Lompat ke konten

ASUS Zenbook 14 OLED UX3405: Ringan, Bertenaga, Layar Menakjubkan

  • Gadget-Life
  • 11 min read
ASUS Zenbook 14 OLED UX3405

Hola.. bagaimana puasanya? Mudah-mudahan berjalan dengan baik dan lancar ya. Setelah beberapa waktu lalu saya sempat review laptop ASUS TUF Gaming F15 2023 – FX507V, kali ini saya akan coba mengulas laptop terbaru ASUS yaitu Zenbook 14 OLED UX3405.

Kesempatan saya untuk mencoba perfoma dari laptop ini pada saat bukber dengan beberapa teman blogger Pekanbaru, yang mana pada kesempatan tersebut salah seorang teman membawa laptop dengan desain ramping ini.

Komputer jinjing ini hadir dengan prosesor Intel® Core™ Ultra Series, yang mana menjadi prosesor Intel generasi terbaru yang telah didukung oleh AI dan mampu memberikan kemudahan pemrosesan aplikasi secara lebih baik, irit daya dan tentu jauh lebih optimal.

Saya akan coba mengulas secara singkat namun lengkap melalui artikel ini.

ASUS Zenbook 14 OLED UX3405: Inovasi Terbaru dalam Laptop Ultraportable

Zenbook 14 OLED UX3405

Jujur saja, laptop ini merupakan pilihan sempurna bagi para profesional dan pengguna yang menginginkan pengalaman menggunakan laptop yang istimewa. Dengan desain yang elegan dan portabilitas yang luar biasa, laptop ini menawarkan performa tinggi yang cocok untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Hadir dengan prosesor Intel terbaru, laptop ini menjanjikan kinerja yang tangguh.

Zenbook ini juga menjadi AI powered OLED laptop pertama di tanah air yang hadir dengan layar yang mengagumkan memberikan pengalaman visual yang memukau, sementara baterai yang tahan lama memastikan kita sebagai pengguna tetap produktif sepanjang hari. Dengan menggunakan komputer jinjing ini, kenyamanan dan produktivitas menjadi prioritas utama. Berikut beberapa spesifikasi yang saya lihat dan coba secara langsung.

Desain dan Portabilitas

Kesan pertama saya Ketika melihat laptop ini sangat estetik dan kompak. Memiliki desain premium yang ramping nan elegan dengan bodi yang terbuat dari aluminium. Belum lagi warna Ponder Blue yang elegan plus tulisan Zenbook semakin membuatnya terlihat mewah dan menarik.

Zenbook 14 OLED UX3405 desain depan

Pada saat tersebut Saya sangat yakin jika berat dari laptop ini ringan. Yess, ternyata tebakan saya benar, di mana laptop tipis & ringan ini memiliki berat yang hanya 1,2 kg dan memiliki ketebalan 14,9 mm. Tentunya ini menjadikan  Zenbook 14 OLED ini sangat mudah dibawa kemana saja sehingga bisa jadi pilihan yang tepat bagi profesional yang sering bepergian atau content creator yang membutuhkan perangkat yang dapat diandalkan tanpa beban berlebih.

Dan yang nggak kalah penting, baterainya tahan lama banget! Zenbook 14 OLED UX3405 ini punya baterai 75Wh yang bisa tahan seharian (15+ hours). Jadi, kamu bisa bebas beraktivitas tanpa khawatir kehabisan baterai. Meeting, nonton, main game? Semua bisa dilakukan tanpa perlu colok charger.

Adanya teknologi pengisan daya cepat sampai 20% lebih tinggi, sehingga masa pakai baterai bisa sampai 1.2x. Untuk pengisian baterai sendiri sudah menggunakan fitur USB-C® Easy Charge, sehingga Zenbook 14 OLED UX3405 hadir lebih supel karena dalam pengisian daya hanya membutuhkan adaptor USB-C®. ASUS juga mengklaim bisa melakukan pengisian daya melalui power bank.

Baca Juga  ASUS ROG Phone 7 Series The Real Gaming Phone

Menurut saya nih dengan kondisi baterai seperti ini menjadikannya salah satu laptop dengan daya tahan baterai terbaik di kelasnya.

Premium Performance: Kinerja Super dengan Prosesor Intel Core Ultra

Saya coba sempatkan deep dive ke dalam dunia performa premium ASUS Zenbook 14 OLED UX3405, yang hadir sebagai laptop Intel® Evo Edition yang menjanjikan performa top-notch plus ditanam chip grafis terintegrasi Intel® Arc terbaru. Bisa dikatakan Ini bukan sekadar laptop biasa, tetapi sebuah perangkat yang menggabungkan kecanggihan teknologi AI, tampilan visual yang memukau, dan ketahanan baterai yang luar biasa seperti yang saya sudah utarakan sebelumnya.

Performa AI-powered yang gahar Zenbook 14 OLED UX3405 ini dibekali dengan prosesor AI-powered Intel® Core Ultra Series yang bikin performanya itu loh, kenceng banget! Bayangkan, dengan AI di dalamnya, laptop ini bisa belajar dari kebiasaan kita dan otomatis menyesuaikan performanya untuk efisiensi maksimal. Kerjaan berat seperti editing video atau rendering desain? Pfft, jadi sepele buat si Zenbook ini.

Laptop ini juga hadir dengan 3 varian, ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz atau Intel® Core™ Ultra 5 Processor 125H 1.2 GHz. Sedangkan yang saya coba ini adalah varian Intel® Core™ Ultra 5 Processor dengan nama lengkap ASUS Zenbook 14 OLED UX3405MA.

Komputer jinjing ini menjanjikan kinerja multasking yang luar biasa dengan dukungan AI NPU (Neural Processing Unit) untuk respons yang cepat dan efisien. Sehingga tak perlu khawatir, karena semua berjalan tanpa mengekspoitasi daya secara berlebihan atau tak wajar. Saat melakukan pengeditan video, kolaborasi AI yang terintegrasi juga turut memberikan dampak penghematan masa pakai pada baterai. Belum lagi dengan adanya media penyimpanan SSD hingga 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD, RAM 32 GB, dan WiFi 6E (802.11ax), menejadikannya sebagai laptop ultraportable premium terbaik untuk saat ini.

Jujur saja nih, kebutuhan untuk editing video atau desain benar-benar dibabat oleh prosesor ini. Apa itu lemot!

Tak hanya prosesor, pada bagian layar juga tampil memukau. Hadirnya Lumina OLED membuat visual -nya memanjakan mata. Dengan resolusi 3K (2880×1800) yang tajam dan kecerahan hingga 600 nits, layar ini menghadirkan warna yang kaya dan kontras yang tinggi, memberikan pengalaman menonton, editing video, dan membuat pekerjaan desain yang benar-benar imersif. Dengan 100% DCI-P3 color gamut membuat reproduksi warnanya sangat akurat dan kaya.

Dan jangan lupakan refresh rate 120Hz yang membuat scrolling dan animasi terasa super smooth! Ditambah lagi, dukungan HDR yang bikin detail gambar makin jelas terlihat.

Baca Juga  ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304): Laptop Tipis dan Ringan Menakjubkan

Dari penggunaan selama review tsb, Saya yakin sekali laptop ini bisa memaksimalkan produktivitas saya. Dengan rasio layar 16:10 dan bezel ultra-tipis dengan screen-to-body ratio 87% benar-benar membuat mata saya menyala. Fitur Adaptive Sync pada layarnya yang bisa mengatur refresh rate secara automatic memastikan kualitas visual yang lebih halus. Layarnya juga memiliki waktu respon yang sangat cepat, hanya 0,2 ms. Ini berarti perpindahan antara gambar-gambar akan terjadi dengan sangat lancar.

Sertifikasi VESA Display HDR True Black 600 atau 500 memastikan detail yang luar biasa bahkan dalam kegelapan.

Teknologi perlindungan mata seperti pengurangan cahaya biru 70% dan sertifikasi TÜV Rheinland dan SGS Eye Care Display menambahkan kenyamanan saat digunakan. Ada juga opsi layar sentuh dengan dukungan stylus untuk lebih meningkatkan produktivitas.

Selanjut pada bagian chip grafis Intel® Arc menghadirkan akselerasi grafis dan perangkat keras ray tracing yang mengubah laptop sehari-hari. Dengan kinerja GPU yang mengesankan hingga 2x lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya, Zenbook 14 OLED ini memberikan pengalaman gaming yang imersif, responsivitas yang tinggi, dan performa yang tangguh.

Keunggulan lainnya, laptop ini lengkap dengan beragam port I/O, termasuk 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4. Ini mendukung tampilan dan pengisian daya, 1x HDMI 2.1 TMDS. Lalu, 1x Jack Audio Combo 3.5mm, Zenbook 14 OLED memastikan konektivitas yang fleksibel untuk berbagai keperluanmu donk.

Oh iya teman-teman, laptop ini juga didukung oleh Microsoft Windows 11 Home.

Premium Experience yang tak tertandingi

Nah ini! nggak cuma tampil dengan desain yang kece, tapi juga fitur-fitur yang bikin pengalaman penggunaan kamu makin premium. Dari sistem face login yang canggih, speaker yang powerful, keyboard yang nyaman dan senyap, sampai dengan mikrofon yang dukung AI noise-cancellation, semuanya dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan kenyamananmu. Let’s dive in!

  • Face Login: Keamanan Cepat dan Canggih Zenbook 14 OLED UX3405 menghadirkan sistem face login terbaru yang memanfaatkan Windows Hello Infrared (IR) camera. Ini bukan hanya soal kecepatan masuk ke sistem, tapi juga tentang keamanan yang ditingkatkan. Kamu nggak perlu repot-repot mengetik password atau scan sidik jari, cukup dengan ‘tatapan’ aja, dan voila! Laptop siap digunakan dalam sekejap. Eh Tatap mata Ojan!!
  • Speaker Super-linear: Suara yang Menggelegar Untuk kamu yang suka menikmati musik atau film dengan kualitas audio yang top, speaker super-linear di Zenbook ini bakal memanjakan telingamu. Dengan dukungan dari Harman Kardon, speaker ini nggak cuma powerful, tapi juga menghasilkan suara yang jernih dan detail. Bayangkan mendengar setiap instrumen dalam lagu atau efek suara dalam film dengan jelas, itu yang ditawarkan oleh speaker super-linear ini. Belum lagi dengan Smart Amplifier, dan ASUS Audio Booster yang didukung oleh Dolby Atmos®, tentunya juga bakal memberikan pengalaman audio tak terlupakan di telinga.
  • ASUS ErgoSense Keyboard: Ketik dengan Nyaman dan Senyap Nah, buat kamu yang sering ngetik berjam-jam, ASUS ErgoSense Keyboard di Zenbook 14 OLED UX3405 ini dirancang khusus untuk kenyamananmu. Dengan travel key yang optimal dan respons yang pas, mengetik jadi lebih nyaman dan akurat. Plus, suaranya yang lebih senyap bikin kamu bisa bekerja di mana saja tanpa mengganggu orang lain.

Selain itu, laptop ini juga memiliki kamera FHD dengan IR function mendukung Windows Hello. Sementara shutter privasi memastikan keamanan privasi kamu.

Baca Juga  Kelebihan Tv Murah Berkualitas, Ini Dia Gan !!

Dengan kombinasi fitur-fitur canggih ini, ASUS Zenbook 14 OLED UX3405 menawarkan pengalaman premium yang tak tertandingi. Baik itu untuk kerja, belajar, atau hiburan, laptop ini siap mendukung semua aktivitas kamu dengan performa yang maksimal.

Premium Durability: Laptop Tangguh dengan Ekologis Ramah Lingkungan

Zenbook ini bukan hanya sekadar laptop elegan saja loh, tapi juga cukup tangguh. Komputer jinjing ini telah lolos uji ketahanan ekstrem berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Tau kan artinya???, Artinya ia telah menghadapi serangkaian tes yang mencakup kondisi operasi di lingkungan yang keras. Jadi, tak perlu khawatir saat membawanya ke mana-mana, Zenbook 14 OLED siap menghadapi tantangan apa pun!

Selain itu ASUS turut memperhatikan dampak lingkungan dengan menggunakan hingga 50% material daur ulang (PCR) dalam pembuatan laptop keren ini. Selain itu, desain kemasannya 100% dapat didaur ulang. Laptop ini juga melebihi standar efisiensi energi ENERGY STAR sebesar 50%. Jadi, selain tangguh, Zenbook 14 OLED juga ramah lingkungan.

Spesifikasi Lengkap

Main Spec. Zenbook 14 OLED (UX3405MA) 
CPU Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz, 16 cores, 22 Threads) with Intel® AI Boost NPU  Intel® Core™ Ultra 5 Processor 125H 1.2 GHz (18MB Cache, up to 4.5 GHz, 14 cores, 18 Threads) with Intel® AI Boost NPU 
Operating System Windows 11 Home 
Memory 32GB LPDDR5X  16GB LPDDR5X 
Storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD 
Display 14-inch ASUS Lumina OLED, 3K (2880 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 600nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker, Touchscreen with Stylus Support (in some models) 
Graphics Intel® Arc™ Graphics 
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack 
Connectivity Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3 
Camera FHD camera with IR function to support Windows Hello 
Audio Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified 
Battery 75WHrs, 2S2P, 4-cell Li-ion 
Dimension  31.24 x 22.01 x 1.49 ~ 1.49 cm 
Weight 1.2 Kg 
Colors Ponder Blue, Foggy Silver 
Price Rp17.299.000 (Ultra 5-125H / 16GB RAM / 1TB Storage / Non-touch)  Rp20.299.000 (Ultra 7-155H / 32GB RAM / 1TB Storage / Non-touch)  Rp21.299.000 (Ultra 7-155H / 32GB RAM / 1TB Storage / Touch) 
Warranty 2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty 
Spesifikasi lengkap

Dan terakhiiiiir, ASUS Zenbook 14 OLED UX3405 menurut saya adalah laptop ultraportable premium yang sangat ideal bagi pengguna yang membutuhkan laptop dengan performa tinggi, layar yang luar biasa, desain yang premium dan portabel, serta baterai yang tahan lama. Laptop ini sangat cocok untuk para profesional, pelajar, dan kreator yang membutuhkan perangkat yang dapat diandalkan untuk bekerja, belajar, dan berkreasi. Jika ada pertanyaan atau saran boleh donk di kolom komentarnyaa yaaa 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!