Lompat ke konten

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304): Laptop Tipis dan Ringan Menakjubkan

  • Gadget-Life
  • 11 min read
ASUS Zenbook S 13 OLED UX5304

Teknologi dunia per-laptop an memang begitu cepat berkembang di dunia. Sebagai seorang pecinta teknologi yang selalu bepergian, menemukan laptop tipis dan ringan, namun tetap bertenaga adalah tantangan besar. Hingga pada akhirnya, saya menemukan ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), laptop OLED 13,3 inci paling tipis dan ringan di dunia.

Sepertinya ASUS memang tak pernah bosan menghadirkan berbagai laptop mumpuni. Kali ini melalui seri Zenbook S yang mana tentunya memiliki desain dan performa canggih plus mumpuni. Mari saya ceritakan pengalaman saya bersama komputer jinjing yang luar biasa ini.

Kesan Pertama: Laptop Tipis dan Ringan yang Mengejutkan

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304): Laptop Tipis dan Ringan

Jujur saja teman, pertama kali saya membuka kotak Zenbook S 13 OLED (UX5304), saya langsung terpesona oleh desainnya yang ramping dan elegan. Bobotnya yang hanya 1 kg dan ketebalan hanya 1 cm pada awalnya membuat saya ragu apakah laptop sekecil ini bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari saya. Namun, setelah menggunakannya, semua keraguan itu sirna.

Desainnya yang minimalis dan premium membuatnya terlihat sangat menarik di meja kerja saya atau saat saya membawanya bepergian. Laptop ultraportable ini jelas lebih ringan dari pendahulu sebelumnya dan pernah saya bahas ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405). Menurut saya cocok sekali digunakan oleh para professional kreatif seperti desainer grafis, editor video, dan fotografer. Ideal juga digunakan oleh pelajar, mahasiswa hingga pengguna bisnis yang sering berpergian.

Meski sangat ringan, nyatanya laptop ini sangat powerful karena dibekali oleh prosesor Intel® Core™ i7-1355U (up to Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155U) generasi ke-13 yang bersertifikasi Intel® Evo™ platform, dilengkapi dengan media penyimpanan 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD, memori LPDDR5 16GB (up to 32GB), dan baterai berkapasitas 63 Whrs. Layar ASUS Lumina OLED dengan resolusi 3K menghadirkan visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat plus didukung dengan engsel 180 derajat memberikan tampilan visual yang brilian. Selain itu, laptop ini dirancang dengan prinsip ramah lingkungan, menggunakan bahan daur ulang dan efisiensi energi tinggi, serta memiliki sertifikasi EPEAT® Gold, menjadikannya pilihan ideal bagi pengguna yang peduli lingkungan.

Untuk sistem operasi sudah didukung oleh Windows 11 Home yang mampu hadirkan pengalaman baru dengan cara baru dalam menuntaskan berbagai hal dengan gesit, menyenangkan, dan juga mudah.​

Baca Juga  ASUS Zenfone 10: Ponsel Kompak dengan Performa Tinggi

Desain yang Ergonomis

Laptop tipis dan ringan ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

ASUS benar-benar memikirkan setiap detail dalam desain Zenbook S 13 OLED (UX5304). Bagian keyboard deck yang terbuat dari paduan magnesium-aluminium tidak hanya membuatnya ringan tetapi juga memberikan ketahanan luar biasa sehingga melahirkan desain yang ergonomis mencakup keyboard dan touchpad yang nyaman digunakan.

Komputer jinjing ini jelas dibuat dengan menggunakan bahan berkualitas tinggi yang pastinya mampu memberikan kekokohan dan estetika yang istimewa, sementara bobotnya yang ringan dan faktor bentuk yang portabel membuatnya mudah dibawa kemana saja.

Ada hal yang membuat saya sangat terkesan saat ASUS menggunakan teknik CNC untuk mengukir detail-detail kecil, seperti kamera IR FHD yang langsung terintegrasi ke dalam layar yang lebih tipis 30%. Semua ini tanpa mengorbankan kenyamanan atau daya tahan. Warna Basalt Grey juga tampil premium dan menawan, benar-benar Awesome!

Konektivitas Tanpa Kompromi

ada beragam port pada ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Saat mencoba menghubungkan berbagai perangkat, saya lega menemukan berbagai port yang tersedia. Dua port USB Type-C® Thunderbolt™ 4, port USB 3.2 Gen 2 Type-A, port HDMI® 2.1, dan jack audio kombo 3.5mm—semuanya ada di sini. Sebagai informasi, port USB Type-C® Thunderbolt™ 4 mendukung pengisian daya cepat, tampilan eksternal 4K, dan transfer data dengan kecepatan hingga 40 Gbps. Ini sangat memudahkan saat saya harus menghubungkan laptop ke berbagai perangkat tanpa repot membawa dongle atau adaptor tambahan. Baik saat presentasi di kantor atau menonton film di rumah, Zenbook S 13 OLED (UX5304) ini selalu siap untuk segala kebutuhan saya.

Sedangkan pada konektivitas nirkabel, komputer jinjing ultraportabel ini telah mendukung Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.38.

Performanya yang Tangguh

Prosesor yang Andal

performa ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Laptop tipis dan ringan ini dilengkapi dengan prosesor Intel® Core™ i7-1355U generasi ke-13 yang bersertifikasi Intel® Evo™ platform. Sebagai seorang yang sering multitasking, performa ini sangat saya rasakan manfaatnya. Prosesor dengan 10 core dan 12 thread ini mampu dipacu hingga 5GHz, menjadikannya sangat responsif untuk berbagai tugas, mulai dari pekerjaan kantor hingga editing video ringan.

Apalagi kolaborasi Intel® AI Boost (NPU) menjadi teman pintar baru dalam dunia komputasi kita! Ini bukan hanya sekadar mesin AI, tetapi lebih seperti asisten pribadi yang membantu saya dalam berbagai hal. Dari meningkatkan produktivitas hingga menyempurnakan pengeditan video, semuanya dilakukan dengan mulus dan hemat daya. Yang terbaik dari semua ini? Performanya yang luar biasa tidak hanya membuat lebih efisien, tetapi juga membantu menjaga masa pakai baterai lebih lama.

Oh iya sampai kelupaan, prosesor ini dilengkapi dengan grafis terintegrasi Intel® Iris® Xe, cukup kuat untuk kebutuhan komputasi grafis sehari-hari dan game kasual.

Pengalaman Multitasking yang Luar Biasa

Kombinasi memori LPDDR5 16GB dan penyimpanan PCIe 4.0 SSD memastikan semua aplikasi berjalan dengan lancar dan cepat. Saya sering membuka banyak tab di browser, menjalankan aplikasi desain grafis, dan streaming musik secara bersamaan tanpa ada lag. Kecepatan dan responsivitasnya benar-benar mengesankan, membuat setiap aktivitas menjadi lebih efisien dan menyenangkan.

Baca Juga  9 Alasan Keren Kenapa Harus Memilih ASUS ROG Phone 3

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) Beri Kenyamanan Sehari-hari

Kamera dan Audio yang Menakjubkan

Video conference menjadi bagian penting dari rutinitas saya, dan kamera IR FHD pada Zenbook S 13 OLED (UX5304) memberikan kualitas gambar yang jernih dan tajam. Ditambah lagi dengan teknologi AI noise-cancelling, suara saya tetap jelas meskipun di lingkungan yang berisik. Fitur ini sangat membantu saat saya harus mengikuti rapat secara daring di tempat umum.

Touchpad yang Lebih Besar dan Nyaman

Keyboard Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Satu hal kecil yang membuat perbedaan besar adalah touchpad ASUS ErgoSense yang 9,5% lebih besar. Navigasi menjadi lebih mudah dan nyaman, apalagi dengan lapisan anti-sidik jari yang memudahkan pembersihan. Bahkan setelah penggunaan sepanjang hari, touchpad tetap responsif dan mudah dibersihkan dari noda.

touchpad Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Komitmen ASUS Terhadap Lingkungan

Bahan Ramah Lingkungan

Saya sangat mengapresiasi upaya ASUS dalam membuat produk yang ramah lingkungan. Zenbook S 13 OLED (UX5304) memiliki bodi berbahan plasma-ceramic aluminium yang diproses dengan teknik eksklusif, hanya menggunakan air murni dan listrik. Teknik ini tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga menghasilkan bodi yang tahan korosi dan durabilitas tinggi. Ini menunjukkan komitmen ASUS terhadap keberlanjutan dan tanggung jawab lingkungan.

Efisiensi Energi yang Tinggi

Dengan efisiensi energi yang melebihi standar ENERGY STAR® sebesar 43%, Zenbook S 13 OLED (UX5304) benar-benar menunjukkan bahwa laptop ramah lingkungan bisa juga berperforma tinggi. Dan ya, saya bisa merasa lebih tenang mengetahui bahwa saya menggunakan perangkat yang berkontribusi pada pengurangan jejak karbon. Dalam jangka panjang, penggunaan energi yang efisien ini juga berarti penghematan biaya listrik yang signifikan.

Pengalaman Visual yang Memukau Dengan Kualitas Layar Terbaik

Standar Tertinggi untuk Visual

layar Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Layar ASUS Lumina OLED dengan resolusi 3K (2880 x 1800) OLED 16:10 aspect ratio benar-benar memanjakan mata saya. Warnanya kaya dan akurat, membuat setiap detail terlihat sempurna. Selain itu, teknologi HDR dan sertifikasi VESA DisplayHDR True Black menambah kualitas visual yang tak tertandingi. Saat menonton film atau mengedit foto, saya bisa melihat setiap warna dan detail dengan jelas, memberikan pengalaman visual yang sangat memuaskan. Layar juga menjadi lebih sempurna dengan didukung engsel 180 derajat, yang memungkinkan saya untuk menyesuaikan sudut pandang layar dengan mudah.

Layar pada laptop tipis dan ringan ini dirancang untuk menampilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat. Dengan color gamut 100% DCI-P3 dan sertifikasi PANTONE Validated Display, setiap warna yang ditampilkan sangat akurat dan sesuai dengan kebutuhan industri kreatif. Ini sangat penting bagi saya yang sering bekerja dengan desain grafis dan foto, karena memastikan warna yang saya lihat di layar adalah warna yang sebenarnya.

Fitur Eye Care

Salah satu fitur yang saya sangat hargai adalah teknologi Eye Care yang terintegrasi dalam layar ASUS Lumina OLED. Fitur ini memungkinkan penurunan spektrum cahaya biru yang berpotensi berbahaya bagi mata tanpa mengurangi kualitas visual. Ini sangat membantu mengurangi ketegangan mata, terutama setelah berjam-jam bekerja di depan layar. ASUS Lumina OLED juga telah mendapatkan sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker, menambah rasa aman saat menggunakannya dalam jangka waktu lama.

Baca Juga  Bingung Memilih Smartphone? Ini dia 3 Alasan Kenapa Asus ZenFone Layak Dijadikan Pilihan

Pengalaman Audio yang Imersif

Kualitas Audio Premium

sound Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Zenbook S 13 OLED (UX5304) tidak hanya menawarkan kualitas visual yang luar biasa tetapi juga pengalaman audio yang imersif. Dengan sistem audio bersertifikasi Harman Kardon, teknologi Dolby Atmos®, Smart Amp, dan ASUS Audio Booster, setiap suara yang dihasilkan sangat jernih dan kaya. Baik saat mendengarkan musik, menonton film, atau video conference, kualitas audionya selalu mengesankan.

Teknologi AI Noise-Cancelling

Fitur AI noise-cancelling pada mikrofon juga sangat membantu, terutama saat saya harus mengikuti rapat online di lingkungan yang tidak ideal. Teknologi ini secara efektif mengurangi suara latar belakang, memastikan suara saya tetap jelas dan terdengar oleh rekan kerja atau klien. Ini membuat komunikasi menjadi lebih lancar dan profesional.

Baterai yang Tahan Lama

Daya Tahan Baterai yang Impresif

Salah satu aspek yang sangat saya perhatikan dalam memilih laptop adalah daya tahan baterai. Zenbook S 13 OLED (UX5304) dilengkapi dengan baterai berkapasitas 63 WHrs yang mampu bertahan sepanjang hari. Dalam pengujian saya, laptop ini mampu bertahan hingga 14 jam untuk streaming video, yang sangat mengesankan mengingat desainnya yang sangat tipis.

Pengisian Daya yang Cepat

Selain daya tahan baterai yang panjang, kemampuan pengisian daya cepat juga sangat berguna. Dengan dua port USB Type-C® Thunderbolt™ 4, laptop ini dapat diisi daya dengan cepat, memungkinkan saya untuk kembali bekerja tanpa harus menunggu lama. Ini sangat berguna saat saya berada di perjalanan dan membutuhkan waktu pengisian yang singkat.

Spesifikasi Lengkap

Main Spec.Zenbook S 13 OLED (UX5304)
CPUIntel® Evo™ Platform
Intel® Core™ i7-1355U Processor 1.7 GHz (12MB Cache, up to 5.0 GHz, 10 cores, 12 Threads)
Operating SystemWindows 11 Home
Memory16GB DDR5
Storage1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 Performance SSD
Display13,3-inch ASUS Lumina OLED, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, 60Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 550nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker
GraphicsIntel® Iris® Xe Graphics
Input/ Output1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
ConnectivityWi-Fi 6E(802.11ax) (Triple band) 2*2 + Bluetooth® 5.3
Camera1080P FHD IR Camera for Windows Hello
AudioAI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Smart Amp Technology
Battery63WHrs, 2S2P, 4-cell Li-ion
Dimension29.62 x 21.63 x 1.09 ~ 1.18 cm
Weight1 Kg
ColorsBasalt Grey
PriceRp23.999.000
Warranty2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty
Spesifikasi Lengkap

Kesimpulan: Laptop yang Mengubah Permainan

Zenbook S 13 OLED (UX5304) telah menjadi teman setia dalam setiap aktivitas saya. Baik saat bekerja, belajar, atau menikmati hiburan, laptop ini selalu dapat diandalkan. Desain yang ringan dan tipis memudahkan mobilitas, sementara performanya yang tangguh memastikan semua kebutuhan saya terpenuhi. Dan yang paling penting, komitmen ASUS terhadap keberlanjutan menjadikan laptop tipis dan ringan ini menjadi pilihan yang tidak hanya cerdas tetapi juga bijaksana.

Jika teman-teman sedang mencari laptop ultraportabel yang tidak mengorbankan performa atau konektivitas, Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah jawabannya. Percayalah, sekali mencoba, Kamu tidak akan ingin kembali ke laptop yang lama. Laptop ini bukan hanya alat kerja, tetapi juga bagian dari gaya hidup yang mendukung mobilitas dan keberlanjutan. Jadi, bersiaplah untuk mengubah cara Kamu bekerja dan berkreasi dengan laptop tipis dan ringan ini.

Dari pengalaman saya, laptop ini benar-benar memenuhi segala kebutuhan saya sebagai pekerja kreatif. Oh iya laptop ini terdiri dari 2 varian, dengan prosesor Intel® Core™ i7-1355U dan Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155U. Sedangkan untuk warna cover juga terdiri dari 2 warna yaitu Basalt Grey dan Ponder Blue.

12 tanggapan pada “ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304): Laptop Tipis dan Ringan Menakjubkan”

  1. Pecinta asus tunjuk tangaaan, hehee
    Dari pertama make laptop udah pake asus sampe ganti 3 kali
    Ini terbaru Masyaallaaah tipisnyaa, jadi minder liat asus yang di rumah hahaa
    Cakep banget, smoga ada rejeki nanti ganti laptop Zenbook s 13 OLED

  2. Ah, speknya mantap banget nih Asus Zenbook S-13 Oled UX5304. Laptop setipis ini, tapi port-nya banyak. Laptopku port USB type C-nya cuma 1. Duh…jadi harus siap perangkat tambahan deh…
    Keren banget, ada fitur AI noise cancelling. Ini cocok banget buat ngajar/presentasi online.

  3. Memang Asus Ini terus berinovasi. Dan Sekarang hadir Dengan laptop ringan dan tipis, namun performanya tak tertandingi. Ramah lingkungan lagi. Mantap nih, bisa diajak tempur ke mana saja.

  4. ASUS emang luar biasa banget sih perkembangannya. kayak jarak waktu antar launching tuh nggak beda-beda jauh lah.

    Benar-benar kayak memanjakan para pekerja yang selalu memanfaatkan laptop. Mantap.

  5. Dengan setipis itu (1cm) Zenbook S13 ini cocok banget buat mereka yang punya mobilitas tinggi. Ringan, tidak memberatkan, tapi fungsional dengan teknologi kekinian. ASUS tuh ya memang gesit banget inovasinya. Ada aja kemajuan teknologi yang mereka hadirkan ke publik.

  6. Duh tambah mupeng pingin ASUS Zenbook S13 OLED (UX5304)

    auto ngintip saldo tabungan ^^

    mupeng lihat tipis dan ringan (kebayang bisa masuk hand bag dengan asyik)

    speknya, tampilannya yang mewah dan layarnya dong yang bikin betah seharian di depan laptop

  7. Asus memerhatikan kenyamanan penggunanya biar betah dan aman saat berlama2 dengan laptop. Apalagi juga bikin makin produktof dengan spek yang mengagumkan

  8. Saya tuh tipikal orang yang ke mana aja pasti bawa laptop di tas. Tapi Ya Allah laptop yang sekarang ini beratnya minta ampun. Kalau gak dibawa, ntar nyesel karena ada aja yang mesti dikerjakan. Nah, kalau pakai ASUS Zenbook S 13 OLED UX5304 ini kan manteppp, tipis dan ringan. No pegel pegel bahu dah~

  9. Suka banget karena ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) ini gak hanya mementingkan desain, tetapi juga speknya luar biasa. Menggunakan Intel® Core™ Ultra 7, uda gak pake lagging kalau digunakan multitask yaa..

  10. Memang ya Axus ini, segala jenis laptop ada deh. Mau yg model gimana sesuai kebutuhan, ada banget. Zenbook ini pas banget buat dibawa kemana-mana, desainnya keren, speknya juga ga kaleng-kaleng. Semoga ada rejeki..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!