Cara Memaksimalkan Konten TikTok untuk Promosi Bisnis

Cara Memaksimalkan Konten TikTok untuk Promosi Bisnis

Tiktok Menjadi Sarana Promosi yang Efektif

Strategi digital marketing saat ini sedang populer, selain hemat biaya tapi juga efektif. Tidak hanya melalui konten TikTok, strategi digital marketing yang cukup efektif juga bisa dilakukan melalui konten artikel. Jangan hanya kualitas isi artikel saja yang dipikirkan, hal-hal teknis terkait website seperti hosting VPS juga perlu diperhatikan.

Keuntungan Menggunakan TikTok untuk Tujuan Promosi

Dulu membagikan review mengenai suatu produk atau jasa biasanya dilakukan oleh para blogger. Seiring berkembangnya waktu, hal tersebut tidak hanya dilakukan oleh seorang blogger saja. Sekarang banyak bertebaran konten-konten TikTok yang mengulas berbagai produk dan jasa.

Konten tersebut tentunya dibuat dengan tujuan menarik perhatian audiens dan secara tidak langsung mempengaruhi mereka untuk membeli atau menggunakan produk yang dipromosikan. Jadi, saat ini peranan TikTok dalam sebuah bisnis cukup penting sebagai sarana promosi yang efektif.

Baca juga: Tips Efektif Membangun User Generated Content

TikTok tidak hanya bisa digunakan sebagai sarana promosi bisnis yang bergerak dalam pembuatan dan pemasaran suatu produk atau jasa saja. Para konten kreator banyak yang menggunakan TikTok sebagai wadah mempromosikan karya-karyanya.

Jika, dulu TikTok dinilai sebagai media sosial yang dipandang sebelah mata, kini TikTok menjadi platform media sosial yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap keberhasilan suatu bisnis. Untuk melakukan promosi melalui konten video pendek di TikTok, ada beberapa strategi yang harus Anda terapkan.

Strategi untuk Memaksimalkan Konten Promosi di TikTok

Cara Memaksimalkan Konten TikTok untuk Promosi Bisnis
Photo : Unsplash

Setiap langkah yang diambil dalam sebuah bisnis tentunya sudah melewati berbagai proses pertimbangan. Pasalnya, Anda tidak bisa mengulang kesempatan tersebut dan harus siap jika mengalami kegagalan.

Agar konten promosi yang Anda lakukan di TikTok dapat mendatangkan hasil yang maksimal. Perlu perencanaan yang matang, terutama dalam perihal strategi pembuatan konten dan cara-cara memaksimalkannya. Untuk itu sebelum memutuskan menggunakan konten TikTok sebagai sarana promosi, pahami beberapa strateginya pada penjelasan berikut.

  1. Pelajari Cara Kerja TikTok
Baca Juga  5 Konversi Dokumen Online

Supaya konten yang dihasilkan dapat memberikan dampak yang posisi terhadap bisnis Anda. Sebaiknya pelajari cara kerja TikTok terlebih dulu, seperti yang diketahui konten video di TikTok hanya berdurasi selama 15 hingga 60 detik saja.

Lalu apa masalahnya? Tentu saja dengan waktu yang sedemikian singkat, Anda harus berhasil menyampaikan pesan dan informasi terkait bisnis yang hendak di promosikan. Membuat konten video dalam durasi singkat memang terlihat cukup mudah.

Baca juga: Tips Membuat Landing Page yang Efektif untuk Penjualan

Tapi, sebenarnya membuat konten promosi dengan durasi yang singkat, itu membutuhkan kreativitas yang tinggi. Penyampaian pesan dan informasi mengenai bisnis dengan keterbatasan waktu tentu akan menjadi salah satu kendala. Apalagi bagi Anda yang belum pernah terjun di dunia pembuatan konten promosi.

Anda akan dituntut menyampaikan pesan dan informasi secara singkat dan padat, namun tetap terasa menarik di mata audiens. Cara penyampaian yang informatif dan tidak monoton menjadi nilai tambah dalam membuat konten video promosi di TikTok.

  1. Mencari Ide Konten yang Unik dan Menarik

Strategi dalam pembuatan konten video promosi di TikTok selanjutnya yaitu mencari ide konten yang unik dan menarik. Seperti yang Anda tahu, jika penyampaiannya terasa monoton pasti akan membuat para audiens menganggap produk atau jasa Anda tidak menarik dan tidak jauh berbeda dengan produk atau jasa kebanyakan.

Tidak adanya rasa ketertarikan akan membuat mereka tidak ingin mencoba membeli atau menggunakan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Jadi, kunci utama dalam membuat konten video promosi di TikTok adalah keunikan ide dan cara penyampaiannya yang menarik.

  1. Gunakan Hastag yang Relevan

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan kata-kata yang akan digunakan untuk hastag di setiap konten video promosi. Hastag memiliki peran yang cukup besar dalam memberikan rujukan, sehingga TikTok dapat merekomendasikan konten tersebut ke pengguna lain.

Baca Juga  Terlalu Besar ? Begini Cara Mengecilkan Ukuran PDF

Oleh sebabnya pilihlah kata-kata yang relevan dengan topik konten promosi yang Anda angkat sebelum dijadikan sebagai hastag. Misalnya topik konten Anda berisi mengenai event promosi suatu brand skincare, maka gunakan saja branding promo yang sedang Anda lakukan sebagai hastag.

Dengan menggunakan hastag dari branding promo tersebut Anda akan membuat semakin banyak orang tahu mengenai event promo yang berlangsung.

  1.  Melakukan Kerja Sama dengan TikTokers Ternama
Cara Memaksimalkan Konten TikTok untuk Promosi Bisnis
Photo : Unsplash

TikTokers memiliki peranan yang serupa seperti influencer hanya berbeda platform media sosial yang digunakan. Influencer umumnya memiliki banyak pengikut di akun Instagram sedangkan tiktokers memiliki banyak penggemar dari unggahan konten di akun TikTok.

Baca juga: Mengenal Jenis Image dalam Website dan Kegunaannya pada Toko Online

Sama seperti influencer, cara bekerja sama dengan tiktokers juga seperti sistem endorse. Biasanya tiktokers yang memiliki jutaan pengikut akan menawarkan jasa endorse ke pihak-pihak yang membutuhkan dukungannya dengan membuat konten review atau konten lain yang bersifat promosi.

Saat ini menggunakan jasa influencer atau tiktokers sedang banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis karena dinilai lebih efektif dan hemat biaya promosi. Biaya menggunakan jasa mereka tentu jauh lebih ekonomis jika dibandingkan dengan memasang iklan di televisi yang bernilai puluhan juta per menitnya.

Belum lagi biaya untuk pembuatan iklan dan brand ambassador yang tidak sedikit. Jadi, melakukan kerja sama dengan para influencer atau tiktokers tidak ada salahnya untuk menaikkan brand awareness bisnis Anda.

Baca juga: Metode Pemaksimalan Fitur Canva untuk Konten Promosi

Contohnya saja banyak brand skincare yang berhasil meningkatkan penjualan produknya hanya dengan menggunakan jasa influencer dan tiktokers untuk menarik perhatian pembeli. Bahkan dapat mengalahkan angka peningkatan penjualan pada brand skincare ternama yang memasang iklan di televisi.

  1. Membuat Hashtag Challenge
Baca Juga  Begini Cara Kompres Gambar Dengan Cepat dan Tepat

Selain, bekerja sama dengan influencer dan tiktokers, coba buatlah hastag challenge untuk meningkatkan ketertarikan audiens terhadap bisnis Anda. Seperti yang Anda tahu, masyarakat sangat antusias dan mudah terpengaruh melakukan berbagai challenge atau tantangan.

TikTok memang identik dengan konten-konten berisi challenge, meskipun terkesan remeh strategi ini cukup efisien dilakukan, apalagi jika ide challenge yang dibuat menarik dan unik. Banyak brand yang berhasil meningkatkan brand awareness mereka berkat strategi ini.

  1. Mengoptimalkan Konten dengan Menggunakan TikTok Ads

Jika, Anda sudah tidak asing dengan Facebook Ads dan Instagram Ads, pasti sudah memiliki gambaran tentang strategi menggunakan TikTok Ads. Tidak jauh berbeda dengan Facebook Ads dan Instagram Ads, cara kerja TikTok ads juga sama. Mereka akan menampilkan konten Anda ke target audiens dengan lebih cepat dengan biaya tertentu.

Ada beberapa jenis TikTok Ads yang bisa Anda gunakan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Promotes Hastag Challenge merupakan iklan berisi ajakan untuk menggunakan suatu hastag challenge.
  • InFeed Ads adalah iklan yang akan muncul ketika para pengguna melakukan scroll feed.
  • Brand Takeover adalah sebuah iklan eksklusif yang berupa foto, gambar bergerak, atau video yang akan muncul satu kali sehari saat pengguna membuka aplikasi TikTok.
  • Branded Effect/Filter adalah sebuah efek atau filter khusus yang di dalamnya berisi informasi mengenai suatu produk.

Dari keenam strategi tersebut, Anda bisa menerapkannya satu per satu untuk mengoptimalkan konten promosi Anda di TikTok. Kekuatan media sosial dapat memberikan dampak yang positif bagi pelaku bisnis, jadi sebaiknya Anda menggunakan media sosial secara maksimal.

Baca juga: 5 Langkah Membuat Headline Menarik di Blog

Selain, TikTok Anda juga perlu menggunakan website untuk mempromosikan bisnis. Untuk membuat website bisnis, Anda memerlukan hosting VPS karena kualitas jaringannya lebih stabil dan aman digunakan untuk website bisnis, karena hanya bisa diakses oleh satu pengguna saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *