Terlalu Besar ? Begini Cara Mengecilkan Ukuran PDF

  • WWW
cara mengecilkan ukuran pdf

Pernah ga sih Teman-teman kesulitan atau mencari cara mengecilkan ukuran PDF? PDF merupakan salah satu format dalam dokumen yang saat ini paling banyak digunakan, baik itu untuk urusan pekerjaan maupun tugas sekolah dan kuliah. Bahkan beberapa perusahaan kini menerapkan persyaratan untuk calon karyawan yang akan melamar harus melampirkan file dalam bentuk secara digital.

Namun sayangnya, banyak server yang memberikan batasan ukuran file digital yang bisa diunggah seperti saat merubah berkas PDF ke Word. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mengecilkan ukuran PDF atau mengoptimalkan berkas tersebut agar bisa digunakan dengan baik. Ada beberapa cara yang pernah Saya coba dan gunakan. Dari yang saya tersebut, hampir semua cara bisa digunakan dengan baik, meski ada beberapa batasan dalam penggunaannya. Simak penjelasannya dibawah ini!

Cara Mengecilkan ukuran File PDF Dengan Cepat

cara mengecilkan ukuran pdf secara online

Ada berbagai langkah yang bisa digunakan dalam mengecilkan ukuran berkas digital ini. Cara atau metode yang saya gunakan terbagi dari 2 cara, yaitu secara online atau daring dan secara offline.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF secara Online

Terdapat beberapa situs khusus yang bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran secara digital dengan mudah dan cepat. Bahkan di situs-situs ini kamu tidak hanya bisa mengecilkan ukuran file dalam bentuk format pdf saja lho! Kamu bisa mengecilkan atau merubah file dari format satu ke format yang lainnya. Jika kamu penasaran dan ingin mencobanya, berikut ini beberapa situs yang sangat direkomendasikan.

I Love PDF

Situs ini merupakan salah satu situs yang paling terkenal dan paling banyak digunakan untuk mengatur ulang ukuran ataupun mengecilkan ukuran file digital ini. Selain itu, kamu juga bisa menggabungkan beberapa format file untuk menjadi satu file, mengubah file dalam bentuk format PDF ke format lain seperti jpg, doc, dan lain-lain, serta melakukan merger, split dan masih banyak lainnya. Cara menggunakannya pun juga sangat mudah dan bisa dipahami bahkan untuk seseorang yang baru mengunjungi situs ini untuk pertama kalinya. Kamu hanya perlu melakukan perintah yang akan muncul pada bagian halaman I Love PDF.

Small PDF

Sesuai dengan namanya, situs  yang satu ini dikhususkan untuk para pengguna yang ingin mengecilkan ukuran PDF. Situs ini juga sangat mudah untuk digunakan kapanpun. Pengguna juga tidak diwajibkan untuk melakukan pendaftaran untuk bisa mengakses situs ini, kamu hanya perlu membuka alamat situs kemudian ikuti langkah-langkah yang ada di halaman situsnya. Proses pengerjaannya pun juga sangat cepat lho!

Soda PDF

Sama dengan situs sebelumnya, situs Soda PFD juga sangat disarankan bagi kamu yang ingin mengecilkan ukuran berkas digital secara online. Situs ini menyediakan dua pilihan paket yang bisa kamu pilih, yaitu paket gratis dan paket berbayar. Kedua jenis paket ini tentu saja berbeda dan memiliki fasilitas serta kelebihannya masing-masing. Jika kamu mengakses situs ini menggunakan paket gratis, maka fasilitas yang akan kamu dapatkan lebih terbatas. Namun untuk paket berbayar, kamu bisa mengakses fasilitas yang diberikan oleh Soda PDF dengan sepuasnya.

Nah, itu dia beberapa situs online yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran file bentuk digital dengan mudah! Selain bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran file PDF, kamu juga bisa megubah file digital tersebut ke file lain, mengubah file lain ke dalam bentuk PDF, dan menggabungkan beberapa file menjadi PDF. Sangat praktis dan mudah bukan? Kamu tidak perlu pusing-pusing lagi atau panik deh! Selamat mencoba!

Cara Mengecilkan Ukuran PDF Secara Offline

cara mengecilkan ukuran pdf secara offline

Ketika ada cara yang bisa dilakukan secara daring, pasti ada cara lain juga yang bisa dilakukan dengan offline dan tanpa menggunakan koneksi internet kan? Termasuk juga dalam mengecilkan ukuran berkas digital ini nih! Jika kamu khawatir dengan koneksi internet yang kapan saja bisa mengalami gangguan, kamu bisa menggunakan beberapa software atau aplikasi untuk mengecilkan berkas digital ini. Dengan begitu, kamu bisa mengecilkan ukurannya kapanpun dan dimanapun meski tanpa adanya koneksi internet. Berikut ini pilihannya untukmu!

Microsoft Word 2013

Software pertama yang pasti ada di semua perangkat adalah Microsoft Word 2013. Sebenarnya jika kamu ingin mengecilkan ukuran berkas digital ini juga bisa menggunakan versi sebelumnya, yaitu diatas Microsoft Word 2013. Cara mengecilkan file menggunakan software ini juga sangat mudah. Kamu hanya perlu membuka berkas PDF menggunakan Microsoft Word 2013 kemudian simpan file atau save as dengan format PDF kemudian pilih menu minimun size (publishing online) pada bagian optimize for dan klik untuk menyimpan. Dengan cara ini, file yang akan kamu simpan akan memiliki ukuran yang lebih kecil daripada file sebelumnya.

Adobe Acrobat Pro

Aplikasi yang akan membantumu selanjutnya adalah Adobe Acrobat Pro, aplikasi yang sudah memiliki jutaan pengguna ini memang sangat bermanfaat karena bisa diandalkan. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini melalui internet dengan gratis. Setelah berhasil mengunduhnya, kamu bisa melakukan beragam jenis aktivitas selain mengecilkan ukuran PDF.

Orpalis PDF Reducer

Aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran berkas digital dengan mudah dan cepat yang selanjutnya adalah Orpalis PDF Reducer. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini hanya digunakan secara khusus untuk mengompress ukuran file PDF dan tidak bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Karena hanya dikhususkan untuk mengompress ukuran, kamu tidak akan pusing atau bingung ketika menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini juga sangat ringan sehingga tidak akan menimbulkan masalah pada perangkat yang kamu gunakan.

Itu dia beberapa cara mengecilkan ukuran PDF yang bisa kamu lakukan secara offline maupun online. Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing dan bisa kamu gunakan kapanpun, namun untuk cara online kamu wajib memiliki koneksi internet yang stabil untuk bisa mengaksesnya. Jadi cara mana nih yang kamu pilih?

7 tanggapan pada “Terlalu Besar ? Begini Cara Mengecilkan Ukuran PDF”

  1. nah iya file pdf biasanya memang gede apalagi kalau gambar berwarna
    makasih ya mas infonya ternyata banyak aplikasi maupun website free untuk mengecilkan ukuran pdf.

  2. Kalau di kompress begini, akan memengaruhi kualitas gambar dari pdfnya gak?
    Aku kalo filenya gede, kudu buka laptop dulu euuii…suka males pake HP.
    **padahal bisa di akalin dengan begini yaa..

  3. Nyi Penengah Dewanti

    MasyaAllah ilmu banget buat aku nih kak, aku belum tahu kalau ternyata bisa ya dikecilin
    waa aku kadang bingung loh sekarang udah ada solusinya asikk makasih kak

  4. Baru-baru ini paksu bingung mengecilkan pdf padahal mau di kirim, pas banget dpt artikel sesuai kebutuhan di sini, thank you infonya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *