4 Cara Mengecek Plagiarisme Tulisan yang Bisa Kamu Coba

  • WWW
cara mengecek plagiarisme tulisan

Plagiarisme merupakan sebuah kasus yang sampai saat ini belum bisa dicegah keberadaannya. Salah satu bidang yang sangat rawan plagiasi adalah di dunia literasi dimana banyak dari jurnal maupun karya ilmiah yang dijiplak oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Tentunya, kamu tidak mau jadi salah satu oknum tersebut, bukan? Yuk, simak 4 cara mengecek plagiarisme tulisan di artikel di bawah ini.

Apa Itu Plagiarisme?

cara mengecek plagiarisme tulisanKita akan membahas mengenai plagiarisme tulisan. Namun, sudahkah kamu mengenal apa itu plagiarisme? Jika belum, maka kamu bisa belajar memahami apa sih yang dimaksud dengan plagiarisme dan mengapa hal ini dilarang.

Secara singkat, plagiarisme adalah sebuah tindakan menjiplak dan mengambil suatu karangan milik orang lain untuk diakui dan dikatakan menjadi milik si penjiplak. Namanya menjiplak, tentu saja mereka tidak mendapatkan izin lebih dulu dari si pemilik karya. Akibatnya jelas, penjiplakan bisa berujung pada tindakan hukum yang nyata. Nah, berbagai bidang bisa dijiplak, antara lain musik, karya tulis, dan lainnya.

Cara mengecek plagiarisme tulisan sangat diperlukan dalam dunia literasi dan dunia menulis melalui blog. Apalagi bisa dikatakan kasus plagiasi lewat media ini memang sangat rawan untuk dilakukan. Pasalnya, memang membuat sebuah karya tulis melalui artikel tidaklah mudah dan butuh proses yang panjang. Terkadang, orang malas dan ingin cara instan dimana akhirnya mereka menjiplak sebuah karya. Pastinya kesal jika tulisan yang sudah susah-payah kamu buat dengan riset dan ide orisinal malah ditiru dan diakui orang lain.

Cara Mengecek Plagiarisme Tulisan

Meski menjiplak adalah tindakan tercela dan biasanya dilakukan dengan sengaja, namun rupanya karya kamu sendiri pun juga rawan dengan penjiplakan. Tentu saja, hal ini tidak kamu sengaja dan merupakan hal yang menjadi tujuan kamu dalam membuat sebuah karya. Mungkin saja, karya yang kamu tulis tidak sengaja sama atau mirip dengan kalimat yang pernah orang lain tuliskan.

Meski tidak disengaja, namun sebagai karya dari sebuah akademisi, tentu saja hal tersebut tetap dilarang dan harus dicegah. Ada cara mengecek plagiarisme tulisan yang bisa kamu lakukan dengan mudah, antara lain :

  1. Pakai Situs Smallseotools.com

Cara pertama untuk mengecek plagiarisme tulisan yang mudah dan cepat adalah smallseotools. Situs ini boleh dibilang merupakan aplikasi cek plagiarisme terfavorit dan terpopuler. Pasalnya selain gampang digunakan, situs ini juga cukup akurat dan memiliki banyak tools lain, seperti grammar dan lainnya. Jadi, tidak hanya para blogger saja yang langganan Smallseotools, melainkan juga para profesional dan akademisi.

Sayangnya, smallseotools ini hanya bisa menampung sekitar 1000 kata saja dalam satu kali cek plagiasi. Jadi, jika kamu ingin mengecek sebuah karya dengan jumlah 5000 kata, maka kamu bisa membaginya menjadi 5 kali cek. Untuk cek, caranya cukup mudah. kamu bisa mengupload dokumen dengan ‘unggah file’ atau bisa juga melakukan copy-paste dan kemudian klik “check plagiarism” dan tinggal tunggu saja hasil terpampang di situs ini.

  1. Pakai Website Unicheck.com

Cara kedua untuk mengecek plagiarisme tulisan yang mudah dan cepat adalah Unicheck. Aplikasi ini juga sama populernya seperti smallseotools dan juga sering dipakai oleh para akademisi, peneliti, hingga penulis profesional dan editor. Untuk menggunakannya, cukup kunjungi laman Unicheck dan kemudian letakkan tulisan karya kamu di kolom yang sudah disediakan.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah kamu tidak hanya mengecek plagiasi saja, melainkan juga mengecek penggunaan tulisan, memindai teks dari format yang berbeda, dan juga dengan kecepatan cek yang sangat akurat hingga bagian terkecilnya. Sayangnya, Unicheck hanya menyediakan percobaan gratis sampai 275 kata saja. Jika kamu ingin mengecek karya yang jumlah katanya banyak, maka kamu bisa ambil fitur berlangganan. Mudah, ya?

  1. Buka Aplikasi DupliChecker.com

Selanjutnya cara mengecek plagiarisme tulisan yang mudah dan cepat adalah dengan membuka aplikasi DupliChecker. Layanan yang menyediakan pendeteksian plagiasi ini bisa kamu manfaatkan dengan sangat mudah. Caranya, cukup copy dan paste saja tulisan karya kamu ke dalam kotak plagiasi yang sudah disediakan. kamu juga bisa melakukan pengecekan dengan cara memasukkan alamat karya tulis kamu yang diunggah ke website ke dalam kotak URL yang sudah disediakan. Dalam sekejap, hasil sudah bisa keluar lho.

Sama seperti Unicheck, jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini, maka kamu bisa melalukan langganan. kamu sebenarnya juga bisa saja menggunakan pengecekan plagiasi ini secara gratis, namun yang bisa tertampung hanya ada sekitar 1500 kata dimana kamu hanya perlu upload dan tanpa perlu membayar. Jadi, kamu pilih yang mana nih?

  1. Gunakan Layanan Copyscape.com

Cara mengecek plagiarisme tulisan yang terakhir mudah dan cepat adalah dengan menggunakan layanan Copyscape. Layanan ini bisa kamu nikmati secara gratis maupun berbayar dan paling penting juga cukup akurat mendeteksi dan menemukan berbagai macam jenis kalimat dalam tulisan kamu buat, bahkan yang terkecil sekali pun. Dengan adanya layanan ini tentunya membuat tulisan kita menjadi lebih baik dan jauh dari peniruan.

Demikian ulasan mengenai 4 cara mengecek plagiarisme tulisan. Seperti yang sudah dijelaskan, plagiarisme merupakan sebuah hal yang tidak bisa dihindari selama masih ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang hanya mencari untung saja. Maka dari itu, senantiasa lakukan cek plagiasi terhadap hasil karya kamu agar kamu tidak menjadi salah satu dari mereka. Jangan lupa pula untuk juga melihat, apakah artikel yang sudah kamu buat sudah terindex dengan baik melalui Google Search Console. Semoga ulasannya bermanfaat.

13 tanggapan pada “4 Cara Mengecek Plagiarisme Tulisan yang Bisa Kamu Coba”

  1. Masalah ini memang bikin kesel dan gemes. Walaupun namanya kalau sudah tayang di media sosial, resiko terplagiat itu ada, tapi rasanya tidak pantas saja perbuatan ini dilakukan. Sebab, sama saja tidak menghargai waktu, tenaga, usaha, dan proses kreatif dari penulis aslinya. Semoga kita tidak termasuk menjadi salah satu orang yang melakukan tindak plagiarisme ini.

  2. Smallseotool, Duplichecker dan Copyscape ya Mas Andrew, noted deh. Saya familiernya cm Turnitin aja, itu juga kl sedang perlu utk kepentingan akademik. Setuju nih kl plagiat bisa berujung pada pelanggaran hak cipta, ribet deh urusannya hehe. Nice info, thank you

  3. Saya pernah coba menggunakan Duplicheker.com sebelum ngecek karya ilmiah para mahasiswa. Efektif dan efisien banget karena anak-anak sekarang paling males baca buku dan atau menelaah sebuah tulisan dari awal sampai akhir. Plagiatnya tidak utuh sih, tapi kalau sudah lebih dari 10 paragraf berarti itu sudah parah, sudah ada intensi untuk menyontek dan malas berpikir.

    Makasih artikelnya Mas. Saya jadi ada tambahan referensi tools untuk ngecek plagiarisme.

  4. makin mudah ya menilai sebuah karya itu hasil plagiat atau tidak.
    Emang ada aja godaan ya untuk copy paste aja tulisan orang tanpa menyebutkan sumbernya.

    Semoga dengan makin maraknya literasi, kasus plagiat makin menurun jumlahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *