penting sekali bagi kita menjaga kepadatan tulang sejak usia dini apa lagi sejak pada umur 30 tahun pertama. Saat itu pula yang menjadikan momen-momen yang bisa kita manfaatkan untuk mengumpulkan atau menyimpan kalsium dalam tulang.

Cara menjaga kesehatan tulang agar tetap sehat

cara menjaga kesehatan tulang

Di umur saya yang kini sudah menginjak 37 tahun kadang kala saya juga merasakan dampak dari kesehatan tulang yang menurun. Kadang ada rasa nyeri atau sakit punggung tanpa sebab atau hal-hal lainnya. Tentunya ada juga banyak sekali hal yang menjadi pemicu hilangnya kepadatan tulang.

Baca Juga  Cek Kesehatan Online Saat Liburan Dengan SehatQ.Com

Mungkin banyak orang tidak menyadari hal ini termasuk saya pribadi. Jujur saja saya dulu juga pernah anggap remeh padahal efeknya merugikan untuk diri kita ke depannya. Pernah saya bertanya dengan seorang teman yang juga seorang dokter yang mengatakan jika penyebab kepadatan kerangka tubuh ini menghilang bermula dari hal-hal kecil. Sebut saja kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan bahkan juga kurangnya asupan nutrisi seperti kalsium.

Jangan sampai berbagai macam gangguan pada kesehatan tulang ini menghambat semua kegiatan keseharian kita. Tubuh kita sebetulnya dapat memperbaiki dirinya sendiri termasuk dalam menghindari terjadinya pengikisan kalsium yang berlebihan pada tulang jika bahan nutrisinya tercukupi. Adapun berbagai macam cara menjaga kesehatan tulang yang patut kita lakukan sejak dini semisal:

  • Mampu memperbaiki pola makan
cara menjaga kesehatan tulang

Salah satu faktor paling umum yang bisa menimbulkan turunnya kepadatan pada kerangka tubuh ini adalah kebutuhan akan kalsium yang kini belum terpenuhi. Tentunya jika teman-teman menginginkan tulang lebih sehat dan kuat, maka sejak dini kita bisa merubah pola makan dan dengan lebih perbanyak asupan kalsium serta vitamin D. Kedua nutrisi tersebut mempunyai peranan begitu penting saat memelihara kepadatan tulang yang kita miliki. Menemukan kedua nutrisi penting ini tentunya juga cukup mudah. Banyak ragam bahan makanan di sekitar kita yang bisa memenuhi nutrisi tersebut, semisal dengan mengosumsi susu, daging merah, yoghurt, keju, kedelai, ikan laut, gandum serta jamur.

  • Menghindari alkohol dan rokok

Zaman sekarang siapa sih yang tidak paham jika kedua hal ini tak bisa terpisahkan begitu saja. Faktanya keduanya hal ini banyak dikonsumsi masyarakat apalagi anak-anak muda padahal sudah jelas-jelas menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Fyi, alkohol maupun rokok ini bisa menjadikan penyerapan kalsium sekaligus nutrisi untuk tubuh semakin terhambat. Hingga nanti pada akhirnya tubuh pun menyedot kalsium hanya dari tulang. Makanya kita harus benar-benar menghindarinya agar tulang kita tetap sehat. Berhenti mengosumsi alkohol maupun merokok sekarang!

  • Melakukan olahraga secara teratur
Baca Juga  Sayuran Hijau Buat Kamu Jadi Cantik

Dalam beragam riset telah terbukti jika anak-anak hingga remaja tetap sehat karena seringkali lakukan gerak tubuh. Ya gerak tubuh dengan melakukan olahraga rutin yang mampu membuat kondisi kesehatan kerangka tubuh ini semakin terjaga. Meskipun usia kita sudah mencapai 30 tahun tentunya bukan menjadi penghalang bagi kita untuk perbaiki pola hidup sehat dengan berolahraga secara rutin.

Saya biasanya melakukan olah raga yang tak ringan juga tak berat. Ya yang sedang-sedang saja dan pas menurut saya. Intinya jangan terlalu berat dan teman-teman bisa memulai dari olahraga ringan. Paling penting membuat tubuh kita tetap aktif dengan bergerak. Kalian bisa mencoba melakukan jogging, jalan saat pagi hari atau bahkan sekedar naik turun tangga saja. Dengan begitu, kita telah berupaya mencegah terjadinya ostoeoporosis dan membuat kekuatan kerangka dalam tubuh ini semakin terlatih dengan sendirinya.

  • Konsumsi suplemen kalsium

Ga bisa dipungkiri pula, karena kesibukan akan kegiatan hari-hari membuat pola makanan sehat yang ingin kita coba menjadi sulit. Jika memang teman-teman masih merasa ragu tentang makanan yang sudah dikonsumsi sehari-hari, alangkah baiknya mencoba cara menjaga kesehatan tulang dengan mengonsumsi suplemen kalsium.

Untuk menemukan beragam suplemen kalsium ini tentunya juga mudah. Banyak dijual di toko-toko obat, apotik bahkan di mini market atau swalayan. Hanya saja kita harus memilih mana suplemen yang tepat dan mampu memenuhi kebutuhan tubuh. Teman-teman bisa mengonsumsi suplemen yang mempunyai kandungan vitamin D, kalsium, vitamin C, mineral bahkan juga vitamin B6 yang memang bagus untuk kepadatan tulang.

Teman-teman bisa mencoba CDR Orange yang memiliki banyak kandungan baik dalam menjaga dan memenuhi nutrisi untuk tulang. Dengan formula Kalsium, Vitamin C, D, dan B6 juga memiliki rasa jeruk segar serta bisa membantu kita dalam menjaga kondisi kesehatan tulang. Selain orang dewasa, suplemen ini juga membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada ibu hamil dan menyusui. Selain itu suplemen kesehatan ini juga memenuhi nutrisi yang diperlukan dalam masa pertumbuhan, masa penyembuhan, berkontribusi dalam memelihara tulang dan gigi yang sehat serta kuat, juga gangguan penyerapan makanan. Fyi saya tau suplemen ini sejak rutin melakukan donor darah apheresis di Palang Merah Indonesia (PMI) kota Pekanbaru.

Baca Juga  5 Alternatif Obat Herbal untuk Mengatasi Kaki Lumpuh

Well paling penting setidaknya saya, kamu semua hanya perlu berkomitmen untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat. Dengan demikian tubuh yang kita miliki mampu peroleh asupan vitamin D, kalsium serta nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan tubuh. Jangan sampai lupa juga melengkapi gizi keseharian kita dengan mengonsumsi suplemen kesehatan tubuh.

Ingat teman-teman! Jika asupan kalsium dalam tubuh berkurang maka pembentukan tulang baru pun bakalan terhambat. Hingga akhirnya saat menginjak usia 30 tahun nantinya bisa mengalami osteoporosis. Kalsium merupakan nutrisi utama tetapi jumlah yang dibutuhkan bervariasi sekali untuk segala usia. Kalsium begitu penting diperlukan ketika memasuki usia remaja sebab kerangka tubuh kita bakalan tumbuh dengan lebih cepat.

So mari kita yakinkan dan niatkan pada diri ke depannya untuk terus menjaga kesehatan termasuk kesehatan pada tulang. Mudah-mudahan cara menjaga kesehatan tulang yang sudah saya rangkum di atas bisa membantu dan membuat tulang yang kita miliki semakin dan terus sehat.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *