Checklist untuk Perawatan Mobil

Checklist untuk Perawatan Mobil

Mobil merupakan kendaraan pribadi yang menunjang segala aktivitasmu. Sehingga sangat penting memperhatikan perawatan mobil yang tepat agar kondisinya tetap terjaga. Hal tersebut merupakan salah satu upaya agar mobil awet meskipun dipakai dalam waktu yang panjang.

Namun sebagian orang masih belum memperhatikan secara rutin perawatan yang harus dilakukan. Oleh sebab itu membuat checklist untuk merawat mobil menjadi penting agar tidak terlupakan. Jika sudah mogok dan mengalami kerusakan, kamu sudah tidak bisa berbuat apa-apa. Itulah pentingnya sejak awal melakukan perawatan serta pemeriksaan mobil kamu.

Daftar Checklist untuk Perawatan Mobil secara Berkala

Dalam memaksimalkan performa kendaraan, hal pertama yang kamu lakukan adalah membuat daftar atau check list yang harus kamu periksakan secara berkala. Beberapa bagian dari kendaraan harus kamu cek secara teratur. Kamu juga pastikan jadwal pemeliharaannya serta catatan interval servisnya.

Hambatan terbesar adalah menyadari apa yang harus dilakukan dan berapa sering untuk pemeliharaan. Namun kamu tidak perlu kuatir. Kamu dapat percayakan pemeliharaan mobil kepada Otoklix. Platform automotive aftermarket yang memberikan pelayanan pemeliharaan serta perbaikan mobil.

Otoklix mampu memenuhi semua kebutuhan pemeliharaan dan semua checklist anda. Daftar pemeliharaan yang harus kamu lakukan ialah :

Pemeliharaan Jangka Pendek

Hal yang termasuk dalam pemeliharaan jangka pendek yakni :

Penyaring Udara

Saringan tersebut mampu mengatur udara yang mengalir ke mesin dan mencegah puing-puing dan partikulat. Untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, memastikan umur mesin dan mengurangi emisi, kamu bisa perhatikan saringan udara.

Tingkat Minyak dan Pendingin

Selanjutnya kamu periksa minyak dan pendingin mesin mobil. Hal tersebut kamu lakukan setiap bulan. Jika tingkat rendah akan berakibat masalah mesin tak terkendali.

Baca Juga  Super Premium ! Toyota Vellfire Nyaman Untuk Keluarga

Rem, Lampu Depan, Lampu parkir dan Putar Sinyal

Pastikan lampu kendaraan semua dalam kondisi baik. Kamu bisa memeriksanya dengan menghidupkan lampu parkir, lampu depan apakah bekerja dengan benar dan posisi yang baik. Begitu juga dengan sinyal belokan dan rem. Hal ini dilakukan sebulan sekali.

Tekanan Ban

Ban merupakan bagian integral perjalanan yang aman dan hemat bahan bakar. Itulah mengapa kamu harus memeriksanya secara rutin. Selain itu periksa tekanan ban sebelum perjalanan jauh apalagi membawa beban ekstra. Sementara itu memeriksa tapak kedalaman menggunakan alat ukur juga sangat penting.

Wax Kendaraan dan Memeriksa Putar Ban

Agar mobil tetap mengkilap dan cat dalam kondisi selalu baik maka kamu juga wajib memberi wax kendaraan. Selain itu memeriksa keausan ban. Hal ini bergantung dari kesesuaian, penggunaan, serta faktor lainnya.

Memutar ban dapat membantumu memperpanjang masa pakai ban. Kesesuaikan serta keseimbangan tapak lebih merata dan mencegah masalah kebisingan serta getaran.

Pemeliharaan Jangka Panjang

Ada beberapa bagian yang harus mendapatkan pemeliharaan jangka panjang, yakni perawatan mobil berupa :

  1. Menjaga semua bagian mobil yang bergerak di dalam transmisi dengan memberi cairan transmisi. Kamu perlu memeriksa dan mengganti bila perlu. Hal ini untuk menghindari kerusakan dan penggantian transmisi yang cukup mahal
  2. Memeriksa cairan case transfer sehingga benar-benar terisi da bebas bocor.
  3. Periksa Guncangan dan struts untuk mengendalikan benturan dan rebound saat jalan terjal. Jika terjadi penurunan maupun kehilangan kendali saat mengemudi hal itu harus kamu periksakan.
  4. Memastikan busi dalam keadaan baik. Busi memberi kekuatan pada kendaraan. Jika performanya tidak optimal maka anda akan kehilangan daya dan tidak akan berjalan pada kapasitas optimal.
  5. Penggantian pendingin udara atau radiator. Selain itu anda harus memperhatikan radiator terisi pada tingkat yang tepat.
  6. Memeriksa serpentine Belt agar bebas dari keretakan atau keausan. Karena sabuk tersebut menjaga agar mobil anda tetap berjalan dengan menyalakan beberapa perangkat baik pompa power steering, alternator, dan kompresor AC.
Baca Juga  Tips Membeli Mobil Honda di Pekanbaru Untuk Pemula

Layanan Pemeliharaan Mobil Terbaik

Semua itu bisa anda dapatkan di Otoklix. Sehingga anda tidak akan merasa kerepotan karena Otoklix memberikan semua kebutuhan anda. layanan pemeliharaan mulai dari servis berkala, ban, rem, ganti oli, hingga cuci serta detailing.

Jadi, kamu tidak usah kuatir, Otoklix membantumu perbaikan ringan hingga berat. Baik dari mesin, AC hingga body repair.

Sebagai perusahaan yang terpercaya, Otoklix memiliki seribu lebih bengkel umum pilihan terbaik di jabodetabek. Bagi kamu yang ingin mempercayakan kepada Otoklix, kamu bisa mendapatkan harga yang transparan mulai dari awal anda booking.

Selain itu kamu bisa mendapatkan harga yang lebih hemat dari yang lainnya. Karena disini kamu mendapatkan harga hemat hingga 50% dari harga service bengkel resmi.

Bahkan setiap pelanggan mendapatkan service garansi 30 hari setelah pengerjaan. Jika pengerjaan dirasa kurang maka kamu dengan mudah memeriksakannya kembali. Berbagai kemudahan yang diberikan sebagai bentuk dari pelayanan terbaik untuk setiap pelanggan. Kamu juga bisa melakukan pembayaran di bengkel mitra.

Kompetisi Blog Berhadiah

Otoklix mengadakan Blog Competition by Otoklix dengan hadiah puluhan juta rupiah bagi yang mengikuti kompetisi tersebut. Topik dari tema penulisan yakni “Otoklix sebagai Partner Servis dan perawatan Mobil terpercaya” .

Dalam periode lomba tersebut kini diperpanjang hingga 30 Juni 2021. hal ini untuk memberikan kesempatan bagi para peserta untuk turut aktif mengikuti kompetisi tersebut.

Dengan mengikuti Lomba Blog Otoklix tersebut anda berkesempatan menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah yang sudah disiapkan.  Dengan mempercayakan perawatan mobil kamu di Otoklix, maka performa kendaraan akan lebih terjaga dan optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *