Lompat ke konten

Ada Cuti Bersama! Download Kalender 2022 Indonesia dan Libur Nasional

  • Travel Tips
  • 4 min read
download kalender 2022 indonesia terbaru

Seperti tahun tahun sebelumnya saya selalu melakukan update untuk informasi kalender di tanah air. Kali ini saya membuat dan menyediakan download kalender 2022 Indonesia beserta dengan liburan nasional yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia

Dengan adanya penetapan oleh pemerintah ini setidaknya sudah bisa menjadi referensi untuk merencanakan kegiatan tahun depan nanti meski sedang ada pandemi. Entah itu dalam rangka persiapan jalan-jalan yang sudah lama tertunda atau persiapan rencana membuat janji sehidup semati di pernikahan yang pada kalender 2021 ini tak terjadi.

Meski demikian rencana-rencana tadi setidaknya dibarengi oleh kita yang selalu taat prokes dan sudah melakukan vaksinasi, sehingga pandemi tahun depan tidak terjadi kembali.

Download Kalender 2022 Indonesia Sesuai SKB 3 Menteri

Teman-teman bisa mengunduh gambar desain kalender tahun depan ini yang saya buat menggunakan Canva. Jika sebelum-sebelumnya saya menggunakan Corel Draw, tahun ini berbeda karena efisiensi waktu juga. Selain itu pembuatan almanak ini telah sesuai dengan ketetapan hari Libur Nasional yang ditetapkan pemerintah Republik Indonesia beberapa waktu lalu.

Penetapan keputusan soal kalender terbaru dan jumlah tanggal merah tercatat dalam Surat Keterangan Bersama (SKB) 3 Menteri, yaitu Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan MenPAN-RB Tjahjo Kumolo yang sudah diputuskan Rabu (22/9/2021) kemarin dengan Nomor 963 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021, Nomor 4 Tahun 2021 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022.

Download Kalender 2022 Indonesia Gratis

Tahun depan sesuai dan sudah ditetapkan dengan SKB 3 Menteri maka akan ada libur nasional yang berjumlah 16 hari. Hari-hari libur nasional ini bisa kita manfaatkan dengan baik untuk kegiatan yang akan kira rencanakan.

Baca Juga  Memilih Jam Tangan Outdoor ? Ini Dia Cara Cerdiknya

Teman-teman bisa download langsung dengan klik gambar ini, dan nantikan akan tampil jendela browser baru dengan gambar yang memiliki ukuran lebih besar.

download kalender 2022 indonesia
klik gambar untuk lebih besar

Daftar Libur Nasional Kalender 2022 Indonesia

Januari

  • Sabtu, 1 Januari = Tahun Baru 2022

Februari

  • Selasa, 1 Februari = Tahun Baru imlek 2573 Kongzili
  • Senin, 28 Februari = Isra Mikraj Muhammad SAW

Maret

  • Kamis, 3 Maret = Hari Suci Nyepi 1944
  • April Jumat, 15 April = Wafat Isa Al Masih

Mei

  • Minggu, 1 Mei = Hari Buruh Internasional
  • Senin-Selasa, 2-3 Mei = Idul Fitri 1443 Hijriah
  • Senin, 16 Mei = Hari Raya Waisak 2566 BE
  • Kamis, 26 Mei = Kenaikan Isa Al Masih

Juni

  • Rabu, 1 Juni = Hari Lahir Pancasila

Juli

  • Sabtu, 9 Juli = Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah
  • Sabtu, 30 Juli = Tahun Baru Islam 1444 Hijriah

Agustus

  • Rabu, 17 Agustus = Hari Kemerdekaan RI

Oktober

  • Sabtu, 8 Oktober = Maulid Nabi Muhammad SAW

Desember

  • Minggu, 25 Desember = Hari Raya Natal

Ada Cuti Bersama Dalam Download Kalender 2022 Indonesia

Meski penetapan libur nasional dalam kalender tahun 2022 Indonesia melalui SKB 3 Menteri, tetapi untuk daftar cuti bersama belum ada informasinya. Hal ini juga tidak tertulis dalam SKB yang telah dikeluarkan pemerintah tersebut.

Dalam poin keempat pada SKB yang sudah keluar tersebut, pelaksanaan cuti bersama tahun 2022 akan ditetapkan kemudian dengan mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19. Selain itu penetapan libur nasional dan cuti bersama tahun 2022 juga berdasarkan dari hasil evaluasi selama dua tahun terakhir sejak adanya pandemi COVID-19 di tanah air.

Apalagi sebelumnya, Indonesia mempunyai catatan buruk kenaikan kasus Covid yang secara meningkat pada saat libur panjang. Oleh karena itu, libur nasional dan cuti bersama ini bisa saja berubah nantinya selaras dengan program kebijakan yang akan diambil pemerintah Republik Indonesia.

Baca Juga  Ingin Menikmati Keindahan Alam Bali? Eco Cycling Ubud Pilihannya

Update Cuti Bersama

“Pemerintah sudah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443 H, yakni pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri, yakni pada 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022. Keputusan mengenai cuti bersama ini akan diatur lebih rinci melalui keputusan bersama menteri-menteri terkait,” kata Jokowi.

Keputusan yang diumumkan Presiden Jokowi ini sekaligus mengubah SKB 3 Menteri sebelumnya terkait Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022. Pada SKB itu, pemerintah hanya menetapkan tanggal merah Lebaran pada 2-3 Mei 2022, yaitu hari Senin dan Selasa.

Semoga desain sederhana yang saya buat ini bisa memiliki manfaat bagi teman-teman. Download kalender 2022 Indonesia secara gratis, dan jika ada kekurangan dan kesalahan dalam kalender yang saya buat ini, mungkin bisa dibantu dengan menginformasikan melalui kolom komentar, sehingga saya bisa memperbaikinya secepatnya. Terima Kasih teman-teman !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!