Sopan, Lirik Lagu Aisyah Istri Rasulullah Arahan Buya Yahya

lirik-lagu-aisyah-istri-rasulullah-arahan-buya-yahya

Di rumah saja selama pandemi nyatanya cukup membosankan. Tetapi berbeda lirik lagu Aisyah Istri Rasulullah yang justru tidak membosankan aka viral di media sosial ataupun Youtube. Berawal dari lagu asli yang dibawakan oleh  Projector Band.

Namun dalam perjalanannya, lagu yang telah banyak di cover para musisi di Youtube itu mengalami pro dan kontra. Sebab, lirik dari lagu itu awalnya dinilai lebih merefleksikan tentang bagaimana fisik Ummul mukminin Sayyidah Aisyah Ra dari pada bagaimana sifat baiknya.

Saya yang pada awalnya mendengar juga tidak suka, karena entah kenapa lirik sebelumnya itu serasa tidak pas dengan sosok istri nabi ini. Hingga setelah lagu religi ini viral dan di cover banyak orang membuat pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah, KH Yahya Zainal Ma’arif atau Buya Yahya menghendaki lirik dari lagu tersebut untuk diubah.

Alasan Lirik Lagu Aisyah Istri Rasulullah diubah

Lirik Lagu Aisyah Istri Rasulullah Arahan Buya Yahya

Buya Yahya. Photo : Youtube Al-Bahjah TV

Viralnya lagu ini pada kalender tahun 2020 Indonesia, mengundang komentar dari Buya Yahya. Lewat ceramahnya yang tampil di halaman platform YouTube, ia membahas bagaimana lirik lagu religi yang terkenal yang dipandang lebih menggambarkan berkenaan fisik Aisyah ketimbang sifat baiknya.

“Kaidah membicarakan tentang Nabi, tidak mengarah ke sifat-sifat yang spesial. Kalau bisa, jangan membuat lirik yang menjadikan manusia membayangkan hal-hal yang tidak baik agar manusia tidak membayangkan hal tersebut, tidak pantas,” Buya Yahya.

“Nah ini, mungkin yang mengembangkan ini mohon syairnya diubah ya. Biar kita bisa hadirkan sifat baik dari Aisyah istri Nabi Muhammad. Mohon maaf saya tidak tega membacanya dari bait pertama ini,” sambungnya.

Diubah seorang Youtuber, sesuai arahan Buya Yahya

Lirik Lagu Aisyah Istri Rasulullah Arahan Buya Yahya

Yusuf Subhan mengubah lirik menjadi lebih sopan

Dari ceramah yang juga viral di Youtube tersebut, akhirnya ada seorang YouTuber yang bernama Yusuf Subhan pun berusaha memperbaiki dan mengganti lirik lagu religi tersebut sesuai arahan dari Buya Yahya. Dari keterangan yang dituliskannya bahwa dengan ada dan terbitnya lirik baru lagu religi ini akan menolong para musisi dan para pendengar untuk lebih mengenal bagaimana sosok Ummul mukminin Sayyidah Aisyah Ra.

“Berawal dari Petunjuk Guru kami yang Mulia Buya Yahya agar sebagian Sya’ir ttg Ibunda Aisyah digubah beberapa Bait nya. Tanpa mengurangi rasa ta’dzim dan hormat kepada pembuat Syair sebelumnya. Karena asbab beliau salah satunya, kita bisa mengenal ummul mu’minin. Dengan hadirnya lirik ini Semoga membuat kita lebih mengenal dan lebih cinta kepada Ummul mu’minin Sayyidatu Aisyah Ra dengan sifat-sifatnya yg mulia,” Yusuf.

Lirik Lagu Aisyah Istri Rasulullah Arahan Buya Yahya Lebih Sopan

Dari perubahan yang dilakukan cukup tampak hal yang signifikan, tentunya lebih ke arah yang positif sesuai dengan arahan seorang Buya Yahya. Bisa dilihat melalui perbandingan lirik lagu religi ini versi awal dan versi karya Yusuf:

Versi awal pada baris pertama lagu hingga akhir yang semula :

Mulia indah cantik berseri
Kulit putih bersih merahnya pipimu
Dia Aisyah putri Abu Bakar
Istri Rasulullah
Sungguh sweet Nabi mencintamu
Hingga Nabi minum di bekas bibirmu
Bila marah, Nabi kan memanja
Mencubit hidungnya
Aisyah..
Romantisnya cintamu dengan Nabi
Dengan Baginda kau pernah main lari-lari
Selalu bersama hingga ujung nyawa
Kau di samping Rasulullah
Aisyah…
Sungguh manis oh sirah kasih cintamu
Bukan persis novel mula benci jadi rindu
Kau istri tercinta ya Aisyah, ya Humairah

Lalu lirik lagu Aisyah Istri Rasulullah arahan Buya Yahya:

Mulia berani lembut hati
Amat cerdas ilmu seluas samudera
Yaa Sayyidah putri Abu Bakar istri Rosululloh”
Sungguh Nabi memuliakanmu
Hingga Nabi minum di bekas gelasmu
Bila marah, nabi kan memanja
Sejukkan hatinya
Ummana sungguh terpuji akhlakmu dengan Nabi
Dengan Baginda bunda slalu berseri-seri
Selalu bersama hingga ujung nyawa kau disamping Rosulullah
Sayyidah Aisyah sungguh manis shirah cintamu
Bukan persis novel yang kadang cerita semu
Kau istri mulia, yaa Aisyah Ummanaa Allah Rahman pilih Rasul untukmu

Bagi saya pribadi, tentunya perubahan ini sangat berarti. Sebab di media sosialnya saya ikutan julid soal lirik pada lagu ini. Saya sangat berterima kasih kepada bang Yusuf yang telah menulis dan mengubah lirik lagu Aisyah Istri Rasulullah arahan Buya Yahya. Walaupun masih tetap ada kontra terkait dalam islam tentang menyanyi. Tapi paling tidak selama pandemi ini buat saya dapat menghibur dan menambah ilmu diri sendiri juga teman-teman lain terkait bagaimana sebenarnya Sayyidah Aisyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *