Tata Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 di pedulilindungi.id

Tata Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 di pedulilindungi.id

Halo teman-teman apakabarnya? Semoga sehat selalu ya.  Apakah kamu sudah melakukan vaksinasi Covid-19 dan sudah ada sertifikat vaksinnya? Nah apabila kamu termasuk sebagai seseorang yang sudah melakukan vaksinasi namun sampai saat ini belum mengetahui cara download sertifikat vaksin Covid-19 di pedulilindungi.id saya akan mencoba bantu jelasin ya.

Oh iya, seperti yang telah kita tahu sebelumnya bahwa kini pemerintah sedang sangat gencar untuk melakukan vaksinasi pada penduduk di tanah air. Program ini dilakukan agar masyarakat di Indonesia bisa segera menuju herd immunity atau kekebalan komunitas.

Selain itu dalam perjalananannya, vaksinasi menjadi syarat melakukan berbagai kegiatan semisal seperti masuk mal kembali, masuk jalan tol, bepergian ke luar kota, dan beragam hal lainnya. Bukti vaksinasi ini menjadi dokumen penting yang harus selalu dibawa apalagi disaat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan masyarakat (PPKM), makanya perlu di unduh dan disimpan selalu.

Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 di pedulilindungi.id

Ya, perlu teman-teman ketahui bahwa untuk mengunduh sertifikat tersebut bisa dilakukan baik melalui aplikasi atau bisa juga melalui web secara langsung. Saya akan coba membahasnya secara perlahan menggunakan dan melalui web pedulilindungi yang mudah diakses oleh siapa saja serta melalui aplikasi. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak caranya dari awal hingga akhir di bawah:

Pastikan Kamu Telah Memiliki Akun di Pedulilindungi.id

Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19

Awal dari cara download sertifikat vaksin Covid-19 di pedulilindungi.id adalah memastikan bahwa kamu telah memiliki akun. Jika kamu belum memilikinya sebaiknya kamu segera melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Bagaimana caranya?

  1. Masuk ke website resmi pedulilindungi.id
  2. Kemudian, klik Login/Register di bagian kanan atas layar
  3. Klik Buat akun PeduliLindungi
  4. Kamu bisa memilih untuk mendaftar melalui email atau bisa juga menggunakan nomor ponsel
  5. Jika kamu menggunakan email maka masukkan nama lengkap dan alamat email. Centang bagian tulisan saya menerima syarat penggunaan dan kebijakan privasi.
  6. Jika kamu ingin menggunakan nomor ponsel maka masukkan nama lengkap dan juga nomor ponsel. Jangan lupa untuk mengeklik centang pada bagian pernyataan syarat penggunaan dan privasi.
  7. Jika sudah benar, kamu bisa mengeklik bagian Daftar.
  8. Setelah itu, lihat di bagian kotak masuk pada email atau nomor kamu sesuai dengan yang kamu pilih.
  9. Salin OTP pada bagian kotak masuk tersebut ke dalam web
  10. Klik tombol Verifikasi dan kamu akan mendapatkan akun tersebut.
Baca Juga  4 Cara Mengembalikan Indra Penciuman Untuk Pasien Covid-19

Sebenarnya untuk mendaftarkan akun ini kamu tak hanya bisa menggunakan website saja melainkan  bisa menggunakan aplikasi. Caranya tak jauh berbeda, hanya saja jika menggunakan aplikasi maka kamu harus mengunduhnya di Google PlayStore atau di AppStore.

Masuk Menggunakan Akun yang Telah Kamu Buat

Setelah kamu memiliki akun yang resmi dan terdaftar di pedulilindungi.id maka Langkah selanjutnya adalah masuk ke akun baru tadi terlebih dahulu. Kalian bisa ikuti langkah-langkah mudahnya di bawah ini:

  1. Pertama masuk ke pedulilindungi.id
  2. Klik Login/Register
  3. Klik Login Sekarang
  4. Masuk menggunakan email atau nomor ponsel yang kamu gunakan untuk mendaftar sebelumnya
  5. Setelah itu klik Masuk
  6. Selanjutnya cek pada kotak masuk email atau SMS, di sana akan ada kode OTP yang sifatnya rahasia dan hanya bisa digunakan untuk waktu yang singkat.
  7. Salin kode tersebut ke dalam laman web sebelumnya.
  8. Klik Verifikasi dan kamu akan otomatis masuk.

Setelah masuk maka kamu bisa mendapatkan banyak informasi yang terkait dengan kamu sendiri dengan lebih rinci. Kini saatnya mengunduh sertifikatnya jika kamu sudah melakukan vaksinasi.

Unduh Melalui Web pedulilindungi.id

Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19

Kita masuk ke poin utama yaitu cara mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 melalui pedulilindungi.id. Untuk bisa melakukannya, simak selengkapnya hanya di bawah ini:

  1. Pertama, masuk bagian profil yang ada nama kamu di bagian kanan atas layar sebaiknya paskan tanda panah kamu di bagian tanda panah ke bawah di samping kanan tulisan nama akun.
  2. Selanjutnya pilih menu sertifikat vaksin
  3. Berikutnya, akan muncul halaman dengan tampilan sertifikat dengan jumlah suntikan yang telah kamu terima.
  4. Selanjutnya, klik sertifikat tersebut dan klik download/ unduh pada file tersebut.

Cara Unduh Sertifikat Vaksin Covid-19 Melalui Aplikasi PeduliLindungi:

  1. Unduh dan lalu buka aplikasi PeduliLindungi melalui PlayStore ataupun AppStore kemudian Login (anggapan sudah melakukan pendaftaran)
  2. Pada dashboard atau menu utama, kemudian pilih Akun. Jika sudah maka halaman akun akan menampilkan nama pengguna, nomor ponsel dan informasi lainnya.
  3. Kemudian pilih menu Sertifikat Vaksin dan pilih nama Kamu. Kemudian akan tampil dan pilih unduh agar tersimpan di galeri ponsel kamu.
  4. Aplikasi pedulilindungi akan menampilkan jumlah sertifikat vaksin, baik yang pertama dan kedua.
Baca Juga  Ikuti Cara Menjaga Imun di Era New Normal Supaya Tetap Fit

Bagaimana jika Sertifikat Tidak Muncul setelah Melakukan Vaksinasi?

Beberapa orang ternyata masih banyak yang mengalami kendala di mana sertifikat vaksinnya belum muncul. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Tenang saja, semua masalah ada solusinya dan ada di bawah ini:

  1. Pertama, buka lembar email baru dan tuliskan informasi dengan format sebagai berikut:

Nama Lengkap

NIK/KTP

Tempat, Tanggal Lahir

Nomor Handphone

Keluhan

  • Selanjutnya jangan lupa untuk melampirkan file yaitu:

Foto NIK/KTP

Foto Selfie Kamu

Foto Kartu Vaksinasi yang Sudah Kamu Terima

Selanjutnya, jika sudah lengkap semuanya, kamu bisa mengirimkan email ke sertifikat@pedulilindungi.id.

Jangan lupa untuk tetap menjaga data diri kamu tersebut dari orang-orang yang tak bertanggungjawab ya. Pastikan kamu mengirim email di perangkat pribadi yang tak bisa diakses oleh orang lain.

Cara pindai QR Code melalui aplikasi PeduliLindungi:

  1. Pertama buka aplikasi PeduliLindungi yang sudah diinstal dan kemudian Login.
  2. Pada dashboard atau menu utama, teman-teman silakan pilih Scan QR Code di Lokasi Tujuan teman-teman.
  3. Pindai QR Code yang ada pada posisi pintu masuk mal. Tampilkan hasil QR Code kepada petugas atau security mal.
  4. Apabila tampil warna hijau berarti kamu sebagai pengunjung boleh memasuki mal. Sebaliknya jika yang tampil warna kuning, maka security akan kembali lakukan verifikasi ulang. Apabila warna merah yang tampil, maka kamu tidak diperbolehkan untuk masuk mal.

Unduh sertifikat vaksin lebih baik dari pada cetak

Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19

Memang semenjak adanya sertifikat vaksin maka mulai pula hadir jasa cetak sertifikat tersebut. Banya masyarakat yang mencetak sertifikat covid-19 ini, dari apda mengunduhnya. Sebaliknya ada bahaya yang mengintai jika kita men cetak sertifikat vaksin COVID-19, terutama jika difotokopi dapat disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang mana bakal membahayakan kita sebagai pemilik.

Baca Juga  Cara Menjaga Kesehatan Tulang Paling Mudah di Lakukan

Perlu dipahami pada sertifikat vaksin yang kita miliki tak saja menampilkan informasi sudah melakukan vaksinasi juga ada QR Code yang sudah dihasilkan dan mencantumkan data pribadi, semisal nama, NIK, tanggal lahir, hingga jenis vaksin yang telah dipakai.

Padahal ya dengan adanya QR Code pada sertifikat vaksin COVID-19 ini teman-teman tak perlu mencetaknya, tetapi kita tinggal download dan simpan hingga nanti bisa dipindai sebagai dokumen untuk keperluan dalam perjalanan atau masuk ke mal sekalipun.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai  cara download sertifikat vaksin COVID-19 di pedulilindungi.id dan juga berbagai hal yang harus dipersiapkan juga. Kini kamu bisa lebih bebas bergerak walaupun pandemi masih belum berakhir. Tapi ingat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain serta selalu jaga imun. Sebab, vaksin belum tentu mencegah kamu tertular namun bisa meringankan gejala apabila kamu terkena.

14 tanggapan pada “Tata Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 di pedulilindungi.id”

  1. Listiorini Ajeng Purvashti

    Aplikasi pedulilindung ini emang ngebantu banget. Tapi aku belum coba pakai sih, selama ini aku unduhnya lewat link yg dari SMS setelah vaksin ajaa

  2. Laaah, jangankan mengunduh sertifikat vaksinnya. Aku lohhh sejak dulu mendaftar gak beres-beres. Di dashboard ada keterangan aku belum mendaftar buat vaksinasi. Pas kuklik tombol mendaftar malah ada keterangan, Anda sudah mendaftar. Tjapeek deeh.

  3. Memang betul, Mas. Kalau kartu vaksin dicetak, bisa rawan dipergunakan orang dengan tak bertanggung jawab. Saya sendiri masih nunggu panggilan nih karena di daerah saya masih ditund terus. Awal-awal kemarin aku dan istri masih komorbid. Semoga dengan aturan bisa diunduh, makin banyak yang sadar vaksin untuk bisa bebas bepergian sekaligus menekan angka kejadian C19.

  4. Udah capek cari cara buat download ulang sertifikat vaksin karna hilang,,, bingung. Dah banyak tutorial yang dibaca, tapi kurang paham… dan ini baru saya oaham.. terimakasih mas ??

  5. Banyak memang yang masih belum paham dan tahu bahwa sertifikat vaksin ini bisa di download sendiri. Bahkan carannya sangat mudah ya, kak. Daftar di web tersebut, terus login, dan masukin identitas yang diminta.

  6. Aku ga mau dan ga punya app peduli lindungi. Setelah download, simpen aja info vaksinasinya. App ini brrmasalah di data pribadi dan rentan. Lagian nambah2i storage di hp bikin penuh. App covid hrsnya utk yg karantina bukan umum. Aku di korsel pas karantina wajib install app utk tracking. Selesai n negatif ya hapus.

  7. Jadu teringat pernah lihat iklan yang nawarin jasa cetak sertifikat vaksin. Bentuk dan ukurannya nanti jadi seperti KTP. Jujur aja sih, aku malah khawatir karena di sertifikat itu ada NIK. Entah ya kalo aku yang mikirnya kejauhan.

  8. Wahhh kebanyakan orang kok dapet yang versi kartu seperti halnya mirip ktp gitu, sedangkan saya hanya dapat sebuah kertas yang menginformasikan sudah vaksin 1 dan 2.. Ah padahal pengen yang kartu, lebih berwarna

  9. Proses vaksinasi ini memang luar biasa yah sampai harus ada sertifikatnya, katanya skrg klu gak ad kartu tanda vaksin gak boleh masuk mall. Tp aq heran ad keluarga yg udh vaksin tp kena covid di Balikpapan, kasian beliau gak ad keluarga dsna

  10. Haiiii, Bang Andrew! Lah Aku juga lagi bikin tulisan PEduliLindungi ini hahaha toss deh. AKu udah vaksin kedua 5 Agustus lalu tapi belum selesai tulisannya. Mantap deh edukasi buat masyarakat nih sangat bermanfaat ya informasinya. Iya donk, nanti ke manapun kita pergi, harus menunjukkan buksti sertifikat vaksin ini ya 🙂

  11. Terima kasih infornmasinya, sangat bermanfaat. saya sudah vaksin dua kali tapi sertifikat nya entah dimana, dengan ini saya jadi lebih tenang kalau mau kemana-mana jika di haruskan membawa sertifikat maka cukup unduh saja sesuai petunjuk artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *