Lompat ke konten

Review ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507V: Laptop Gaming untuk Pekerja Kreatif

  • Gadget-Life
  • 12 min read
ASUS TUF Gaming F15 2023 - FX507V

Alhamdulillah setelah beberapa waktu lalu mencoba Zenbook 14X OLED (UM5401) yang powerful, kemarin saya berkesempatan untuk mencoba sebuah laptop ASUS seri TUF yang spesifikasinya jauh mumpuni. Kesempatan saya secara langsung mencoba ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507V dan Saya akan mencoba mengulas dari sudut pandang seorang pekerja kreatif.

Bagi saya sendiri, laptop gaming tidak hanya ditujukan kepada para gamer semata, tetapi juga bisa digunakan dengan baik untuk para pekerja kreatif yang membutuhkan laptop performa tinggi agar bisa menjalankan aplikasi berat seperti desain grafis, video editing, animasi, dan lain-lain.

Salah satu laptop gaming yang menawarkan performa tinggi adalah ASUS TUF Gaming seri ini yang cocok untuk semua kalangan. Laptop ini hadir dengan prosesor Intel Core Generasi 13 terbaru yang disandingkan dengan GeForce RTX 4050 GPU. Bagaimana kualitas dan pengalaman saya menggunakan laptop ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507V: Spesifikasi dan Fitur Lengkap

ASUS TUF Gaming F15 2023

Tentunya bagi seorang pekerja kreatif membutuhkan laptop yang dapat mengatasi tugas-tugas yang memerlukan daya komputasi tinggi, grafis yang kuat, dan juga portabilitas untuk bekerja di berbagai tempat.

Menurut saya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih laptop untuk pekerja kreatif, sebut saja mulai spesifikasi prosesor yang kuat, kartu grafis mumpuni, memiliki RAM yang cukup besar, media penyimpanan dengan kecepatan akses yang tinggi, layar berkualitas dengan resolusi tinggi plus warna akurat atapun dari segi portabilitas, konektivitas, baterai dan paling penting anggarannya hahahah.

Spesifikasi

ASUS TUF Gaming yang saya coba ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Prosesor: Intel® Core™ i9-13900H Processor (24MB Cache, 2.6 GHz up to 5.4 GHz, 14 cores: 6 P-cores and 8 E-cores) with Power Play
  • Windows 11 Home 64 Bit & Pre-Installed Microsoft Office Home Student 2021
  • Grafis: NVIDIA® GeForce RTX™ 4050 Laptop GPU, up to NVIDIA® GeForce RTX™ 4060 with with 8GB VRAM GDDR6. TGP Up to 140W.
  • Memori: 16GB DDR4 3200Mhz SO-DIMM dual-channel Up to 32GB
  • Penyimpanan: 512GB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD Up to 2TB
  • Layar: 15.6″ Inch (16:9) IPS FHD (1920 x 1080) 16:9 144Hz Up to QHD 240Hz
  • Audio: Dolby Atmos, AI noise-canceling technology Support Microsoft Cortana near field/Far field Built-in array microphone, Hi-Res certification
  • Kamera: 720P HD camera
  • Keyboard dan Touchpad: Backlit Chiclet Keyboard 1-Zone RGB Touchpad
  • Baterai: Up to 90Wh 4S1P, 4-cell Li-ion with 240 Adapter.
  • Port: 1x RJ45 LAN port, 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery / G-SYNC, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
  • Wi-Fi 6 (802.11ax) & Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2 (*BT version may change with OS upgrades.)
  • Bobot: 2.32 kg

Fitur

ASUS TUF Gaming F15 2023 - FX507V

ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507V memiliki beberapa fitur unggulan yang membuatnya menarik untuk pekerja kreatif, antara lain:

  • Xbox Game Pass: Laptop ini sudah termasuk langganan Xbox Game Pass selama tiga bulan yang memberikan akses ke lebih dari 100 game PC berkualitas tinggi di Windows. Ini tentu menjadi nilai tambah bagi pekerja kreatif yang juga suka bermain game di waktu luang.
  • Bundle TUF backpack: Laptop ini juga dilengkapi dengan tas ransel TUF yang dirancang khusus untuk melindungi laptop dari benturan dan goresan. Tas ransel ini juga memiliki banyak kantong untuk menyimpan aksesori lainnya seperti mouse, charger, headset, dan lain-lain.
  • AI noise-canceling technology: Teknologi ini mampu mengurangi suara bising dari luar saat menggunakan mikrofon atau speaker. Ini sangat berguna bagi pekerja kreatif yang sering melakukan video call atau rekaman suara.
  • Adaptive-Sync technology: Teknologi ini mampu menyinkronkan refresh rate layar dengan frame rate grafis sehingga menghasilkan gambar yang lebih halus dan tanpa tearing. Ini sangat penting bagi pekerja kreatif yang membutuhkan akurasi warna dan detail gambar.
Baca Juga  ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304): Laptop Tipis dan Ringan Menakjubkan

Desain

ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507V memiliki desain yang kokoh dan elegan dengan warna Jaeger Grey. Laptop ini memiliki bodi yang terbuat dari plastik dengan tekstur yang menarik dan logo TUF di bagian belakang layar yang di-emboss.

ASUS TUF Gaming F15 2023 - FX507V

Pada keyboard terlihat jelas bagaimana touchpad mendukung desain anime Mecha. Selain itu pada touchpad juga mendukung gestur multi-touch seperti pinch-to-zoom, scroll, atau swipe. ASUS TUF Gaming ini memiliki keyboard chiclet dengan satu zona RGB backlight yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna. Keyboard ini memiliki ukuran tombol yang cukup besar dan jarak antara tombol yang cukup lebar. Ada juga memiliki tombol khusus untuk mengatur volume, mikrofon, kamera, dan mode performa.

ASUS TUF Gaming F15 2023 - FX507V

Berbicara tentang keyboard juga terlihat bergaya desktop yang telah dioptimalkan untuk bermain game atau bekerja menggunakan shortcut. Pada lampu latar Mini LED RGB yang seragam memungkinkan ktia sebagai pengguna bisa mengekspresikan gaya unik sendiri, tinggal diatur mau warna apa saja. Aksen tombol WASD yang terlihat berbeda warna juga memberi pintasan visual ke perintah pergerakan pada ASUS TUF gaming ini. Tombol-tombol yang ditekan juga memiliki respon yang cepat dan mudah karena adanya teknologi overstoker. Paling penting keyboardnya presisi banget!

Laptop ini juga memiliki sertifikat MIL-STD-810H yang menunjukkan bahwa laptop ini tahan terhadap guncangan, suhu ekstrem, kelembaban, dan debu. Laptop ini memiliki bobot 2.2 kg yang masih tergolong ringan untuk ukuran laptop gaming.

Dari sisi kamera sudah ada HD 720p di bagian atas layar. Kamera ini mendukung teknologi AI face login yang dapat membuka laptop dengan mengenali wajah pengguna. Kamera ini juga mendukung teknologi AI noise-canceling yang dapat mengurangi suara bising dari luar saat menggunakan mikrofon atau speaker.

Untuk port pada kiri dan kanan laptop juga cukup lengkap, sudah ada 1x RJ45 LAN port, 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery / G-SYNC, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A dan 1x 3.5mm Combo Audio Jack.

Kinerja

ASUS TUF Gaming F15 2023 - FX507V

ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507V memiliki kinerja yang sangat baik berkat prosesor Intel® Core™ i9-13900H yang merupakan prosesor generasi 13 terbaru dari Intel dengan 14-core dan 20-thread, yang mampu beroperasi hingga 5,4 GHz. Prosesor ini mampu menjalankan berbagai aplikasi berat dengan cepat dan mulus. Prosesor kelas atas ini diciptakan untuk memberikan pengalaman bermain yang seru di perangkat yang lebih kompak, lebih tipis, dan lebih mudah dibawa. Dengan sistem pendinginan canggihnya dapat mengatasi tugas berat dengan sangat mengesankan.

Laptop ini juga didukung oleh grafis NVIDIA GeForce RTX 4050 up to GeForce RTX 4060 dengan MUX Switch + NVIDIA® Advanced Optimus dengan TGP Maksimal 140W. Belum lagi didukung oleh NVIDIA DLSS 3, Ray Tracing, teknologi hemat energi Ada Lovelace yang canggih, dan teknologi Max-Q yang cerdas menawarkan performa grafis yang tinggi mampu menghasilkan gambar yang realistis dan detail untuk berbagai keperluan seperti gaming, desain grafis, video editing, dan lain-lain.

ASUS TUF Gaming F15 2023 - FX507V

Dari informasi yang coba saya cari dari laman web resmi ASUS dan beberapa youtuber techno, bisa di katakan NVIDIA® Advanced Optimus merupakan teknologi yang memungkinkan laptop untuk beralih secara dinamis antara grafis terintegrasi (dalam prosesor) dan grafis diskrit (GPU NVIDIA) sesuai dengan aplikasi yang sedang berjalan. Teknologi ini memberikan beberapa manfaat, seperti:

  1. Meningkatkan performa gaming dengan menghubungkan GPU NVIDIA langsung ke layar, tanpa melalui grafis terintegrasi. Hal ini mengurangi latensi dan overhead saat menjalankan game atau aplikasi 3D.
  2. Menghemat daya baterai dengan menggunakan grafis terintegrasi untuk aplikasi ringan seperti browsing, streaming, atau mengetik. Hal ini memperpanjang durasi baterai saat tidak bermain game.
  3. Mendukung fitur-fitur khusus GPU NVIDIA seperti G-SYNC, refresh rate tinggi, dan ray tracing. Fitur-fitur ini dapat meningkatkan kualitas dan pengalaman gaming dengan membuat gambar lebih halus, responsif, dan realistis.
Baca Juga  Buka Bareng Puasa ? Ngabuburit Santai Dulu Bersama OPPO F7

NVIDIA Advanced Optimus bekerja dengan menggunakan sebuah switch hardware yang disebut MUX Switch. Switch ini dapat mengubah sumber sinyal yang dikirim ke layar antara grafis terintegrasi dan grafis diskrit. Switch ini dikontrol oleh driver NVIDIA yang memiliki daftar aplikasi yang dapat memicu perubahan mode. Pengguna juga dapat mengubah mode secara manual melalui NVIDIA Control Panel.

ASUS TUF Gaming F15 2023 - FX507V

Fyi, Ray tracing yang dapat mensimulasikan perilaku cahaya di dunia nyata. Dengan teknologi ini, kamu bisa menikmati efek cahaya dan bayangan yang lebih indah dan realistis di game-game terbaru. Sedangkan teknologi DLSS 3 dapat meningkatkan kualitas gambar dan performa dengan menggunakan kecerdasan buatan. Dengan teknologi ini, kamu bisa bermain game dengan resolusi tinggi dan frame rate tinggi tanpa mengorbankan kualitas gambar.

Ini artinya kita sebagai pengguna dapat mengandalkannya untuk memberikan kinerja yang luar biasa dalam banyak game/ aplikasi desain grafis terbaru, bahkan pada resolusi 1440p, dengan frame rate yang tinggi.

ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507V memiliki RAM 16 GB yang cukup besar untuk multitasking dan bisa di-upgrade hingga 32 GB. Untuk media penyimpanan menggunakan SSD 512 GB yang sangat cepat untuk membuka file-file besar. Ram atau memori adalah tempat untuk menyimpan data sementara saat menjalankan program. Semakin besar memori, semakin banyak program yang bisa dijalankan tanpa lag. Penyimpanan adalah tempat untuk menyimpan data permanen seperti file, foto, video, atau game. Semakin besar penyimpanan, semakin banyak data yang bisa disimpan. Apalagi laptop ini menggunakan SSD yang merupakan jenis penyimpanan yang lebih cepat dari HDD karena tidak menggunakan piringan berputar. Dengan SSD, laptop bisa booting lebih cepat dan membuka file lebih cepat.

TUF gaming ini juga sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 11 Home dan juga pre-installed dengan Office Home and Student 2021, yang siap mempermudah produktivitas kita sehari-hari.

Baterai

Kamu bisa menikmati laptop ini lebih lama tanpa harus sering mencari colokan listrik karena memiliki kapasitas Baterai 90Wh. Baterainya yang besar bisa bertahan lama saat kamu browsing atau nonton video, dan kalau baterainya habis, kamu bisa mengisi ulangnya dengan cepat berkat fitur fast charging. Cukup 30 menit, baterainya sudah terisi setengahnya.

Layar

ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507V memiliki layar 15.6 inci dengan resolusi FHD (1920 x 1080) dan refresh rate 144 Hz. Layar ini menggunakan panel IPS-level yang menawarkan sudut pandang yang luas dan warna yang cerah. Dengan G-SYNC, tampilan akan selalu bergerak seirama dengan grafis dari GPU Anda. Hasilnya? Lag yang minim, patah-patah yang jarang, dan tampilan tanpa sobekan yang membuat pengalaman bermain game lebih halus dan nyata. Layar FHD-nya juga bisa menampilkan semua warna dengan sangat baik, mencapai 100% dari spektrum warna sRGB yang digunakan oleh para profesional. Semua ini dikemas dalam desain layar yang mencakup 80% dari keseluruhan bodi perangkat, yang akan membuat video dan game terasa lebih menghanyutkan tanpa mengorbankan kemudahan dibawa-bawa.

Baca Juga  9 Alasan Keren Kenapa Harus Memilih ASUS ROG Phone 3

Fitur Pendingin Mantap!

Laptop ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507V memiliki fitur pendinginan yang canggih dengan menggunakan 84-blade Arc Flow Fans™ dan 5 heat pipe. Fitur ini berfungsi untuk menjaga suhu komponen laptop tetap optimal dan meningkatkan performa gaming dan pekerjaan kreatif. Berikut adalah penjelasan tentang fitur ini:

  • 84-blade Arc Flow Fans™ adalah kipas pendingin yang memiliki desain khusus pada bilah-bilah kipas yang memiliki ketebalan yang bervariasi, dari 0,1 mm hingga 0,36 mm. Bentuk ini membuat aliran udara menjadi lebih baik dan mengurangi kebisingan kipas.
  • 5 heat pipe adalah pipa-pipa tembaga yang berfungsi untuk mengalirkan panas dari komponen-komponen panas seperti prosesor, grafis, dan memori ke heatsink yang terletak di dekat ventilasi exhaust. Heatsink adalah komponen yang berbentuk sirip-sirip logam yang membantu mendinginkan panas dengan cara menghembuskannya keluar laptop melalui kipas.
  • Fitur pendinginan ini juga didukung oleh teknologi self-cleaning cooling system 2.0 yang dapat mencegah debu masuk ke dalam laptop dan mengganggu kinerja pendinginan. Teknologi ini menggunakan saluran-saluran khusus yang dapat meniupkan debu keluar laptop secara berkala.

Audio

ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507V  memiliki dua speaker stereo di bagian bawah laptop dengan daya output sekitar 2 W. Speaker ini mendukung software AI noise-canceling technology yang dapat mengurangi suara bising dari luar saat menggunakan mikrofon atau speaker. Speaker ini juga mendukung Dolby Atmos Hi-Res certification yang dapat menghasilkan suara surround virtual. Speaker ini memiliki kualitas suara yang cukup baik dengan volume yang cukup keras dan jernih untuk musik, film, atau game.

Harga

Laptop ini dibanderol dengan harga mulai Rp. 29.99,000 yang terbagi dalam beberapa jenis spesifikasi. Menurut saya harga ini masih terjangkau bagi pekerja kreatif yang membutuhkan laptop dengan performa tinggi. Ada harga ada barang gan!

Kesimpulan

ASUS TUF Gaming F15 – FX507V adalah laptop gaming yang cocok bagi pekerja kreatif yang membutuhkan performa tinggi untuk menjalankan aplikasi berat seperti desain grafis, video editing, animasi, dan lain-lain. Laptop ini memiliki prosesor Intel® Core™ i9-13900H dan grafis NVIDIA GeForce RTX 4050 yang merupakan generasi terbaru dari Intel dan NVIDIA. Laptop ini juga memiliki fitur-fitur unggulan seperti Xbox Game Pass, bundle TUF backpack, AI noise-canceling technology, dan Adaptive-Sync technology. Laptop ini memiliki desain yang kokoh dan elegan dengan sertifikat MIL-STD-810H. Laptop ini juga memiliki layar 15.6 inci dengan refresh rate 144 Hz, keyboard chiclet dengan satu zona RGB backlight, touchpad berukuran besar dengan tombol terpisah, speaker stereo dengan Dolby Atmos Hi-Res certification, kamera HD 720p dengan AI face login, dan port-port lengkap termasuk USB-C dengan DisplayPort™. Laptop ini memiliki baterai 90 Wh yang cukup tahan untuk laptop gaming dan harga sekitar Rp. 29.999.000 yang tergolong cukup mahal tetapi sebanding.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman pekerja kreatif yang sedang mencari laptop gaming dengan performa tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!