5 Tips Liburan Murah di Jakarta yang Wajib Kamu Coba

liburan murah di jakarta

Jakarta, siapa yang tidak kenal kota metropolitan dan juga Ibukota dari negara Indonesia ini? Meski besar kotanya hanya ibarat setitik kecil di peta Pulau Jawa, namun keindahan dan kemegahannya mampu menawan hati siapa saja untuk mengadu nasib hingga berlibur disana. Nah, bagi Anda yang ingin asyik menikmati waktu liburan nan hemat di kota seribu mall ini, yuk simak bagaimana tips liburan murah di Jakarta yang wajib teman-teman coba satu ini.

Mengenal Kota Jakarta

liburan murah di jakartaSebelum membahas mengenai berbagai tips liburan hemat di ibukota RI ini, ada baiknya kita membahas sekilas mengenai Jakarta. Disebut juga DKI Jakarta, daerah yang menjadi ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia ini boleh dibilang memiliki segudang daya tarik. Boleh dikatakan, Jakarta adalah sebuah tempat dimana kita bisa menemukan banyak landmark khas nusantara, sebut saja Monumen Nasional, Gelora Bung Karno, hingga TMII.

Meski luasnya hanya sekitar 661,5 km2 saja, namun penduduk Jakarta sangat padat. Namun bukan berarti Jakarta tidak nyaman untuk dijadikan tempat wisata. Sebaliknya, semua pesona wisata menjadi satu dan berpadu dengan apik di kota tersebut, mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, wisata kuliner, hingga wisata belanja dan wisata-wisata lainnya.

Tips Liburan Murah di Jakarta yang Wajib Anda Coba

Bagi teman-teman yang ingin berlibur ke ibukota Indonesia ini namun dengan konsep low budget, maka Kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, Jakarta tidak melulu menyimpan hal mewah nan mahal. Ada banyak hal menarik lainnya yang bisa Kamu nikmati tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Nah, daripada penasaran, berikut ini ada beberapa tips hemat yang bisa kamu coba, yakni :

  1. Pilih Destinasi Wisata yang Murah

Tips liburan murah di Jakarta yang pertama adalah dengan memilih destinasi wisata yang terjangkau. Sudah menjadi rahasia umum jika Jakarta adalah surganya untuk para kaum jetset dan gaya hidup hedonis mereka, namun bukan berarti Kamu tidak bisa berlibur murah disana. Caranya ya tentu saja dengan datang ke tempat-tempat wisata yang tiketnya murah, contohnya Monumen Nasional, TMII, dan tempat wisata lainnya.

  1. Jalan Kaki Menyusuri Kota

Tips kedua agar Kita bisa liburan murah di Jakarta adalah dengan senantiasa berjalan kaki menyusuri kota. Ingat, tujuan teman-teman ke kota ini adalah untuk liburan. Jadi, bukan hal aneh jika kalian bersikap layaknya turis dan menjelajahi kota satu persatu dengan berjalan kaki. Tidak usah jauh-jauh, cukup datangi tempat wisata yang dekat dengan hotel kamu menginap.

Tidak hanya menghemat biaya transportasi, Kamu juga bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk lebih mengenal Ibukota Indonesia ini. Lihat setiap sudut kota dan pemandangan menarik yang tidak akan teman-teman temui di lain tempat. Abadikan setiap momen ke dalam kenangan vlog pribadi. Siapa tahu, ke depannya perjalanan wisata Kalian ini bisa berguna untuk menginspirasi orang lain.

  1. Naik Transportasi Umum

Tips liburan murah di Jakarta yang ketiga adalah dengan naik transportasi umum. Tentu saja, berjalan kaki akan sangat tidak mungkin jika tujuan liburan Kamu jauh, misalnya hotel Kalian di Jakarta Pusat dan tujuan wisata Kalian di Jakarta Utara. Untuk itu, Kamu bisa memanfaatkan jasa transportasi umum yang tidak hanya murah, namun juga akan banyak Kamu temui di setiap penjuru kota.

Beberapa jasa transportasi umum yang ada di ibukota dan sangat murah tiketnya adalah Trans Jakarta, KA Commuter Line, hingga MRT. Semuanya bisa mengantar Kita ke tempat tujuan tanpa harus bermacet-macetan di jalan dan keluar banyak uang transport. Hmm, menarik untuk dicoba, bukan?

  1. Istirahat di Hotel Murah

Tips liburan murah di Jakarta yang keempat adalah dengan menginap di hotel yang murah. Ada banyak pilihan hotel murah di Jakarta, mulai dari losmen hingga hotel bintang lima dengan fasilitas mewah bisa Kamu jumpai disana. Nah, agar pengeluaran Kita sesuai budget dan tidak membengkak, maka ada baiknya menginap saja di hotel yang murah.

Sekarang ini, ada banyak aplikasi pencari hotel yang bisa Kamu andalkan. Cukup download salah satunya dan kemudian ketikkan daerah yang ingin menjadi lokasi Kamu menginap. Baru kemudian filter pencarian dengan range harga yang menurut Kamu termurah. Setelah itu, silahkan menginap sepuasnya dan nikmati keindahan ibukota selama mungkin dalam masa liburan teman-teman.

  1. Wisata Kuliner di Pinggir Jalan Saja

Tips terakhir agar kamu bisa liburan murah di kota yang juga dikenal dengan nama Batavia ini adalah berwisata kuliner di pinggir jalan. Tidak bisa dipungkiri, teman-teman pasti tergoda mencoba berbagai cafe dan restoran berbintang yang menawarkan berbagai menu unik dan mahal di Jakarta. Namun, Kamu juga tidak bisa mengabaikan fakta bahwa ibukota adalah gudangnya penjual makanan enak dan murah. Lalu, dimana Kamu bisa menemuinya?

Sangat mudah lho. Teman-teman bisa menyusuri jalanan ibukota di malam hari dan dijamin Kalian akan langsung meneteskan liur. Pasalnya, ada banyak menu yang bisa Kita beli dan rasakan kenikmatannya. Sebut saja ketoprak, gado-gado, hingga soto betawi.

Demikian ulasan mengenai tips liburan murah di Jakarta yang wajib teman-teman coba. Tapi jangan dilupakan, saat ini kita masih dalam pandemi Covid. Apalagi ibukota menjadi lokasi yang terus naik perkembangan pandeminya. Paling penting tetap lakukan protokol kesehatan yang diminta pemerintah. Okay, semoga ulasannya bermanfaat untuk referensi teman-teman kala berwisata di ibukota Republik Indonesia ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *