Cara Mencegah Anemia Dengan Makanan yang Mengandung Zat Besi

cara mencegah anemia

Memang sejak ada pandemi global virus Covid-19, penyakit lainnya seakan menghilang dan berhenti dari kehidupan kita sehari-hari. Padahal menurut badan kesehatan dunia (WHO) ada lebih kurang 42% anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun, dan ada 40% wanita yang mengandung di seluruh dunia mengidap penyakit anemia. Tak heran banyak juga orang yang berusaha mencari cara mencegah anemia. FYI angka ini lumayan tinggi dan kebanyakan memang diderita anak-anak dan wanita hamil. Tetapi perlu diingat anemia sebenarnya bisa menyerang siapa saja.

Anemia atau kekurangan sel darah merah timbul saat kadar Hemoglobin (Hb) yang ada dalam darah tak banyak atau kurang. Padahal fungsi dari Hemoglobin ini untuk membantu sel darah merah di tubuh dalam mendistribusikan oksigen ke semua bagian organ tubuh. Jika tidak cukup maka dengan otomatis membuat tubuh jadi tak mampu bekerja secara optimal.

cara mencegah anemia
Biasanya ada sakit kepala dan mudah lelah

Adapun yang menjadi penyebab dari anemia ini adalah semisal kehilangan darah dalam jumlah besar (menstruasi, saat melahirkan, atau karena adanya kecelakaan), kekurangan nutrisi, kelainan genetik, hingga penyakit mematikan seperti kanker. Biasanya orang atau penderita anemia acapkali mengalami sakit kepala, irama jantung tak teratur dan yang pasti mudah lelah.

Tubuh kita memang membutuhkan beragam asupan gizi supaya mampu tumbuh dengan sehat. Adapun salah satu asupan zat yang terbilang penting baik bagi ibu hamil, wanita menstruasi maupun lansia sekalipun dan mampu mencegah anemia adalah zat besi. Zat ini termasuk dalam jenis mineral esensial yang kini dibutuhkan guna membentuk sel darah merah.

Mungkin banyak yang belum mengerti bagaimana caranya menambah asupan zat besi dalam tubuh. Padahal sebetulnya semua bisa tercukupi dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Kali ini kita bakalan membahas terkait makanan tersebut. Jadi nantinya kamu mampu penuhi kebutuhan zat besi yang diperlukan tubuh.

Baca Juga  Jangan Sepele, Ini Tanda Kamu Harus Pakai Kacamata

Cara mencegah anemia dengan makanan yang mengandung zat besi

Kehadiran zat besi sangatlah penting bagi kelangsungan hidup manusia. Apalagi sel darah merah yang dibentuk zat besi ini mempunyai tugas mengangkut oksigen menuju ke seluruh tubuh. Bayangkan saja jika bagian tubuh tersebut tidak berfungsi dengan baik. Nantinya bisa menimbulkan berbagai macam permasalahan kesehatan seperti anemia. Apabila kamu kekurangan asupan zat besi, nantinya masalah pun datang. Seperti kelelahan, pusing, kulit semakin pucat serta adanya gangguan pada pernapasan.

Jangan sampai kekurangan asupan zat besi dibiarkan begitu saja. Kali ini kamu mampu memenuhinya dengan beberapa makanan yang mengandung zat besi. Jika memang penasaran sebaiknya simak ulasan berikut ini :

  • Daging merah

Meskipun daging tersebut sebaiknya tidak kamu konsumsi berlebihan. Namun ternyata sumber zat besi mudah sekali kamu temukan didalamnya. Termasuk dalam daging sapi. Biasanya 100 gram daging terdapat kandungan zat besi sekitar 2,7 miligram. Selain menjadi sumber zat besi terbaik, daging merah juga memiliki banyak nutrisi penting, semisal vitamin B12, asam amino, juga seng.

  • Konsumsi sayuran hijau

Cara mencegah anemia bisa juga dengan mengosumsi sayuran hjiau. Bagi kamu yang menyukai sayuran, kini sebaiknya konsumsilah bayam dan brokoli. Dimana sayuran tersebut menjadi salah satu sumber zat besi yang bagus. Dalam 100 gram bayam yang sudah dikukus mengandung 5,7 miligram zat besi bagi tubuh, begitu pula dengan brokoli. Kedua sayuran ini juga mengandung serat, potasium, protein, kalsium, folat, juga beragam vitamin seperti A, C, dan K. Jadi saat kamu tidak mampu mengkonsumsi daging merah, ada baiknya kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi ini. Apalagi dari dulu kita tau jika sayuran memang menyehatkan kondisi tubuh kita.

  • Tahu

Sekarang ini kamu juga mampu memperoleh asupan zat besi dari tahu. Dimana tahu bisa kamu olah menjadi masakan apapun sesuai selera. Siapa sangka ternyata kacang kedelai yang biasanya dipergunakan sebagai bahan dasar pembuatan tahu ini dalam setiap 100 gramnya terdapat kandungan zat besi senilai 6,9 miligram zat besi. Sehingga hanya dengan 2 potong tahu saja kamu sudah mampu penuhi 20% kebutuhan zat besi dalam tubuh. Oh iya, karena bahan dasarnya memang kedelai otomatis kamu juga bisa mengonsumsi tempe karena sama sama terbuat dari bahan yang sama.

  • Oatmeal
Baca Juga  Cegah Virus Corona Agar Tak Mudah Tertular Versi a-pradana.Net

Sarapan pagi hari paling nikmat dengan mengkonsumsi oatmeal. Dimana asupan makan tersebut terdapat kandungan zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh. Dalam secangkir oatmeal ini mengandung 3,4 zat besi. Sehingga bagus sekali untuk perkembangan tubuh kamu. Kesehatan tubuh pun bakalan terus terjaga.

  • Makanan laut

Jika kita membicarakan tentang cara mencegah anemia dengan makanan yang mengadung zat besi pastinya ada banyak sekali pilihannya. Sehingga kamu mampu memilih beberapa makanan sesuai selera. Kali ini asupan zat besi bisa kamu temukan dalam makanan laut. Seperti halnya daging bercangkang bahkan juga ikan-ikanan. Biasanya beberapa jenis ikan yang mempunyai kandungan zat besi adalah ikan makarel, ikan tuna bahkan juga ikan sarden.

Itulah tadi beberapa jenis makanan yang ada kandungan zat besinya. Masih ada banyak makanan bergizi yang memiliki zat besi tinggi semisal Telur, Kacang dan biji-bijian, Kacang, lentil, dan tahu, Daun Parsley, Ikan-ikan seperti salmon, sarden atau tuna, Dark Chocolate, Seafood seperti Tiram, Udang, Kerang, Sereal yang diperkaya biji-bijian, Edamame, Hati, Roti gandum utuh, Kismis, Susu serta Keju.

Pentingnya memenuhi asupan zat besi baik bagi ibu hamil bahkan lansia

Tak bisa dipungkiri lagi jika asupan zat besi ini sangatlah penting bagi tubuh. Dimana asupan tersebut juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Bahkan mereka yang usianya sudah lansia pun masih tetap membutuhkannya. Menentukan pilihan kandungan nutrisi dalam makanan yang bagus bagi tubuh sangatlah penting untuk diperhatikan. Jangan sampai ada salah satu mineral tidak tercukupi. Apalagi zat besi yang terbilang penting sekali bagi tubuh. Dimana zat besi inimampu membentuk sel darah merah bahkan mampu juga dalam menghasilkan hemoglobin.

Baca Juga  Inilah! 5 Cara Pembayaran Tagihan BPJS Yang Mudah

Jika asupan zat besi tidak terpenuhi maka kondisi seperti ini bisa membahayakan kondisi tubuh manusia. Dimana nantinya bisa berpengaruh juga terhadap kekebalan tubuhnya. Jika tidak beruntung nantinya bisa juga terkena infeksi, bahkan beresiko juga mampu turunkan kualitas hidup. Jangan sampai kamu menyepelekan hal tersebut hingga kekurangan zat besi pun terjadi.

Alangkah baiknya ketika menemui asupan zat besi masih kurang maka perbanyak konsumsi beberapa makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi. Jika rasanya sulit memenuhi kebutuhan zat besi melalui makanan, kamu bisa juga mengonsumsi suplemen makanan atau kesehatan. Memenuhi asupan gizi memang penting sekali dilakukan. Apalagi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita banyak sekali macamnya.

Salah satu suplemen makanan yang memiliki kandungan zat besi tinggi adalah Tonikum Bayer. Suplemen ini memiliki kandungan beragam seperti zat besi, zinc, mangan, kalsium, dan tentu saja vitamin (B1, B2, B6, B12, juga C) yang memiliki peran penting dalam membentuk sel darah merah. Pastinya sangat cocok sekali dengan kondisi anemia selama adanya kehamilan, menstruasi, perdarahan, dan masa-masa pertumbuhan, usia lanjut, juga untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Mudah-mudahan cara mencegah anemia dengan makanan yang mengandung zat besi ini bisa membantu semua orang, meski yang banyak mengalaminya anak-anak dan wanita.

Referensi:

  • Halodoc.com. Diakses pada 2021 10 Makanan Tinggi Zat Besi untuk Mencegah Anemia pada Wanita
  • Halodoc.com. Diakses pada 2021 6 Makanan dengan Kandungan Zat Besi untuk Mencegah Anemia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *