Lompat ke konten

Bagaimana ASUS Zenbook 14X OLED (UM5401) Mengubah Pengalaman Traveling Saya

  • Gadget-Life
  • 15 min read
ASUS Zenbook 14X OLED (UM5401)

Halo teman-teman apa kabarnya? Semoga selalu baik ya.. Kali ini saya mau bahas tentang laptop powerful ASUS Zenbook 14X OLED (UM5401) yang beberapa waktu lalu pernah saya coba secara langsung. Saya coba berikan sedikit ulasan tentang pengalaman saya menggunakannya dan mencoba memberikan ulasan terbaik dari sudut pandang saya dan apa saja relate nya dengan kegiatan ataupun kehidupan saya sehingga pada akhirnya menjadi Laptop Terbaik Versi Gue!

Throwback jauh ke belakang, saya rasa teman-teman pasti pernah juga melakukannya. Sering kali saya melakukan perjalanan dengan membawa laptop. Entah itu karena ada pekerjaan di luar kota, deadline yang harus dikerjakan pada saat liburan ataupun membawa laptop agar tetap produktif dan kreatif di destinasi perjalanan yang dilakukan.

Saking seringnya tak terhitung berapa kali saya berlibur dengan membawa laptop. Bagi saya dengan keadaan seperti ini sangat menguntungkan karena produktivitas saya tetap terjaga dengan baik. Menjalankan tugas-tugas pekerjaan, deadline blog, memeriksa email, atau bahkan mengikuti pertemuan virtual mendadak jika diperlukan boleh juga.

Saya juga bisa melakukan pengeditan foto dan video perjalanan dengan mudah, sehingga momen perjalanan bisa saya bagikan secara realtime kepada pembaca blog ataupun follower di media sosial saya. Belum lagi saya bisa menyimpan dan menyinkronkan data, catatan perjalanan, berkas multimedia lebih atau dokumen penting sekalipun. Sehingga tidak ada lagi kelemahan di saat memori smartphone penuh, karena berkas-berkasnya bisa di transfer ke laptop.

Maklumlah semakin bertambah umur kadang-kadang jiwa malas ini semakin bergejolak. Banyak kejadian ketika saya sudah mendokumentasikan perjalanan dalam bentuk foto dan video di destinasi wisata urung saya publish. Alasannya ya karena malas dan tidak semangat. Sampai di kediaman pasti dokumentasi yang ada bakal berlarut-larut untuk beranjak ke tahap edit.

Sebaliknya berbeda jika dikerjakan langsung di tempat atau destinasi saya berlibur. Pasti membuahkan hasil meski ada beberapa kendala lain yang menghambat produktivitas tersebut.

Kadang kala membawa laptop juga memudahkan saya untuk blogging atau menulis di saat jalan-jalan. Saya bisa mencatat pengalaman perjalanan, menulis cerita, atau memelihara blog perjalanan dari perjalanan yang saya jalani, dan pastinya saya juga dapat mengatur dan meng-edit konten dengan lebih baik daripada menggunakan perangkat mobile.

Kalau sedang bosan atau perjalanan tidak sesuai dengan apa yang kita rencanakan, kita bisa menggunakan laptop yang dibawa sebagai sarana perangkat hiburan yang hebat saat berlibur. Menghilangkan bosan dengan menonton film, mendengarkan musik, atau bermain game saat ingin bersantai di akhir hari setelah menjelajahi tempat-tempat menarik.

Dibalik itu semua penting juga untuk mempertimbangkan aspek-aspek praktis seperti keamanan dan mobilitas saat merencanakan perjalanan. Bagi saya ada juga beberapa kesulitan yang saya hadapi saat membawa laptop selama perjalanan:

  1. Berat dan Ukuran. Iya… laptop yang saya bawa lebih berat dan besar daripada tablet atau smartphone sehingga sulit untuk dibawa-bawa saat traveling. Saya harus membawa tas ransel besar untuk menampung laptop dan aksesorinya, seperti charger, mouse, dan kabel. Ini membuat saya merasa lelah dan tidak nyaman saat berjalan-jalan. Belum lagi saya harus korbankan seperti pakaian, handuk dan lainnya agar tas lebih ringan.
  2. Daya Tahan Baterai. Laptop yang saya gunakan sekarang baterainya mulai soak dan sudah 2 kali ganti baterai. Bergantung pada jenis perjalanan yang saya lakukan, mungkin sulit untuk menemukan stopkontak untuk mengisi daya baterai laptop secara continue di destinasi wisata. Mau tak mau saya perlu mengelola penggunaan baterai dengan bijak dan mungkin perlu membawa power bank atau adaptor tambahan.
  3. Ketergantungan pada Wi-Fi. Penggunaan Wi-Fi gratis tentu memikat semua orang, tak terkecuali saya. Laptop seringkali memerlukan akses Wi-Fi untuk berfungsi dengan baik. Masalahnya Wi-Fi pada laptop saya masih menggunakan versi lama, sehingga tidak bisa maksimal meski penyedia hotspot.
  4. Kualitas layer laptop yang biasa-biasa saja. Selama ini saya merasa sudah cukup dengan situasi yang saya miliki. Fyi, laptop saya memiliki layar yang kurang bagus, dengan resolusi rendah, warna pudar, dan sudut pandang sempit. Saya tidak bisa menikmati konten multimedia dengan baik, apalagi mengedit foto atau video yang saya ambil saat travelling. Saya juga sering kesulitan melihat layar saat berada di bawah sinar matahari atau cahaya terang.
  5. Kinerja juga biasa-biasa saja. Laptop saya memiliki prosesor yang lemah, RAM yang sedikit, dan kapasitas penyimpanan yang terbatas. Saya sering mengalami lag, hang, atau crash saat menjalankan aplikasi atau program yang berat, seperti browser dengan banyak tab, office generasi tinggi, atau software editing. Saya juga harus sering menghapus file-file lama untuk membuat ruang kosong di hard disk saya.
Baca Juga  Bingung Memilih Smartphone? Ini dia 3 Alasan Kenapa Asus ZenFone Layak Dijadikan Pilihan

Walaupun demikian, masalah layar ini masih bisa saya redam dengan selalu berliburan secara bahagia dan Ikhlas. Tetap membawa laptop berat dan yang biasa-biasa saja, sampai Ketika…..

Kepincut ASUS Zenbook 14X OLED (UM5401)

ASUS Zenbook 14X OLED (UM5401)

Iya sampai ketika seorang teman blogger mengajak saya ke salah satu event yang memperkenalkan sebuah laptop premium dan powerful dari ASUS. Pada awalnya saya tidak mengetahui jenis laptop tersebut dan hanya melihat bagaimana desain dan bentuknya. Tetapi.. itu sudah cukup membuat saya jatuh cinta pada pandangan pertama.

Saya melihat ASUS Zenbook 14X OLED (UM5401) yang merupakan salah satu model terbaru dalam seri ASUS Zenbook, yang dikenal dengan desainnya yang ramping dan fitur-fitur inovatif serta dirancang untuk pengguna profesional dan kreatif. Seakan menjawab kegundahan yang saya alami perihal laptop pada saat traveling.

Pada event tersebut saya juga berkesempatan memegang dan mencoba secara langsung bagaimana penampilan dan kinerja Zenbook series ini. Pastinya laptop ini memiliki spesifikasi teknis yang mengesankan.

Kinerja dan Performa Mantap!

Pada bagian prosesor Zenbook 14X OLED (UM5401) menggunakan prosesor Ryzen™ 9 5900HX Mobile Processor dengan AMD Radeon™ graphics, salah satu prosesor terbaik di kelasnya. Pekerjaan multitasking bisa dilaksanakan dengan mudah, karena prosesor ini memiliki 8 core dan 16 thread dengan cache 20MB, yang artinya bisa menjalankan banyak aplikasi atau program secara bersamaan tanpa mengalami penurunan performa. Saya bisa menulis blog, browsing, streaming, dan berkomunikasi dengan keluarga atau teman secara simultan dengan lancar.

Dengan kecepatan maksimal hingga 4.6 GHz, mampu menghasilkan grafis yang halus dan realistis untuk berbagai jenis game. Kita bisa bermain game-game populer seperti Cyberpunk 2077, Assassin’s Creed Valhalla, atau Call of Duty: Warzone dengan kualitas tinggi dan framerate stabil.

Saya juga bisa meningkatkan kinerja dalam tugas-tugas kreatif semisal desain grafis, video editing ataupun pekerjaan lainnya. Dengan arsitektur Zen 3 saya bisa mengedit foto atau video yang saya ambil saat travelling dengan mudah dan cepat, serta mendapatkan hasil yang berkualitas dan profesional.

Prosesor AMD Ryzen™ 9 5900HX Mobile Processor juga mendukung teknologi AMD SenseMI, yang memungkinkan prosesor untuk menyesuaikan kinerja dan efisiensi sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Selain itu prosesor ini memiliki TDP yang rendah, yaitu 35W, yang artinya hemat daya dan tidak mudah panas. Prosesor ini juga dilengkapi dengan sistem pendinginan dual fan yang efektif untuk menjaga suhu prosesor tetap optimal. Saya bisa menggunakan laptop ini sepanjang hari tanpa khawatir baterai habis atau laptop overheat.

Laptop ini dilengkapi dengan RAM DDR4 16 GB, yang cukup besar untuk memastikan kinerja optimal laptop. RAM ini bisa menampung banyak aplikasi atau program yang berjalan secara bersamaan tanpa mengalami penurunan performa.

Di sisi media penyimpanan, Zenbook 14X OLED (UM5401) dilengkapi dengan penyimpanan SSD (Solid State Drive) berkapasitas 1TB, yang menggunakan antarmuka PCIe® 3.0 x4. Fyi, media penyimpanan ini memiliki kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih tinggi daripada HDD (Hard Disk Drive) biasa, sehingga membuat laptop dapat booting lebih cepat, membuka aplikasi lebih cepat, dan mentransfer data lebih cepat. Penyimpanan SSD juga lebih tahan guncangan, lebih senyap, dan lebih hemat energi daripada HDD.

Desain Premium dan Menarik

Desain ASUS Zenbook ini juga sangat elegan dan premium, dengan bodi metalik yang tipis dan ringan. Laptop ini memiliki ketebalan hanya 15.9 mm dan berat hanya 1.4 kg, sehingga mudah dibawa kemana saja. Zenbook 14X OLED (UM5401) ini memiliki bodi yang terbuat dari aluminium Alloy dan berwarna Jade Black, yang memberikan kesan kokoh dan elegan. Paling menarik, ternyata juga telah lulus uji standar militer AS MIL-STD 810H, yang menjamin ketahanan laptop terhadap guncangan, suhu ekstrem, kelembaban, debu, dan lain-lain. Pas banget kan buat di bawa berpetualang.

Baca Juga  Power Bank Murah Berkualitas Bagus? Cobain ASUS Zenpower Slim 6000 Ini Gan

Laptop ini juga dilengkapi dengan beberapa port, seperti port USB-C yang mendukung Power Delivery dan DisplayPort, port HDMI, port USB-A, slot microSD card reader, dan jack audio.

Wi-Fi 6 dan Baterai Mumpuni

ASUS Zenbook 14X OLED (UM5401) juga memiliki jeroan Wi-Fi 6 (802.11ax), yang merupakan standar jaringan nirkabel terbaru dan tercepat saat ini. Wi-Fi 6 mampu memberikan kecepatan transfer data hingga 2.4 Gbps, yang tiga kali lebih cepat daripada Wi-Fi 5 (802.11ac). Wi-Fi 6 juga mampu menangani lebih banyak perangkat secara bersamaan tanpa mengurangi kinerja jaringan.

Berbicara performa baterai, Zenbook ini memiliki baterai berkapasitas 63 Whrs, yang dapat bertahan hingga 16 jam untuk penggunaan normal. Laptop ini juga mendukung fitur fast charging, yang dapat mengisi daya hingga 60% dalam waktu hanya 49 menit.

Fitur Battery Health Charging yang ada pada laptop ini juga bisa mengatur tingkat pengisian baterai sesuai dengan kebutuhan pengguna. Fitur ini dapat membantu memperpanjang umur baterai dan mengurangi risiko kerusakan baterai akibat pengisian berlebihan.

Selain itu, laptop ini juga memiliki fitur ASUS Intelligent Performance Technology (AIPT), yang dapat menyesuaikan kinerja prosesor dan kipas pendingin sesuai dengan beban kerja dan suhu laptop. Fitur ini dapat membantu meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi konsumsi daya.

Layar OLED yang powerful

ASUS Zenbook 14X OLED (UM5401)

Dari penjelasan dan informasi yang saya dapat dari event yang saya ikuti tersebut, salah satu fitur yang paling menonjol dari ASUS Zenbook 14X OLED (UM5401) adalah layarnya yang menggunakan teknologi OLED (Organic Light Emitting Diode). Fyi, teknologi ini memungkinkan setiap piksel pada layar untuk menghasilkan cahaya sendiri tanpa perlu lampu latar LED seperti pada layar LCD. Hal ini membuat layar OLED memiliki kontras yang sangat tinggi, warna yang lebih akurat, sudut pandang yang lebih luas, dan waktu respons yang lebih cepat. Selain itu, layar OLED juga lebih hemat energi dan ramah mata karena mengurangi emisi cahaya biru yang berbahaya.

Layar Zenbook ini memiliki resolusi 2.8K (2880 x 1800) dengan rasio aspek 16:10, yang memberikan ruang layar yang lebih luas untuk multitasking dan produktivitas. Layar ini juga mendukung refresh rate 90Hz, yang membuat gerakan pada layar terlihat lebih halus dan responsif.

ASUS Zenbook 14X OLED (UM5401)

Layar ini juga memiliki kecerahan puncak HDR 550 nits, rentang warna DCI-P3 100%, dan rasio kontras 1.000.000:1, yang membuat gambar terlihat lebih hidup dan realistis. Semua keunggulan ini semakin mantap dengan adanya sertifikat VESA Display HDR True Black 500, PANTONE Validated, dan SGS Eye Care Display, yang menjamin kualitas dan kesehatan visual pengguna.

Hal menarik dari layar ini karena bisa di sentuh alias memiliki fitur touch screen, yang memudahkan pengguna untuk mengoperasikan laptop dengan sentuhan jari atau stylus. Saya beberapa kali coba sentuh sana dan sini dan hasilnya sangat responsif. Namun itu menggunakan jari manis, saya belum coba apabila menggunakan stylus hasilnya seperti apa.

Layar ini juga memiliki rasio screen-to-body 92%, berkat adanya desain NanoEdge yang membuat bezel layar sangat tipis. Layar ini juga dilengkapi dengan engsel ErgoLift 180°dirancang secara presisi yang membuat keyboard terangkat sedikit ketika laptop dibuka, sehingga memberikan sudut mengetik yang lebih nyaman dan sirkulasi udara yang lebih baik. Adanya fitur ini juga memudahkan kita sebagai pengguna untuk berbagi konten dengan sekitar lebih baik.

Keamanan dan Kemudahan

ASUS Zenbook 14X OLED (UM5401) juga memiliki fitur-fitur yang meningkatkan keamanan dan kemudahan pengguna seperti saya. Salah satunya adalah sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol Power, yang memungkinkan pengguna untuk menghidupkan dan masuk ke laptop dengan satu sentuhan saja. Sensor sidik jari ini juga mendukung Windows Hello, yang merupakan fitur keamanan biometrik dari Windows 10.

Belum lagi Zenbook ini menggunakan keyboard beklit, yang dapat menyesuaikan intensitas cahaya sesuai dengan kondisi lingkungan. Laptop ini juga memiliki touchpad NumberPad 2.0, yang merupakan touchpad sekaligus keypad numerik. Touchpad ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan menekan ikon kalkulator di sudut kanan atas. Touchpad ini juga mendukung gestur multi-touch untuk memudahkan navigasi. Saya sempat kewalahan pada awalnya karena tidak bisa menghidupkan fungsi ini hahahahah (karena ga tau caranya).

Ada juga kamera HD 720p yang dapat digunakan untuk video call atau konferensi. Kamera ini juga mendukung fitur AI Face Login, yang memungkinkan pengguna untuk masuk ke laptop dengan mengenali wajah mereka. Fitur ini juga dapat mengunci laptop secara otomatis ketika pengguna meninggalkannya.

Baca Juga  Bingung Memilih Power Bank? Berikut 6 Spesifikasi dan Harga Power Bank Hippo yang bisa Menjadi Referensi Anda

Kamera ini juga mendukung fitur ASUS AI Noise-Canceling Technology, yang dapat menghilangkan suara latar belakang saat melakukan panggilan video atau audio. Keren ga tuh!

Audio Imersif

ASUS Zenbook 14X OLED (UM5401)

ASUS Zenbook 14X OLED (UM5401) juga memiliki sistem audio yang berkualitas tinggi, berkat kerja sama dengan harman/kardon. Laptop ini memiliki dua speaker stereo yang menghasilkan suara yang jernih, kaya, dan detail serta efek surround sound yang imersif.

Speaker ini juga mendukung fitur ASUS SonicMaster Premium, yang dapat meningkatkan kualitas suara dengan teknologi peningkatan bass dan optimasi frekuensi. Laptop ini juga memiliki mikrofon array bawaan yang dapat menangkap suara dengan jelas dan mengurangi gangguan latar belakang.

Ada Teknologi ASUS IceCool Plus

ASUS Zenbook 14X OLED (UM5401)

Untuk menjaga suhu CPU dan GPU tetap dingin, bahkan untuk kinerja ekstrem sekalipun, ASUS telah menyiapkan ASUS IceCool Plus. Teknologi kipas ganda yang dapat berputar secara independen dan disesuaikan dengan kebutuhan pendinginan masing-masing komponen. Kipas ini juga memiliki desain baling-baling yang aerodinamis dan bantalan cair yang mengurangi gesekan dan keausan.

Dengan adanya teknologi ini performa laptop bisa meningkat dengan mencegah penurunan kecepatan jam CPU dan GPU akibat panas berlebih. ASUS IceCool Plus juga mampu memanfaatkan potensi penuh dari komponen-komponen kelas atas yang digunakan Zenbook ini.

Belum lagi teknologi ini bisa mengurangi kebisingan kipas dengan mengoptimalkan kecepatan putaran dan aliran udara plus dapat bekerja dengan tenang dan tidak mengganggu pengguna atau orang di sekitarnya.

Kalau yang saya rasakan sendiri adalah saya tetap nyaman (tidak panas) saat mengetik ataupun bekerja di atas permukaan laptop padahal laptop sedang bekerja multitasking. Suhu permukaan Zenbook ini tetap sejuk loh. Saya juga tidak mengalami thermal throttling atau penurunan performa karena suhu laptop yang terlalu tinggi.

Btw untuk harga jika dilihat dari website ofisial ASUS mulai dari Rp 17.799.000.

So… bagaimana capek ga bacanya?

Yang pasti, gegara event ini saya memutuskan untuk mencari laptop baru yang bisa mengatasi semua permasalahan laptop saya sebelumnya. Keinginan saya pada laptop yang ringan, tipis, kuat, dan tahan lama, memiliki layar yang bagus, speaker yang jernih, dan sistem operasi yang stabil tiba-tiba mengarah ke ASUS Zenbook 14X OLED (UM5401).

Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas Anda sepanjang hari

Kesimpulan

ASUS Zenbook 14X OLED (UM5401)

ASUS Zenbook 14X OLED (UM5401) adalah laptop yang sangat direkomendasikan bagi Kamu yang mencari laptop premium yang menggabungkan kinerja, portabilitas, dan tampilan visual yang menakjubkan. Laptop ini memiliki layar OLED 14 inci dengan resolusi 2.8K dan refresh rate 90Hz, yang memberikan pengalaman visual yang luar biasa. Laptop ini juga ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 9 5900HX Mobile Processor, yang merupakan salah satu prosesor mobile terkencang saat ini. Laptop ini juga dilengkapi dengan penyimpanan SSD 1TB, Wi-Fi 6, sensor sidik jari, kamera HD, sistem audio harman/kardon, dan fitur menarik lainnya. Laptop ini juga memiliki desain yang sangat elegan dan premium, dengan bodi metalik yang tipis dan ringan. Laptop ini juga telah lulus uji standar militer AS MIL-STD 810H, yang menjamin ketahanan laptop terhadap berbagai kondisi.

Jika teman-teman tertarik untuk membeli ASUS Zenbook 14X OLED (UM5401) ini, bisa langsung mengunjungi situs resmi ASUS Indonesia atau toko-toko online terpercaya lainnya.

Bagi saya pribadi, laptop ini menjadi sebuah impian dan keinginan serta menjadi Laptop Terbaik Versi Gue!

Disclaimer

Artikel yang saya buat berdasarkan sudut pandang dari saya pribadi (Laptop Terbaik Versi Gue!) dan berdasarkan apa yang saya alami ketika jalan-jalan. Terkait review penggunaan sesuai dengan apa yang saya coba pada event tersebut sedangkan untuk sisa informasi lainnya adalah pengembangan saya pribadi melalui ofisial ASUS website. Demikian artikel saya tentang ASUS Zenbook 14X OLED (UM5401) yang mampu mengubah pengalaman traveling saya nanti. Semoga artikel ini juga bermanfaat bagi para pembaca yang sedang mencari laptop baru. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!