Download Jadwal Imsakiyah Ramadhan Pekanbaru 2020/ 1441 H

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Pekanbaru 2020/ 1441 H

Sudah hampir 1 bulan di rumah dan sebagian ngantor saja karena pandemi wabah Corona (COVID-19) tak terasa sebentar lagi puasa dan membuat saya sedikit lebih produktif. Terbaru saya berkesempatan membuat imsakiyah Ramadhan Pekanbaru 2020/1441 H, bersumber dari situs resmi Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia.

Tentunya ini sangat berguna untuk masyarakat Kota Pekanbaru dan kota-kota lainnya di Indonesia dalam menjalankan ibadah puasa pada tahun 2020. Dengan download jadwal resmi, masyarakat khususnya umat Islam di Kota bertuah bisa tahu kapan saja saat untuk imsak, salat, magrib (berbuka puasa), sampai waktu isya untuk melakukan ibadah puasa Ramadhan sebulan penuh.

Untuk Ramadhan tahun 1441 H/ 2020 memang bertolak belakang jika dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya, sebab umat Islam di tanah air melaksanakan ibadah puasa disaat sedang terjadi wabah pandemi virus Corona. Sehingga keseruan beribadah setiap Ramadhan datang mungkin sedikit berkurang. Biar tak bosan bisa sambil mendengarkan lagu Aisyah Istri Rasulullah arahan Buya Yahya. Pemerintah melalui Kemenag telah membuat dan menerbitkan aturan melalui Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di tengah Pandemi Covid-19.

Ibadah Puasa di tengah Pandemi

Sebelum imsakiyah Ramadhan Pekanbaru 2020/ 1441 H saya buat, melalui Surat Edaran Kemenag Nomor 6 Tahun 2020, umat Islam diharapkan melaksanakan ibadah puasa selama Ramadhan dengan baik yang berdasarkan ketentuan fikih ibadah. Sedangkan untuk pelaksanaan Salat tarawih, terbagi dua panduan. Untuk panduan pertama, Salat tarawih dilakukan secara masing-masing ataupun dilaksanakan berjamaah bersama keluarga inti di dalam rumah masing-masing. Sedangkan untuk panduan kedua, masyarakat tidak diminta untuk melaksanakan kegiatan salat tarawih keliling. Pastinya dibulan Ramadhan, umat Islam di tanah air wajib menjalankan puasa dan berlomba-lomba melaksanakan ibadah walaupun di tengah pandemi seperti saat ini. Untuk kota Pekanbaru, peraturan ini ditambah dan diperkuat melalui Surat Edaran Walikota Pekanbaru Nomor : 450/SE/767/2020 Tentang Aktivitas Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H/ 2020 M Dalam Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID019).

Selain itu Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Sekretaris Komisi Fatwa (MUI) Asrorun Niam Sholeh menjelaskan jika beribadah pada bulan Ramadhan wajib dijadikan momentum emas untuk mempercepat penanganan wabah pandemi dengan etos dan semangat keagamaan. Pandemi bukan halangan untuk beribadah dan menjadikan bulan ini sebagai ladang amal untuk beribadah. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam melaksanakan ibadah Ramadhan bagi umat Islam di tengah pandemi Corona:

  1. Hindari kerumunan demi cegah penyebaran virus Corona. Sebgai contoh dengan menghentikan sementara kegiatan Salat berjamaah dan kegiatan lainnya di rumah ibadah. Pembatasan dalam kerumun tak bermaksud membatasi ibadah bagi umat Islam, karena ibadah bisa tetap dilaksanakan walaupun tanpa berkerumun. Sesuai anjuran WHO, kerumunan dalam situasi pandemi saat ini merupakan faktor potensial penyebaran wabah, maka oleh karena itu disarankan untuk melakukan physical distancing.
  2. Di dalam pandemi sekarang, umat Islam diharapkan untuk menjalankan segala aktivitas ibadah dari rumah, dengan menjadikan rumah tangga menjadi pusat aktivitas ibadah Ramadhan bersama keluarga. Ibadah di rumah bisa tetap dijalani dengan maksimal, termasuk ibadah Salat tarawih, Salat malam, kegiatan membaca Al Quran, hingga mempererat jalinan antar-anggota keluarga.
  3. Merubah kebiasaan beribadah seperti mengubah kebiasaan bersedekah secara langsung. Misalnya kebiasaan kita berbagai buka puasa bersama dalam bentuk makanan bersama dan mengundang tetangga diubah dengan cara mengirimkan makanan ke rumah oleh petugas ke rumah-rumah warga yang membutuhkan. Contoh lainnya kebiasaan membayar zakat secara langsung digeser dengan membayar zakat ke lembaga-lembaga amil yang terpercaya secara daring.Bisa juga bagi umat Islam yang biasa memberikan zakat atau sedekah dalam membangun sarana dan prasarana masjid, sebaiknya sumbangan itu terlebih dahulu dialokasikan untuk biaya penanganan Corona. Karena saat ini ramai masyarakat yang membutuhkan bantuan akibat terdampak oleh pandemi. Selain sedekah ataupun zakat, umat Islam juga diimbau untuk melaksanakan pengajian secara daring sebagai bentuk pengganti pengajian yang biasa dilaksanakan di masjid. Serta tetap melaksanakan Tadarus Salat Tarawih dan Salat malam di rumah masing-masing.
  4. Tidak melakukan mudik baik saat bulan Ramadhan atau saat jelang hari raya Idul Fitri. Penting ditaati untuk cegah penyebaran pandemi.

Download Jadwal Imsakiyah Ramadhan Pekanbaru 2020/ 1441 H

Dari beberapa hal yang sudah dijelaskan diatas, maka saya berinisiatif membuat desain jadwal yang bisa teman-teman gunakan selama bulan Ramadhan. Jadwal ini saya susun berdasarkan jadwal yang dirilis lengkap oleh Kemenag melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam pada halaman website yang bisa dilihat oleh seluruh Provinsi di tanah air https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah.

Meskipun dari informasi di halaman tersebut masih belum ditentukan tanggal berapa jatuhnya 1 Ramadhan. Rencananya Kemenag akan menggelar Sidang Isbat untuk tentukan puasa Ramadhan 1441 H pada Kamis, 23 April 2020 nanti dengan melihat posisi hilal untuk Ramadan 1441 H. Dampak pandemi membuat Sidang Isbat dilaksanakan secara teleconference. Hasil sidang nantinya akan diumumkan oleh Menag Fachrul (Menteri Agama Fachrul Razi) lewat jumpa pers.

Download Jadwal Imsakiyah Ramadhan Pekanbaru 2020/ 1441 H

Klik untuk mendapatkan resolusi tinggi

Jadwal imsakiyah Ramadhan 2020 Pekanbaru yang saya buat dalam bentuk PNG, dan juga tersedia dan didownload dalam bentuk CorelDraw (CDR) dan format PDF. Walaupun untuk kota Pekanbaru, tetapi dalam format CDR teman-teman bisa mengubahnya dengan klik 2x pada tabel yang ada pada desain jadwal. Nanti otomatis akan terbuka file Excel yang dapat teman-teman edit sesuai kebutuhan dan Kabupaten/ Kota di Indonesia.

Download versi PDF

Download versi CDR

Mudah-mudahan desain yang saya buat akan membantu umat Islam di kota Pekanbaru tetap melaksanakan salat pada awal waktu. Jika ada kekurangan dan kesalahan pada Jadwal imsakiyah Ramadhan Pekanbaru 2020/ 1441 H mohon diberitahu melalui kolom komentar. Semoga kita sehat selalu dan bisa menjalankan ibadah dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *