Aplikasi Payroll VS Payroll Manual, Mana yang Lebih Baik?

aplikasi payroll

Salah satu  kewajiban perusahaan kepada karyawan adalah memberikan gaji yang sesuai dengan perjanjian kerja. Namun, pengelolaan gaji dalam perusahaan tidak selalu berjalan lancar.

Ada saja kendala dalam penggajian bulanan yang akan merembet ke masalah lain. Kini, banyak perusahaan yang mulai menggunakan aplikasi payroll untuk memudahkan pengelolaan gaji yang lebih mudah. Apakah benar aplikasi payroll lebih baik dari payroll manual? Yuk, simak pembahasan di bawah ini!

Biaya

aplikasi payroll

Aspek pertama yang paling diperhitungkan oleh perusahaan adalah soal biaya. Nah, apakah penggunaan aplikasi payroll membutuhkan biaya? Memang benar, perusahaan harus membayarkan biaya berlangganan kepada perusahaan vendor setiap bulan atau setiap tahun. Namun, hal ini cukup sepadan mengingat software payroll dapat mengurangi berbagai kesalahan dalam perhitungan gaji.

Fleksibilitas

Payroll manual menuntut staf HRD harus ada di kantor untuk memproses gaji karyawan. Akan tetapi, aplikasi payroll dapat digunakan dimana saja dan kapan saja selama masih terhubung dengan koneksi internet. Jadi, aplikasi payroll masih jauh lebih fleksibel dibandingkan payroll manual.

Keakuratan

Aplikasi payroll dapat menghitung semua data gaji karyawan dalam satu waktu yang singkat. Karena perhitungan dilakukan menggunakan sistem, maka keakuratannya pun tidak perlu diragukan.

Tidak demikian dengan payroll manual. Karena masih dikerjakan manual, banyak sekali kekeliruan dalam pengelolaan dan perhitungan gaji.

Keamanan

Semua data karyawan adalah hal yang harus dijaga dengan baik oleh perusahaan. Aplikasi payroll pun harus mempunyai sistem keamanan yang sangat ketat agar tidak mudah disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Bagaimana dengan payroll manual? Sayangnya, payroll manual tidak mempunyai sistem keamanan yang sama ketatnya dengan aplikasi payroll. Oknum tak bertanggung jawab bisa saja dengan bebas mengakses data penggajian di lemari arsip.

Baca Juga  Tips Memilih Rekening Tabungan Online Aman dan Tepat

Kecepatan

Dan aspek yang menjadi pertimbangan terakhir adalah soal kecepatan. Apakah aplikasi payroll dapat memproses semua data karyawan dalam waktu yang sangat cepat? Ya, tentu saja bisa. Namun, berbeda dengan payroll manual yang tidak bisa memproses semua data karyawan dalam satu waktu. Jadi, bisa dikatakan jika aplikasi payroll mampu memproses gaji jauh lebih cepat dibandingkan payroll manual.

Baca juga: Mengapa Perusahaan Butuh Payroll Management System?

Jadi, dapat disimpulkan bahwa aplikasi payroll lebih baik daripada payroll manual. Selain lebih mudah dan praktis, aplikasi payroll juga dapat terintegrasi dengan sistem lain seperti absensi karyawan.

Kamu masih bingung mencari aplikasi payroll yang cocok untuk perusahaan yang Kamu miliki? LinovHR mungkin cocok dengan perusahaan Kamu. Dengan layanan konsumen yang siap dan tanggap, LinovHR siap untuk mengatasi segala keluhan perusahaan Kamu seputar penggajian.

Itulah penjelasan singkat mengenai perbandingan antara aplikasi payroll dan payroll manual. Semoga penjelasan di atas dapat membantu teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *