Cegah Virus Corona Agar Tak Mudah Tertular Versi a-pradana.Net

cegah virus corona

Di saat pandemi seperti ini tentu cara cegah virus corona sangat dicari-cari. Virus yang juga dikenal dengan Covid-19 kini sudah menjadi sebuah pandemi yang mendatangi berbagai negara besar di dunia. Di Indonesia saja, sudah ribuan orang dan bahkan mendekati 10 ribu kasus yang positif dan beberapa ratus diantaranya meninggal dunia. Hal tersebut tentu saja membuat siapa saja, tak terkecuali saya yang juga menjadi takut dan khawatir, apalagi penularannya yang begitu cepat.

Virus ini tidak pernah memandang siapa korban selanjutnya, hal tersebut yang membuat pemerintah mengambil kebijakan untuk masyarakatnya agar senantiasa diam di rumah, dan bagi yang mampu melakukan pekerjaannya di rumah, maka kamu harus melakukannya sesuai dengan anjuran pemerintah tersebut. Bahkan, sekarang sudah ada kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah sehingga membuat beberapa orang tidak bisa mudik ke kampung halamannya. Kebijakan ini bahkan sudah sampai di kota tempat saya tinggal, Pekanbaru.

cegah virus corona

Corona Virus photo by unsplash

Begitu miris sebenarnya, namun tidak ada yang bisa dilakukan kecuali stay home dan keluar apabila ada keperluan yang sangat penting dan tidak bisa di wakilkan. Rencana jadwal liburan kalender 2020 pun saya tunda. Untuk menjaga agar imunmu tetap kebal dan terjaga, maka saya akan membagikan beberapa pengalaman saya dalam melakukan pencegahan terhadap covid-19 tersebut.

Cara Cegah Virus Corona Agar Tak Mudah Tertular

Walaupun sebenarnya saya bukan seorang pakar kesehatan, tetapi saya juga banyak mengikuti anjuran terpercaya, semisal anjuran dari WHO, Pemerintah, dan juga tenaga medis. Saya akan membagikan beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit ini hinggap di tubuhmu dan keluarga. Pencegahan ini tentu dilakukan setiap hari dan disiplin hingga keadaan membaik seperti semula.

Memakai Masker Ketika Hendak Keluar Rumah

cegah virus corona

Gunakan masker

Salah satu hal yang paling penting saat ini tentu saja penggunaan masker. Bagi teman-teman yang hendak keluar rumah atau selalu keluar rumah karena tuntutan kerja yang tidak bisa diliburkan, maka harus selalu memakai masker, baik itu yang sekali pakai atau yang terbuat dari kain. Usahakan mengganti masker setiap hari dan mencucinya jika teman-teman menggunakan masker kain pada saat itu.

Himbauan penggunaan masker selama pandemi juga digalakkan pemerintah, sebab penyebaran virus ini cukup cepat. Saya mengatakan hal ini karena seperti yang diketahui, meskipun virus corona tidak menyebar melalui udara, namun ia bisa masuk melalui hidung, kemudian saluran pernafasan atau melalui sentuhan fisik. Sehingga penggunaan masker sangat penting dan harus kamu lakukan dengan kesadaran yang tinggi bahwa hal ini menyangkut kesehatan semua orang yang ada di dunia.

Menjaga Jarak 1 Sampai 2 Meter

cegah virus corona

Tetap menjaga jarak. Photo By Pixabay

Bukannya ingin menjauh, tetapi pada saat keadaan seperti ini, saya sarankan untuk kamu senantiasa menjaga jarak apabila berada di antara banyak orang yang ada di sekitar. Jangan sampai bersentuhan dan ucapkan salam dengan tata cara salam tanpa bersentuhan tangan. Jika perlu tetap di rumah saja atau melakukan Work From Home dan kerja secara online.

Menjaga jarak ini tentu saja dilakukan agar penyebaran virus tidak mudah menempel dan bisa membuat kita tetap terjaga ketika sudah kembali ke rumah. Selain itu, saya juga mendapatkan informasi ini dari pihak lembaga kesehatan yang menganjurkan untuk tidak terlalu berdekatan dengan orang lain terlebih dahulu. Bukan tanpa alasan, tapi untuk mencegah penyebaran covid-19 semakin luas dan parah. WHO menamakan kegiatan ini sebagai physical distancing dan menyarankan bukan hanya 1-2 meter tapi kalau bisa hingga 8 meter.

Mulai Pola Hidup Sehat

cegah virus corona

Mulai hidup sehat. Photo by Pexels

Pola hidup sehat memang sudah dianjurkan sejak dulu dan saya pun merasakan efek dari hal ini. Selain ditujukan agar kamu bisa memiliki tubuh sehat dan kebal terhadap penyakit, kamu juga bisa sekaligus melakukan pencegahan terhadap covid-19 agar tidak mendekatimu dengan mudah.

Dan dari beberapa kasus yang telah terjadi, saya mulai mengetahui bahwa virus ini bisa menyerang dengan mudah para orang tua beserta orang yang sudah memiliki penyakit sebelumnya, bahkan ibu hamil pun rentan terkena virus ini karena sistem imun yang dimilikinya tidak terlalu kuat.

Dengan memulai pola hidup sehat, seperti melakukan olahraga secara teratur, makan makanan bergizi 4 sehat 5 sempurna serta mengkonsumsi vitamin E dan C serta rutin, akan meningkatkan daya tahan tubuh kamu sehingga tidak mudah untuk terkena virus dan penyakit lainnya. Dan penting untuk diingat, mulai sekarang pola hidup sehat ini harus kamu lakukan, terlepas ada pandemi atau tidak.

Cek Kesehatan Perlu

cegah virus corona

Menggunakan platform kesehatan

Walaupun kita di tengah pandemi jangan lupa juga untuk cek kesehatan diri sendiri. Sebab karena terlalu sibuk dengan pandemi ini, lupa dengan penyakit lainnya. Salah satu yang mesti kita waspadai adalah demam berdarah yang tentu saja berbahaya. Infeksi campuran demam berdarah dan virus corona akan berdampak buruk terhadap kesehatan.

Rajin dan disiplin, kalau perlu sering cek kesehatan. Tak perlu khawatir, karena cek kesehatan zaman sekarang tanpa perlu antri di rumah sakit ataupun klinik. Cara paling sederhana adalah dengan melakukan konsultasi secara online. Salah satunya dengan menggunakan platform kesehatan Halodoc. Platform ini bisa dikatakan sebuah aplikasi kesehatan lengkap dengan berbagai macam fitur di dalamnya. Salah satu yang sering saya gunakan adalah fitur tanya dokter, konsultasi online, beli obat, informasi valid dan lainnya.

Dari pada bingung, khawatir sendiri dan cari informasi di google melalui website abal-abal, mending tanya ke ahlinya.

Cuci Tangan Lebih Baik dari Pada Hand Sanitizer

cegah virus corona

Cuci tangan menggunakan sabun

Apabila kamu sudah pergi dari luar atau menyentuh barang-barang tertentu, saya sarankan agar kamu mencuci tangan terlebih dahulu. Cucilah tangan dengan menggunakan air putih bersih yang mengalir plus menggunakan sabun agar segala bakteri dan virus ikut mati pada saat itu.

Intinya, jika kamu sudah menyentuh sesuatu dan tiba di rumah, kamu harus mencuci tangan dengan sabun serta air yang mengalir agar tidak ada virus corona yang masuk ke dalam tubuh dengan cepat. Apalagi ketika kamu sudah menyentuh mesin ATM serta membuka pintu supermarket yang mana sangat rentan terkena virus di daerah-daerah rawan alias sudah berzona merah.

Dibandingkan dengan menggunakan hand sanitizer, mencuci tangan dengan sabun lebih ampuh menghilangkan bakteri dan virus di permukaan kulit. Sabun memiliki unsur sejenis lemak yang disebut dengan amphiphiles dimana secara komposisi sangat mirip dengan lemak yang ada pada membran virus. Oleh karena itu molekul-molekul pada sabun ‘fighting’ dengan lemak yang ada pada membran virus.

Minum Air Putih 1.5 Liter Setiap Hari

cara cegah virus corona

Minum lebih banyak air. Photo by Pexels

Cara pencegahan covid-19 yang selanjutnya dan sudah saya lakukan adalah dengan meminum air putih sebanyak 1.5 liter setiap harinya. Kamu tidak perlu minum sekaligus dengan total seperti itu, silakan minum dengan teratur yang penting hari itu sudah meminum sampai 1.5 Liter.

Istirahat Tidur Yang Cukup 7-8 Jam Setiap Hari

cegah virus corona

Cukup waktu tidur. Photo by Pexels

Bagi kamu yang sering pergi keluar karena ada urusan pekerjaan, maka kamu harus bisa mengistirahatkan badan yang lelah dari pagi selama 7-8 jam setiap harinya. Jangan sampai kamu memaksakan untuk begadang dengan keadaan tubuh yang lelah serta lemah, karena besoknya kamu akan kembali bekerja sementara stamina tubuh semakin menurun akibat begadang yang dilakukan. Hal itu akan mengundang virus corona dengan mudah karena tubuhmu sudah melemah dan tidak memiiki penjagaan yang amat ketat.

Tidak Mudik

cegah virus corona

Jangan mudik

Hal yang tak kalah penting adalah tidak melakukan mudik. Apalagi memang pandemi ini menurut peneliti akan berlangsung hingga Juni nanti. Bertepatan pula dengan Ramadan dan Idul Fitri, sehingga tentunya bakal ada peningkatan masyarakat yang pulang ke kampung halaman.

Namun pemerintah sudah jelas-jelas melarang mudik dengan berbagai aturan semisal pembatasan transportasi dan penjagaan di perbatasan wilayah. Perlu kamu sadari, kita tak pernah tau meski kita tampah sehat-sehat saja. Jangan sampai kita balik ke kampung halaman malah membawa virus tersebut. Sayangi orang-orang di kampung halaman. Kamu bisa sekedar video call atau telfon agar kangen kamu terobati.

Ikuti Aturan

Meskipun semua cara pencegahan tersebut berhasil kamu lakukan dengan rutin, kamu harus tetap mengikuti aturan dengan baik, seperti tetap berada di dalam rumah dan tidak pergi jika tidak diperlukan. Hal ini dilakukan untuk cegah virus corona semakin bertambah.

Sebagai warga Indonesia yang baik, saya berharap kamu bisa mengerti keadaan saat ini dengan tidak ngeyel atau beranggapan bahwa kamu sehat sehingga tidak akan mudah terpapar oleh virus. Tetapi, kita pikirkan orang di sekitarmu yang memiliki beragam usia dan kekebalan tubuh yang berbeda pula. Untuk sekarang, mohon agar selalu saling mengerti dan membantu agar penyebaran covid-19 tidak semakin luas.

Stay safe and say thank you for medical team serta lainnya yang sudah menjadi garda tedepan selama pandemi berlangsung. Semoga pandemi corona segera berakhir dan menikmati hidup seperti sedia kala. Ayo kita cegah virus corona agar tak tertular.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *