Download Kalender 2020 Indonesia & dan Cuti Bersama Dipangkas

kalender 2020 Indonesia

Lagi-lagi Download kalender 2020 Indonesia terbaru ini akhirnya saya update sesuai dengan pengumuman pemerintah Republik Indonesia tentang pengurangan cuti bersama terbaru setelah adanya revisi. Ini revisi yang beberapa kali terjadi dan diperbaiki oleh pemerintah. Terbaru setelah Presiden Joko Widodo memberikan arahan pengurangan cuti bersama dengan alasan masih tingginya potensi penyebaran kasus virus Corona (COVID-19) di tanah air.

Tentunya kita berharap perubahan ini tidak menimbulkan pro dan kontra apalagi buat teman-teman yang sudah mempersiapkan rencana jalan – jalan atau rencana menikah setelah sebelumnya menggunakan kalender 2019 Indonesia. Dan pastinya saat – saat untuk liburan pada tahun depan nanti sudah dekat serta di depan mata.

Penggunaan kalender tahun depan ini tentu sudah sangat saya dan teman – teman nantikan, agar saya bisa mengatur jadwal traveling sesuai dengan Libur Nasional dan Cuti Bersama di Indonesia yang sudah disetujui pemerintah tanah air.

Download Kalender 2020 Indonesia

Kalender yang saya muat di dalam artikel ini sebelumnya sudah sesuai dengan ketetapan hari Libur Nasional dan Cuti Bersama yang ditetapkan pemerintah. Terbaru, pemerintah Republik Indonesia kembali meralat dan melakukan koreksi revisi SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2020. Perubahan koreksi cuti bersama berdasarkan hasil keputusan dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) yang dipimpin langsung oleh Menko PMK Muhadjir Effendy. RTM ini dilaksanakan melalui online ini juga dihadiri oleh Mendagri Tito Karnavian, Menpan-RB Tjahjo Kumolo, Menag Fahrul Rozi, Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi, Kepala BNPB Doni Monardo, serta Kepala Staf Presiden Moeldoko. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Asisten SDM Kapolri.

Keputusan ini menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo supaya hari libur akhir tahun 2020 dipertimbangkan kembali dan tidak terlalu lama. Hal itu untuk mengendalikan mobilitas masyarakat di tanah air ke luar daerah dalam rangka menekan penyebaran virus Corona.

Baca Juga  Pulang Kampung Naik Kereta untuk Merayakan Imlek dengan Keluarga

Dasar Hukum

Meskipun perubahan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama ini baru diumumkan dan nantinya kemudian akan ditandatangani oleh 3 menteri yaitu MenPanRB, Menaker dan Menag. Beberapa menteri ini tentunya berkaitan dengan urusan ASN hingga hari keagamaan.

Berdasarkan kesepakatan rapat yang dilakukan melalui video conference tersebut, ada beberapa perubahan pada cuti bersama tahun ini yaitu :
– Libur Hari Raya Idul Fitri tetap pada tanggal 24-25 Mei.
– Tambahan Cuti Bersama Maulid Nabi Muhammad SAW tanggal 28 Oktober.
– Pemangkasan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri semula sejak tanggal 28, 29, 30, 31 Desember 2020 dicabut dan dipangkas menjadi tanggal 31 Desember 2020 saja

Nah ini menjadi kesempatan kamu untuk menyiapkan diri ke depan baik untuk liburan ataupun melaksanakan berbagai hari penting seperti menikah ataupun lainnya.

download kalender 2020 indonesia

Download Kalender 2020 Indonesia Terbaru Sesuai Revisi Pemangkasan Cuti Bersama 28, 29, 30 Desember

Daftar Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2020 Indonesia:

1 Januari, Tahun Baru 2020 Masehi
25 Januari, Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili
22 Maret, Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW
25 Maret, Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942
10 April, Wafat Isa Al Masih
1 Mei, Hari Buruh Internasional
7 Mei, Hari Raya Waisak 2564
21 Mei, Kenaikan Isa Al Masih
24-25 Mei, Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah
1 Juni, Hari Lahir Pancasila
31 Juli, Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah
17 Agustus, Hari Kemerdekaan RI
20 Agustus, Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah
29 Oktober, Maulid Nabi Muhammad SAW
25 Desember, Hari Raya Natal

Daftar Cuti Bersama

22 Mei, Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri.
21 Agustus, Cuti Bersama Tahun Baru Hijriah.
28 dan 30 Oktober, Cuti Bersama Maulid Nabi.
24 Desember, Cuti Bersama untuk Hari Raya Natal.
31 Desember, Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri yang dipangkas.

Baca Juga  Cuti Bersama Dihapus! Download Kalender 2021 Indonesia Beserta Libur

Oleh karena itu, secara teknis pemangkasan cuti bersama Idul Fitri sebelumnya ada tiga hari yaitu 28, 29, 30 Desember yang merupakan hari masuk kerja biasa.

Mudah mudahan fasilitas download kalender 2020 Indonesia ini bisa berguna dan bermanfaat buat teman – teman yang mengunjungi blog saya seperti halnya dengan kalender 2019 Indonesia dan kalender 2018 Indonesia lalu. Jika ada kekurangan atau kesalahan mohon diinformasikan sehingga saya bisa memperbaikinya secepatnya. Salam Kambut.

1 tanggapan pada “Download Kalender 2020 Indonesia & dan Cuti Bersama Dipangkas”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *