Ikuti Cara Menjaga Imun di Era New Normal Supaya Tetap Fit

Ikuti Cara Menjaga Imun di Era New Normal Supaya Tetap Fit

Selamat anda menjadi penyintas!! iyaa penyintas Covid-19. Ya tanpa diduga saya pada akhirnya menikmati juga yang namanya virus covid-19 pada Februari lalu. Padahal saya sudah berusaha untuk menerapkan protokol kesehatan dan berbagai cara menjaga imun di era new normal. Tapi realitanya saya kena juga.

Memang siapa sangka sampai dengan era new normal saat ini wabah pandemi covid 19 belum juga berakhir. Supaya penyebaran virus tidak meluas maka masyarakat pun harus mematuhi protokol kesehatan 5M. Menjaga kondisi kesehatan sangatlah penting supaya terhindar dari virus tersebut.

Saya belajar banyak setelah mengalami dan mendapatkan penyakit tersebut. Alhamdulillahnya saya hanya kena gejala ringan, meskipun harus tetap dirawat di Rumah Sakit. Saya juga tak ingin teman-teman pembaca juga menjadi penyintas seperti saya, makanya kamu harus mengerti apa saja cara menjaga imun atau menjaga daya tahan tubuh di era new normal ini. Jangan biarkan virus mewabah hanya karena kamu tidak menjaga kondisi tubuh. Tetap memakai masker dimana pun dan kemana pun memang perlu diterapkan.

Cara Menjaga Imun di Era New Normal

Dari kasus covid-19 yang saya dapatkan, tidak diketahui dari mana asalnya. Jangan sampai teman-teman jatuh sakit terlebih saat masa pandemi new normal seperti saat ini. Sebetulnya banyak cara bisa kamu lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Hanya saja kebanyakan dari kamu mungkin menganggap sepele semuanya. Hal-hal yang bisa kamu lakukan rutin semisal berjemur di bawah sinar matahari agar tubuh mampu memperoleh asupan vitamin D. Tak hanya itu saja tetapi masih beragam hal lain yang tentunya bisa kamu lakukan di rumah.

Cara menjaga imun di era new normal supaya tetap fit

Beberapa waktu ke belakang sebelum artikel ini publish, penyebaran virus corona di tanah air semakin meningkat saja. Ada banyak sekali kasus yang terjadi bahkan kebanyakan dari mereka ada yang meninggal dunia. Pemerintah pun terus melakukan pencegahan agar tidak terus menyebar, mulai dari larangan untuk tidak melakukan beragam aktivitas di luar rumah hingga yang paling anyar akhir-akhir ini Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro. Pencegahan juga dilakukan dengan membentuk kekebalan kelompok atau komunitas (herd immunity) dengan melaksanakan vaksinasi massal di seluruh tanah air.

Baca Juga  5 Alternatif Obat Herbal untuk Mengatasi Kaki Lumpuh

Meskipun begitu selain melaksanakan prokes 5 M dan vaksinasi kita pribadi juga dianjurkan menjaga diri. Cara menjaga imun di era new normal pun menjadi pilihan kita semua. Ada beberapa pilihan untuk menjaga daya tahan tubuh kalian, diantaranya:

  • Selalu menjaga kebersihan
Cara Menjaga Imun di Era New Normal

Salah satu cara sederhana yang paling bisa kamu dan siapapun lakukan adalah dengan menjaga kebersihan diri. Yap benar… terlihat sepele, tapi semenjak pandemi hadir kebanyakan kasus berasal dari kebersihan tubuh. Biasanya kuman atau virus tersebut menempel melalui kulit yang menjadi lapisan terluar. Kita seharusnya mampu menjaga kebersihan supaya kuman tidak mampu menempel pada kulit. Usahakan agar selalu mencuci tangan dengan air bersih dan sabun. Semisal saja sebelum kamu makan, masak atau bahkan mengolah makanan usahakan mencuci tangan terlebih dulu.

  • Jagalah pola makan
Cara Menjaga Imun di Era New Normal

Tak bisa dipungkiri untuk menjaga pola makan ini menjadi hal yang menyulitkan, termasuk bagi saya sendiri. Dengan beragam alasan membuat kita melupakan menjaga pola makan sehari hari. Padahal tubuh kita membutuhkan nutrisi yang sehat dan baik.

Sel atau organ-organ di dalam tubuh tak bisa bekerja sendiri dalam merawat pertahanan kesehatan. Organ-organ ini perlu nutrisi yang cocok supaya bisa menjalankan fungsinya dengan baik. So.. agar daya tahan tubuh kamu terjaga sebaiknya perbanyak konsumsi buah serta sayur.

Kita bisa memperbanyak serat di dalam tubuh dengan rutin mengonsumsi sayur, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Hindari makanan yang memiliki lemak jenuh tinggi. Jangan lupa juga makan makanan yang mengandung vitamin (vitamin D, E, C), karotenoid, asam lemak, omega 3, zat besi, zinc dan mineral. Pasokan nutrisi ini tentunya bisa memberi tanggapan efektif saat berhadapan dengan mikroba berbahaya. Jadi virus maupun bakteri penyebab penyakit bisa menjauh.

Baca Juga  Cegah Virus Corona Agar Tak Mudah Tertular Versi a-pradana.Net

Hindari juga mengosumsi alkohol dan rokok. Apalagi banyak penelitian yang menjelaskan jika sistem pertahanan pada tubuh menjadi tak efektif pada orang-orang yang sering mengonsumsi alkohol. Mengosumsi alkohol yang banyak juga bisa menyebabkan pengurangan pada sel darah putih.

  • Berolahraga secara teratur
Cara Menjaga Imun di Era New Normal

Cara menjaga imun di era new normal yang selanjutnya bisa dengan melakukan olahraga teratur. Cara ini pula yang jujur saya membuat saya benar-benar tertantang. Fyi, olahraga pastinya mampu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh bahkan bisa juga menghilangkan stres. Jadi buat kamu yang sistem kekebalan tubuhnya rendah sebaiknya selalu memantau kondisi kesehatan tubuh. Kamu juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter dan menanyakan apakah jenis olahraga yang tepat dan bisa dilakukan agar kondisi tubuh kamu selalu terjaga.

  • Beristirahat yang cukup
Cara Menjaga Imun di Era New Normal

Sudah seharusnya selama di rumah kamu harus melakukan istirahat cukup. Mentang-mentang Work From Home (WFH) malah begadang atau tidur tidak teratur. Jangan sampai tubuh diforsir terus menerus hingga kelelahan pun melanda yang mana pada akhirnya malah hanya merugikan diri sendiri karena penyakit mudah hinggap. Supaya kondisi kesehatan tubuh kita selalu terjaga usahakan menyisihkan waktu beristirahat. Pastikan pula setiap harinya tubuh bisa beristirahat cukup sekitar 7 hingga 8 jam setiap harinya.

  • Mengurangi stres berlebihan
Cara Menjaga Imun di Era New Normal

Zaman sekarang siapa yang tak pernah stres. Rutinitas keseharian yang begitu padat seakan memicu hadirnya stres. Masalah pekerjaan, keluarga, percintaan dan masih banyak lainnya seakan terus menghantui kamu. Ada baiknya untuk mengusahakan agar tidak berpikiran lebih dalam (over thinking). Hindarilah segala hal yang mampu menimbulkan stres untuk diri. Kelola dan manage stres dengan beragam kegiatan positif. Membaca buku, nonton film, meditasi, konsumsi coklat bahkan melanjutkan hobi lama yang selama ini jarang dilakukan.

  • Mengonsumsi Suplemen
Cara Menjaga Imun di Era New Normal

Jangan kendor jaga imun di era new normal. Iya , sudah seharusnya kamu menjaga kondisi daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi suplemen kesehatan. Pastinya suplemen ini banyak kamu temukan di apotik, toko obat, ataupun mini market. Suplemen ini ternyata mampu tingkatkan imunitas dalam tubuh. Selain itu bisa juga melengkapi pola makan kamu sehari-hari. Jika vitamin dalam tubuh kamu lengkap maka kesehatan tubuh pun juga semakin meningkat. Bagi orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah sebaiknya kamu konsumsi suplemen vitamin. Yang pasti jangan biarkan kondisi kesehatan tubuh memburuk hanya karena tidak menerapkan pola hidup sehat.

Baca Juga  Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat, Ini Versi A-pradana.Net !

Hingga kini saya selalu rutin mengonsumsi suplemen ini meski saya juga sudah di vaksin 2 kali. Alhamdulillah sistem imun tubuh selalu terjaga dan mudah-mudahan ke depannya saya terus terhindari dari virus Covid-19.

Dari pengalaman saya menjadi penyintas atau penderita Covid-19 Februari lalu, ada banyak suplemen yang bisa dikonsumsi. Salah satu vitamin untuk daya tahan tubuh dan menjadi pembantu dalam kesembuhan saya adalah Redoxon Triple Action. Suplemen vintamin ini memiliki kandungan lengkap dan dibutuhkan dalam menjaga daya tahan tubuh, semisal vitamin C, D, dan zinc. Redoxon juga mampu menambah kadar antioksidan di dalam darah sebesar 30 persen sehingga berkontribusi pada sistem imun yang mampu melawan peradangan.

So teman-teman Itulah beberapa sekelumit atau beragaram tips cara menjaga imun di era new normal yang saya coba dan juga bisa teman-teman ikuti. Dengan menerapkan pola hidup sehat serta melakukan cara di atas maka InshaAllah kita bisa terhindar dari virus. Menjaga serta meningkatkan imunitas tubuh terbilang penting sekali. Apalagi masa pandemi covid seperti saat ini. Sudah seharusnya kita selalu menjaga imunitas tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit.

Semoga kita selalu dilindungi ALLAH SWT. Taat prokes 5M, vaksinasi dan jaga daya tahan tubuh kamu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *