Biar Bersih dan Sehat! Ini Cara Menjaga Kesehatan Kulit Kaki

Biar Bersih dan Sehat! Ini Cara Menjaga Kesehatan Kulit Kaki

Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki peran penting untuk menopang berat badan ketika beraktivitas. Fungsi kaki ini ditunjang oleh susunan 50 ligamen 42 otot, 26 tulang serta 250 kelenjar keringat. Karena kamu tidak akan bisa melakukan aktivitas apapun tanpa adanya kaki yang sehat, maka kamu perlu melakukan cara menjaga kesehatan kulit kaki dengan tepat.

Apalagi sebagai seorang blogger yang mengaku suka traveling tentunya bagian penopang tubuh ini menjadi elemen penting untuk diri saya. Belum lagi berat saya yang tidak biasa membuat saya harus pandai menjaga kedua kaki agar selalu sehat dan selalu bisa membantu saya memenuhi kegiatan tiap hari.

Btw hampir semua orang tentu pernah memiliki penyakit kulit yang menyerang kaki, entah itu panu, kutu air, kadas, kurap hingga beragam penyakit lainnya. Gejala penyebab serta cara mengatasi penyakit ini pun berbeda-beda dan pada umumnya gejalanya menyebabkan rasa gatal serta nyeri. Tapi memang sih lama-kelamaan penyakit kulit pada kaki ini bisa hilang dengan sendirinya dan ada pula yang perlu ditangani oleh dokter.

Jenis-jenis penyakit kulit kaki

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Kaki

Setiap orang yang menderita penyakit pada area ini tentu sering merasa terganggu, mengapa demikian? Sebab masalah kulit kerap menurunkan kepercayaan diri terlebih ketika kamu sedang berada di tempat umum. Pada dasarnya memiliki kulit sehat merupakan idaman dari semua orang. Apalagi bagian ini menjadi organ penting yang berfungsi melindungi tubuh dari berbagai virus bakteri hingga radikal bebas. Selain itu cover tubuh ini juga berperan membantu dalam mengatur suhu tubuh, menghasilkan vitamin D, serta merasakan sensasi sentuhan maupun nyeri.

Baca Juga  Saat Terbaik Konsumsi Air Putih

Makanya kita harus cari cara menjaga kesehatan kulit kaki ini. Apabila cover tubuh ini kotor atau tercemar bakteri maka akan rentan membuatnya terkena penyakit.

  • Panu

Beberapa informasi menyatakan jika penyakit ini disebabkan oleh sekelompok jamur malassezia. Malassezia sendiri termasuk bagian dari mikroorganisme yang biasanya banyak ditemukan pada kulit normal. Pada umumnya panu memiliki warna coklat yang disebabkan karena ragi jamur masuk lalu membuat butiran pigmen dan melanin membesar hingga menyebabkan hiperpigmentasi. Inilah kemudian yang menimbulkan kover tubuh ini tampak terlihat bercak coklat.

  • Kadas

Merupakan kondisi di mana kulit mengalami infeksi jamur yang disebabkan dari beragam spesies jamur. Kadas ini sifatnya sangat mudah menular dimana biasanya proses penularannya melalui kontak erat dengan salah satu penderita, benda-benda yang dipakai penderita, hewan yang menderita kadas hingga lingkungan sekitar. Gejala umum yang dapat ditimbulkan dari penyakit kadas antara lain:

  1. Berwarna merah serta bersisik
  2. Permukaan pada benjolan timbul bintik-bintik merah.
  3. Bisa menyerang di berbagai bagian termasuk pada kulit kepala
  4. Menimbulkan rasa gatal yang tidak tertahankan.
  • Kurap

Ringworm atau yang biasa disapa dengan penyakit kurap ini merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur yang sangat menular. Jamur tersebut bisa menular baik melalui barang ataupun hewan peliharaan yang sudah terinfeksi hingga paling sering melalui sentuhan langsung dari penderita.

Adapun beberapa gejala penyakit kurap yang umum dan paling mudah ditemui adalah:

  1. Kulit menjadi ruam dan bentuknya seperti cincin dengan bagian pinggir berwarna merah serta sedikit menonjol 
  2. Biasanya muncul area seperti sisik berwarna merah pada permukaan kulit
  3. Ruam-ruam merah yang muncul tersebut membentuk layaknya cincin
  4. Di bagian luar area cincin sedikit menonjol dan terlihat jelas 
  5. Akan timbul rasa gatal yang cukup panas 
  • Kutu air
Baca Juga  Cara Mencegah Diabetes dengan Edukasi Bersama Sun Life Indonesia

Ada yang pernah mendengar Athlete’s foot atau yang juga sering dikenal dengan kutu air atau kurap kaki? Pastinya sudah pernah lah ya, di mana kutu air merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur dari kelompok dermatofitosis. Kutu air rentan menyerang pada kaki manusia yang sering lembab atau basah akibat keringat ataupun menggunakan sepatu yang cukup ketat.

Pada umumnya beberapa keluhan yang paling sering dirasakan oleh penderita kutu air semisal kulit kaki yang terasa bersisik, gatal dan kemerahan. Kutu air sifatnya juga dapat menular dan penularannya dapat terjadi melalui kontak dengan lingkungan maupun benda yang terkontaminasi jamur seperti sepatu atau pakaian serta melalui kontak langsung dengan penderita kutu air. Adapun gejala yang ditimbulkan akibat terkena penyakit kutu air seperti:

  1. Area kulit atau ulas kaki terasa kering dan terbakar,
  2. Ada bagian yang terkelupas
  3. Ada juga bagian yang pecah-pecah serta
  4. Biasanya diantara jari telapak kaki berwarna kemerah-merahan.

Oh iya, cara menghilangkan kutu air ini bisa menggunakan salep anti jamur yang banyak dijual bebas di apotik ataupun toko obat.

3 Cara menjaga kesehatan kulit kaki

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Kaki

Merawat kulit memang tidak hanya berfokus pada bagian wajah saja, kamu juga perlu merawat kulit di bagian tubuh lainnya seperti kaki. Kulit kaki yang sehat akan membuat kamu terhindar dari macam-macam penyakit yang bisa menyerang seperti daftar penyakit di atas. Berikut tips sederhana agar penopang tubuh ini tetap bersih dan sehat.

1. Jika kulit kaki bermasalah obati segera

Kaki yang mudah terkena kotoran dari sepatu, sandal maupun lantai biasanya akan sering terkena masalah yang menyerang seperti kutu air maupun jamur. Nah untuk merawat kover tubuh yang bermasalah tersebut kamu bisa melakukan pengobatan rumahan seperti menggunakan salep atau krim anti jamur ataupun salep pereda gatal yang bisa dibeli di apotek.

Baca Juga  Sayuran Hijau Buat Kamu Jadi Cantik

Dari pengalaman saya pribadi, biasanya selalu menggunakan Canesten yang juga sudah banyak dikenal masyarakat dan digunakan sebagai obat anti jamur. Obat ini juga biasanya dijual bebas, so tak perlu resep dokter.

 2. Melakukan eksfoliasi

Sel kulit mati pada ada kaki yang tidak segera dibersihkan dengan benar tentu akan menumpuk. Akibatnya dari penumpukan sel kulit mati tersebut membuat kulit kaki terlihat kusam. Kamu bisa melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati tersebut. Cara menjaga kesehatan kulit kaki ini dinilai ampuh untuk membuat kulit terlihat lebih bersih dengan cara mencampurkan air hangat dengan 2 sdm garam epsom.

3. Menggunakan pelembab

Siapapun pasti pernah mengalami masalah yang paling umum semisal kulit kaki kering. Biasanya kondisi ini membuat kaki kita menjadi mengelupas, pecah-pecah hingga gatal. Nah agar kover pada bagian tubuh ini tidak kering maka kamu bisa menjaga kelembabannya dengan menggunakan produk pelembab kaki yang dioleskan pada kulit terutama ketika selesai mandi.

So pastinya, mulai dari sekarang ada baiknya kita selalu menjaga kebersihan dan kesehatan kulit penopang tubuh ini. Apalagi kaki dibutuhkan untuk menopang tubuh kita saat berdiri dan berjalan. Kamu bisa mengikuti cara menjaga kesehatan kaki yang benar dan tepat seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Mudah-mudahan kesehatan kaki Selalu terjaga agar kita bisa beraktivitas dengan leluasa dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *